Di susun oleh : Duta Fajar Pamuncak 0101508002

dan kitchen set pun bertambah. lemari. kebutuhan masyarakat akan perabotan rumah tangga seperti kursi.  Salah satu cara mengurangi harga produk namun tetap memiliki kualitas produk yang sama baik adalah dengan meminimalisir cost yang dikeluarkan oleh perusahaan. salah satu nya adalah biaya persediaan. Latar Belakang  Seiring berkembangnya jaman.  Perusahaan yang bergerak dibidang furniture pun berlomba-lomba menghasilkan produk yang memiliki kualitas baik namun memiliki harga yang rendah. meja. .

perusahaan harus meminimalisir pengeluaran mereka. dan memberikan harga yang rendah. salah satunya adalah pengeluaran biaya untuk gudang. . PT. Identifikasi masalah  Dalam mempertahankan konsumennya. XYZ melakukan peningkatan kualitas barang yang dihasilkan. Untuk menghasilkan produk yang memiliki kualitas tetap terjaga namun harga lebih rendah.

 Perumusan masalah  Berapa jumlah biaya persediaan yang dikeluarkan oleh perusahaan?  Berapa jumlah bahan baku yang sesuai untuk di pesan?  Bagaimana posisi bahan baku yang sesuai dengan gudang dan memberikan biaya yang rendah? .

 Menentukan jumlah bahan baku yang pas untuk di pesan  Menentukan posisi bahan baku yang sesuai dengan gudang untuk mendapatkan biaya pengeluaran se-rendah mungkin. . Tujuan Penelitian  Mengetahui biaya keseluruhan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk persediaan.

 Memudahkan pengontrolan pergudangan dengan menggunakan aplikasi bantuan dari perangkat lunak komputer. Manfaat Hasil Penelitian  Memberikan biaya yang rendah pada pergudangan. .

 Pembatasan masalah  Menjadikan gudang sebagai objek penelitian. Simple Average. Moving Average dan metode EOQ untuk menentukan jumlah pemesanan bahan baku.  Penulis melakukan proses pengendalian pergudangan dengan menggunakan metode First In First Out (FIFO) atau Last In First Out (LIFO). Weighted Average. tanpa melihat proses produksi yang ada. .

XYZ yang berlokasi di depok. dimulai dengan persiapan proposal penelitian sampai penyerahan laporan penelitian. Waktu pelaksanaan penelitian berada dalam rentang waktu 19 Maret 2012 – April 2012. Tempat dan Waktu Penelitian  Lokasi penelitian dilaksanakan di PT. . Penelitian dilakukan pada lokasi tersebut dikarenakan sesuai dengan tema dan masalah yang akan dibahas oleh peneliti.

 Metodologi Penelitian .

.

Gramedia Pustaka Utama Jakarta. . North Holland. R.. 2002. Principles of Inventory and Materials Management.  Tersine. “Production Planning And Inventory Control”. PT. 1998. New York.J. Vincent Gaspersz.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.