P. 1
Dampak Positif Dan Negatif Dari Khitanan Pada Perempuan

Dampak Positif Dan Negatif Dari Khitanan Pada Perempuan

|Views: 539|Likes:
Published by Nida Khofia

More info:

Published by: Nida Khofia on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI KHITANAN PADA PEREMPUAN Para ahli Fiqih dan Ulama' muslim sepakat

akan syariat khitan perempuan yang memiliki kelebihan memperhalus gejolak seks perempuan dan mengarahkannya kepada hal yang layak (wajar). Adapun manfaat khitan bagi perempuan: 1. Meminimalkan infeksi yang terjadi karena penumpukan mikroba dibawah klitoris.

2. Khitan bermanfaat bagi perempuan yang kelak menjadi istri dan bagi suaminya di daerah yang beriklim panas. Biasanya , perempuan di daerah panas punya clitoris yang terus membesar dan itu jelas meningkatkan gairah seksualnya ketika bersentuhan dengan pakaian, misalnya celana dalam.Terkadang pertumbuhan clitoris sangat cepat hingga si perempuan idak dapat disetubuhi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak ada keuntungan kesehatan dari praktik tersebut dan banyak konsekuensi yang berpotensi merusak, mulai dari rasa sakit yang teramat sangat dan kehilangan banyak darah hingga infeksi berulang, infertilitas, dan peningkatan risiko komplikasi dalam melahirkan. Praktek yang secara medis diyakini akan mengurangi kepuasan seksualitas wanita yang dianggap sebagai tindakan kejam, diskriminasi, dan pengingkaran hak wanita. Who (world health Organisation) pun sudah meyatakan bahwa sunat terhadap perempuan merupakan tindakan yang melanggar hak asasi manusia, melanggar hak atas penikmatan sepenuhnya standar kesehatan tertinggi yang dapat dicapai. seperti tercantum dalam pasal 24 (ayat 1 dan 3) dari Konvensi Hak Anak. Praktek inklubasi klitoris ini juga bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 1999 Pasal 46 Butir C menegaskan bahwa hak khusus yang ada pada diri wanita dikarenakan fungsi reproduksinya dijamin dan dilindungi oleh hukum.Menurut dr. Artha Budi Susila Duarsa, M Kes, dari Lembaga Studi Kependudukan dan Gender Universitas YARSI di selasela peluncuran buku Khitan Perempuan: Dari Sudut Pandang Sosial, Budaya,Kesehatan, dan Agama, Selasa (27/7/2010) di Jakarta."Khitan bagi perempuan tidak ada manfaatnya sama sekali. Karena itu, fakultas kedokteran tidak ada yang mengajarkan khitan untuk wanita. Kecil atau tidaknya tindakan yang dilakukan, karena berada dalam area sensitif wanita, hal

yang paling parah dari khitan bisa menimbulkan kematian. "Karena klitoris memainkan peran penting dalam meningkatkan kenikmatan seksual seorang perempuan. tipe 4. Namun. Tipe 2. yaitu memotong seluruh bagian klitoris (bagian mirip penis pada tubuh pria). ekskresi kelenjar dapat terjadi di sekitar vagina. dan Malaysia. Tidak mengubah bentuk klitoris dinilai dr Artha sangat penting karena letak klitoris yang dikelilingi oleh saraf menyebabkannya menjadi sangat peka secara seksual. Perdarahan yang mengakibatkan shock atau kematian 2. Dampak jangka pendek khitan pada perempuan 1. memotong sebagian klitoris. Peraturan yang serupa juga diberlakukan parlemen Mesir yang mengesahkan UU tentang pelarangan khitan perempuan.itu dinilai sangat berbahaya. "Menghilangkan klitoris akan menurunkan kepekaan perempuan terhadap rangsangan seksual. Tipe 3. menindik. Mulai dari pembedahan sampai anastesi." kata dr Artha. kata dr Artha. Meskipun pemberlakuan khitan perempuan di Indonesia hanya pada batas tipe 4. perempuan akan semakin siap ketika penis dimasukkan. Tingginya risiko kematian pada khitan perempuan membuat Pemerintah Indonesia secara tegas melarang khitan bagi perempuan karena melanggar UU Kekerasan terhadap Perempuan. India. Jika tidak ada klitoris. Tetanus yang menyebabkan kematian 4. maka vagina akan kering dan masuknya penis akan menyebabkan rasa sakit pada vagina sehingga timbul ketakutan pada perempuan untuk melakukan hubungan badan berikutnya. Semakin banyak lubrikasi pada vagina. Klitoris juga berefek pada lubrikasi vagina. menggores jaringan sekitar lubang vagina. di Asia." kata dr Artha. Khitan perempuan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbagi atas empat. Infeksi pada seluruh organ panggul yang mengarah pada sepsis 3. pemotongan klitoris sendiri tidak boleh terjadi. menjahit atau menyempitkan mulut vagina (infibulasi) dan. praktik khitan sendiri hingga saat ini masih dilakukan di Pakistan. Selain itu. Tipe 1. Banglades. Bagi yang melanggar akan dikenai denda 185 dollar AS sampai 900 dollar AS dan kurungan penjara antara 3 bulan dan 2 tahun. melalui klitoris. atau memasukkan sesuatu ke dalam vagina agar terjadi perdarahan dengan tujuan memperkencang atau mempersempit vagina.". Gangrene yang dapat menyebabkan kematian .

Tujuan awal sunat ini adalah menekan nafsu seksual perempuan. Dr. Ada masyarakat suku tertentu yang percaya bahwa nafsu seksual kaum Hawa lebih tinggi dari pada kaum Adam. Disfungsi seksual (tidak dapat mencapai orgasme pada saat berhubungan seks) 4. dan hematosalpinx (akumulasi darah haid dalam saluran tuba) 5. Ahli medis di banyak negara telah menyatakan sunat perempuan secara medis tidak memiliki keuntungan apapun.5. dan keloid (jaringan parut mengeras). Rasa sakit berkepanjangan pada saat berhubungan seks 2. hematometra (akumulasi darah haid dalam rahim). sunat perempuan sama sekali tidak menguntungkan pihak perempuan. Bisa terjadi abses. DR. sunat perempuan akan menjadikan perempuan sulit terangsang atau orgasme. Khitan bagi perempuan diharapkan bisa menjadi rem bagi perempuan. OG). Biran Affandi. Inkontinensi urine (tidak dapat menahan kencing) 7. . Sakit kepala yang luar biasa mengakibatkan shock 6. diharapkan nafsu seksualnya bisa ditekan. Hal itu tentu salah kaprah (menurut Prof. Sp. Jika hubungan dengan seuami mengalami gangguan. stockholm. sangat disayangkan jika masyarakat masih mempercayai mitos tersebut. secara tidak langsung wanita tersebut akan sulit mendapatkan keturunan. Dr. perubahan fisik. Menurut Dr. Dengan disunat. Lars Almroth. cacat. menuliskan bahwa penyebab infertilitas itu adalah infeksi. dan alat kelamin bengkak akibat disunat. Penis tidak dapat masuk dalam vagina sehingga memerlukan tindakan operasi 3. Retensi urine karena pembengkakan dan sumbatan pada uretra Dampak jangka panjang adalah : 1. Infeksi saluran kemih kronis 6. Hasil penelitian para ahli asal Swedia di Sudan –wilayah yang masih banyak mempraktikan ini—wanita yang telah disunat menjadi enam kali lebih infertil ketimbang yang tidak disunat. kista dermoid. bahkan bisa merugikan. peneliti kari institute. Disfungsi haid yang mengakibatkan hematocolpos (akumulasi darah haid dalam vagina). karena pada klitoris terdapat banyak saraf yang bisa membantu wanita terangsang. Irsan.

Swiss. SpA dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSUPN.wordpress. Hasinya. Sementara prosedur kompleks tersebut hanya dialami oleh 3 wanita dari kelompok yang tidak disunat. Beberapa daerah di Indonesia masih mempraktikkan sunat perempuan. Menurut Dr irsan. perkataan ini tidak jujur dan objektif. tidak ada manfaatnya.com .Bahaya lain yang mengancam. tetapi syariatlah yang menghukumi apakah perkataan dokter diterima atau ditolak. bahwa khitan menyebabkan impotens. Departemen kesehatan Indonesia secara resmi sudah melarang sunat pada perempuan sejak dua tahun lalu. kalangan dokter tidak pernah menganjurkan sunat pada perempuan. Perempuan yang menjalani infibulasi bisa mengalami gangguan buang air kecil. Kedua kelompok tersebut menerima perawatan yang sama di rumah sakit yang sama. Praktik ‘amputasi’ alat kelamin perempuan yang terjadi selama ini pada dasarnya memang tidak terlepas dari nilai kultur masyarakat Namun.Demikian juga bahwa dokter tidak menghukumi syariat. bahkan seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa sebagian dokter menganggap bahwa khitan terpuji untuk menyeimbangkan syahwatnya dan meluruskan perangainya.(Majalah Gaya Hidup Sehat. Rini Sekartini. DAFTAR PUSTAKA sumber kabarnet. Yang kedua bahwa impotensi disebabkan kalau khitan wanita dilakukan berlebihan. secara medis sunat pada anak perempuan (female genetical mutilation). september 2009) . perempuan yang disunat memiliki resiko lebih tinggi ketika melahirkanterutama jika harus mengalami pembedahan. Menurut dr. Hasil penelitian yang dilakukan di University of Berne. dan mengakibatkan wanita menderita stress. Bidan yang sudah dididik secara medis tidak pernah dianjurkan melakukannya. dan bahwa para dokter sepakat bahwa khitan dapat membahayakan wanita. sehingga dapat menimbulkan infeksi. karena para dokter tidak sepakat atas bahaya khitan bagi wanita. Itu karena lubang yang disisakan sangat kecil. hampir seluruh perempuan yang disunat memerlukan prosedur melahirkan yang lebih sulit dan kompleks. yaitu jika alat yang digunakan untuk memotong tidak steril. Study ini membandingkan 122 wanita hamil yang disunat dengan 110 wanita hamil lain yang tidak disunat. Bisa jadi yang melakukan adalah kalangan bidan tradisional.

com/dunia-keluarga/Dampak_Negatif_Sunat_Perempuan-o5052.eramuslim.ikappmamjakarta.blogspot.htm http://www.http://duniawebid.html .com/konsultasi/sehat/sunat-pada-perempuan.php/karya-tulis/47-alumni/52-khitan-padaperempuan-ditinjau-dari-persepektif-medis-diperkirakan-lebih-dari-130-juta-kaum-hawa-diseluruh-dunia-menjalani-pemotongan-alat-kelamin-atau-yang-dikenal-dengan-sunat-sunatperempuan-sudah-dikenal-sejak-berabad-abad-lampau-dan-hingga-sek http://m-syarifuddin.com/2009/06/manfaat-khitan.html http://www.org/index.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->