P. 1
Analisa FishBone

Analisa FishBone

|Views: 183|Likes:
Published by Imuach El Fathiya

More info:

Published by: Imuach El Fathiya on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2015

pdf

text

original

Analisa Diagram FishBone Cowel 1.

Cowel adalah variabel berpengaruh yang diperoleh dari pembacaan diagram pareto Sehingga tahapan awal untuk proses perbaikan kita gunakan variabel tersebut sebagai ukuran awal perbaikan 2. Analisa penyebab dari variabel terkait sebagai penyebab kecacatan produk Cowel antara lain: a. Faktor manusia 1) Operator yang Lelah 2) Operator yang kurang terampil 3) Operator yang kurang pengalaman 4) Faktor pribadi operator seperti mood atau pekerjaan terhenti yang tidak bisa dihindarkan. b. Faktor mesin Dimana faktor mesin merupakan hal-hal yang terjadi saat mesin digunakan untuk bekerja yaitu: 1) Mesin yang digunakan rusak (tidak sesuai dengan fungsi yang seharusnya) 2) Mesin yang digunakan terbatas sehingga saat bekerja operator terburu-buru karena harus bergantian 3) Mesin Kurang perawatan sehingga memungkinkan mesin sering tersendat atau berjalan tidak sesuai sebagaimana mestinya. c. Faktor bahan baku Dimana faktor bahan baku merupakan hal-hal yang mempengaruhi jenis material yang digunakan saat bekerja yaitu: 1) Material lunak 2) Mudah terbakar 3) Mudah Rapuh 4) Mudah Patah d. Faktor lingkungan kerja Dimana faktor tempat kerja merupakan hal-hal yang mempengaruhi kenyamanan operator saat bekerja yaitu: 1) Kebisingan 2) Tempat produksi sempit 3) Suhu udara panas yang dapat menyebabkan operator merasa gerah sehingga mudah lelah. 3. Melalui diagram fishbone kecacatan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan dengan cara menghilangkan faktor faktor berpengaruh dari variabel yang mengakibatkan kecacatan (cowel)

Tergores adalah variabel berpengaruh yang diperoleh dari pembacaan diagram pareto Sehingga tahapan awal untuk proses perbaikan kita gunakan variabel tersebut sebagai ukuran awal perbaikan 2. contoh : harusnya part masuk dalam mesin surface planner terlebih dahulu. 2) Pengerjaan part yang terlalu cepat. karena harus bergantian dengan orang lain. sehingga pengerjaan part kurang maksimal d. baru kemudian di potong dengan mesin mitter saw / band saw. b. Metode 1) Pengerjaan part tidak sesuai urutan. Faktor bahan baku Dimana faktor bahan baku merupakan hal-hal yang mempengaruhi jenis material yang digunakan saat bekerja yaitu: 1) Material lunak 2) Mudah terbakar 3) Mudah Rapuh 4) Mudah Patah e. Faktor mesin Dimana faktor mesin merupakan hal-hal yang terjadi saat mesin digunakan untuk bekerja yaitu: 1) Mesin yang digunakan rusak (tidak sesuai dengan fungsi yang seharusnya) 2) Mesin yang digunakan terbatas sehingga saat bekerja operator terburu-buru karena harus bergantian 3) Mesin Kurang perawatan sehingga memungkinkan mesin sering tersendat atau berjalan tidak sesuai sebagaimana mestinya. Faktor manusia 1) Operator yang Lelah 2) Operator yang kurang terampil 3) Operator yang kurang pengalaman 4) Faktor pribadi operator seperti mood atau pekerjaan terhenti yang tidak bisa dihindarkan. 3. Melalui diagram fishbone kecacatan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan dengan cara menghilangkan faktor faktor berpengaruh dari variabel yang mengakibatkan kecacatan (tergores) . Faktor lingkungan kerja Dimana faktor tempat kerja merupakan hal-hal yang mempengaruhi kenyamanan operator saat bekerja yaitu: 1) Kebisingan 2) Tempat produksi sempit 3) Suhu udara panas yang dapat menyebabkan operator merasa gerah sehingga mudah lelah. Analisa penyebab dari variabel terkait sebagai penyebab kecacatan produk Tergores antara lain: a. c.Analisa Diagram FishBone Tergores 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->