Assalamu’alaikum Wr. Wb.

, Segala puja dan puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan proposal tugas akhir pada mata kuliah Elektronika Digital dengan alat yang berjudul “INDIKATOR MOBIL MOGOK BERBASIS PROGRAMMBLE COUNTER”. Dalam penyelesaian proposal ini, saya dan dorongan dari berbagai pihak, baik yang berupa moril, maupun materil yang sangat berarti bagi penyelesaian proposal ini. Untuk itu saya ucapkan terima 1. Kedua orang tua kami yang telah mendukung baik secara moril maupun 2. Bapak Jusuf Bintoro, M.T selaku dosen pembimbing. 3. Serta teman – teman yang selalu memberikan masukan – masukan serta dan membantu dalam menyelesaikan Mata Kuliah Perancangan Sistem Serta berbagai pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu namanya. Semoga amal baik yang telah membantu dan mendukung saya dapat diterima Saya mengetahui proposal ini penuh dengan kelemahan dan kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun amat diharapkan. Semoga tulisan ini dapat mendatangkan manfaat bagi pembaca umumnya dan bagi saya sendiri

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi elektronika dewasa ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Perkembangan ini cenderung mengarah pada peningkatan optimalisasi kecepatan kerja dan minimalisasi. Artinya peralatan dan komponen elektronika diupayakan menggunakan materi dan ukuran yang semakin kecil tetapi mempunyai kemampuan kecepatan maupun kerja yang lebih tinggi. Dapat dilihat dewasa ini banyak terdapat produk rangkaian terintegrasi yang lebih dikenal dengan nama IC ( integrated circuit). Hanya dengan satu serpih rangkaian IC saja sudah dapat menggantikan fungsi umum dari beberapa rangkaian yang rumit dan kompleks. Misalnya dalam bidang komputer, komponen mikrokomputer yang dapat melakukan pengolahan data yang meliputi operasi-operasi aritmatika dan logika dalam satu serpih secara internal. Dengan di latar belakangi hal demikian kami mencoba merancang sebuah alat “ indikator mobil mogok “ menggunakan programmble counter yang efesian, mudah, dan sederhana tapi memiliki mamfaat yang lumayan tidak sedikit.

menambah pengalaman. membantu penerapan teori kedalam praktek. TUJUAN DAN KEGUNAAN ALAT Pada dasarnya tujuan utama kelompok kami membuat alat ini yaitu untuk memenuhi tugas akhir semester 3 pada mata kuliah perancangan sistem digital. Sebenarnya hal utama yang paling di tekakan kan pada project kali ini adalah bagaimana menerapkan sistem yang sederhana untuk keperluan sehari-hari sehingga dapat membantu keperluan manusia pada khususnya. namun selain itu tujuan yang paling utama adalah memahami tentang cara kerja dari sistem perancangan digital dan fungsi-fungsi IC TTL (Transistor – Transistor Logic). Dalam aplikasi pada alat yang berhubungan dengan perancangan sistem digital. meningkatkan kreatifitas. lalu memahami cara kerja rangkaianya. .B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.