Disampaikan dalam Pelatihan Dukun Bayi Di Puskesmas Tirto, 29 Maret 2012

 ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja sampai bayi berumur enam bulan. .

.

.

bersih steril Menyusui meningkatkan ikatan batin antar ibu dan anak Menyusui secara ASI Eksklusif lebih hemat .     Berbagai zat gizi yang dibutuhkan bayi sudah tersedia dalam ASI ASI mudah dicerna ASI mengandung zat anti infeksi.

.

.

.

.    Inisiasi menyusu dini selama 1 jam setelah kelahiran bayi. ASI diberikan tidak menggunakan botol. ASI eksklusif diberikan pada bayi hanya ASI saja tanpa makanan tambahan atau minuman. setiap hari setiap malam. ASI diberikan secara on demand atau tidak terjadwal atau sesuai kebutuhan bayi. cangkir maupun dot melainkan langsung dari payudara ibu.

▪ Isapan bayi akan merangsang produksi ASI ▪ Susui bayi sesering mungkin ▪ Ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan cairan yang cukup ▪ Istirahat yang cukup ▪ Menyusui bayi dengan payudara kiri dan kanan secara bergantian .

.

.

.

ASI dapat diperah kemudian disimpan. menyusui tidak perlu dihentikan. Ibu bekerja harus tetap memberikan ASInya dan jika memungkinkan bayi dapat dibawa di tempat kerja. . Bagi ibu yang bekerja. Apabila tidak memungkinkan.

.

.

termasuk plastik klip.  ASI beku perlu dicairkan dahulu dalam lemari es 4 derajat Celcius.  . ± 80-100 cc. hanya dihangatkan dengan merendam dalam air hangat.  ASI yang disimpan dalam frezzer dan sudah dikeluarkan sebaiknya tidak digunakan lagi setelah 2 hari.ASI dapat disimpan dalam botol gelas/ plastik.  ASI beku tidak boleh dimasak/ dipanaskan.

3 bulan Kulkas  2 minggu Ruangan bebas 6 jam Tulis jam. ASI dapat disimpan dalam lemari es/ frezzer. Frezzer  6 bulan. Setelah diperas. .      Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. hari dan tanggal saat diperas.