DEMOKRASI DAN PENDIDIKAN DEMOKRASI

Disusun Oleh : Kelompok 5 1. 2. 3. 4. 5. Ulva Qusniah I Dewa Gede GP Anastia Erina IBP Mahartana Riztri Bonita 1211100062 1411100050 2111100060 2111100177 3311100105

Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Tahun Pelajaran 2011/2012

Strong Suatu sistem pemerintahan dalam mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggung jawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu.1. (Sidney Hook) 3. Bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintahan yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa. Menurut Samuel Huntington Sistem politik sebagai demokratis sejauh para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sistem itu dipilih melalui pemilihan umum yang adil. untuk mencapai keputusan politik dimana individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat (Joseph A Schmeter) 2. Menurut Internasional Commission For Jurist Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana hak untuk membuat keputusan-keputusan politik diselenggarakan oleh warga negara melalui wakil-wakil yang dipilih oleh mereka dan yang bertanggung jawab kepada mereka melalui suatu proses pemilihan yang bebas.F. .  Demokrasi Secara Terminologi 1. dari bahasa Yunani. Sistem politik demokrasi merupakan suatu system menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik & diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik (Henry B. 6.dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir semua penduduk dewasa berhak memberikan suara. Suatu system pemerintahan dimana pemerintahan dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka di wilayah public oleh warga Negara yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetensi&kerjasama dengan para wakil mereka yang telah terpilih. (Philippe C Schmitter& Terry Lynn Karl) 4. “Demos”yang berarti rakyat atau peduduk suatu tempat & “Cratein” atau “cratos”yang berarti kekuasaan atau kedaulatan.jujur. Merupakan suatu perencanaan institusional. Mayo) 5. 7. HAKIKAT DEMOKRASI  Demokrasi Secara Etimologi Secara etimologis demokrasi terdiri dari dua kata. Menurut C.

b. yaitu : a. Demokrasi Langsung Adalah paham yang mengikutsertakan setiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum dan undang-undang. Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan biasanya dilakukan melalui pemilihan umum.Dan yang paling terkenal diantara pengertian di atas adalah pendapat yang dikemukakan oleh Abraham Lincoln yang mengatakan demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat. Pemerintahan oleh rakyat yaitu pemerintahan negara itu dijalankan oleh rakyat. Berdasarkan kehendak rakyat.oleh rakyat dan untuk rakyat (goverment of the people.rakyat yang tidak berpendidikan . Pemerintah dari rakyat berarti pemerintahan negara itu mendapat mandat dari rakyat untuk menyelenggarakan pemerintahan.by the people. dibedakan menjadi : a) Monarki. f) Mobokrasi/Okhlokrasi. Demokrasi dibagi menjadi 2 macam. Demokrasi Tidak Langsung Adalah paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan. Secara klasik.sedangkan pemerintahan untuk rakyat berarti pemerintahan itu menghasilkan dan menjalankan kebijakan-kebijakan yang diarahkan untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.yang akhirnya pemerintahan yang dijalankan tidak berhasil untuk kepentingan rakyat banyak. d) Oligarki. Sedangkan menurut Machiavelli bentuk pemerintahan dibagi menjadi dua yaitu: . e) Demokrasi. c) Aristrokasi.yaitu suatu bentuk pemimpin tertinggi dan dijalankan untuk kepentingan pribadi.yaitu suatu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh rakyat yang tidak tahu apa-apa.yaitu suatu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh rakyat dan dijalankan untuk kepentingan rakyat banyak.yaitu suatu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh sekelompok orang yang memimpin dan dijalankan untuk kepentingan rakyat banyak. yaitu suatu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh seseorang sebagai pemimpin tertinggi dan dijalankan untuk kepentingan rakyat banyak. yaitu sebagai sistem pemerintah atau politik.yaitu suatu bentuk pemerintahan yang dipegang oleh sekelompok dan dijalankan untuk kelompok itu sendiri. Demokrasi diartikan lebih luas lagi. Rakyat adalah pemegang kedaulatan atau kekuasaan tertinggi dalam negara demokrasi. Meskipun dalam praktiknya yang menjalankan adalah pemerintah . pembagian bentuk pemerintahan menurut Plato.tetapi orang-orang itu pada hakikatnya yang telah dipilih dan mendapat mandat dari rakyat. Pada masa lalu Demokrasi hanya dapat dipahami sebagai bentuk pemerintahan.and for the people).dan rakyat yang tidak paham tentang pemerintahan. Akan tetapi sekarang ini. b) Tirani.

Berjalan secara perlahan. multipartai).a) Monarki : Bentuk pemerintahan yang bersifat kerajaan pemimpin negara umumnya bergelar raja. Tahapan-tahapan demokratisasi yaitu: a) Pergantian dari penguasa non demokratis ke penguasa demokrasi b) Pembentukan lembaga-lembaga dan tertib politik demokrasi c) Konsolidasi demokrasi d) Praktik demokrasi sebagai budaya politik bernegara Pembagian tahapan demokratisasi menurut Samuel Huntington (2001) adalah pengakhiran rezim non demokratis. Demokratisasi bertujuan menghasilkan demokrasi yang mengacu pada ciri-ciri: 1. pengukuhan rezim demokratis. Perubahan bersifat damai 3. Mengembangkan nilai . Berjalan melalui cara musyawarah Lembaga atau struktur demokrasi menurut Mirriam Budiardjo (1997) untuk melaksanakan nilai-nilai demokrasi perlu diselenggarakan lembaga-lembaga antara lain : a) Pemerintah yang bertanggung jawab b) Dewan perwakilan rakyat yang mewakili golongan dan kepentingan dalam masyarakat yang dipilih melalui pemilihan umum yang bebas dan rahasia c) Suatu organisasi politik yang mencakup lebih dari satu partai (sistem dwipartai. DEMOKRATISASI Pengertian Demokratisasi adalah penerapan kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip demokrasi pada setiap kegiatan politik kenegaraan. dan pengkonsolidasian sistem yang demokratis. Partai menyelenggarakan hubungan yang kontinyu dengan masyarakat d) Pers dan media massa yang bebas untuk menyatakan pendapat Ciri-ciri Demokratisasi menurut Maswadi Rauf (1997) : a) Berlangsung secara evolusioner Demokratisasi berlangsung dalam waktu yang lama. Bersifat evolusioner 2. b) Republik : Bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden atau perdana menteri.ratu. bertahap dan bagian demi bagian.kaisar atau sultan. 2.

gotong royong d. Proses menuju demokrasi dilakukan dengan musyawarah dengan melibatkan setiap warga negara.rapat b. Demokrasi desa memiliki 5 unsur yaitu: a. DEMOKRASI DI INDONESIA a.hak menyingkir dari kekuasaan raja absolut Kelima unsur demokrasi diatas dapat dikembangkan menjadi konsep demokrasi Indonesia yang modern. b) Proses perubahan secara persuasif bukan koersif Demokratisasi dilakukan bukan dengan paksaan. Negara yang benar-benar demokrasi tidak ada.Demokrasi di bidang politik b. Tetapi negara sedapat mungkin mendekati kriteria demokrasi. pembakaran dan pengrusakan bukanlah cara-cara yang demokratis.Menurut Mohammad Hatta dalam Padmo Wahyono (1990) desadesa di Indonesia sudah menjalankan demokrasi misalnya dengan pemilihan kepala desa dan adanya rembug desa.Demokrasi di bidang ekonomi . kekerasan atau tekanan.mufakat c. Perbedaan pandangan diselesaikan dengan baik tanpa kekerasan.demokrasi dan membentuk lembaga-lembaga demokrasi tidak dapat dilakukan secepat mungkin dan segera selesai. c) Proses yang tidak pernah selesai Demokratisasi berlangsung dalam waktu yang terus menerus.Hatta harus meliputi 3 hal. Demokrasi Desa Bangsa Indonesia sejak dahulu sesungguhnya telah mempraktikkan ide tentang demokrasi meskipun masih sederhana dan bukan dalam tingkat kenegaraan. Bahkan suatu negara demokrasi dapat jatuh menjadi otoriter.yaitu: a. Demokrasi Indonesia modern menurut Moh.hak mengadakan protes bersama e. Sikap pemaksaan. Demokrasi adalah suatu yang ideal yang tidak bisa tercapai. 3.

.perdamaian abadi dan keadilan sosial. Nilai-nilai demokrasi yang terjabar dari nilai-nilai Pancasila tersebut adalah sebagai berikut: a.”Republik berarti res publica.sesuai...Prinsip Ketuhanan . d..Sistem perwakilan Berdasarkan sila keempat Pancasila....Kedaulatan rakyat Hal ini didasarkan pada bunyi pembukaan UUD 1945 Alinea IV yaitu”...Prinsip musyawarah Berdasarkan sila keempat Pancasila.adil.yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. c..... g..c.Demokrasi Pancasila Demokrasi yang berkembang di Indonesia adalah demokrasi Pancasila.... b..negara untuk kepentingan umum..Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum.”Kedaulatan rakyat adalah esensi dari demokrasi. Demokrasi di bidang sosial b.yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat.dan menguntungkan bangsa... f.maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam Suatu Undang-undang Dasar negara Indonesia .. mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan.Negara berdasar atas hukum Hal ini didasarkan pada kalimat”... e.yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/ perwakilan..Pemerintahan yang konstitusional Berdasar pada kalimat “..yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia..yaitu seperangkat nilai yang dianggap baik..”UUD negara Indonesia 1945 adalah konstitusi negara..Republik Hal ini didasarkan pada pembukaan UUD 1945 Alinea IV yang berbunyi “.. Pancasila adalah ideologi nasional.....”Negara hukum Indonesia menganut hukum arti luas atau materiil..

Pelaksanaan Demokrasi Masa Orde Baru tahun 1966 sampai 1998 d.Pelaksanaan Demokrasi Masa Revolusi tahun 1945 sampai 1950 b.sebagai berikut.Masa de mokrasi terpimpin tahun 1959 sampai 1965 c.periode masa terpimpin (guide democracy) d.ekonomi. 1.yaitu masa demokrasi Pancasila yang menonjolkan sistem presidensiil. Afan Gaffar (1999)membagi alur periodisasi demokrasi Indonesia terdiri atas: a.Secara senpit demokrasi Pancasila berarti kedaulatan rakyat yang dilaksanakan menurut hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.Demokrasi di Indonesia harus dapat dipertanggungjawabkan ke bawah kepada rakyat dan ke atas dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan.Secara luas demokrasi Pancasila berarti kedaulatan rakyat yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik.Perkembangan Demokrasi Indonesia Menurut Mirriam Budiardjo (1997) dipandang dari sudut perkembangan sejarah.Masa demokrasi liberal tahun 1950 sampai 1959 2.yang dinamakan masa demokrasi parlementer b.demokrasi Indonesia sampai masa Orde Baru dibagi menjadi 3 masa yaitu: a.periode pemerintahan orde baru(Pancasila democracy) Pelaksanaan demokrasi di Indonesia dapat pula dibagi ke dalam periode berikut: a.Masa Republik I. Pelaksanaan Demokrasi Masa Transisi tahun 1998 sampai 1999 e.dan sosial. Pelaksanaan Demokrasi Masa Reformasi tahun 1999 sampai sekarang .Masa Republik III.periode masa revolusi kemerdekaan b.yaitu masa demokrasi terpimpin c. 2.Pelaksanaan Demokrasi Masa Orde lama yang terdiri: 1.periode masa parlemen (representative democracy) c. c. Demokrasi Pancasila dapat diartikan secara luas maupun sempit .Masa Republik II.

.Demokrasi saat ini menjadi harapan banyak orang sehingga sering disebut eforia demokrasi.Pada masa reformasi ini masyarakat memiliki banyak kesempatan yang luas dan bebas untuk melaksanakan demokrasi diberbgai bidang.

Jakarta:PT Bumi Aksara .DAFTAR PUSTAKA Winarno.Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan.2010.