Senam Alat

Senam alat merupakan salah satu cabang olahraga senam yang banyak dilombakan dalam beberapa event olahraga. Sesuai dengan namanya, dalam pelaksanaan senam alat membutuhkan beberapa alat, diantaranya: kuda - kuda lompat, matras, papan tolak (beat board), serta alas untuk loper (awalan). Biasanya terdapat perbedaan tinggi alat untuk putra dan putri yang digunakan dalam senam alat ini. Semisal tinggi punggung kuda - kuda lompat untuk putra setinggi 1,35 meter sedangkan untuk putri setinggi 1,10 meter. Bentuk dari senam alat sendiri terdiri dari lompat kangkang, lompat jongkok, dan berguling diatas peti lompat.

tungkai diceraikan diayun ke arah perut  Ayunan lengan melingkar ke belakang atas. badan membusur.Berikut ini adalah gerakan .kuda.gerakan pada senam alat: # GERAKAN LOMPAT KANGKANG * Lompat kangkang pada pangkal kuda .kuda dalam sikap lurus. tungkai rapat dan pandangan ke depan  Mendarat dengan ujung kaki mengeper. tangan menolak sekuat . lengan direntangkan.kuda lompat:   Melakukan awalan dengan lari cepat.kuda. terbuka. da pandangan ke depan  Mendarat dengan ujung kaki mengeper lengan direntangkan ke atas * Latihan lompat kangkang tumpuan pada ujung kuda . kemudain menolak sekuat . melayang. segera setelah tangan menyentuh pada bagian ujung kuda .kuatnya. Badan lurus. badan condong ke depan Kedua kaki menolak pada papan tolak sekuat .kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah ke depan. lengan direntangkan ke atas . tungkai lurus membuka.kuatnya. Badan melayang diatas kuda . # GERAKAN LOMPAT JONGKOK * Latihan lompat jongkok dengan tumpuan pada bagian pangkal kuda .kuda lompat   Awalan lari dengan cepat. tungkai dipisahkan  Tangan menyentuh bagian pangkal kuda .kuda lompat . badan condong ke depan Kedua kaki menolak pada papan tolak.

lengan lurus. pandangan dipusatkan pada ujung kuda .   Awalan lari cepat.kuda lompat.  Ayunkan lengan melingkar ke belakang atas. pandangan dipusatkan di depan dekat tangan  Segera kedua tangan menolak dengan sekuat tenaga. Segera tangan menolak sekuat .  Awalan lari cepat. tangan menumpu pada pangkal kuda . lengan direntangkan keatas. badan condong ke depan Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai dengan ayunan lengan ke atas. badan condong ke depan Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai dengan ayunan lengan ke atas. lutut dilipat ke dada. * Latihan lompat jongkok dengan tumpuan pada bagian ujung kuda .kuatnya. mengeper.kuda. panggul dipatahkan.kuda lompat  Saat tangan menyentuh bagian ujung kuda . tungkai diayun ke arah perut.kuda. badan melayang. badan membusur dan melayang. Mendarat dengan ujung kaki mengeper. badan membentuk sudut 30 derajat dengan punggung kuda . Mendarat pada ujung kaki. badan melayang ke atas depan.kuda. lengan direntangkan ke atas . Luruskan tungkai saat berada diatas bagian ujung kuda .kuda lompat. kedua lengan lurus.