Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulannya kecuali

pada saat kehamilan. Menstruasi yang terjadi terus menerus setiap bulannya disebut sebagai siklus menstruasi. menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung hingga anda menopause (biasanya terjadi sekitar usia 45 – 55 tahun). Normalnya, menstruasi berlangsung selama 3 – 7 hari.

SIKLUS MENSTRUASI WANITA
HORMON-HORMON YANG MENGATUR TERJADINYA SIKLUS MENSTRUASI
MEMAHAMI SIKLUS MENSTRUASI ANDA MERUPAKAN AWAL YANG PENTING DALAM MEMAHAMI KESUBURAN ANDA

www.BioHealthWorld.com
MAKING YOUR LIFE BETTER EVERYDAY

Siklus menstruasi bervariasi pada tiap wanita dan hampir 90% wanita memiliki siklus 25 – 35 hari dan hanya 10-15% yang memiliki panjang siklus 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus yang tidak teratur dan hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesuburan. Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari pertama periode menstruasi – hari dimana pendarahan dimulai disebut sebagai hari pertama yang kemudian dihitung sampai dengan hari

Normalnya. Pada permulaan siklus.terakhir – yaitu 1 hari sebelum perdarahan menstruasi bulan berikutnya dimulai. Seorang wanita memiliki 2 ovarium dimana masing-masing menyimpan sekitar 200. Proses pelepasan ini disebut dengan “OVULASI”.000 hingga 400. hanya satu atau beberapa sel telur yang tumbuh setiap periode menstruasi dan sekitar hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya. Hormone estrogen tersebut juga menghasilkan lendir yang lebih banyak di vagina untuk membantu kelangsungan hidup sperma setelah berhubungan intim. Hormone estrogen bekerjasama dengan hormone FSH membantu sel telur yang dominan tersebut tumbuh dan kemudian memberi signal kepada rahim agar mempersiapkan diri untuk menerima sel telur tersebut. ketika sel telur tersebut telah matang maka sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk kemudian dibuahi. .000 telur yang belum matang/folikel (follicles). Salah satu atau beberapa sel telur kemudian tumbuh lebih cepat daripada sel telur lainnya dan menjadi dominant hingga kemudian mulai memproduksi hormon yang disebut estrogen yang dilepaskan kedalam aliran darah. sebuah kelenjar didalam otak melepaskan hormon yang disebut Follicle Stimulating Hormone (FSH) kedalam aliran darah sehingga membuat sel-sel telur tersebut tumbuh didalam ovarium.

kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. menstruasi rata-rata terjadi 5 hari. Selain manusia. kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar. cari Siklus menstruasi pada wanita. Biasanya pada saat menstruasi wanita memakai pembalut untuk menampung darah yang keluar saat beraktivitas terutama saat tidur agar bokong dan celana tidak basah dan tetap nyaman. hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pembalut harus diganti minimal dua kali sehari untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi pada . sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus. walaupun hal ini berlaku umum. Pada manusia. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.Menstruasi Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Biasanya. tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama.

Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai 13. Hali ini secara bertahap terjadi pada hari ke-1 sampai 7.vagina atau gangguan-gangguan lainnya. Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • • 1 Siklus menstruasi o 1. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks.[1] [sunting] Menentukan masa subur Beberapa metode dalam menentukan masa subur dapat dilihat dengan beberapa cara: . luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh.3. Gunakanlah pembalut yang anti-bakteri dan mempunyai siklus udara yang lancar.1 Fase menstruasi o 1. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.3 Fase ovulasi  1. [sunting] Fase menstruasi Yaitu. [sunting] Fase ovulasi Masa subur atau Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi.2 Fase praovulasi o 1.1 Menentukan masa subur o 1. [sunting] Fase praovulasi Yaitu.4 Fase pascaovulasi 2 Tanda dan gejala 3 Penanggulangan 4 Kelainan menstruasi 5 Lihat pula 6 Referensi 7 Pranala luar [sunting] Siklus menstruasi Siklus menstruasi dibagi atas empat fase. masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh.

Bau badan tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi: • • • • • • • • • • • Perut terasa mulas.1. masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio untuk berkembang. Perubahan Suhu Basal Tubuh [sunting] Fase pascaovulasi Yaitu. Sakit kepala dan pusing. Perubahan Lendir Servik 3. Nyeri dan bengkak pada payudara. Emosi meningkat. maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali. [sunting] Tanda dan gejala Nyeri pada perut merupakan salah satu gejala menstruasi. Gatal-gatal pada kulit. Pada tahap ini. Radang pada vagina. Terasa nyeri saat buang air kecil. Demam. Jika tidak terjadi fertilisasi. Keputihan. [sunting] Penanggulangan . Tubuh tidak fit. Perubahan Periode Menstruasi 2. mual dan panas.

Gejala dysmenorrhea termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki. ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu: • • • • • • Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Kelainan menstruasi ini dapat menunjukkan ketidaksuburan. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat. Anda mungkin membutuhkan obatobatan dari dokter untuk mengatasi menstruasi yang berlebihan atau anemia. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul. rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Kondisi ini memang sedikit menggangu saat menstruasi. • Menstruasi tidak teratur. Dysmenorrhea kedua ini mempengaruhi wanita yang belum pernah menstruasi sebelumnya. Caranya. Dysmenorrhea pertama biasanya dihubungkan dengan naiknya kadar kimia alami di dalam tubuh saat ovulasi. Dysmenorrhea kedua merupakan tanda suatu kelainan mendasar.Menorrhagia dapat menyebabkan anemia. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah. kacang kedelai rebus. yang menyebabkan rasa sakit. Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri.Kelainan reproduksi. Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Membuat ramuan jahe. atau fibroids dapat menimbulkan menstruasi dengan rasa sakit. Darah yang menggumpal juga sebenarnya normal. namun Dr Minkin mengatakan bahwa penyebabnya tidak selalu jelas. maka kemungkinan ia menderita menorrhagia.Saat menstruasi. atau oligomenorrhea. atau menorrhagia. Ketidakseimbangan hormon atau kelainan rahim dapat menyebabkan volume darah menstruasi yang sangat tinggi. kram perut. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu. Meminum teh beraroma mint. Jika wanita mengalami menstruasi selama tujuh hari atau lebih. endometriosis. namun gumpalan darah dalam jumlah besar merupakan tanda "heavy periods". dan darah yang keluar tidak tertampung lagi oleh pembalut. sayuran hijau.Untuk mengurangi nyeri saat haid. rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat. Daging yang tidak berlemak. dan satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya secara pasti adalah dengan memeriksakannya ke dokter. [sunting] Kelainan menstruasi • Menstruasi yang menyakitkan atau dysmenorrhea. jadi pastikan Anda mengonsumsi cukup banyak zat besi. . Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus. merupakan sumber zat besi yang baik. oatmeal. sereal. • Menstruasi yang sangat hebat. atau sakit pada tulang panggul. namun pastikan bahwa dokter tahu jika misalnya Anda sedang berusaha hamil. dan kacang-kacangan lain.

atau turunnya berat badan yang terlalu banyak. namun hanya bila hal ini terjadi pada tahun pertama wanita mengalami menstruasi dan saat perimenopause (tahun-tahun menjelang menopause). Jika wanita tidak menstruasi. kemungkinan ia sedang hamil. Jika tidak berovulasi maka ia akan kesulitan hamil. bisa jadi ia tidak berovulasi (tidak melepas telur setiap bulan). • Tidak mengalami menstruasi atau amenorrhea. Ketidakseimbangan hormon atau kelainan juga menyebabkan haid tidak teratur. stres. Namun penyebab lainnya bisa juga karena ia mengalami amenorrhea. latihan terlalu berat. yang dapat memengaruhi tingkat kesuburan dan kesempatan wanita untuk mendapatkan bayi.Menstruasi yang tidak dapat diprediksi datangnya termasuk normal. [sunting] Lihat pula • • • • • Birahi Sindrom pramenstruasi Keputihan Pembalut wanita Menopause . Amenorrhea juga merupakan efek samping dari penyakit. perimenopause. Jika wanita tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan. Penyebab yang paling umum dari absennya menstruasi adalah kehamilan. atau menopause. Penderita sebaiknya menghindari diet dan latihan yang ketat.

sedangkan pada siklus estrus. pembentukan progesteron berhenti sehingga pemberian nutrisi kepada endometriam terhenti. Fase ini disebut fase perdarahan atau fase menstruasi. jika tidak terjadi pembuahan maka lapisan endometrium pada uterus akan luruh keluar tubuh. akibatnya korpus luteum mengecil dan menghilang. LH merangsang folikel yang telah kosong untuk berubah menjadi badan kuning (Corpus Luteum). folikel ini juga menghasilkan hormon estrogen yang merangsang keluarnya LH dari hipofisis. pada siklus menstruasi. jika tidak terjadi pembuahan. maka FSH mulai terbentuk lagi dan terjadilan proses oogenesis kembali. Pada seat tersebut sel oosit primer akan membelah dan menghasilkan ovum yang haploid. Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodik setiap 28 hari (ada pula setiap 21 hari dan 30 hari) yaitu sebagai berikut : Pada hari 1 sampai hari ke-14 terjadi pertumbuhan dan perkembangan folikel primer yang dirangsang oleh hormon FSH. Selain itu. endomentrium akan direabsorbsi oleh tubuh. Bedanya. Saat folikel berkembang menjadi folikel Graaf yang masak. Sedang pada mamalia lain terjadi siklus estrus. selain itu progesteron juga berfungsi menghambat pembentukan FSH dan LH. endometrium menjadi mengering dan selanjutnya akan terkelupas dan terjadilah perdarahan (menstruasi) pada hari ke-28.Siklus Menstruasi Pada Wanita Biologi Kelas 2 > Sistem Reproduksi > Reproduksi Manusia < Sebelum Sesudah > 106 Siklus menstruasi terjadi pada manusia dan primata. Periode ini disebut fase luteal. waktu di sekitar terjadinya ovulasi disebut fase estrus. selain itu estrogen menghambat pembentukan FSH dan memerintahkan hipofisis menghasilkan LH yang berfungsi merangsang folikel Graaf yang masak untuk mengadakan ovulasi yang terjadi pada hari ke14. . Oleh karena tidak ada progesteron. Badan kuning menghasilkan hormon progesteron yang berfungsi mempertebal lapisan endometrium yang kaya dengan pembuluh darah untuk mempersiapkan datangnya embrio. Estrogen yang keluar berfungsi merangsang perbaikan dinding uterus yaitu endometrium yang habis terkelupas waktu menstruasi.

sehingga merangsang pembentukan hormon seksual. Di samping itu juga timbulnya ciri-ciri seksual sekunder. misalnya tumbuhnya rambut kemaluan dan rambut ketiak. juga faktor sosial-ekonomi dan keturunan. Pada remaja putri. Pubertas merupakan masa awal pematangan seksual. dan seksual serta mampu mengadakan proses reproduksi. kadar hormon LH (luteinizing hormone) dan FSH (follicle-stimulating hormone) akan meningkat. peningkatan kadar hormon tersebut menyebabkan pematangan payudara. ovarium.com EMAIL | PRINT | RSS Setiap remaja akan mengalami pubertas.Gambar : Siklus Menstruasi < Sebelum Sesudah > Remaja Putri dan Siklus Menstruasi 13-08-2008 | nita-medicastore. rahim. yakni suatu periode dimana seorang anak mengalami perubahan fisik. . Sedangkan remaja putri yang kurus dan kekurangan gizi cenderung mengalami siklus menstruasi pertama lebih lambat. Tampaknya usia pubertas dipengaruhi oleh faktor kesehatan dan gizi. dan vagina serta dimulainya siklus menstruasi. hormonal. Siklus menstruasi pertama juga terjadi lebih awal pada remaja putri yang tinggal di kota. Pubertas pada remaja putri umumnya terjadi pada usia 9-16 tahun. Pada awal masa pubertas. Remaja putri yang gemuk cenderung mengalami siklus menstruasi pertama lebih awal.

Bagi remaja putri. . Menstruasi pertama (menarke) pada remaja putri sering terjadi pada usia 11 tahun. sel telur akan masuk ke dalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin sehingga terjadilah kehamilan. Dengan cara ini. Namun jangan khawatir. Di dalam tuba falopii dapat terjadi pembuahan oleh sperma. Tandai setiap hari ke-1 siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya dengan tanda silang. Jika terjadi pembuahan. Dengan mengetahui pola siklus menstruasi akan membantu dalam memperkirakan siklus menstruasi yang akan datang. siklus menstruasi yang terjadi berkisar antara 21-40 hari. jika tidak terjadi pembuahan. maka endometrium akan dilepaskan dan terjadilah perdarahan atau disebut sebagai siklus menstruasi.Menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Namun tidak tertutup kemungkinan terjadi pada rentang usia 8-16 tahun. Jarak antara siklus yang paling panjang biasanya terjadi sesaat setelah menarke dan sesaat sebelum menopause. terkadang sampai 7 hari. Menstruasi merupakan pertanda masa reproduktif pada kehidupan seorang perempuan. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium kemudian dimulai lagi pada siklus berikutnya. Setiap bulan. Hanya 10-15% wanita yang memiliki siklus 28 hari. Anda dapat mengetahui pola siklus menstruasi pada diri Anda. Awal siklus menstruasi dihitung sejak terjadinya perdarahan pada hari ke-1 dan berakhir tepat sebelum siklus menstruasi berikutnya. yang dimulai dari menarke sampai terjadinya menopause. Siklus dapat berlangsung selama 3-5 hari. mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur pada masa-masa awal adalah hal yang normal. Pada sekitar hari ke-28. Siklus dan lamanya menstruasi dapat diketahui dengan membuat catatan pada kalender. setelah hari ke-5 dari siklus menstruasi. setelah beberapa lama siklus menstruasi akan menjadi lebih teratur. Menstruasi yang berulang setiap bulan tersebut pada akhirnya akan membentuk siklus menstruasi. Sel telur ini masuk ke dalam salah satu tuba falopii. endometrium mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan. lalu hitung sampai tanda silang berikutnya. Sekitar hari ke-14 terjadi pelepasan telur dari ovarium (disebut ovulasi). Pengetahuan akan siklus menstruasi yang dialami sangatlah penting bagi remaja putri. Mungkin saja remaja putri mengalami jarak antar 2 siklus berlangsung selama 2 bulan atau dalam 1 bulan terjadi 2 siklus. Umumnya.

. Pada pertengahan fase folikuler. • Fase Luteal Fase ini terjadi setelah ovulasi dan berlangsung selama sekitar 14 hari. • Fase Folikuler Fase folikuler dimulai dari hari ke-1 sampai sesaat sebelum kadar LH meningkat dan terjadi pelepasan sel telur (ovulasi). Endometrium terdiri dari 3 lapisan. Darah menstruasi biasanya tidak membeku kecuali jika perdarahannya sangat hebat. yang lainnya hancur. Tetapi hanya 1 folikel yang terus tumbuh. fase ovulatoir. Darah yang hilang sebanyak 28-283 gram. kadar FSH sedikit meningkat sehingga merangsang pertumbuhan sekitar 3-30 folikel yang masing-masing mengandung 1 sel telur. yang berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam. Dinamakan fase folikuler karena pada saat ini terjadi pertumbuhan folikel di dalam ovarium. dan fase luteal. rata-rata selama 5 hari. Perdarahan menstruasi berlangsung selama 3-7 hari. Sel telur biasanya dilepaskan dalam waktu 16-32 jam setelah terjadi peningkatan kadar LH. sedangkan lapisan dasarnya tetap dipertahankan dan menghasilkan sel-sel baru untuk kembali membentuk kedua lapisan yang telah dilepaskan. akhirnya pecah dan melepaskan sel telur.Siklus menstruasi dibagi menjadi 3 fase. Folikel yang matang akan menonjol dari permukaan ovarium. Setelah melepaskan telurnya. Lapisan paling atas dan lapisan tengah dilepaskan. folikel yang pecah kembali menutup dan membentuk korpus luteum yang menghasilkan sejumlah besar progesteron. nyeri ini dikenal sebagai mittelschmerz. • Fase Ovulatoir Fase ovulatoir dimulai ketika kadar LH meningkat dan pada fase ini dilepaskan sel telur. sebagian endometrium dilepaskan sebagai respon terhadap penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron. yakni fase folikuler. Pada suatu siklus. Pada saat ovulasi ini beberapa wanita merasakan nyeri tumpul pada perut bagian bawahnya.

atau diare. muntah atau nyeri perut. Rasa sakit di perut bagian bawah. adanya kista atau tumor pada indung telur. Peningkatan suhu ini bisa digunakan untuk memperkirakan terjadinya ovulasi. muntah. Nyeri Haid Kebanyakan remaja putri sering mengalami kram sewaktu menstruasi. kadang meluas ke pinggul. endometriosis. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar prostaglandin (zat yang membuat otot-otot rahim berkontraksi dan melepaskan dindingnya).Progesteron menyebabkan suhu tubuh sedikit meningkat selama fase luteal dan tetap tinggi sampai siklus yang baru dimulai. . Buatlah catatan siklus menstruasi Anda selama 3 bulan. Di samping itu. penyakit yang ditularkan akibat hubungan seksual. Tes kehamilan didasarkan kepada adanya peningkatan kadar HCG. pada hari ke berapa darah banyak keluar. Namun segeralah ke dokter jika nyeri haid menghebat atau disertai demam. Catatan ini diperlukan untuk mengevaluasi perubahan menstruasi. Atau cobalah berendam dengan air hangat. Bahkan ada yang merasa mual. Sedikit kram perut pada hari pertama atau kedua haid yang terjadi merupakan hal yang biasa. kapan menstruasinya berhenti. korpus luteum mulai menghasilkan HCG (human chorionic gonadotropin). Lebih dari separuh perempuan mengalaminya. Rasa nyeri yang disebabkan oleh gangguan ginekologis disebut dismenorea sekunder. Bila tidak ada kelainan ginekologis. Menstruasi yang tidak teratur ini dapat disebabkan oleh perubahan kadar hormon akibat stres atau sedang dalam keadaan emosi. Hormon ini memelihara korpus luteum yang menghasilkan progesteron sampai janin bisa menghasilkan hormonnya sendiri. atau jika tetap nyeri setelah hari ketiga haid. kecuali jika terjadi pembuahan. Setelah 14 hari. Catat hari pertama menstruasi. perubahan drastis dalam porsi olahraga atau perubahan berat badan yang drastis juga dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Namun sekitar 10% perempuan mengalami rasa sakit yang demikian hebat hingga perlu minum obat untuk dapat mengatasi rasa sakit tersebut. Untuk mengatasi nyeri haid. Rasa nyeri ini biasanya lenyap pada pertengahan usia 20-an atau setelah melahirkan. dismenorea primer tidak berbahaya. Anda dapat meminum obat untuk menghilangkan rasa nyeri. Di sinilah pentingnya mengetahui pola siklus menstruasi Anda. Menstruasi yang Tidak Teratur Remaja putri kadang mengalami menstruasi yang tidak teratur. Jika telur dibuahi. merasa mual yang tidak biasa. Hal ini bisa disebabkan oleh tumor fibroid (suatu tumor jinak pada dinding rahim). Meskipun sakit. korpus luteum akan hancur dan siklus yang baru akan dimulai. rasa nyeri tersebut disebut dismenorea primer. punggung bagian bawah atau paha. penyakit radang panggul.

tetapi frekuensi ini pada setiap orang berbeda-beda. sehingga frekuensi pernapasannya semakin cepat. 1. Suhu tubuh Semakin tinggi suhu tubuh (demam) maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat. kebutuhannya akan oksigen juga lebih banyak dibandingkan orang tua. Pada umumnya. Berarti semakin berat kerjanya maka semakin banyak kebutuhan energinya. Kegiatan Tubuh Untuk membuktikan pengaruh faktor ini. Oleh sebab itu. 2. Kesimpulan : • • • • Bertambahnya umur seseorang mengakibatkan frekuensi respirasi menjadi semakin lambat. Untuk itu tubuh harus lebih banyak mengeluarkan keringat agar menurunkan suhu tubuh. Usia Anak-anak lebih banyak frekuensi pernafasannya daripada orang dewasa. Aktivitas ini membutuhkan energi yang dihasilkan dari peristiwa oksidasi dengan menggunakan oksigen sehingga akan dibutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk meningkatkan frekwensi 4. Pada usia lanjut.Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Frekuensi Pernapasan Proses inspirasi dan ekskresi berlangsung sebanyak 15 sampai dengan 18 kali setiap menit. karena dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut. Hal ini disebabkan anakanak masih dalam usia pertumbuhan sehingga banyak memerlukan energi. Frekuensi pernapasan laki-laki lebih besar disbanding perempuan . di lingkungan yang panas tubuh mengalami peningkatan metabolisme untuk mempertahankan suhu agar tetap stabil. Laki-laki lebih banyak frekuensi pernafasannya daripada perempuan. Frekuensi pernapasan posisi tidur terlentar lebih cepat dibandingkan posisi tengkurap 5. orang yang melakukan aktivitas kerja membutuhkan energi. sehingga oksigen yang diperlukan relatif lebih sedikit. Jenis kelamin. semakin banyak energi yang dibutuhkan. Hal ini terjadi karena lakilaki umumnya beraktivitas lebih banyak daripada perempuan 3. sehingga memerlukan oksigen yang lebih banyak. berarti semakin banyak pula O2 yang diambil dari udara. Anda dapat melakukan perbandingkan antara orang yang bekerja dengan orang yang tidak bekerja. Posisi tubuh Frekuensi pernapasan meningkat saat berjalan atau berlari dibandingkan posisi diam. energi yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan pada saat usia pertumbuhan. frekuensi pernapasan posisi berdiri lebih cepat dibandingkan posisi duduk. Mana yang lebih banyak frekuensi bernapasnya? Jika diperhatikan. laki-laki lebih banyak membutuhkan energi.

perbedaan aktivitas inilah yang nantinya mempengaruhi cepat tidaknya pernapasan Frekuensi pernafasan manusia itu dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin.• • • • Pernapasan manusia dapat dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. masih banyak factor-faktor lain yang lebih dominan mempengaruhi frekuensi pernapasan yaitu. Takhipnea :Bila pada dewasa pernapasan lebih dari 24 x/menit Bradipnea : Bila kurang dari 10 x/menit Apnea : Bila tidak bernapas . 4. 3. 5. Aktivitas bayi dengan anak-anak jelas berbeda apalagi dengan orang tua. Emosi seseorang Perasaan seseorang Kejiwaan seseorang. 2. 1. Kedua hal tersebut mempengaruhi langsung terhadap tingkat aktivitas manusia. Namun. Energi dan Aura seseorang Latihan dan kebatinan seseorang Frekuensi napas normal tergantung umur : Usia baru lahir sekitar 35 – 50 x/menit Usia <> Usia 2-12 tahun 18 – 26 x/menit Dewasa 16 – 20 x/menit.

gejala utamanya muntah. Penanganan juga bukan hanya membantu penyembuhan. kompres tetap perlu. susu. perlu mendapat perawatan khusus. dan diare. Bisa karena keracunan makanan atau karena kuman dalam makanan. Jangan diselimuti dengan selimut tebal – kecuali si anak menggigil – karena justru akan meningkatkan suhu tubuh. infeksi saluran napas. demam. atau infeksi saluran napas. dr.” tuturnya. air jeruk. namun juga dapat mencegah timbulnya komplikasi lebih jauh. menurut Dr. Air tajin untuk diare Diare yang disertai berkurangnya cairan tubuh (dehidrasi). dan tetanus). antara lain. Dengan begitu anak akan mudah berkeringat sehingga suhu tubuh menurun. kalau ada.J. dan demam berdarah. Kalau makanannya beracun.5oC. gejala ke arah asma meskipun bukan asma. Semisal karena batuk dan pilek. “Kenakan pakaian yang tipis. infeksi lain pada saluran pencernaan. Adalah bijaksana kalau di rumah selalu tersedia obat turun panas sebelum anak dibawa ke dokter. batuk disertai sesak napas. atau infeksi saluran napas bagian bawah. Seka keringat pada tubuhnya dengan handuk basah. Upaya menurunkan suhu tubuh ini perlu untuk mencegah terjadinya kejang-kejang atau setip. Selama suhu tubuhnya masih tinggi. Kalau batuk-pilek biasanya masih bisa ditunda. dan gantilah pakaiannya dengan yang kering supaya merasa segar. Jakarta. Demam memang bukan penyakit. “Tapi yang sering membuat orang tua segera membawa anaknya berobat adalah demam dan diare.. Anies dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. tidurkan anak dalam ruang ber-AC atau berkipas angin. radang tenggorokan. baru . tapi gejala suatu penyakit. Semarang. dokter spesialis anak yang berpraktik di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina di Jatinegara. diare. atau kaldu hangat. bedaki seluruh tubuh. Anies menyarankan agar anak diberi banyak minum ketika terserang demam. Anak dikatakan demam. Penyebab diare umumnya makanan. bila suhu tubuhnya di atas 37. Oleh sebab itu gejala penyakit dan cara penanganannya perlu dikenali. sari buah. kenaikan suhu tubuh juga sering terjadi saat tumbuh gigi pertama. pertusis. Parasetamol biasa dipakai dan aman untuk anak dan bayi. Suhu tubuh juga akan meninggi sehabis memperoleh imunisasi DPT (difteria.” jelas Kishore.Beberapa penyakit yang umum diderita anak hampir dipastikan pada satu saat menyerang anak kita. Dalam buku Mengatasi Gangguan Kesehatan pada Anak-Anak. Penyakit yang sering diderita bayi dan balita. Kalau itu yang terjadi. karangan dr. namun hanya berlangsung kira-kira 24 jam. Selain obat turun panas. menurut Kishore. Kishore R. Boleh air putih. Untuk menurunkan suhu tubuh bisa dibantu dengan mengompres kening dengan lap atau handuk basah.

menurut dr. Anies. yakni bersin-bersin. kulit pucat atau kekenyalan tubuh berkurang. dan klorida ikut terbuang. Larutan ini. Bisa berupa teh manis. Untuk mengatasinya. tidak berbahaya untuk bayi sekalipun. mulut dan bibir kering. dr. anak akan kehilangan banyak cairan. seperti sodium. Kondisi dehdarasi inilah yang paling dikhawatirkan meski diare pada dasarnya akan sembuh sendiri. Juga anak mengantuk. Juga jauh lebih baik dibandingkan dengan oralit karena tajin mengandung glukosa polimer yang mudah diserap. Menurut dr. Anies. Selain itu dua macam poliglukosa dalam tepung tajin dapat menyebabkan feses lebih padat. yaitu pertamatama dengan memberikan banyak minum. Bisa juga diberikan satu sendok makan setiap lima menit. air gula garam. mata cekung atau terbenam. penyebabnya bisa macam-macam. bahkan sejumlah mineral penting. Kalau karena kuman pada makanan. menurut dr. . yaitu 7 – 10 %. “Tidak harus larutan oralit. Air tajin selain cepat dicerna. Penggunaan air tajin sebagai “obat diare”. dan yang paling sering alergi saluran pernapasan. ingusan. ASI tetap dilanjutkan. sampai anak dapat buang air kecil secara normal. anak perlu diberi cairan sebanyak mungkin. Alergi hingga gondong Yang juga sering diderita anak-anak adalah alergi. selalu merasa haus. Tanda-tanda dehidrasi antara lain anak menangis tanpa air mata. diare merupakan keadaan gawat darurat sehingga harus segera ditanggulangi sebelum kondisi dehidrasi terjadi. Keuntungan lain air tajin adalah adanya kandungan proteinnya. Larutan gula garam dibuat dengan perbandingan dua sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam untuk segelas air putih. potasium. jus. Juga. Sedangkan garam oralit tidak mengandung protein. diberikan sedikitnya setengah gelas tiap kali anak muntah atau buang air besar. sup. yang akan mempermudah penyerapan elektrolit. juga mengandung kadar glukosa cukup tinggi.” jelas Kishore. Bila berkelanjutan. Air tajin justru cukup efektif bagi bayi untuk mengatasi diare. ada kalanya tidak keluar sama sekali. Anies. Dalam bukunya. Anak biasanya menggaruk-garuk hidungnya dengan punggung tangannya. Bila diare terjadi berulang kali. Pemberian susu formula dan jus buah dihentikan sementara. Anies menyebutkan. Pada bayi tanda dehidrasi bisa dilihat lewat ubun-ubun yang menjadi cekung. Gelaja umumnya sama. biasanya diare dulu baru kemudian muntah. mata berair. Air seni keluar sedikit dan berwarna gelap. hidung tersumbat. dan bekas cubitan tidak cepat kembali normal. bisa terjadi ketidakseimbangan cairan tubuh sehingga timbul dehidrasi.diikuti diare. dan gatal. Namun.

serangan asma timbul. tepatnya pada batang tenggorokan. Misalnya karena gangguan pada saluran pernapasan. Misalnya. Selain itu. bulu binatang. Ada kalanya gabungan beberapa pencetus asma dapat menimbulkan serangan. asma. masuknya benda asing atau makanan ke saluran napas. dsb. dikhawatirkan akan terjadi komplikasi. Keluhan batuk perlu disampaikan ke dokter. bibir dan lidah kebiruan. termasuk kelompok yang paling sering menderita batuk rejan.). Pencegahan utama. Tetapi kalau berlari-lari saat cuaca dingin. Ketika terserang asma. Meski demikian. perubahan cuaca. disarankan anak dihindarkan dari pencetusnya. yang berlangsung kira-kira 1 – 2 minggu. Vaksinasi DPT yang pertama telah dianjurkan bagi bayi yang berusia tiga bulan. Gangguan pernapasan lainnya adalah asma. atau sepanjang hari. Obat asma sebenarnya bersifat sementara. Gejalanya mirip influenza. bebaskan anak dari segala pencetusnya. perubahan emosi. bisa juga karena gangguan psikologis. Anies. yaitu batuk dan pilek ringan serta menurunnya nafsu makan. seisi kamarnya harus bebas debu dan diusahakan tidak lembap. Beberapa penyebab batuk menahun dan berulang misalnya bronkitis atau radang tenggorokan. untuk mempermudah diagnosis dan pengobatannya. Jadi. anak-anak sering tak luput dari serangan batuk. yang juga merupakan gejala suatu penyakit. Kalau pencetusnya debu. tulis dr. menurut dr. langkah pencegahan terbaik. yang paling sering ialah alergi. Penyebabnya kuman Hemophilus pertussis. Anies. segera saja hubungi dokter. dan alergi (udara. kelainan paru-paru menahun. Suntikan ulangan diberikan satu tahun setelah suntikan dasar ketiga dilakukan. Namun. kalau tidak diobati dengan baik. Pencetusnya bisa karena pilek dan selesma. Jika anak sulit bernapas sampai tak mampu menelan makanan. terlalu banyak bergerak. bahkan mengakibatkan berbagai komplikasi. jauhkan anak dari penderita batuk rejan. Anies. Kalau pencetusnya ada. makanan.Bila sedang terserang. anak diberi obat yang diresepkan dokter. asap rokok. Namun. Tirai. Perlu disampaikan pula asal mula. karpet. ketika sedang berlari-lari anak tidak terserang asma. apakah si kecil mengeluarkan dahak atau tidak. adalah pemberian vaksinasi DPT sebanyak tiga kali. Jika batuk ini tak diobati dengan baik. batuk yang berlebihan bisa sangat mengganggu. Bayi dan balita. malam. Batuk rejan yang juga dikenal sebagai “batuk seratus hari” atau kinkhoest berlangsung selama dua bulan lebih. Sewaktu duduk. . sesak napas akan berulang. semisal setelah kelahiran adik baru. Batuk rejan merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan bagian atas. udara dingin. Agar tidak tertular. apakah karena perubahan cuaca pagi. menurut dr. ciri-ciri batuk. dan kelainan bawaan pada saluran napas. debu rumah. dan sejenisnya disingkirkan.

Sering pula terjadi pada kelenjar di bawah rahang dan biasanya kedua sisi yang terkena. Jika suhu naik mencapai lebih dari 38oC dan tidak turun dalam waktu 36 jam. Makanan seperti agaragar. sup kaldu. saran Dr. Jika ini terjadi. seperti pneumonia. Beristirahat di tempat tidur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi dan mempercepat penyembuhan. Anak-anak pun sering menderita selesma dan pilek. dan susu tidak dianjurkan. misalnya telinga. sekalipun disertai demam tinggi. maka infeksi sekunder. hindarkan anak dari penderita batuk-pilek. Bila anak merasa kepala maupun buah zakarnya sakit. anak dapat diberi obat penurun panas atau kompres dingin untuk mencegah kemungkinan timbulnya kejang. Gondong juga kerap diderita anak-anak. Yang paling penting menjaga kebersihan. Sedia obat sebelum sakit Apa yang mesti dilakukan agar anak tidak mudah terserang penyakit? “Ya. Untuk mengatasinya. penyakit ini umumnya menyerang sebagai wabah dan akan berlangsung selama 3 – 4 hari. Dalam kondisi seperti ini.” ujar Dr. Namun. anak segera dibawa ke dokter. serikaya. Jarang menimbulkan komplikasi. dot jatuh dan dipasang kembali karena baby sitter malas mencucinya. Kopi. Halhal demikian banyak terjadi terutama pada keluarga dengan tingkat sosial ekonomi . baik bagi penderita gondong. kalau daya tahan tubuh penderita menurun. lebih-lebih bila daya tahan tubuh anak kurang baik. Agar anak kita tidak terserang batuk-pilek. Setiap tiga atau empat jam sekali. Disebabkan sejenis virus. Kishore. Bila suhu tubuh meningkat. anak perlu cukup istirahat dan diberi cukup cairan. suhu tubuh anak diperiksa. perut dan daerah kemaluan terasa nyeri. segera bawa ke dokter. Kishore. Atau. Dokter biasanya memberikan obat penurun panas dan penghilang rasa sakit yang diminumkan selama gejala penyakit masih ada. tapi makanan yang lunak dan mudah dicerna sangat dianjurkan. dapat muncul. Anak yang mengalami pilek akibat virus ini perlu diajari mengeluarkan lendir dalam hidungnya untuk mencegah terjadinya penumpukan lendir yang dapat mengganggu organ lain. Untuk mencegah diare. jangan makan jajanan dari luar yang kurang terjamin kebersihannya. Tidak berlaku pantangan makanan dan minuman. Bagi bayi. infeksi telinga atau sinusitis. teh. yaitu parotid kelenjar ludah besar di depan telinga. Penyebabnya sejenis virus yang menyerang kelenjar ludah. anak perlu banyak istirahat dan makan menu bergizi. bronkitis.” ujarnya. Perlu cukup minum untuk menggantikan cairan yang keluar melalui keringat. susu sudah berjam-jam diminumkan lagi. “Yang sering terjadi. dan sayuran yang dihaluskan. Sari buah segar baik untuk penderita penyakit ini. Sari buah atau air bisa untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat. botol susu harus disterilkan. tergantung penyakitnya.Influenza sebenarnya bukan penyakit berbahaya. segera dibawa ke dokter.

ataupun suplemen vitamin. protein. aman. atau tinggi sekali. Demikian pula kebutuhan protein balita relatif lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa. risiko anak terkena penyakit berkurang. . Tetapi. semakin jelek daya tahan tubuhnya. Ia mengandung banyak antibodi. Kalau tidak ada protein. semakin turun nafsu makannya. food supplement.” tegasnya. ketika ibu sakit dan produksi ASI tidak mencukupi. karena pertumbuhannya yang pesat. ia tidak sampai sakit. Dalam pemeliharaan kesehatan anak. Misalnya. yang dikenal sebagai immunoglobulin berasal dari protein. Misalnya. Kishore. hemoglobin. Kishore. memelihara keseimbangan asam basa cairan tubuh dan sumber energi. dan antibodi. pemenuhan gizi berpengaruh terhadap kesehatan dan daya tahan anak. untuk anak yang sering kambuh asmanya. semakin sering terinfeksi. Kishore. Produksi ASI sampai hari kelima. dan vitamin A. mineral. Yang pasti.” tutur Dr. “ASI (Air Susu Ibu) tetap merupakan yang paling penting bagi bayi dan anak balita.” tegas Dr. Semakin buruk gizinya. Juga untuk menggantikan sel-sel yang rusak. lemak. ASI juga sebagai makanan utama bayi. sangat baik bagi bayi. Itulah pentingnya dilakukan imunisasi pada anak. susu formula diperlukan untuk bayi-bayi yang tidak mendapatkan buy medicine online without prescription cukup ASI. seperti obat turun panas dan antidiare. ada korelasi langsung antara gizi dan daya tahan tubuh. Juga jenis obat lain berdasarkan kasus demi kasus yang biasa diderita anak. karena daya tahan tubuhnya bagus. enzim. kata Kishore. higienis. baik susu formula. vitamin. Daya tahan tubuh. Mengandung karbohidrat. Kebutuhan energi bayi dan anak relatif lebih besar daripada orang dewasa. diare sebentar kemudian diare itu hilang. Kalaupun terkena kuman.” jelas Dr. Dalam kotak obat keluarga sebaiknya tersedia jenis obat anak. perlu disediakan obat cadangan dengan resep dokter untuk persediaan kalau asmanya timbul. dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan anak. “Jadi. dan sangat membantu pertumbuhan bayi. ASI merupakan makanan terbaik yang tak tergantikan oleh segala bentuk makanan lain. dan semakin turun lagi daya tahan tubuhnya. tapi hanya berupa gejala. Protein merupakan sumber asam amino esensial yang diperlukan sebagai zat pembangun. yang disebut kolostrum (cairan kental kekuningan). makanan untuk balita harus cukup energi dan semua zat gizi sesuai dengan umur.rendah sekali. Semua menjadi seperti lingkaran setan. “Di samping itu juga murah. Misalnya. tidak akan terbentuk faktor daya tahan tubuh. protein. “Menu ideal untuk bayi dan anak balita adalah yang seimbang. yang menyerahkan perawatan anak sepenuhnya pada pengasuh bayi. “Kalau gizi baik.” katanya. Selain penting selama masa anak-anak. Semua gizi esensial harus cukup. Yang jelas. yakni untuk pertumbuhan dan pembentukan protein serum.

Dalam susu formula sudah terdapat asam amino esensial.” jelas Kishore. Dalam jumlah cukup. Tapi kalau cukup. yang dikenal sebagai pemberian ASI eksklusif. Tentu saja. dan vitamin untuk kebutuhan sehari-hari. asam lemak tak jenuh esensial. defisiensi tak akan terjadi. “Jadi. tanpa susu formula pun anak tidak perlu lagi vitamin tambahan. berikan ASI selama minimal empat bulan. “Kalau ASI memang tidak cukup. Bahkan ASI dianjurkan tetap diberikan sampai anak berusia dua tahun. dan tidak seluruhnya dapat dipenuhi ASI. nggak perlu tambahan. Atau. tanpa makanan tambahan. bayi perlu menu pelengkap atau tambahan (selain ASI atau PASI) karena kebutuhan gizi bayi meningkat. Karena dalam menu yang seimbang itu sudah terdapat vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh. Setelah empat bulan. kalau ASI masih diproduksi. Kalau susu formula diberikan sesuai kebutuhan.” tuturnya. (A. ketika muncul tanda-tanda malas makan. Bahkan. bukan berarti anak balita tak boleh sama sekali memakai susu formula atau PASI (pengganti air susu ibu).com/balita-penyakit-dan-pengobatannya/#ixzz1q4MqbV43 . ASI dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi selama 3 – 4 bulan pertama. Tapi bukan berarti pemberian ASI dihentikan. vitamin diberikan untuk merangsang nafsu makan anak. Tambahan vitamin baru diberikan kalau ada gejala defisiensi vitamin. Hery Suyono / IntiSari) Read more: http://doktersehat. ya harus ditambah susu formula. kalau sudah memperoleh menu makanan seimbang.Jadi.