PRATIK KERJA INDUSRTI (PRAKRIN

)

Pendahuluan 1. Latar Belakang
Praktik kerja indusri (prakrin) adalah kebajikan “Link and Mact” yang pada pelaksanaan nya di lakukan di dua tempat yaitu sekolah dan dunia usaha/industri.upaya ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuahan tenaga kerja . Harapan utama dari penyelengaraan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakrin) di dunia usaha /industri selain untuk peningkatan mutu dan profesionalisme siswa siswa dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja di dunia usaha/industri,juga di harapkan siswa akan memiliki etos kerja yang meliputi :kemampuan bekerja memotivasi kerja inisaitif,kreatif,hasil kerja yang berkualits disiplin waktu dan rajin berkerja. Untuk mendeteksi perkembangan siswa peserta Praktik kerja Indusri (Prakrin) di dunia usaha/industri maka di perlukan suatu perangkat yang memberikan informasi tenteng kualifikasi dan jenis kegiatan siswa perangkat yang dimaksud tersebut adalah “Jurnal Kegiatan Siswa” Jurnal ini sekaligus berfungsi sebagai laporan kegiatan siswa selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakrin) di dunia usaha/industri.

2. Tujuan
Jurnal kegiatan siswa ini bertujuan untuk : 1 . Mengentahui perkembangan kegiatan siswa selama mengikuti Praktik Kerja Industri (Prakrin) antara lain : a) Kegiatan mingguan b) Kemampuan Kerja siswa pada lini produksi c) Penilaian dari pihak usaha/industri d) Catatan penting dari siswa dan pembimbing Praktik Kerja Indusrti di dunia

usaha/industri

d. Membimbing siswa sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam Jurnal Kegiatan siswa ini. Memastikan agar setiap pembimbing membaca setiap bagian jurnal kegiatan siswa ini dan mengisi hal hal yang di perlukan tanda tangan/parafnya. Menjalin hubungan baik dengan pembimbing dunia usaha/industridalam ranka pengisian Jurnal Kegiatan Siswa ini. 2. .Siswa a.guru pembimbing dan pembimbing di dunia usaha/industri memperhatikan hal-hal berikut : 1.Guru Pembimbig a. c. Sebelum menggunakan jurnal ini di harapkan siswa .Pembimbing dari dunia usaha/industri a. c. 3. d. Melakukan praktik di dunia usaha/industri yang sesuai dengan keterampilan yang tertulis dalam Jurnal Kegiatan Siswa ini. Membaca secara keseluruhan Jurnal Kegiatan Siswa hingga memahami maksud dan tujuan serta cara-cara menggunakan nya. Petunjuk Penggunaan Jurnal Jurnal kegiatan siswa ini dibuat /diisi pada tempat siswa melaksanakan Praktik kerja Industri (Prakrin). Memonitor kegiatan siswa di tempat praktik industri dengan cara memeriksa Jurnal Kegiatan Siswaini dan mendiskusikannya dengan pembimbing dari dunia usaha/industri. Membaca dan menghati Jurnal Kegiatan Siswa ini dengan seksama b. b. Bekerjasa dengan pihak SMKN 1 Prabumulih dalam menentukan kegiatan-kegiatan atau keterampilan –keterampilan yang dapat dipraktikan oleh siswa selama melaksanakan Praktik kerja Industri (Prakrin) di dunia usaha/industri.2.Menjadi suatu bukti dari kegiatan Praktik Kerja Indusrti (Prakrin) yang di laksanakan di dunia usaha/industri dan sebagai acuan penilaian untuk mendapatkan sertifikasi yang harus dimiliki oleh siswa . II. Memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakrin) dengan menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kegiatan atau keterampilan yang ada dalam Jurnal Kegiatan Siswa ini. Mengisi data /informasi sesuai dengan yang di minta pada bagian Jurnal Kegiatan Siswa . b.

maupun pembimbing dari dunia usaha/industri.misalnya di perusahaan dan atau di bengkel .guru pembimbing. 4.Format laporan siswa secara berkala a. Memberikan penilaian atas hasil kerja siswa yang melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakrin) di dunia usaha/industri sesuai dengan format-format yang ada dalam jurnal Kegiatan Siswa. Kolom 2 diisi dengan jenis-jenis kegiatan yang telah dilakukan siswa selama melaksanakan praktik kerja industri dalam kurun waktu 1 minggu atau 1 bulan (sesuai kesepakatan). b.Tata Tertib di Dunia Usaha/Industri Setiap dunia usaha/industri memiliki tata tertib yang harus di patuhi setiap perja.Format identitas dunia usaha/industri (cukup jelas) 3. Memberikan bimbingan dan pelatihan kepada siswa yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakrin) di dunia usaha/industri.Untuk menghindari kesalahan dan perbedaan perseps i dalam pengisian formatformat yang ada dalam Jurnal Kegiatan Siswa ini. 2.Secara umum tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa akan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakrin) di dunia usaha /industri tersebut antara lain : 1. d. III. Kolom 1 diisi dengan tanggal dan tempat kegiatan yang telah pada kolom 2.santun dan berkerja secara jujur .Memperhatikan dan melaksanakan aturan-aturan keselamatan kerja yang di perlukan dalam melaksanak suatu perkerjaan. .maka perlu deperhatikan beberapa penjelasan berikaut ini : 1.Menaati dan melaksanakan semua tata tertib yang berlaku di dunia usaha /industri dengan baik. 3. Berkerja sama dengan karyawan yang ada di dunia usaha/industri dengan tersebut IV.c.Bersikap sopan .Format identitas siswa (cukup jelas) 2.Cara Pengisian Jurnal Jurnal Kegiatan Siswa ini telah di rancang sedemikian rupa sehingga mudah di pahami oleh siswa yang melaksanakan praktik kerja industri .

Kolom 1.3.misal nya :  Tentang kemampuan siswa selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Praktin)  Memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa peserta Praktik Kerja Industri (Prakrin) agar lebih baik lagi dalam berkerja yang sesunggu nya .2.8 dan 10 diisi dengan angka nilai sesuai dengan predikat atau nilai yang di tetapkan .7 dan 9 diisi dengan tanda cek list (v) sesuai dengan penilaian pembimbing.Kolom 2.c. b.4. 4.5.Format laporan penilaian pembimbing dari dunia usaha/industri a.Bagian komentar pembimbing dunia usaha/industri diisi dengan catatan yang di anggap penting oleh pembimbing dan bermakna bagi pemilik jurnal .  Memberikan masukan-masukan kepada siswa peserta Praktik Kerja Industri (Prakrin) atau untuk instusi/sekolah . Kolom 3 diisi dengan tanda tangan atau paraf pembimbing dari dunia usaha/industri untuk setiap jenis kegiatan yang telah di lakukan siswa. c.