P. 1
Definisi Vektor

Definisi Vektor

|Views: 1,796|Likes:
Published by Rizki Muammar

More info:

Published by: Rizki Muammar on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

Definisi Vektor : Vektor adalah besaran yang mempunyai besar dan arah.

Vektor PQ mempunyai titik pangkal P dan titik ujung Q.

BESARAN SKALAR DAN VEKTOR
Besaran dibagi dalam dua kategori, pertama, besaran skalar yaitu besaran yang hanya mempunyai nilai/besar saja. Kedua, adalah besaran vektor, yaitu besaran Fisika yang selain memiliki nilai, juga bergantung pada arah. Definisi vektor seperti ini sudah kita kenal sejak SMU. Definisi ini sebetulnya tidaklah cukup, karena arus listrik misalnya, memiliki nilai dan juga arah, akan tetapi kuatarus bukanlah besaran vektor. Dengan demikian diperlukan definisi yang lebih lengkap untuk vektor sebagai berikut : “Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah serta dapat memenuhi aturan-aturan operasi matematika vektor”. Aturan-aturan operasi Matematika untuk vektor akan dijelaskan dalam bagian berikutnya. Dalam kehidupan sehari-hari volume air, massa benda, temperatur, jumlah mahasiswa, waktu, temperatur dll merupakan contoh-contoh besaran skalar yang tidak bergantung arah dan hanya memiliki nilai/besar (magnitude), artinya dari arah manapun kita mengukurnya nilainya tetap sama, sedangkan halhal seperti kecepatan aliran sungai, gaya gravitasi, medan listrik adalah beberapa besaran yang tidak hanya mempunyai nilai tapi juga bergantung arah, maksud dari bergantung pada arah adalah bahwa nilai dari besaran tadi dapat berubah pada arah yang berbeda. Arah, dalam operasi vektor didefinisikan lebih khusus adalah sudut yang dibentuk terhadap sumbu x positif atau arah timur dengan arah putaran berlawanan jarum jam (Counter Clock Wise /CCW) Pengategorian besaran ke dalam dua jenis ini tidak semata-mata untuk tujuan klasifikasi, akan tetapi nantinya sangat berguna dalam perhitungan dan operasi matematika, dan juga bermanfaat dalam menjelaskan sifat-sifat sebuah besaran fisika. Dibandingkan dengan besaran skalar, besaran vektor memiliki banyak keunikan dan kompleksitas dalam sifatnya, sehingga memerlukan pembahasan tersendiri yang (biasanya) terangkum dalam suatu kajian ANALISIS VEKTOR. Untuk tujuan itulah dalam awal kuliah Fisika Dasar, akan diberikan pengantar singkat analisis vektor.

Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya (seperti gambar dibawah ini) kualitasnya tetap. Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr dan .ai. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart dsb.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->