Rumus Menghitung PDB, PNB, PNN, Pendapatan Nasional, Individu Dan Pendapatan Dapat Dibelanjakan

Tue, 04/12/2007 - 12:12am — godam64 Di bawah ini adalah rumus untuk menghitung secara agregat Produk Domestik Bruto / PDB, Produk Nasional Bruto / PNB, Produk Nasional Netto / PNN, Pendapatan Nasional / PN, Pendapatan Individu dan Pendapatan Yang Dapat Bibelanjakan. Semua disertai arti definisi / pengertian masing-masing istilah. A. Menghitung Produk Domestik Bruto / PDB / Produk Domestik Kotor Pengertian Produk Domestik Bruto atau PDB adalah hasil output produksi dalam suatu perekonomian dengan tidak memperhitungkan pemilik faktor produksi dan hanya menghitung total produksi dalam suatu perekonomian saja. Rumusnya adalah PDB = C + G + I + ( X - M ) atau produk domestik bruto = pengeluaran rumah tangga + pengeluaran pemerintah + pengeluaran investasi + ( ekspor - impor ) B. Menghitung Produk Nasional Bruto / PNB / Produk Nasional Kotor Pengertian Produk Nasional Bruto adalah hasil produksi dalam suatu wilayah yang telah dikurangi hasil faktor produksi yang pemiliknya bukan berasal dari dalam perekonomian serta ditambah nilai faktor produksi dari dalam perekonomian yang berada di luar daerah perekonomian. Rumus hitung PNB yaitu : Produk Nasional Bruto = PDB + hasil faktor produksi milik domestik yang ada di luar negeri - hasil output faktor produksi milik luar negeri yang ada di dalam negeri C. Menghitung Produk Nasional Neto / PNN / Produk Nasional Bersih Pengertian Produk Nasional Netto adalah produk nasioanl yang memperhitungkan pengeluaran investasi neto dengan mengurangi investasi bruto dengan depresiasi. Rumus PNN yakni :

Pendapatan Bunga Dari Konsumen dan Pemerintah F.Laba Ditahan .Produk Nasional Netto = Produk Nasional Bruto . Dari keseluruhan pendapatan nasional yang ada tidak sepenuhnya milik perseorangan.pajak pendapatan personal.Pajak Tidak Langsung + Subsidi E. Rumus pendapatan perorangan yang dapat dibelanjakan : Pendapatan personal yang dapat dibelanjakan = pendapatan personal . penerimaan bukan balas jasa. Menghitung Pendapatan Nasional / PN Pendapatan Nasioanl merupakan pendapatan yang memperhitungkan balas jasa atas faktor produksi dengan mengurangi produk nasional neto dengan pajak tidak langsung dan ditambah dengan subsidi. pembayaran asuransi sosial dan pendapatan bunga perseorangan dari pemerintah dan konsumen. karena sebagain merupakan hak dari perusahaan seperti laba ditahan. Pendapatan Personal / Individu / Perseorangan / PP Pengertian Pendapatan Nasional adalah hak individu yang merupakan balas jasa atas proses produksi yang dijalani. . Pendapatan Personal Yang Dapat Dibelanjakan Pengertian Pendapatan Personal Disposable adalah penghasilan individu dalam suatu perekonomian yang bersih dan sudah bisa dibelanjakan secara keseluruhan setelah pendapatan nasional dikurangi dengan pajak penghasilan perseorangan.Penerimaan Bukan Balas Jasa .Pembayaran Asuransi Sosial . Rumus PP : Pendapatan Personal = Produk Nasional Neto .Depresiasi D. Rumus PN : Pendapatan Nasional = Pendapatan Nasional Neto .

tidak semua pendapatan digunakan untuk konsumsi. Konsumsi Konsumsi yang dibicarakan di sini adalah konsumsi nasional yang mempunyai fungsi menghubungkan antara laju pengeluaran dengan pendapatan nasional. gas dan air minum. sewa rumah. jasa-jasa.import (X . d. industri pengolahan. sewa (rent) yang diterima pemilik sumber daya alam. b. listrik. g. pertambangan dan penggalian. Sedangkan bila pendekatan pendapatan yang digunakan. tabungan dan investasi. c.M). Namun harus diakui. upah/gaji (wage) yang diterima tenaga kerja. selisih ekspor dengan impor/export . pertanian. k. laba (profit) yang diterima pemilik skill/kewirausahaan. Komponen Penunjang Unsur lain yang mendukung komponen pendapatan nasional adalah komponen penunjang yang meliputi konsumsi. pengeluaran pemerintah/government expenditure (G). konsumsi/consumption (C). bunga (interest) yang diterima pemilik modal. bahwa tambahan laju pengeluaran konsumsi tidak berarti tambahan pendapatan. 2.B. Sebagian lagi digunakan untuk tujuan investasi. pengangkutan dan komunikasi. Apabila dengan menggunakan pendekatan produksi maka pendapatan nasional memiliki komponen sebagai berikut: a. perdagangan. investasi/investment (I). d. Jika dilihat dari pendekatan pengeluaran. hotel dan restoran. Komponen Utama Komponen utama pendapatan nasional dapat dilihat dari pendekatan yang digunakan dalam menghitung pendapatan itu sendiri. bangunan. maka komponen pendapatan nasional terdiri dari: a. Komponen Pendapatan Nasional Komponen pendapatan nasional bisa dikelompokkan menjadi dua macam. peternakan. a. d. e. j. pemerintah dan pertahanan. b. c. c. i. bank dan lembaga keuangan lainnya. kehutanan dan perikanan. 1. b. h. maka komponen pendapatan nasional terdiri dari: a. Sebab. Tentu Anda masih ingat rumus pendapatan . yaitu komponen utama dan komponen penunjang. f.

semakin besar kemungkinan ia menabung.Produk Netto terhadap luar negeri . Sebab hanya tabungan yang disimpan di Bank atau di Lembaga Keuangan lainnya yang akan mempengaruhi investasi. Karena uang yang disimpan di rumah merupakan uang pasif. Semakin besar volume investasi. semakin banyak lapangan kerja dibuka. c. Sedang tabungan di bank dapat digunakan untuk investasi sehingga dapat pula menunjang pendapatan nasional. biasanya satu tahun. Investasi Investasi merupakan pengaktifan tabungan masyarakat dalam produksi untuk memperoleh keuntungan. Konsep Pendapatan Nasional Untuk lebih memahami pendapatan nasional serta menghindari adanya kekeliruan. yang akhirnya memperbesar pendapatan nasional. semakin besar tabungan masyarakat. Selain tabungan faktor/hal-hal apa yang ikut mempengaruhi investasi? Coba Anda pikirkan. maka dalam ilmu ekonomi dikenal beberapa konsep pendapatan. Artinya tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu. tidak termasuk GNP. semakin besar pula kemungkinan investasi. Semakin besar pendapatan seseorang. C. 2.Produk Nasional Bruto (PNB) Produk Nasional Bruto (Gross National Product/GNP) adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu.Produk Domestik Bruto (PDB) Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/GDP) adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan seluruh warga masyarakat (termasuk warga negara asing) suatu negara dalam periode tertentu biasanya satu tahun. Ini Berarti investasi tergantung pada tabungan. 1. apakah besarnya tabungan selalu mempengaruhi investasi? Jika jawaban Anda. Barang dan jasa yang dihasilkan warga negara asing yang bekerja di dalam negeri. Sementara tabungan yang di rumah seperti di celengan atau di lemari bahkan di bawah bantal tidak mempengaruhi investasi. Besarnya tingkat pendapatan nasional akan mempengaruhi tingkat tabungan nasional. tidak. berarti jawaban Anda benar. Tabungan Tabungan merupakan sisa pendapatan yang tidak dikonsumsikan.sewaktu di kelas 1 (satu) bukan? Y = C + S/I b. termasuk di dalamnya barang dan jasa yang dihasilkan warga negara tersebut yang berada/bekerja di luar negeri. GNP = GDP .

Pajak langsung 7. Apakah Anda sudah memahami konsep pendapatan nasional di atas? Untuk lebih meyakinkan tentang pemahaman Anda. Pendapatan bebas diperoleh dari pendapatan perseorangan dikurangi pajak langsung.Pendapatan Nasional Netto (Bersih) Pendapatan Nasional Bersih (Net National Income/NNI) adalah nilai dari produk nasional bersih (net national income) dikurangi dengan pajak tidak langsung.Produk Nasional Netto (PNN) Produk Nasional Netto (Net National Product/NNP) atau produk nasional bersih adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu. iuran jaminan sosial maupun pembayaran yang bersifat transfer payment (pembayaran pindahan) seperti pensiunan. cobalah kerjakan latihan di bawah ini . pajak penghasilan. karena tidak semua pendapatan perseorangan netto jatuh ke tangan pemilik faktor produksi. Take Home Pay diperoleh dari Disposbale Income dikurangi kewajiban/pengeluaran kepada pihak lain seperti untuk membayar utang.Pajak tidak langsung 5.Pendapatan yang Dibawa Pulang Pendapatan yang dibawa pulang (Take Home Pay/THP) adalah pendapatan yang dibawa pulang untuk membayar bermacam-macam kebutuhan.Pendapatan Perseorangan Pendapatan Perseorangan (Personal Income) adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima perseorangan sebagai balas jasa dalam proses produksi.3. sebab menggambarkan daya beli masyarakat. NNI = NNP . DI = PI . PI = (NNI + Transfer Payment) . sebab masih harus dikurangi laba yang tidak dibagi.(Iuran Jaminan Sosial + Iuran Asuransi + Laba Ditahan + Pajak Perseorangan) 6. Pendapatan ini merupakan hak mutlak bagi penerimanya. NNP = GNP . biasanya satu tahun setelah dikurangi penyusutan (depresiasi) dan barang pengganti modal.Pendapatan Bebas Pendapatan Bebas (Disposable Income/DI) adalah pendapatan yang diterima masyarakat yang sudah siap untuk dibelanjakan penerimanya.(Penyusutan + Barang pengganti modal) 4. Pendapatan ini mempengaruhi permintaan efektif. Pendapatan perseorangan ini dapat juga disebut pendapatan kotor.

420.00.....00 Rp..................... ________________________________________________________ Gross National Product/Produk Nasional Bruto Dikurangi: Penyusutan Barang Modal .00 Rp... Berapa jawaban Anda untuk tiap-tiap konsep pendapatan nasional di atas? Lalu bandingkan dengan jawaban di bawah ini...00......00 Rp...Rp............00.. 250. Penyusutan Barang Modal Rp..... Hitunglah tiap-tiap konsep pendapatan nasionalnya! Bila Anda mengalami kesulitan untuk menjawabnya... 50......00 ______________ Rp.... ________________________________________________________ Net National Income/Pendapatan Nasional Neto Dikurangi: .00 ______________ Rp.. Pajak Langsung Rp...... 25.................00 ________________________________________________________ ______________ Rp......................00 Rp...Laba ditahan .. Transfer Luar Negeri Rp.. 750........... Laba Ditahan Rp...00 ........... 600....................Biaya Jaminan Sosial .... Diketahui PDB (GDP) suatu negara (dalam milyar rupiah) Rp. 100.......00...................................... ________________________________________________________ Net National Product/Produk Nasional Neto Dikurangi: Pajak Tidak Langsung ........ Bila perlu diskusikan dengan teman Anda.... 150..... cari penyebab mengapa tidak sama dan coba sekali lagi! Perhatikan perhitungan berikut (dalam milyar rupiah)! Gross Domestic Product/Produk Domestik Bruto Dikurangi: Transfer Luar Negeri .....00 Ditambah: ..Pembayaran transfer dan bunga Rp..... Pajak Perseroan Rp...... 20....00...00 . 100........ Pajak Tidak Langsung Rp........ 20...00 .....Pajak Perseroan ...... 1..00 (Pembayaran tanpa kontra prestasi) ________________________________________________________ ______________ Personal Income/Pendapatan Individu Rp...tanpa melihat dahulu jawabannya..00.........00 ______________ Rp.00 Rp... 25........... 400............. 100..... Biaya Jaminan Sosial Rp............... 150...........Rp. 50.. 25..............000.......... 1. Pembayaran Transfer dan Bunga (pembayaran tanpa kontra prestasi) Rp....00.......... Sebaliknya bila tidak sama.Rp..00.00..... 25.... cobalah baca dan pahami kembali tiap-tiap konsep pendapatan nasional di atas...... 50....... Apakah hasilnya sama? Bila sama berarti Anda telah memahami perhitungan konsep pendapatan nasional... 500....000.... 250......

D.. yaitu: 1) lingkungan tempat tinggal. b. 2) selera. 2) kebijakan pemerintah..Faktor eksternal.. kemampuan modal untuk menghasilkan (Marginal Efficiency of Capital/ MEC).....teknologi produksi. tingkat suku bunga bank.. 3) kebiasaan.... 4......... pendapatan yang diterima. b.. 4) besarnya pendapatan. 3...Faktor internal........ tingkat suku bungan bank. 3) harga barang. b... 5) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.....00 Catatan: Disposable Income digunakan untuk konsumsi (C) dan tabungan (S)..Dikurangi: Pajak Rp. hasrat untuk menabung (Maginal Propensity to Save). Faktor yang mempengaruhi Investasi (I).. c. ________________________________________________________ ______________ Disposable Income/Pendapatan Bebas Rp. dan d........ c..kebijakan pemerintah... Faktor yang mempengaruhi Tabungan (S).. c. C..00 Langsung .. E..stabilitas nasional..... Tujuan dan Manfaat Mempelajari Pendapatan Nasional 1... Tujuan Mempelajari Pendapatan Nasional ....permodalan.. adalah: a.. S dan I 1. 50. 370. Pendapatan Nasional (Y) dipengaruhi oleh: a... 2... Faktor yang Mempengaruhi Y... 4) budaya masyarakat.. Konsumsi (C) dipengaruhi oleh: a. yaitu: a. b......... permintaan efektif. yaitu: 1) komposisi rumah tangga (jumlah dan usia).

cara perhitungan. apakah betul-betul telah memahaminya? Jika belum. 1. dan d.Untuk apa Anda mempelajari pendapatan nasional? Pasti ada banyak jawaban yang bisa dikemukakan. dapat membandingkan perekonomian antar daerah. Anda telah mempelajari pendapatan nasional. Untuk memperoleh taksiran akurat tentang nilai barang dan jasa yang dihasilkan suatu masyarakat dalam satu tahun. d. Pendekatan/Metode Pengeluaran. Pendekatan/Metode Pendapatan. baca lagi dengan lebih seksama dan ulang lagi pada kata atau kalimat yang dianggap susah dipahami terutama mengenai rumus-rumus dan perhitungan pendapatan nasional. komponen. yaitu: 1. komponen dan konsepnya. dapat mengetahui/menelaah struktur ekonomi suatu negara. Pendekatan/Metode Produksi . c. tujuan dan manfaatnya. Untuk mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perekonomian suatu negara. cara perhitungan. c. konsep. Paling tidak akan nampak di bawah ini. dapat menghitung atau memperkirakan pendapatan pribadi atau keluarga dalam satu periode tertentu. maka cobalah kerjakan tugas di bawah ini tanpa melihat jawabannya dahulu. Pendekatan/Metode Produksi. Adapun manfaat tersebut sebagai berikut: a. Untuk membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan berjangka guna mencapai tujuan pembangunan nasional. 2. a. b. b. Pengertian Pendapatan Nasional Pendapatan Nasional (National Income) dapat ditinjau dari tiga pendekatan. mulai dari pengertian. Bila sudah paham. masyarakat bahkan keluarga dari suatu waktu ke waktu lainnya. dan 3. Manfaat Mempelajari Pendapatan Nasional Setelah Anda mempelajari pendapatan nasional. dapat membandingkan perekonomian suatu negara. Untuk melihat kemajuan masyarakat dan negara di bidang perekonomian serta melihat pemerataan pembangunan guna mencapai keadilan dan kemakmuran. 2. mulai pengertian. manfaat apa yang dapat diperoleh? Baiklah di bawah ini saya kemukakan manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari pendapatan nasional. A.

.... j.. h..... sewa rumah. P1) + (Q2 . b......... pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan setiap nilai tambah (value added) dari setiap proses produksi di dalam masyarakat (warga negara asing dan penduduk) dari berbagai lapangan usaha (sektor) dalam suatu negara untuk kurun waktu 1 (satu) periode (biasanya satu tahun).... + (Qn .1 P1 = Harga barang ke . Pn) } Keterangan: Y = Pendapatan Nasional (PDB) Q1 = Jumlah barang ke ... Maksud dari metode produksi ini..... Dengan metode ini...2 P2 = Harga barang ke ...... pemerintahan dan pertahanan......... x x x .... jasa-jasa...2 Qn = Jumlah barang ke ...... hotel dan restoran.. kehutanan dan perikanan.. jumlah seluruh hasil produksi (output) suatu negara dalam satu tahun dikalikan harga satuan masing-masing. peternakan... i.. e..... d.. P2) + ..Berdasarkan pendekatan/metode produksi.. listrik.. Misalnya: Nilai tambah sektor pertanian..... c.... x x x Rp..... dan k... industri pengolahan... peternakan.... Sehingga bila dituliskan dalam rumus akan nampak sebagai berikut: PDB/Y = {(Q1 .. Untuk tingkat propinsi di Indonesia disebut Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)..... Nilai tambah sektor pertambangan dan penggalian (1 th). Ada 11 (sebelas) lapangan usaha yang mempengaruhi pendapatan nasional dilihat dari pendekatan produksi. pendapatan nasional adalah barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam suatu periode tertentu. perdagangan.... bangunan.1 Q2 = Jumlah barang ke .. f....n Pn = Harga barang ke . pengangkutan dan komunikasi.. Rp.. pertanian. pertambangan dan penggalian.......... g..n Hasil perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan/metode produksi ini dinamakan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP).. yaitu: a. bank dan lembaga keuangan lainnya.. gas dan air minum............ kehutanan dan perikanan (1 th) .. biasanya satu tahun....

................................. x x x 2.......... Pendekatan/Metode Pengeluaran . x x x Rp.............................Nilai tambah sektor industri pengolahan (1 th)................................................................................ x x x –––––– –– + Rp........................ - Pendapatan Nasional/Produk Domestik Bruto Rp................................... Nilai tambah sektor lain (1 th) ............

3. Konsumen 2. Rumah Tangga Produsen. Pendekatan/Metode Pendapatan . Jadi. Masyarakat Luar Negeri Pengeluaran untuk Konsumsi (Consumption) Investasi (Investment) Pengeluaran Pemerintah (Government Expenditure) Ekspor-Impor (Export-Import) (X – M) Lambang C I G (X-M) Dari tabel di atas. Pengeluaran-pengeluaran yang dimaksud adalah: No.Berdasarkan pendekatan pengeluaran. Hasil perhitungannya dinamakan Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP). Produsen 3. Rumah Tangga Pemerintah dan Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri) di dalam suatu negara selama periode tertentu biasanya setahun. bila digambarkan dalam sebuah rumus. Pemerintah 4.M) Bila PNB (GNP) dibagi dengan jumlah penduduk akan menghasilkan Pendapatan per Kapita. biasanya satu tahun. Rumah Tangga 1. pendapatan nasional adalah penjumlahan seluruh pengeluaran yang dilakukan seluruh rumah tangga pelaku ekonomi (Rumah Tangga Konsumen. berdasarkan metode pengeluaran. pendapatan nasional adalah jumlah pengeluaran secara nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu periode. maka akan nampak sebagai berikut: PNB/Y = C + I + G + (X .

bunga modal dan laba yang diterima masyarakat pemilik faktor produksi selama satu tahun. Dengan demikian bila digambarkan dalam rumus. Alam Sewa (rent) 2. Pemilik Faktor Produksi Penerimaan 1. Modal 4. Pendapatan Nasional berdasarkan pendekatan atau metode pendapatan merupakan hasil penjumlahan dari sewa. Tenaga Kerja 3.Menurut pendekatan pendapatan. Skill Upah/Gaji (wage) Bunga (interest) Laba (profit) Lambang r w i p Hasil perhitungan pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan atau metode pendapatan ini dinamakan Pendapatan Nasional (PN) atau National Income (NI). pendapatan nasional adalah seluruh pendapatan yang diterima oleh pemilik faktor produksi yang disumbangkan kepada Rumah Tangga Produsen selama satu tahun. upah. maka akan nampak sebagai berikut: PN / Y = r + w + i + p Apakah Anda sudah memahami perhitungan pendapatan nasional di atas? Untuk lebih meyakinkan cobalah kerjakan latihan di bawah ini! Hitunglah Produk Domestik Bruto suatu negara dari data di bawah ini! . perhatikan tabel berikut: No. Untuk lebih jelasnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful