TATA TERTIB DI LABORATORIUM

1. Kebersihan dan Tempat Kerja Untu setiap analis sebelum melakukan analisa, selama bekerja meja tidak boleh kotor atau basah dan penuh barang lain yang tidak berguna, lantai harus di jaga tetap bersih dan kering. setelah melakukan analisis, laboratorium dalam keadaan bersih kembali.di dalam laboratorium analis harus memakai sepatu dan jas labor, tidak boleh makan dan minum a. Bila memanaskan atau mereaksikan statu zat dalam tabung reaksi janganlah tabung tersebut diarahkan kemuka anales lainatau muka sendiri b. Jangan mencicip statu zat nimia, jira mencium zat berbau/gas janganlah secara langsung tetapi dikibaskan dengan tangan ke muka c. Jangan menuangkan air ke dalam asam pekat tetapi zat/asam itulah yang dituangkan ke dalam air d. Sebelum mengambil zat dari botol, periksa dulu etiket atau nama zat tersebut, kekeliruan mengambil zat akan berbahaya. e. Analis harus disiplin pada peraturan atau petunjuk yang ada untuk berkerja di Laboratorium,

2. Keamanan dan Keselamatan

laporkan segera pada asisten atau pemimpin praktikum. 13. Jawablah pertanyaan pada penuntun praktikum untuk menilai kesiapanan dalam memahami percobaan. minum dan merokok di laboratorium. Dilarang memakai perhiasan yang dapat rusak karena bahan Kimia. 11. 7. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. jenis percobaan. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi.Tata Tertib Laboratorium Kimia March 6th. Dilarang bekerja sendirian di laboratorium kimia. 2012 | Author: irianti rahayu 1. harus ada asisten yang mengawasi Dilarang bermain-main dengan peralatan laboratorium dan bahan kimia Persiapkanlah hal yang perlu sebelum masuk laboratorium seperti buku kerja. 6. 3. 12. Bila terjadi kecelakaan yang berkaitan dengan bahan Kimia. Bila kulit terkena bahan Kimia. 5. 2. Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata. Segera pergi ke dokter untuk mendapat pertolongan secepatnya . 14. 4. jenis perlatan. janganlah digaruk agar tidak tersebar. 8. dan cara membuang limbah sisa percobaan. jenis bahan. Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih terutama setelah melakukan praktikum. Dilarang makan. 15. Pencatatan data dalam setiap percobaan selengkap-lengkapnya. 9. apabila meja praktiukum basah segera keringkan dengan lap basah. Jagalah kebersihan meja praktikum. jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. 10. Jangan membuat keteledoran antar sesama teman. Berdiskusi adalaha hal yang baik dilakukan untuk memahami lebih lanjut percobaan yang dilakukan.

TATA TERTIB KETIKA MENGIKUTI KEGIATAN PRAKTIKUM DI DALAM LAB 1. Pengelola Lab . PAKAIAN :  Kemeja atau kaos yang berkerah  Celana panjang kain (untuk pria)  Rok panjang/celana panjang kain (untuk wanita)  Tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan (anting-anting dan rantai pada dompet)  Sopan dan rapi 2. TIDAK DIPERBOLEHKAN MEROKOK SERTA MEMBAWA MAKANAN DAN MINUMAN KEDALAM LAB SAAT KEGIATAN PRAKTIKUM BERLANGSUNG 4. RAMBUT :  Pria : o Depan : Tidak melewati alis o Samping : Tidak menutupi telinga o Belakang : Tidak menyentuh kerah baju  Wanita : o Pakai Jilbab rapi o Yang tidak memakai jilbab. yang berponi di jepit (tidak ada rambut yang menjuntai) 3. HADIR 15 MENIT SEBELUM KEGIATAN PRAKTIKUM BERLANGSUNG BAGI YANG TIDAK MENTAATI TATA TERTIB TIDAK DI PERKENANKAN MENGIKUTI KEGIATAN !!! Regards. diikat rapi.

Praktikum harus dilakukan dengan serius disertai dengan pengetahuan tentang teori praktikum. cuci wadah hewan dan kembalikan ketempat semula. Kebersihan Selama bekerja. bersihkan dan keringkan alat-alat. sebelum memlai kerja perlu mempelajari serta memahhami petunjuk dan prosedur pecobaan yang dilakukan. . Ada tiga hal yang perlu diperhatikan selama bekerja di lab. lab harus selalu dijaga kebersihannya dan jas praktikum yang dipakai harus selalu bersih demikian pula alat-alat yang dipakai.TATA TERTIB LABORATORIUM 1 Vote 1. Tinggalkan laboratorium dalam keadaan bersih dan rapih. Ketepatan Ketepatan yang harus diperhatikan dalam hal: Menimbang Mengukur Dosis obat yang diberikan Cara pemberian obat Pengamatan Percobaan akan memberikan hasil yang baik jika pengamatan dilakukan secara layak dan setiap perubahan yang terjadi harus dicatat. 2. Setelah selesai melakukan percobaan.

bagi laki2 maks 5 cm 3. Praktikum dibagi-bagi atas kelompok-kelompok. setiap kelompok beranggungjawab atas peralatan yang dipakai. peserta praktikum tidak boleh meninggalkan lab tanpa ijin dosen atau asisten pembimbing 5. jas praktikum lengkap dengan atributnya harus selalu dipakai dengan rapi. Selama berada dilaboratorium. Peserta paktikum harus datang paling lambat 15 menit sebelum kegiatan dimulai. Bagi yang berhalangan hadir wajib memberi keterangan atau alasan yang jelas 2. . Setiap kali praktikum diadakan responsi untuk pecobaan yang dilakukan Selama praktikum belangsung.1. 4. tidak boleh dilepas. Tidak boleh makan dan minum selama jam praktikum. bagi yang tidak lengkap atributnya tidak akan diijinkan praktikum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful