P. 1
Bagaimana Membuat Mp3 to Karaoke

Bagaimana Membuat Mp3 to Karaoke

|Views: 2|Likes:
Published by suhar-ini

More info:

Published by: suhar-ini on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2014

pdf

text

original

Bagaimana Membuat Mp3 to Karaoke – Menghilangkan Vocal Mp3?

Posted on January 16, 2010 by Haris Beberapa hari yang lalu neeshaQ minta bantuan buat mp3 to karaoke, atau gimana caranya menghilangkan vocal mp3 supaya tinggal musiknya ajah..??, setelah bertanya kepada om google, ternyata banyak sekali software untuk vocal remover. Tapi kali ini saya akan coba share cara mudah vocal remover menggunakan software bebas/open source Audacity. Tested with Audacity 1.3.9.

Lets start.. 1. Download Audacity Silahkan download audacity, pilih yang sesuai dengan OS anda. Kalau di Ubuntu box saya cukup dengan (he2..); root@spydeeyk-r00m:~# apt-get install audacity Saya asumsikan anda telah berhasil install Audacity yang sudah di download, gampang tho..??

2. Buka program Audacity dan Import mp3 yang akan di jadikan karaoke file

Pilih file mp3 yang akan di remove vocalnya, pada contoh ini saya akan menggunaka mp3 nya Nidji, soundtrack film Laskar Pelangi, seperti yang terlihat pada gambar. next.. 3. Remove vocal Sekarang kita remove vocal mp3 nya dengan plugin audacity-Vocal remover, lihat gambar..

Pada gambar diatas.. jika anda tidak mengerti opsi pilihan yang ada seperti saya.., gunakan yang default saja, seperti gambar, Remove vocals or view help : Remove vocal Removal choice : Simple …

Proses vocal diremove dari mp3, biarkan selesai.. Bila telah selesai anda bisa mencoba hasilnya dengan meng-klik tombol play. Untuk eksplorasi lebih lanjut bisa dengan effect amplify (Effect –> Amplify), silahkan berkreasi masing2.. 4. Save File

Tambahkan meta data yang di inginkan..

Save file.. saya memilih disave as mp3, lebih kecil filesizenya.. Catatan: 1. File mp3 yang akan diremove vocalnya harus stereo, dapat dilihat di box sebelah kiri file mp3 yang dibuka pada audicity. 2. Vokal pada mp3 tidak dapat diremove sepenuhnya.., klo boleh saya bilang hanya di kecil-in aja suara vocalnya, so.. masi kedengaran gitu dech.., saya belum menemukan software yang benar-benar remove vocal benar-benar clean.. klo ada yang tau tolong kasi tau saya yah.. . Tapi setidaknya software ini cukuplah untuk membuat file mp3 karaoke (menurut saya). Contoh hasil mp3 Nidji – OST Laskar Pelangi yang saya remove vocalnya bisa di unduh disini. Not perfect enough, but not too bad lah… Update: Contoh diatas ternyata sudah tidak valid linknya, berikut contoh file baru yang sudah saya coba remove vocalnya, ini lagunya Iwan Fals – Ijinkan Aku Menyayangimu. File original: File yang telah diremove vocalnya: Download Sini! Download Sini!

UPDATE (30 Sept 2011):
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya.. Maafkan saya jika tidak membalas komen2 Anda semua, Saya memang lagi break nge-blog.. but, Now I’m Back.. Melihat berbagai pertanyaan yg masuk, dan cukup banyak juga klo dijawab satu persatu, saya menyarankan untuk menginstall Audacity versi berikut beserta plugin2nya, here:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->