P. 1
Dasar Dasar Komunikasi Bisnis

Dasar Dasar Komunikasi Bisnis

|Views: 276|Likes:
Published by Revan Tae

More info:

Published by: Revan Tae on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2015

pdf

text

original

Handout oleh I GEDE IWAN SURYADI, SE.

,MM

1.
2. 3. 4.

5.
6.

Menjelaskan pengertian komunikasi Menjelaskan proses komunikasi Membedakan komunikasi nonverbal dan verbal Memahami pentingnya komunikasi yang efektif Mengidentifikasi hambatan komunikasi Menjelaskan cara memperbaiki komunikasi

cangara.    Comunnis = membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. cangara. 2004:18) . 2004:18) ILMU KOMUNIKASI Suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan prinsip-prinsip secara tegas. (Stuart. Communico = membagi. dan atas dasar prinsip-prinsip tersebut disampaikan informasi serta dibentuk pendapat dan sikap (Hovland.

2004:17) Suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran infor masi terhadap satu sama lain. cangara. (Book. yang pada gilirannya akan tiba kepada saling pengertian (Rogers dan Kincaid. 2004:19) . proses simbolik yang menghendaki orang-orang agar mengatur lingkungannya (1) dengan membangun hubungan antarsesama manusia (2) melalui pertukaran informasi.  Suatu pertukaran. cangara. (3) untuk menguatkan sikap dan tingkah laku itu.

. Merupakan kegiatan pengiriman dan penerimaan pesan yang berlangsung secara dinamis. Terdiri atas unsur-unsur yang saling bergantung dan merupakan satu kesatuan yang integratif.ekspresi) maupun verbal (lisan dan tertulis). Sebagai sistem. komunikasi menggunakan berbagai lambang atau simbol yang dinyatakan dlm bentuk nonverbal (isyarat. Secara simbolik.gerak.      Komunikasi dipandang dari berbagai dimensi Sebagai proses.

 Model Komunikasi Aristoteles SUMBER PESAN PENERIMA .

 Model Komunikasi David K. Berlo SUMBER PESAN SALURAN DAN MEDIA PENERIMA LINGKUNGAN UMPAN BALIK EFEK .

PENERIMA MENDAPAT PESAN . IDE BERUBAH MENJADI PESAN 1. Model Komunikasi Bovee dan Thill 2. PENGIRIM MEMPUNYAI IDE/GAGASAN 3. PENERIMA BEREAKSI DAN MENGIRIM UMPAN BALIK 4. PESAN DISAMPAIKAN 5.

dan sebagainya.   Komunikasi Nonverbal Kumpulan isyarat. gerak tubuh. vokal suara (38%). sikap. intonasi suara. yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi tanpa kata-kata (Bovee dan Thill. . tingkat kepercayaan muncul karena bahasa verbal (7%). 2003:4) Studi Albert Mahrabian. dan ekspresi wajah (55%).

2004:100) a) Meyakinkan apa yang diucapkan (repetition) b) Menunjukkan perasaan atau emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata (substitution) c) Menunjukkan jati diri sehingga orang lain bisa mengenalnya (identify) d) Menambah atau melengkapi ucapan-ucapan yang dirasa belum sempurna (complement) . Fungsi komunikasi nonverbal (Mark Knap. Cangara.

Adaptory 2. Regulators e. Affect Display d. Gerakan Mata (eye gaze) . Emblems b. Illustrators c. Bentuk Komunikasi nonverbal (Cangara. 2004:101): 1. Kinesics a.

Thermal 4.3. Sociofugal c. Bunyi 9. Diam 6. Kinesthetic b. Sentuhan (touching) a. Para Language 5. Bau . Warna 8. Portur Tubuh 7.

.

Komunikasi Verbal Komunikasi dimana pesan disampaikan secara lisan atau tertulis menggunakan suatu bahasa.  Bahasa = seperangkat kata yang disusun secara terstruktur shg menjadi kalimat yang mengandung arti.  Oral communication (berbicara dan mendengar)  Written communication (menulis dan membaca)   .

3. 4. 5. Komunikasi dengan Diri Sendiri (Intrapersonal Communication) Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal Communication) Komunikasi Kelompok Kecil (small group communication ) Komunikasi Massa (Mass Communication) Komunikasi Publik (Public Communication) .1. 2.

6. 5. 2. Fungsi Komunikasi: 1. 4. 7. 3. 8. Informasi Sosialisasi Motivasi Bahan Diskusi Pendidikan Memajukan Kebudayaan Hiburan Integrasi .

membuat keputusan yang tepat. mengoordinasikan aliran kerja. dan mengembangkan berbagai hubungan. mengawasi orang lain. Membantu mengantisipasi masalah-masalah.  Apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk berpikir atau melakukan sesuatu. .

3. 2. Kemampuan pesan untuk membangkitkan tanggapan. Kemampuan komunikan untuk menerima dan memahami. . Kredibilitas dan daya tarik komunikator. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi yang efektif: 1.

Perbedaan budaya 5. Gangguan fisik . Pendengaran yang buruk 3. Hambatan Komunikasi Antarmanusia 1. Perbedaan persepsi dan bahasa 2. Gangguan emosional 4.

2. Kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing. Penyaringan yang tidak tepat. Iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai. 3. 2004:131) . Hambatan Komunikasi dalam Organisasi 1.  Hambatan tsb terdiri atas 7 (tujuh) macam gangguan dan rintangan (cangara.

7. 4. Gangguan Teknis Gangguan Semantik Gangguan Psikologis Rintangan Fisik Rintangan Status Rintangan Kerangka Pikir Rintangan Budaya . 3. 5. 6. 7 (tujuh) Gangguan dan Rintangan: 1. 2.

Menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien. 6. Menggunakan pendekatan berkomunikasi yang berpusat pada penerima. Memelihara iklim komunikasi terbuka 2. 4.  . Menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk memperoleh dan membagi informasi. Bertekad memegang teguh etika berkomunikasi 3. Memahami kesulitan komunikasi antarbudaya.Cara mengatasi hambatan dan memperbaiki komunikasi: 1. 5.

.

4. 3. 2.1. 7. 6. 9. 10. 8. 5. Jelaskan pengertian komunikasi dari berbagai dimensi! Jelaskan proses komunikasi melalui berbagai model! Bagaimana perbedaan antara komunikasi nonverbal dan verbal? Sebutkan beberapa contoh komunikasi nonverbal dan verbal! Mengapa komunikasi nonverbal sangat penting? Apa yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif? Jelaskan tipe dan tingkatan komunikasi beserta fungsinya! Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas komunikasi! Sebutkan dan jelaskan hambatan komunikasi! Bagaimana cara memperbaiki komunikasi? .

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->