RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

)

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Kajian Kurikulum yang dibina oleh Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd Disusun Oleh Yanuar Cahyo R Adi Sucipto Komar Rubianto Flady Makhmud Putra 109711423825 109711423830 109711423831 109711423832

The Learning University of Malang UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN November 2011

Dr. taufik. hidayahserta inayah Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah KajianKurikulum Dalam penyusunan makalah ini kami ucapkan terima kasih kepada : 1. Orang tua kami yang senantiasa mendukung kami 3.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat. Teman–teman yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung sehingga tugas akhir ini dapat terselesaikan dengan lancar. Dwiyogo. Kami mengharapkan masukan yang sifatnya membangun dari berbagai pihak yang terkait demi kesempurnaan Semoga tugas akhir ini bermanfaat bagi kita semua. M. Malang..Pd sebagai dosen pembimbing matakuliah KajianKurikulum 2. 11 Novembe 2011 Penulis . Dan akhirnya bila ada kesalahan dan kurang lebihnya penulis miinta maaf yang sebesar-besarnya. Wasis D.

4. 2.Bagaimanakah langkah-langkah pengembangan RPP? 1. guru yang bertugas mengelola pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah perlu memahami tentang pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan dapat menyusun RPP sesuai prinsip-prinsip pengembangannya. 1.2 Rumusan Masalah 1. Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan RPP.Bagaimanakah landasan pengembangan RPP? 3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan salah satu perencanaan proses pembelajaran yang harus dibuat atau dipersiapkan oleh guru sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran.Untuk mengetahui pengertian RPP. Untuk mengetahui landasan pengembangan RPP. Untuk mengetahui komponen RPP.BAB I PENDAHULUAN 1. . Sementara itu. Apakah komponen-komponen yang ada pada RPP? 4. menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20. diantaranya menyebutkan perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Apakah pengertian RPP? 2.1Latar Belakang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa kurikulum pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan Dasar dan Menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).3 Tujuan 1. Oleh karena itu. 3.

dan penilaian hasil belajar”.2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang kurangnya memuat tujuan pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran 11. Penilaian 12. metode pengajaran. Standar Kompetensi 3. sumber belajar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Landasan Pengembangan RPP Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 20: “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurangkurangnya tujuan pembelajaran. Kompetensi Dasar 4. Metode Pembelajaran 10. Materi 8.BAB II PEMBAHASAN 2. Indikator Pencapaian Kompetensi 5. Sumber Belajar . sumber belajar. materi ajar.3 Komponen RPP 1.1 Pengertian RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. materi ajar. dan penilaian hasil belajar. metode pengajaran. Materi Ajar (Materi Pokok) 7. 2. Kolom Identitas Mata Pelajaran 2. 2. Tujuan Pembelajaran 6. Alokasi Waktu 9.

4. 2. dan mendeskripsikan. dan keterampilan. cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.4.1 Menuliskan Identitas Mata Pelajaran. 2. yang mencakup pengetahuan. Contoh kata kerja operasional antara lain mengidentifikasi. mendemonstrasikan.4. membedakan.4. menceritakan kembali.4. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. Pada bagian ini dituliskan standar kompetensi mata pelajaran. menghitung. . sikap. yang meliputi: a. Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik.2 Menuliskan Standar Kompetensi Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur. sikap. b. menyimpulkan. Pada bagian ini dituliskan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik setelah proses pembelajaran berakhir.2. Satuan Pendidikan. c. Jumlah Pertemuan. cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.4. mempraktekkan.3 Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu mata pelajaran. Mata Pelajaran/Tema Pelajaran. 2. d. Langkah-Langkah Menyusun RPP (Standar Proses) 2. Kelas/Semester.

Dalam membuat indikator ini.4. 2. Tujuan ini difokuskan tergantung pada indicator yang dirumuskan dari SK dan KD pada Standar Isi mata pelajaran Pendidikan Jasmani yang akan dipelajari siswa. KD.Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar dan disesuaikan dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut. Indikator dikembangkan oleh guru sekolah sesuai dengan kondisi daerah dan sekolah masing-masing. prinsip. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK.4. dan prosedur yang relevan.4. 2.6 Materi Ajar Materi ajar memuat fakta. guru juga perlu melihat KD yang sama di kelas sebelum dan sesudahnya agar lebih tepat dalam menentukan indikator sesuai dengan kelas di mana KD tersebut diajarkan.4.4. dan Indikator yang telah ditentukan. 2. konsep. 2.9 Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar . dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.5 Merumuskan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. 2.8 Alokasi Waktu Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.7 Menuliskan Materi Prasyarat Materi Prasyarat ini merupakan materi atau kompetensi yang harus sudah dimiliki atau dikuasai siswa yang berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan dipelajari.

Relevansi adalah kaitan isi pelajaran yang sedang dipelajari dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa atau dengan pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari. dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Tujuan adalah kemampuan atau kompetensi yang akan dicapai siswa pada akhir proses belajarnya. 1) Deskripsi singkat. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Kegiatan inti ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi. menantang. inspiratif. Pendahuluan Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.4. minat. dan kemandirian sesuai dengan bakat. Pada bagian ini dituliskan semua metode yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. 2) Relevansi. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Inti Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD.atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. menyenangkan. Deskripsi singkat adalah penjelasan singkat (secara global) tentang isi pelajaran yang berhubungan dengan kompetensi yang diharapkan. Pada pendahuluan ini secara garis besar dapat memuat hal-hal sebagai berikut. b. elaborasi.10 Merumuskan kegiatan pembelajaran a. dan . Hal ini dimaksudkan agar pada permulaan kegiatan belajarnya. kreativitas. serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa. 3) Tujuan/kompetensi. 2. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif. Dalam hal ini dapat juga dengan mengingatkan kembali materi prasyarat (apersepsi). 4) Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar. siswa telah mendapat jawaban secara global tentang isi pelajaran yang akan dipelajari.

4) Pembelajaran berlangsung secara interaktif. kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan inti secara garis besar berlangsung hal-hal berikut. 1) Penarikan kesimpulan dari apa-apa yang telah dipelajari dalam pembelajaran sesuai tujuan yang akan dicapai. 2. dan mencari alternatif yang lain. umpan balik. yaitu seperti berikut. sehingga siswa segera terlibat dalam pelajaran secara bermakna. memahami jawaban temannya (siswa lain). serta materi ajar. 2) Melakukan refleksi terhadap setiap langkah yang ditempuh atau terhadap hasil pembelajaran.4. 2) Permasalahan yang diberikan tentu harus diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Penilaian Hasil Belajar Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. 1) Memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah (soal) yang nyata (riil) bagi siswa sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuannya. dan indikator pencapaian kompetensi. Pada kegiatan inti ini siswa mendapat fasilitas atau bantuan untuk mengembangkan potensinya secara optimal. dimana siswa menjelaskan dan memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya. Penutup Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan. Pada bagian ini dituliskan semua . 3) Pemberian tugas atau latihan. Menentukan Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar.11. 2.4. penilaian dan refleksi. c.12. 3) Siswa mengembangkan model-model simbolik secara informal terhadap persoalan/masalah yang diajukan.konfirmasi. menyatakan setuju atau ketidaksetujuannya. dan tindak lanjut.

Jumlah Pertemuan :… A. Alokasi Waktu :… H.. Penutup :… I. Standar Kompetensi :… B. Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar : … Contoh RPP: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Kelas/Semester : IX/1 Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Standar Kompetensi Mempraktikkan berbagai ketrampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai nilai yang terkandung didalamnya.. Inti :… 3. Indikator :… D... Metode Pembelajaran :… G. Kompetensi Dasar :… C. Pendahuluan :… 2.4.media/alat/bahan/sumber belajar yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Langkah-Langkah Pembelajaran 1...13 Contoh RPP Contoh Format RPP dari Mengacu pada Standar Proses Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satuan Pendidikan :… Kelas/Semester :… Mata Pelajaran : . Kompetensi Dasar . Materi Ajar :… F.. Penilaian Hasil Belajar :… J. 2. Tujuan Pembelajaran :… E.

Memprakktikan ketrampilan salah satu permainan dan olahrga bola besar serta nilai kerja sama. Cara melakukan pelatih     Awalan harus lurus dengan bola. kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan jari kaki menghadap kedepan dan lutut sedikit ditekuk. Diskusi 3.dan punggung kaki dengan teknik yang bena secara berpasangan.Latihan menendang dengan kaki bagian dalam Digunakan untuk memberikan bola jarak pendek antara pemain dan pemain. diabsen lalu berdoa b.kejujuran. Kaki sepak diputar keluar pada pangkal pahanya sehingga kaki sepak membentuk sudut 90° dengan kaki tumpu. Inti 1.dan punggung kaki dengan teknik yang benar II.Tujuan Sepak Bola Siswa dapat mempraktikkan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam. Pendekatan/Metode Pembelajaran 1. Penugasan IV. Demonstrasi 2.Materi Ajar Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam. Badan hamper tegak . semangat dan percaya diri. III. I. Indikator 1. Sedangkan bola disepak tepat pada titik pusatnya. Pendahuluan a. Daerah pergelangan kaki (engkel) bagian dalam yang kontak dengan bola. Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar 2.Siswa dibariskan 3 bersab. Streching dan Pemanasan B. Menendang bola dengan punggung kaki dengan teknik yang benar. Langkah-langkah Pembelajaran A.

Pergelangan kaki ditekuk kebawah sehingga punggung kaki menghadap ke bola. Selanjutnya lutut ditekuk dalam-dalam sehingga badan berada diatas bola.Penilain Tes individu Tes Perbuatan . Cara melakukan latihan   Awalan harus lurus dengan bola. kaki tumpu diletakkan di sisi bola.  Bola ditendang dengan punggung kaki tepat pada titik tengahnya. batty. tetapi arah bola sering kurang terkontrol. jari-jari menghadap serong dengan lutut sedikit ditekuk. Latihan menendang dengan punggung kaki bagian luar   Awalan lurus. Bandung Alat: lapangan sepak bola. C. kun. 4. Latihan menendang dengan punggung kaki(kura-kura) Digunakan untuk menembakkan bola cukup deras. VI. Pionir Jaya. Bola ditendang pada bagian bawah titik pusatnya . Penutup Siswa Disuruh melakukan latihan sepak bola dengan baik dan benar V.bola. Eric C. kaki tumpu diletakkan disamping belakang bola. bola ditendang dengan punggung kaki bagian luar. badan sedikit condong ke belakang. kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan jari kaki menghadap kedepan dan lutut sedikit ditekuk.Alat/Bahan/Sumber Sumber: Buku latihan sepak bola metode baru(pertahanan). latihan menendang dengan punggung kaki bagian dalam Cara melakukan:   Awalan sedikit serong. stopwatch. 3. Pergelangan kaki sepak ditekuk kebawah dan diputar ke dalam Selanjutnya. Mata menghadap kea rah bola 2. jari-jari kaki menghadap kedepan dengan lutut sedikit ditekuk.

. perlu kiranya bagi guru untuk dapat membuat RPP dengan baik dan benar sesuai tujuan yang diharapkan. para guru yang bertugas mengelola pembelajaran perlu memahami aturanaturan yang berlaku atau yang relevan kaitannya dengan pengembangan RPP. Untuk itu. Bahan ajar ini diharapkan dapat menambah wawasan satuan pendidikan khususnya para guru pada saat mengembangkan silabus dan RPP-nya. Oleh karena itu. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.BAB III PENUTUP Kesimpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan pedoman bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktifitas pembelajaran di kelas.

2010. Malang: Wineka Media. Wasis D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.com http://p4tkmatematika. Jakarta: BSNP.Daftar Pustaka Dwiyogo. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.org . ______. Jakarta: BSNP http://kumpulblogger. 2007. ______. 2006.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful