-

---

-

--

NILAI SEKARANG DAN MASA DATANG (Present and Future Value)

36

menghapus data yang sudah ada dan mengisi dengan data yang baru VIEW.bergerak bebas diseputar kertas kerja untuk melihat outputnya. GRAPH . NEW DATA .Tingkat bunga yang akan digunakan untuk perhitungan (Masukkan dalam bentuk desimal) t . Pilih t=O untuk perhitungan PRESENTVALUE.) Pengisian dari template ini adalah pada sel C4 .periode arus kas akan dikonversikanke.memungkinkan pemakai untuk meninggalkantemplate BAGAIMANAMENGISI DATA: Pilihlah menu OLD DATA atau NEW DATA.C61.Arus kas itu mungkin tidak sarna. MENU TEMPlATE: Menu yang tersedia dan fungsinya adalah sebagai berikut: OLD DATA .output yang terlihat pada bentuk grafik PRINT - HELP END .CI0.pilihlah t lebih besar dari 0 untuk perhitungan .mengisi data melalui pengetikan ulang dari data yang sudah ada. terkecuali sel C6 . (Perhatikan bahwa daerah pengisian pada umumnya terlihat pada layar di antara simbol ">" dan "<". mencetak hasilnya untuk periode 0 menampilkan layar bantu. - 50 PEMBAHASAN MENGENAI BEBERAPA PENGISIAN i .Nilai Sekarang dan Masa Datang (Present and Future Value) 37 TUJUAN: Untuk menghitung Present Value. Cursor akan bergerak kebagian pertama dari sektor pengisian. MENGISI TEMPLATE Dari sub-menu TIMEVALUEOF MONEYpilihlahnomor: 1 Dari LOTUS pilihlahnama file:TIMEV AL. Future Value atau Internal Rate of Return (lRR)dari satu atau bannyak arus kas (cash flow).

38 Pengantar Model Komputer Keuangan FUTUREVALUEdimana periode waktunya adalah "f'. Perhitungan ini akan dilakukansebagai tambahan bagi perhitungan PV atau FV yang diminta. Lihat Bab 3. PERHITUNGAN HASILNYA Pada saat memasukkan data. INTERNAL RATE OF RETURN: Template akan berusaha untuk menghitung IRRpada saat Arus Kas (Cash Flow)pada periode 0 berada pada posisi negatif. Kesalahan ("ERR")akan tetjadijika LOTUS tidak dapat mengkonvergensikan pada suatu kesimpulan yang benar. anda sebaiknya menggunakan <SHIFT> PRTSC daripada menggunakan pilihan menu cetak.PENTING:jangan menggunakan tombol <F9> LOTUSdi dalam penghitungan. tekan <RET> dengan tanpa memasukkan data. Pemakaibisajuga mencobadengan cara perhitunganIRR"manual"meskipun periodenya 0 dan arus kas tidak negatif (tentu saja beberapa arus kas harus negatif). Perhitungan akan dilakukan secara otomatis oleh program tersebut. Untuk kasus-kasus yang sederhana. untuk tambahan informasi. Program itu akan kembali ke MENU TEMPLATE setelah perhitungan selesai dilakukan.untuk menentukan IRRsecara "manual". CATATAN UNTUK PROSES PENCETAKAN Menu template mempunyai pilihan cetak yang mana akan mencetak 51 periode waktu dari data tersebut. Pada saat tetjadi kesalahan. tentukan t = 0 dan ubah tingkat bunga sampai perhitungan PV nya = 0 (atau mendekati angka nol)o Tingkat bunga Gikamungkin}yang menimbulkankondisiini adalah IRRnya. Lihat di bawah ini untuk INTERNAL RATEOF RETURN. mungkin ada cara lain untuk memaksakan konvergensi (lihat Komentar Tambahan atas Perhitungan IRR pada akhir dari bab ini). . "PRINTING DATA".

tahun 3. tahun 5. Masukkan .Nilai Sekarang dan Masa Datang (Present and Future Value) 39 INFORMASI TEKNIS DAN KETERBATASAN TEMPLATE Template ini hanya bisa memproses 51 periode jangka waktu (periode 0 50). Semua arus kas diasumsikan terjadi pada akhir periode.10 untuk i. SOAL Pecahkan soal berikut ini: a.Untuk perhitungan. $200. nilai tahun yang akan datang untuk arus kas pada bagian e setelah 10 tahun. tahun 4. $100. tahun 2. c. VALUE sebanding dengan Arus kas dikalikan waktu dari FACTOR. nilai sekarang pada 12% untuk arus kasnya: tahun 1. $300. internal rate of return (lRR)dari arus kas pada bagian e jika periode waktunya 0 mempunyai pengeluaran (outflow)sebesar $600. e. $100. $200. d. 10 untuk t dan $200 pada periode Arus Kasnya O. JAWABANNYA BAGIANa. tekan <REf> tanpa memasuk- . b. Pilihlah NEW DATA. Time-value FACTOR (TVR)diperhitungkan sebagai berikut: TVF = (1+On dimana i = tingkat bunga dan n = perbedaan antara "f' dengan periode arus kas yang terjadi. nilai sekarang adalah $550 diterima setelah 4 tahun dengan tingkat 8%. nilai masa yang akan datang adalah $200 setelah 10 tahun pada tingkat 10% pertahun diperhitungkan setiap tahun.

75.00 89.44 0. BAGIANd.72 462. Masukkan .10 0.29 0. Tekan <RET"tanpa memasukkan angka untuk perhitungannya. GREATER THAN O=FV * FV NA *********************** CUMULATIVE FACTOR PERIOD Cash Flow ---------------------------------------------------------------------- VALUE VALUE $0. 0 untuk t dan arus kas sesuai dengan periode waktunya.00 89. Jawabannya (terlihat pada sudut kanan atas dari layar) adalah $518.29 248.53 127.70 PERAGA IV-I JAWABAN UNTUK BAGIAN C ___=============================~=====================a==~__==c====_=m <ALT B> to RESTART PROGRAM **** SOLUTIONS: *** i = > 12..636 56. Masukkan .26 589.36 646.712 213.507 ----------------------------------- 1. Jawabannya (PV)adalah $404. .-- -.74 0. Jawaban ($646..00 0. 0 untuk t dan $550 untuk periode 4.12 untuk i.10) dan layar setelah perhitungan selesai akan menunjukkan pada lembar berikut pada Peraga IV-I. Pilihlah NEW DATA.567 0. BAGIANb. Pilih OLD DATA(untukmempertahankan masukkan yang sudah ada dalam template). masukkan 10 untuk t (dengan mengetikkan angka 0) dan hitung untuk mendapatkan FV $20006.00\ < Interest Rate * PV $646~10 *IRR NA t => 0 < O=PV.. Pilihlah NEW DATA.08 untuk i.893 .10 o 1 2 3 4 5 6 > > > > > > > 100 200 300 200 100 < < < < < < < $0.27 BAGIANc.10 646.797 159.-- 40 Penganlar Model Komputer Keuangan kan angka.000 -0.

97% (PV = -$0. Anda bisa memecahkan Internal Rate of Return dengan mengubah tingkat bunganya. Meskipun . memecahkan masalah IRRdengan menggunakan pilihan PV dari template meskipun pada posisi periode waktu 0 dan arus kasnya tidak negatif. Catatan bahwa ERR akan terlihat setelah hasil IRR terproses. maka metode yang akan dibahas dibawah ini memungkinkan anda untuk dapat memecahkan masalah dari setiap IRR. Masukkan . menemukan tingkat bunganya yang mengakibatkan PVnya sarna dengan nol (atau paling sedikit mendekati angka dibelakang koma).97%. terkaan seperti . Hitung. Jika anda mencoba pendekatan ini anda akan menemukan bahwa PV nya adalah mendekati. Karena perhitungan IRR menggunakan nilai i sebagai "ramalan" didalam melakukan konvergensi untuk mendapatkan hasil. Pilihlah OLD DATA. Di dalam definisi. Lotus mungkin bisa melakukan konvergensi. jika kita dapat merubcih nilciii mendekati kebenaran IRR. IRR ini menunjukkan bahwa Lotus tidak. dengan menggunakan tingkat bunga empat angka desimal dibelakang. IRR adalah setiap tingkat bunga yang mengakibatkan PV = O. dan menghitung kembalisampai i diketahui dan hasilnya adalah PV = O. dengan terkaan yang digunakan untuk memecahkan masalah IRRdengan menggunakan tabel nilai sekarang atau kalkulator tangan. tetapi tidak sarna.14 untuk i.Nilai Sekarang dan Masa Datang (Present and Future Value) 41 BAGIAN e. Dikarenakan PV nya adalah positif pada 12%.14965 atau . Dengan mengetahui informasi ini.Penemuan ini tidak menunjukkan suatu perbedaan antara fungsi Lotus IRR dengan pendekatan terkaan. Pilih OLD DATA lagi.05). KOMENTARTAMBAHANUNTUKPERHITUNGANIRR. Metode ini sarna. dan jawabannya adalah 14. Masukkan 0 untuk t dan -600 untuk periode waktu 0 (sel C11). dengan "terkaan". Jawaban akan dibulatkan dari delapan atau lebih desimal yang diperhitungkan oleh Lotus. Anda boleh.14967345 mungkin diperlukan.dapat mempersatukan suatu hasil IRR yang benar. Ini disebabkan adanya pembulatan pada jawaban pada template TIMEV AL. itu berarti bahwa IRRharus mempunyai nilai yang lebih tinggi. 0 pada tingkat bunga 14. Template TIMEV akan menunjukkan bagaimana memecahkan IRRnya AL pada saat periode waktu 0 dengan arus kas yang negatif. meskipun lebih mudah. i. Sekarang algoritma IRR konvergen. Sebagai contoh. Anda dapat.

97% pada template. Perlu diingat bahwa perhitungan IRR hanya akan terjadi pada template pada saat periode waktu 0 dan arus kasnya negatif.42 Pengantar Model Komputer Keuangan kedua angka itu terlihat sebagai i = 14. . pembulatan akan digunakan pada perhitungan. Jika anda menginginkan untuk memeeahkan IRR tersebut dengan kondisi yang tidak seharusnya. Anda mungkin bisa meneoba kedua angka tersebut untuk bisa melihat perubahan yang keeilpada PV. anda harus menggunakan pendekatan "terkaan" seperti yang telah dibahas di atas.