P. 1
Model Pembelajaran Tutor Sebaya

Model Pembelajaran Tutor Sebaya

|Views: 490|Likes:
Published by Dwi Setia Rini

More info:

Published by: Dwi Setia Rini on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

.

MODEL

PEMBELAJARAN

TUTOR

SEBAYA

Pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan nilai baru (Sagala 2008). Untuk mencapai pembelajaran yang baik pembelajaran memerlukan strategi, perencanaan, media, sumber, dan model

pembelajaran yang variatif dan sesuai dengan materi yang di ajarkan. Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas ataupun tutorial. Model Tutor sebaya dikenal dengan pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik, hal ini bisa terjadi ketika peserta didik yang lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya sendiri dan kemudian membantu peserta didik lain yang kurang mampu. Tutor Sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Ini merupakan pendekatan kooperatif bukan kompetitif. Rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama. Model ini paling efektif diterapkan dengan model belajar kelompok yang mana tiap kelompoknya beranggotakan siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dengan siswa yang paling pandai atau memiliki pemahaman paling tinggi tiap kelompoknya dijadikan sebagai tutor atau pembimbing bagi teman-temannya.

Tutor Sebaya akan merasa bangga atas perannya dan juga belajar dari pengalamannya. Hal ini membantu memperkuat apa yang telah dipelajari dan diperolehnya atas tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Ketika mereka belajar dengan “Tutor Sebaya”, peserta didik juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan, berkonsentrasi, dan memahami apa yang dipelajari dengan cara yang bermakna. Penjelasan Tutor Sebaya kepada temannya lebih memungkinkan untuk mudah dipahami karena memiliki pola piker yang masih relative sama dan bahasa yang lebih akrab.

Pemilihan tutor merupakan langkah pertama yang harus diperhatikan oleh guru atau pengajar. Ada beberapa kriteria yang seharusnya dimiliki oleh seorang tutor dalam pemblajaran tutor sebaya ini yaitu:

Kelebihan penggunaan model tutor sebaya yaitu : (1) hasil yang cukup baik bagi siswa yang memiliki rasa takut pada guru. hal ini bisa terjadi ketika peserta didik yang lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya sendiri dan kemudian membantu peserta didik lain yang kurang mampu. Rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama. (3)kesempatan bagi tutor untuk melatih diri dan bertanggungjawab. (4)mempererat hubungan antar siswa. (3) pekerjaan tutoring sering terkendala bias gender. (2) siswa malu bertanya pada tutornya karena malu memperlihatkan kelemahannya. waktu khusus tiap harinya harus dialokasikan agar peserta didik saling membantu dalam belajar baik satu-satu atau dalam kelompok kecil. (2) bagi tutor dapat memperkuat konsep yang diampunya.1) Memiliki hubungan emosional yang baik. dan (5) tidak semua siswa pandai dan mampu menjelaskan pada temannya. Metode ini banyak sekali manfaatnya baik dari sisi siswa yang berperan sebagai tutor maupun bagi siswa yang diajarkan. siswa tersebut mengajarkan materi/latihan kepada teman-temannya yang belum faham. bersahabat dan menunjang situasi 2) 3) Diterima dan disetujui bahan oleh atau siswa tutorial lain materi Menguasai 4) Memiliki kemampuan menyampaikan informasi atau berkomunikasi dengan baik 5) Memiliki kreativitas untuk membimbing atau member bantuan Setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. (5) mengatasi hambatan bahasa. Alternatifnya. begitu juga dengan model pembelajaran tutor sebaya. . Peran guru adalah mengawasi kelancaran pelaksanaan metode ini dengan memberi pengarahan dan lain-lain Tutor Sebaya dikenal dengan pembelajaran teman Sebaya atau antar peserta didik. Tutor Sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Selain kelebihan di atas model tutor sebaya ini juga memiliki kekurangan dalam penerapanya yaitu: (1) siswa yang dibantu kadang kurang serius. Metode ini dilakukan dengan cara memberdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap yang tinggi. Ini merupakan pendekatan kooperatif bukan kompetitif.

Dalam penggunaan metode pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika mereka belajar dengan “Tutor Sebaya”. Uraian di atas adalah beberapa kelebihan dari metode tutor sebaya sementara kekurangan metode ini antara lain : tidak semua siswa dapat menjelaskan kepada temannya. seperti halnya tutor sebaya. peserta didik juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan.Tutor Sebaya akan merasa bangga atas perannya dan juga belajar dari pengalamannya.Tidak semua siswa dapat menjawab pertanyaan temannya. Peserta didik melihat masalah dengan cara yang berbeda dibandingkan orang dewasa dan mereka menggunakan bahasa yang lebih akrab. berkonsentrasi. . . Hal ini membantu memperkuat apa yang telah dipelajari dan diperolehnya atas tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Penjelasan Tutor Sebaya kepada temannya lebih memungkinkan berhasil dibandingkan guru. dan memahami apa yang dipelajari dengan cara yang bermakna.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->