BAB 1 PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Tabung sinar katoda (cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD dan bentuk teknologi TV lainnya. Pada tahun 1907, ilmuwan Rusia Boris Rosing digunakan CRT di akhir menerima sinyal video eksperimental untuk membentuk gambar. Dia berhasil menampilkan bentuk geometris sederhana ke layar, yang menandai pertama kalinya bahwa teknologi CRT digunakan untuk apa yang sekarang dikenal sebagai televisi. Tabung sinar katoda pertama menggunakan katoda panas dikembangkan oleh John B. Johnson (yang memberi nama kepada kebisingan Johnson panjang) dan Harry Weiner Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada tahun 1922.

1.2 Tujuan dan Manfaat Penulisan Hal – hal yang menjadi tujuan dan manfaat penulisan makalah ini adalah:  Memahami pengertian CRT.  Memahami prinsip kerja dasar CRT.  Mengetahui tampilan pada CRT.  Mengetahui analisis gerak electron pada CRT.  Bisa membuat troubleshooting pada CRT.

1

Anode pemfokus berfungsi memfokuskan berkas sinar katode. anode pemfokus) dinamakan pemucu elektron (elektrogun). 2 . sehingga memberikan suatu gerakan kecil cahaya atau noktah. Tabung sinar katode dijumpai dalam Osiloskop tabung layar TV. Berarti mengatur kecermelangan bintik pada layar. Tabung sinar katoda ini memiliki ruang yang didalam tabungnya sangat vakum.1 Definisi CRT ( Chatode Ray Tube ) Tabung sinar katoda disingkat CRT (Cathode ray tube). Sedangkan Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum. Penguapan elektrón ini disebut sinar katoda.BAB II PEMBAHASAN 2. Sinar katoda merupakan berkas distribusi electron yang terbentuk didalam tabung sinar katoda. Fungsi kisi kontrol adalah untuk mengatur jumlah elektron dalam berkas sinar katode yang menuju sinar anode. Tabung ini terdiri dari filament panas yang menghasilkan berkas electron. Gabungan katode (kisi kontrol. Tabung sinar katoda merupakan tabung lucutan electron untuk mengubah sinyal listrik ke suatu pola tertentu pada layar. dan display komputer. anode pemercepat. dan elektrón-elektronnya menguap dari permukaannya. Tabung sinar katoda ini merupakan dasar dari Osiloskop Sinar Katoda atau dalam bahasa Inggrisya adalah Cathode ray Oscilloscope (CRO) dan pesawat penerima televisi. Tabung sinar katoda dapat juga di definisikan sebagai tabung hampa udara yang dibuat dengan memanfaatkan teknik pevakuman Geisler yang dapat memancarkan elektron dalam bentuk sinar katoda sebagai sinar hijau pucat ketika saklar dihubungkan. Pemancaran elektron-elektron dari permukaan zat karena permukaan tersebut dipanasi secara langsung / tidak langsung disebut emisi termionik. Electron ini dipusatkan pada layar pendar oleh medan magnet dan medan listrik. Sinar-sinar katoda dipercepat melalui tegangan tinggi yang dikendalikan dengan medan magnet yang dibangkitkan oleh sepasang koil. Katoda sebelah kiri sangat ditinggikan temperaturnya dengan alat pemanas.

2 Rangkaian dan Prinsip Kerja Dasar CRT ( Chatode Ray Tube ) Pengukuran nilai muatan elektron (e) dapat dapat diketahui setelah percobaan yang dilakukan oleh J.2. sebuah modifikasi dari tabung Crookes dengan layar dilapisi fosfor. elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran. maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya. tegangan elektroda (  V). Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat pada salah satu contoh gambar berikut : Gambar CRT ( Chatode Ray Tube ) 3 . dan pancaran ini terfokus dan di"defleksi" oleh medan magnetik ataupun medan listrik untuk men"scan" permukaan di ujung target (anode) baik pada arah horisontal maupun vertikal. Sinar kathoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi dipancarkan dari kathoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum.J. Harga e dapat didekati dengan harga perbandingan e/m yang diperoleh dari hubungan antara nilai arus (I). Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda kathoda-dingin. yang dilapisi dengan bahan berfosfor biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth. yaitu dengan menggunakan peralatan tabung sinar katoda yang dilengkapi dengan Medan listrik dan Medan magnet. Hubungan antar ketiganya dapat diketahui dari sifat-sifat coil helmholzt yang menyebabkan adanya gaya sentripetal yang membuat elektron berbentu lingkaran dari gaya linier yang timbul akibat perbedaan tegangan listrik antara katoda dengan anoda. Dalam tabung sinar kathoda. Thompson. Ketika elektron menyentuh material ini. dan radius lintasan elektron (r).

Cara kerjanya adalah mula mula katoda tabung dipanaskan oleh pin heater (sekitar 6VAC) hingga elektron mudah ditembakkan. CRT dan LCD memiliki perbedaan di mana CRT menggunakan elektron yang ditembakkan ke layar sehingga mewarnai menjadi suatu gambar. Berikut adalah skema gambar dari CRT ( Chatode Ray Tube ). elektron ini diarahkan oleh magnetik D-Y yoke ke arah permukaan tabung yg dilapisi oleh fosfor (RGB: Red Green Blue) Elektron elektron ini akan ditembakkan sesuai dengan input pada kaki kaki katoda Tabung gambar dalam hal ini yang berhubungan langsung dengan bagian ini adalah IC Video Amp / Transistor penguat akhir pada PCB CRT. Secara teori. 4 . Lihat pada gambar dibawah untuk lebih jelasnya : Gambar Rangkaian CRT ( Chatode Ray Tube ) Bagian Electron Guns akan menembakkan elektron sesuai inputan dan apabila Elektron ini bertabrakan dengan lapisan fosfor yang berada dibagian depan CRT ( screen) Fosfor yg tertembak elektron akan berpendar maka kita melihat warna di depan TV tabung. LCD memiliki cahaya di belakang yang konstan di mana intensitas kecerahan menjadi berbeda karena adanya penutupan/penghalangan dari molekul untuk sinar yang melewati panel.

3 Tampilan Pada CRT ( Chatode Ray Tube ) Format matriks titik (Pixel) digunakan untuk menampilkan karakter pada layar CRT. Ukuran matriks yang paling banyak digunakan adalah 5 x 7 dimana setiap karakter ditampilkan sebagai matriks berukuran 5 x 7. Dalam mode kordinat dua masukan biner (digital) diolah menjadi tegangan secara analog digunakan secara untuk menentukan posisi pancaran secara akurat. Tegangan tersebut diumpankan pada plat defleksi secara horisontal ataupun vertikal. yang disebut font dalam blok ukuran 6 x 10 untuk menyediakan jarak antara karakter.2.Sedangkan pada mode raster scan pancaran elektron ditembakkan ke layar dengan menscanning baris dari kiri ke kanan dengan kecepatan tetap dari pengumpanan 5 . Berikut adalah gambar Blok Karakter : Jarak Antar Baris Jarak Antar Karakter Penempatan pancaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan dua mode yang berbeda: mode koordinat dan mode raster –Scan.

Phosphor layer with red. green.gelombang time base pada plat horisontal dan kembali secara cepat ke bagian kiri layar. Deflection coils (Coil Defleksi) 5.4 Penampang Dasar Warna CRT ( Chatode Ray Tube ) Gambar Penampang Dasar Warna CRT ( Chatode Ray Tube ) Keterangan : 1. pancaran diarahkan ke bagian bawah dengan kecepatan tetap oleh plat vertikal untuk menscan keaseluruhan layar. green. Electron beams (Balok Elektron) 3. Electron guns (Tembakan Elektron) 2. Focusing coils (Coil Fokus) 4. Close-up of the phosphor-coated inner side of the screen 6 . and blue part of displayed image 7. Pada saat yang bersamaan . Mask for separating beams for red. Anode connection (Sambungan Anoda) 6. 2. and blue zones 8.

5 Analisis Gerak Elektron Pada CRT ( Chatode Ray Tube ) Laju awal (Vo) pada saat awal elektron dipancarkan dapat dianggap nol maka laju elektron dalam jarak x sewaktu meninggalkan mertiam elektron diberikan oleh : Vx = 2e .V antara plat m m Dalam percobaan sinar katoda tersebut terdapat dua gaya yang bekerja yaitu gaya elektromagnetik dan gaya sentripetal. dan percepatan dari elektron yang terdefleksi adalah : a = eE = e .V antara anoda dan katoda m Dimana e muatan listrik elektron ( 1.gaya sentripetal ini muncul diakibatkan karena bentuk lintasan dari gaya elektromagnetik berbentuk lingkaran.60 x 10-19 C ) dan m massa elektron ( 9.11 x 10-31 Kg ) Energi kinetik sebuah elektron tergantung pada beda potensial anatar anoda dan katoda. Gaya yang akan mendefleksikan elektron berlawanan dengan arah medan listrik ( E ).2.sehingga pada saat memesuki daerah medan magnetik akan terjadi kesetimbangan gaya yaitu antara gaya magnetik dan gaya sentripetal yang diuraikan sebagai berikut : Fm = Fc EvB = m v2 r 7 .

proses ini men-sarat kan kondisi CRT masih panas setelah heater diaktifkan sebelumnya agar loncatan electron menjadi mudah. Cara kerja rangkaian ini adalah memberikan tegangan tinggi negatif sesaat kepada katoda RGB terhadap grid1.6.Dengan demikian didapatkan nilai (e/m) di peroleh dari dua besaran kecepatan elektron v dan kuat medan magnet B.yaitu warna yang redup akan terukur lebih rendah terhadap warna yg lain.dapat anda ukur /bandingkan tegangan ketiga warna primer tersebut pada posisi TV menyala.1 CRT ( Chatode Ray Tube ) Restorer Rangkaian CRT RESTORER disini berguna untuk menghilangkan kebocoran yang terjadi antara katoda-katoda RGB terhadap Grid G1. Konfigurasi rangkaian ini adalah menggunakan saklar DPDT 4 posisi yang harus di modifikasi dahulu menjadi saklar tekan ( tidak mengunci) dengan maksud : 8 . yaitu : Penjelasan dari masing-masing simbol tersebut adalah sebagai berikut: : A N I R : : : : : 2.Jika ini terjadi maka salah satu atau lebih warna akan terlihat lebih dominan terhadap yg lain.6 Potensial pemercepat (volt) radius Helmholtz koil (a= 15 cm) Jumlah lilitan pada Helmholtz koil (N = 130 lilitan) arus lilitan pada Helmholtz (ampere) radius sinar elektron (meter) konstanta permeabilitas udara Troubleshooting pada CRT 2. Ini di akibatkan adanya partikelpartikel sangat kecil ( microscoptical dust) yg menghambat laju electron dari ketiga Electron Gun CRT.dan warna yg lain terlihat sangat lemah/redup.

2uF/350v. Elco akan terlepas dari jalur dioda dan akan menghabiskan isinya kekaki G1 sementara kaki katoda menuju jalur negatif 300V. Pada saat saklar tidak di tekan. 9 .(memberi tegangan sesaat yang tersimpan dalam elco).Dan tegangan dari trafo 1amp langsung menuju ke heater untuk memanaskan. Masukan dua buah kabel colokan heater.dioda penyearah mengisi elco 2. 3. Masukan colokan G1 ke pin G1 di CRT. Nyalakan alat ini dan tunggu hingga heater menyala untuk memanaskan dahulu. Cara penggunaannya : 1. 4. Ketika saat saklar di tekan. 2. Masukan kaki colokan KATODA ke salah satu kaki CRT yang di duga lemah/rusak.Perhatikan susunan skemanya.sementara itu tegangan heater dari trafo akan otomatis terputus ( open ).katoda dan G1 menuju ke bagian rangkaian Vu meter.

(merah. dan terkadang dengan langkah itu kerusakan sdh bisa teratasi. harus di coba pada posisi tegangan terendah dulu. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah bersihkan permukaan PCB dari penguat warna dengan thiner. Sebagai patokan seberapa besar simpangan meter yg normal.biru) tiga-tiganya sekaligus.5 V atau 9 V) untuk lebih memanaskan heater. Sedangkan untuk di merk Samsung yang paling sering rusak dan paling sering saya temui di bagian ini adalah IC Amplifier 10 .5. 6. Lakukan lagi terhadap katoda warna lain yg dianggap bermasalah.2 Warna TV Terlihat Dominan Warna Tertentu Untuk kerusakan ini bisa jadi tabung televisi memang benar benar rusak. langkah yang harus diambil adalah mengganti transistor penguat warna yang ada di PCB (merah. 2. Untuk kerusakan warna ini.dibolehkan apabila di duga kurang normal. 7. Nb: untuk TV merk National/Panasonic biasanya dengan langkah ini belum bisa sembuh kerusakannya walaupun kerusakan awalnya memang lepasnya solderan.7. naikan lagi tegangan heater dgn saklar pemilih ( 6 V . baru kemudian naikan tegangannya.sekilas anda perhatikan ada loncatan api di dalam CRT. kalau masih belum menunjukan kisaran meter ukur yang normal.hijau.hijau. itu adalah proses pembersihan kaki-kaki katoda. dapat anda coba/bandingkan pada CRT ( Chatode Ray Tube ) yang masih bagus untuk diukur tanpa melakukan penge-charge-an. Tekan saklar DPDT.keretakan solderan yang tidak terlihat secara jelas oleh mata bisa mengakibatkan kerusakan warna tadi.hal yang perlu dilakukan adalah mencermati warna apa yang dominan atau warna apa yang hilang.6. namun ada baiknya kita mendiagnosa sendiri kerusakan secara sederhana bila kita mengerti sedikit ilmu elektronika. dan jangan di coba menekan saklar pada katoda yg masih normal. ulangi terus sampai tak ada lagi bunga api yg terlihat.biru) karena secara teknis warna tv adalah penggabungan dari tiga unsur warna tersebut.kemudian lakukan penguatan solderan disana dengan cara menyolder ulang kaki-kaki komponen yang ada disana.

tapi alat tersebut relatif mahal bagi kebanyakan teknisi. Biasanya di PCB tertulis KR untuk katoda merah(red).6107 / 6108 / 6109 IC ini berbentuk IC sisir. Meski bisa saja terjadi soket dari pin CRT kendor. Kita bisa menggunakan alat yang bernama CRT RESTORER GUN ( penembak crt/layar) yang siap pakai. dan biru.kini giliran kita melakukan pengecekan benarkah tabung TV kita memang rusak atau memang ada kerusakan lainya.kehilangan satu atau dua warna primer (RGB). Warna layar akan dominan warna merah ketika kita colokkan kabel tadi di katoda merah.6. Ambil kabel multi meter kita.kemudian tancapkan salah satu ujungnya di bagian ground dari TV kita (casing). 11 . Untuk mengatasi hal ini dimana kaki salah satu katoda short terhadap heater ( ini menyebabkan short terhadap ground juga. 2.maka tampilan layar akan menampilkan warna yang tidak normal. Perhatikan perubahan layar saat kita lakukan langkah ini. Apabila warna di layar tidak berubah pada saat kita colokkan kabel ke katoda. hijau. Penting untuk bisa memastikan beda antara kerusakan pada CRT atau pada blok RGB circuit. Bila diagnosa kita menyatakan tabung TV kita tidak rusak.perlu dicurigai kerusakan tabung(layar) dari tv kita. Biasanya komponen aktif seperti IC atau transistor yang sering rusak. merah. begitu pula untuk warna lainnya.karena jalur supply heater berhubungan dgn jalur ground pada FBT). kemudian hidupkan TV. Disini saya coba memberikan sedikit tips berdasar pengalaman saya di meja kerja. KB untuk katoda biru(blue) dan KG untuk katoda hijau(green). Ada 3 katoda disitu. bisa yang hitam atau yang merah. Bila setelah di solder ulang tapi warna tetap belum normal.3 Short Katoda Dengan Filament/Heater Bila ini terjadi . kita dapat melakukan perbaikan kecil-kecilan dengan mengganti komponen aktif / pasif yang ada di PCB kecil tadi. Caranya cukup mudah yaitu.selanjutnya salah satu ujung dari kabel tadi kita colokkan ke kaki katoda tabung yang ada di PCB kecil tadi.Juga bila salah satu warna dominan terhadap yg lain dan di sertai garis Blanking.

hasilnya masih berupa tegangan AC frekwensi tinggi. Secara default . Screen alternatif adalah cara untuk menggantikan fungsi dari screen FBT yang tidak normal kurang terang/bright atau tak dapat di atur lagi karena sudah di lem secara permanen. bagaimana caranya ? tentunya dengan memberikan jalur suplly tersendiri untuk heater.digitec.Pastikan sebelumnya bahwa tegangan yg terukur adalah sekitar 6 Volt dengan menambah atau mengurangi jumlah lilitan (biasanya antara 2 sampai 4 lilit).G2 memerlukan besar tegangan antara 500-100VoltDC.ini biasa terjadi pada merek polytron. Caranya dengan memanfaatkan lebih dari pada fungsi FBT.Untuk mendapatkan tegangan ekstra dari FBT adalah cukup dengan melilitkan beberapa gulung kawat /kabel ke bagian FERRIT dari FBT.Keduanya diatur secara internal oleh resisitor dan potensio internal untuk membagi besaran tegangan yang sesuai untuk Focus dan Screen.kita dapat mengambil dari titik collector Transistor Horisontal out.karena pada titik ini 12 .karena FBT itu adalah sebuah transformator.samsung dll.G2 (Screen) mengambil tegangan tinggi searah yang dihasilkan dari FBT bersama dengan tegangan fokus.Dari mana?tidak mungkin kita menggunakan trafo lagi untuk tegangan heater. Catatan bahwa rangkaian ini tidak boleh sama sekali berhubungan dengan jalur ground pada PCB TV.gunakan dioda IN4007 dan elco 100uF/50V untuk meratakannya. Untuk dapat menghasilkan tegangan pengganti sebesar ini .Solusinya adalah tentunya kita harus memisahkan jalur supply heater ini terhadap ground.tergantung dari karakteristik CRT.

BAB III 13 .untuk meratakan tegangan ini. polytron dan beberapa monitor. Gunakan dioda tegangan tinggi ( disarankan dioda kacang). Rangkaian ini sangat mudah di buat dan dapat bekerja dengan baik.resistor dan potensiometer pembagi adalah relatif ukurannya.terdapat tegangan hasil osilasi antara TR dan Lilitan FBT yang cukup besar ( sekitar 1600v ACp-p).maka aman bagi kita untuk sedikit mengambil arus dan tegangan dari sini.anda dapat mengganti nilai disini untuk mendapatkan hasil tegangan yg diinginkan.Pun metoda ini juga memang diterapkan oleh SONY yang menggunakan CRT TRINITRON.tapi harus dalam batasan ukuran Mega ohm.karena besaran arus untuk G2 adalah relatif kecil ( hanya dalam ukuran mA).Dulu cara ini banyak saya terapkan pada TV digitec .Resistor 100 ohm adalah semata sebagai pembatas juga fuse untuk menghindari terjadinya short pada rangkaian.

Tabung sinar katoda ini merupakan dasar dari Osiloskop Sinar Katoda atau dalam bahasa Inggrisya adalah Cathode ray Oscilloscope (CRO) dan pesawat penerima televisi.  Troubleshooting pada CRT: CRT restorer Warna TV terlihat dominan warna tertentu Short katoda dengan filament / heater DAFTAR PUSTAKA 14 . elektron ini diarahkan oleh magnetik D-Y yoke ke arah permukaan tabung yg dilapisi oleh fosfor (RGB: Red Green Blue) Elektron elektron ini akan ditembakkan sesuai dengan input pada kaki kaki katoda Tabung gambar dalam hal ini yang berhubungan langsung dengan bagian ini adalah IC Video Amp / Transistor penguat akhir pada PCB CRT. Cara kerja tabung sinar katoda adalah mula mula katoda tabung dipanaskan oleh pin heater (sekitar 6VAC) hingga elektron mudah ditembakkan. Tabung ini terdiri dari filament panas yang menghasilkan berkas electron. Sinar kathoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi dipancarkan dari kathoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum.PENUTUP KESIMPULAN Tabung sinar katoda merupakan tabung lucutan electron untuk mengubah sinyal listrik ke suatu pola tertentu pada layar.

): 323-335. Diakses pada 2009-06-21. J. The Popular Science Monthly (Bonnier Corp.digitalmas.com Mamanrehzee Zicelectronic 15 . "Benda yang lebih kecil daripada atom".infoservicetv.html http://www.• Thomson. (Agustus 1901).wordpress.com/analisa-crt-rusak. J. • • • • http://www.