SEJARAH SEPAK BOLA

Permainan sepak bola adalah salah satu olah raga yang mendunia. Laki-laki, perempuan, anak-anak bahkan kakek semuanya mencintai sepak bola. Banyak dari mereka berasumsi bahwa awal mula sejarah sepak bola berasal dari inggris, tapi ternyata sejarah mencatat bahwa permainan sepak bola sudah ada sejak 3000 tahun yang silam di berbagai pelosok dunia dalam bentuk yang berbeda-beda. Akan tetapi berbicara sejarah awal mula munculnya sepak bola hingga sampai saat ini masih mengundang perdebatan. Karena ada beberapa document yang menjelaskan permainan sepak bola sudah ada sejak masa romawi dan lain sebagainya. Namun secara resmi awal mula permainan sepak bola lahir dari daratan cina, hal tersebut dinyatakan oleh FIFA sebagai badan sepak bola dunia, yaitu berawal dari permainan masyarakat cina pada abad ke-2 sampai abad ke-3 sebelum masehi, dimana olah raga ini dikenal dengan nama “thu-shu”. Dalam document lain sejarah sepak bola datangnya dari negeri jepang, sejak abad ke-8 masyarakat jepang telah mengenal permainan sepak bola. Dari berbagai pernyataan tentang asal usul sejarah olah raga sepak bola tersebut yang jelas dari dulu hingga sekarang permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan sebelas orang.

Bentuk Dan Ukuran Lapangan Sepak Bola
Ukuran lapangan standar.

Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

Bentuk Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang, dengan perbandingan panjang dan lebar sama dengan dua banding satu (P x L = 2:1), atau kurang sedikit. Sebagai contoh, misalnya panjang lapangan sepak bola tersebut adalah 90 meter, maka lebarnya harus berkisar 45 meter atau tidak lebih dari 55 meter.

Di tengah lingkaran tersebut terdapat titik yang digunakan pemain untuk memulai kick off. Ukurannya adalah panjang 18 meter dengan lebar 5. Pemain penendang hanya akan berhadapan dengan seorang penjaga gawang. Ada dua kotak penalti dalam lapangan sepak bola.3 meter dengan tinggi 2. • Lebar Lebar lapangan sepak bola antara 45 meter (minimal) sampai 90 meter (maksimal). yaitu tentangan bebas berjarak 11 meter. • Area/ Kotak Penalti Kotak penalti adalah area penjaga gawang bebas menyentuh bola dengan tangan. maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti. • Ukuran Gawang Gawang dalam permainan sepak bola berbentuk persegi panjang dengan perbandingan 3:2. Ukuran ideal yang dilansir FIFA adalah lebarnya 7. Garis lingkaran tersebut berada tepat di tengah lapangan.5 meter.4 meter. Kotak penalti kecil ini berada dalam kotak penalti besar dan berbentuk persegi panjang. • kotak penalti besar (18-yard box) Kotak penalti besar adalah area rawan. • Garis Lingkaran Tengah (Kick Off Area) Garis tengah lapangan sepak bola berdiameter 9. . Jika pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri.• Panjang Panjang lapangan sepak bola antara 90 meter (minimal) sampai 120 meter (maksimal). Kotak penalti adalah daerah rawan. yaitu: • kotak penalti kecil (6-yard box) Kotak penalti kecil adalah area penjaga gawang yang mempunyai kekuasaan mutlak dan tidak boleh diganggu oleh pemain lawan. maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti.15 meter. Panjangnya adalah 40-45 meter dengan lebar 16-19 meter. karena jika pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri.

c. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang. Menyundul bola (heading) f. Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan. Oleh karena itu. 2. Menggiring bola (dribbling) memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai berikut : . Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil salah satu teknik dasar sepakbola yaitu teknik menggiring bola (dribbling). Menggiring bola hanya dilakukan pada saat-saat yang menguntungkan saja. E. Menggiring bola (dribbling) e. Teknik-teknik khusus penjaga gawang. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola. Gerak tipu dengan bola h. dan punggung kaki. Aktivitas dalam permainan sepakbola tersebut dikenal dengan nama dribbling (menggiring bola). Teknik dengan bola. yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari : a. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola d. Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Tujuan menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak ke sasaran. Melempar bola (throwing) g. terdiri dari : a. maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. d. antara lain menggiring bola menggunakan kaki bagian luar. Lari cepat dan mengubah arah. Menendang bola (shooting) c. Melompat dan meloncat. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan. bagian dalam.Teknik Dasar Permainan Sepakbola Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Teknik Menggiring Bola (Dribbling) Sepakbola modern dilakukan dengan keterampilan lari dan operan bola dengan gerakan-gerakan yang sederhana disertai dengan kecepatan dan ketepatan. yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola. Adapun mengenai teknik dasar sepakbola dapat penulis jelaskan sebagai berikut : 1. untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik. Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal. Merampas atau merebut bola. Teknik tanpa bola. Mengenal bola b. b. melewati lawan. i. oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. yaitu bebas dari lawan. karena teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi dalam melakukannya. dan menghambat permainan.

Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. 3. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Berikut ini dapat penulis jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menggiring bola (dribbling) : 1. Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan. seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Tidak terkecuali pada teknik dasar menggiring bola (dribbling). Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan.1. Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Untuk menahan bola tetap dalam penguasaan. menyelamatkan bola apabila tidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan kepada teman. begitupula sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan. teknik-teknik dasar tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk melewati lawan 2. Dengan kata lain. begitupula sebaliknya. Akan tetapi. 2. Kelebihan dan Kurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling) Tidak setiap teknik dasar dalam permainan sepakbola akan selalu berhasil dilakukan dalam setiap pelaksanaan pertandingan. . 3. Untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya.

Peraturan sepak bola Peraturan resmi permainan sepak bola ( Laws of the Game ) Peraturan resmi sepak bola adalah: • • • • • • • • • • • • • • • • • Peraturan 1: Lapangan Permainan Peraturan 2: Bola Sepak bola Peraturan 3: Jumlah Pemain Peraturan 4: Peralatan Pemain Peraturan 5: Wasit Peraturan 6: Asisten wasit Peraturan 7: Lama Permainan Peraturan 8: Memulai dan Memulai Kembali Permainan Peraturan 9: Bola Keluar dan di Dalam Lapangan Peraturan 10: Cara Mendapatkan Angka Peraturan 11: Offside Peraturan 12: Pelanggaran Peraturan 13: Tendangan Bebas Peraturan 14: Tendangan penalti Peraturan 15: Lemparan Dalam Peraturan 16: Tendangan Gawang Peraturan 17: Tendangan Sudut .

TUGAS PENJAS ORKES SEPAK BOLA DISUSUN O L E H ANISA RAHMAH NOFITA ANGGELINA RANDI KARTONO XI IPS 1 SMA N 1 KUBUNG 2011 / 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful