TUGAS BUDI PEKERTI

NAMA GURU : I WAYAN ARDANA,SS

NI PUTU DIAH SUKASARI XI PB/26

SMK KESEHATAN BALI MEDIKA DENPASAR TAHUN AJARAN 2011/2012

untuk itu. Denpasar. Penulis menyadari dalam penulisan tugas ini banyak memiliki kekurangan maupun kelemahan. 10 Maret 2012 Penulis. Saya harap tugas ini dapat menambah referensi bagi para pembaca. kritik dan saran. karena atas rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya. mulai dari pengulasan isi. ii .KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. keterpaduan bahasa maupun tulisan dan penggunaan kata – kata yang tidak baku. Informasi dalam tugas ini saya dapatkan dari berbagai sumber seperti media cetak dan elektronik dengan beberapa revisi.tegur serta sapa para pembaca sangat penulis harapkan guna kesempurnaan tugas ini menuju arah yang lebih baik.

.............DAFTAR ISI KATA PENGANTAR..........................................................................................................................8 3....................10 ii ...............................................ii BAB I PENDAHULUAN 1............................2 1...........................................................3 CARA MENCEGAH KERUSAKAN LINGKUNGAN......2 BENTUK KERUSAKAN LINGKUNGAN..............2 RUMUSAN MASALAH......................7 BAB III PENUTUP 3........................1 1...3 2...................................................................1 KEGIATAN MANUSIA YANG MERUSAK LINGKUNGAN............................................................3 2.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................8 DAFTAR PUS TAKA ......2 SARAN...................................................i DAFTAR ISI...........................................2 BAB II PEMBAHASAN 2..1 KESIMPULAN....9 LAMPIRAN GALERI PHOTO.....................................................................................................................................3 TUJUAN............1 LATAR BELAKANG.............

Hewan yang dibunuh. Selain itu berbagai jenis satwa harus mati atau kehilangan habitatnya yang rusak karena diterjang lahar. Seperti gading gajah.Selain itu.diambil bagian tubuh tertentu yang dipercaya memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal ini karena manusia merupakan bagian dari lingkungan hidup itu sendiri.Perkembangan dan industri menjadikan manusia harus mengorbankan lingkungan untuk mencapai ambisi mereka.1 LATAR BELAKANG Kerusakan lingkungan adalah salah satu masalah sosial yang menjadai tanggung jawab semua orang. Banyak hal yang menyebabkan kerusakan lingkugan ini. Selain karena alam. Contohnya terjadi ketika peristiwa meletusnya gunung Merapi.BAB I PENDAHULUAN 1.ratusan pohon harus mati karena semburan awan panas. Hal ini berdampak hilangnya media yang mampu menahan resapan air dan berakibat terjadinya banjir atau tanah longsor. Hal ini berdampak pada rusaknya keseimbangan ekosistem alami dan rusaknya rantai makanan alami.kulit harimau atau juga sirip ikan hiu. Hutan banyak ditebang dan diubah fungsinya. sekelompok manusia gemar memburu hewan-hewan langka yang populasi di alam liar semakin sedikit. . kerusakan lingkungan hidup juga disebabkan oleh faktor manusia. Hewan-hewan tersebut diburu untuk dibunuh atau dijadikan binatang koleksi di rumah.manusia merupakan makhluk yang dikaruniai akal dan pikiran agar bisa menemukan cara yang tepat untuk menjaga lingkungan dan memperbaiki lingkungan yang telah rusak. Di sisi lain. Di antaranya kerusakan yang terjadi karena masalah alamiah. 1.seperti terjadinya bencana alam. Pada saat itu.

3 TUJUAN Untuk mengetahui kegiatan manusia yang merusak lingkungan.2 RUMUSAN MASALAH 1 Apa kegiatan manusia yang merusak lingkungan? 2.bentuk kerusakan lingkungan. 2. Apa saja bentuk kerusakan lingkungan? 3.dan cara mencegah kerusakan lingkungan. Bagaiman cara mencegah kerusakan lingkungan? 1.1. .

2 BENTUK KERUSAKAN LINGKUNGAN 1. 3.BAB II PEMBAHASAN 2. Penebangan Pohon secara Liar dan Pembakaran Hutan 2. menyebabkan gangguan pernafasan. . Peristiwa alam lainnya yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain: 3) Letusan gunung berapi Letusan gunung berapi terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang menimbulkan tekanan kuat keluar melalui puncak gunung berapi. Dahsyatnya gelombang tsunami yang memporak-porandakan bumi Serambi Mekah dan Nias. serta gempa 5 skala Ritcher yang meratakan kawasan DIY dan sekitarnya.1 KEGIATAN MANUSIA YANG MERUSAK LINGKUNGAN 1. merupakan contoh fenomena alam yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi. Penggunaan Pupuk yang Berlebih 2. Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam Berbagai bentuk bencana alam yang akhir-akhir ini banyak melanda Indonesia telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Bahaya yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi antara lain berupa: 1) Hujan abu vulkanik. Perburuan Hewan secara Terus-Menerus 3.

maupun karena gerakan lempeng di dasar samudra. dan mematikan apa pun yang dilalui. Manusia dapat mengukur berapa intensitas gempa. namun manusia sama sekali tidak dapat memprediksikan kapan terjadinya gempa. terjadinya tanah turun. merusak. 3) Awan panas. Gempa bumi Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang bisa disebabkan karena beberapa hal. 5) Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang). 4) Gas yang mengandung racun. 2) Tanah di permukaan bumi merekah. Oleh karena itu. Angin topan 4. dapat menimpa perumahan. c. akibat rusaknya tanggul. Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibat langsung maupun tidak langsung. b. bahaya yang ditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi. 5) Material padat (batuan.2) Lava panas. kerikil. jalan menjadi putus. pasir). 3) Tanah longsor akibat guncangan. di antaranya: 1) Berbagai bangunan roboh. 4) Terjadi banjir. di antaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi). dapat mematikan makhluk hidup yang dilalui. dan lain-lain. .

Bahaya angin topan bisa diprediksi melalui foto satelit yang menggambarkan keadaan atmosfer bumi. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. bahaya angin topan merupakan bencana musiman. dan kecepatannya. 5. 4) Menimbulkan ombak besar yang dapat menenggelamkan kapal. Tetapi bagi Indonesia baru dirasakan di pertengahan tahun 2007. Serangan angin topan (puting beliung) dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup dalam bentuk: 1) Merobohkan bangunan. Bagi wilayah-wilayah di kawasan California. seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Serangan angin topan bagi negara-negara di kawasan Samudra Pasifik dan Atlantik merupakan hal yang biasa terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan iklim di Indonesia yang tak lain disebabkan oleh adanya gejala pemanasan global. 2. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Faktor Manusia Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Namun sayang. Perbedaan tekanan udara ini terjadi karena perbedaan suhu udara yang mencolok. arah. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup. Texas. 2) Rusaknya areal pertanian dan perkebunan. .Angin topan terjadi akibat aliran udara dari kawasan yang bertekanan tinggi menuju ke kawasan bertekanan rendah. 3) Membahayakan penerbangan. sampai di kawasan Asia seperti Korea dan Taiwan. termasuk gambar terbentuknya angin topan.

. Terjadinya banjir. b. Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain: a. Pembuangan sampah di sembarang tempat. 6. Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman. c. tanah. f. e. g. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS). Perburuan liar.Beberapa bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia. d. Merusak hutan bakau. c. Terjadinya pencemaran (pencemaran udara. b. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan). antara lain: a. sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan. dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri. air. sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan. Terjadinya tanah longsor. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.

Pohon bermanfaat sebagai media resapan air dan juga untuk menyaring udara yang kotor. 7.3 CARA MENCEGAH KERUSAKAN LINGKUNGAN  Menciptakan budaya untuk menanam pohon di sekitar lingkungan kita.2.  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan juga memisahkan antara sampah organik dan organik agar tidak mencemari tanah.  Mengkampanyekan penggunaan peralatan rumah tangga ramah lingkungan serta mendukung gerakan go green  Ikut serta dalam berbagai gerakan yang menentang proses perusakan lingkungan yang terjadi di tengah masyarakat.  Tidak melakukan kebiasaan memburu binatang langka bebas serta menghentikan kebiasaan mengkoleksi binatang langka demi kepentingan pribadi. .

BAB III PENUTUP 3.dan penggunaan pupuk yang berlebih .perburuan hewan secara terus-menerus. Bentuk –bentuk kerusakan lingkungan yaitu bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat peristiwa alam dan kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia. Karena alam sangat bermanfaat bagi kita. 8. .  Tidak melakukan kebiasaan memburu binatang langka bebas serta menghentikan kebiasaan mengkoleksi binatang langka demi kepentingan pribadi. 3. Pohon bermanfaat sebagai media resapan air dan juga untuk menyaring udara yang kotor. Kita harus melestarikan lingkungan dan alam demi anak cucu kita. Cara mencegah kerusakan lingkuangan adalah yaitu :  Menciptakan budaya untuk menanam pohon di sekitar lingkungan kita.  Membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan juga memisahkan antara sampah organik dan organik agar tidak mencemari tanah.1 KESIMPULAN Kegiatan manusia yang merusak lingkungan adalah penebangan pohon secara Liar dan pembakaran hutan.  Mengkampanyekan penggunaan peralatan rumah tangga ramah lingkungan serta mendukung gerakan go green  Ikut serta dalam berbagai gerakan yang menentang proses perusakan lingkungan yang terjadi di tengah masyarakat.2 SARAN Kita sebagai generasi muda harus mencegah kerusakan lingkungan alam.

anneahira.DAFTAR PUSTAKA http://www.htm diakses tanggal 10 Maret 2012 9. .com/kerusakan-lingkungan-hidup.

.LAMPIRAN 10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful