Tropis atau Tropika adalah daerah di permukaan Bumi, yang secara geografis berada di sekitar ekuator, yaitu yang

dibatasi oleh dua garis lintang 23.5 derajat LS dan 23.5 derajat LU: Garis Balik Utara (GBU, Tropic of Cancer) di utara dan Garis Balik Selatan (GBS, Tropic of Capricorn) di selatan. Tropis adalah bentuk ajektivanya. Area ini terletak di antara 23.5° LU dan 23.5° LS, dan mencakup seluruh bagian Bumi yang dalam setahun mengalami dua kali saat Matahari tepat berada di atas kepala (di utara GBU dan di selatan GBS Matahari tidak pernah mencapai ketinggian 90° atau tepat di atas kepala). Kata tropika berasal dari bahasa Yunani, tropos yang berarti "berputar", karena posisi Matahari yang berubah antara dua garis balik dalam periode yang disebut tahun. (http://id.wikipedia.org/wiki/Tropis) Iklim Tropis/Tropika (Iklim Panas) Wilayah yang berada di sekitar garis khatulistiwa otomatis akan mengalami iklim tropis yang bersifat panas dan hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Umumnya wilayah Asia tenggara memiliki iklim tropis, sedangkan negara Eropa dan Amerika Utara mengalami iklim subtropis. Iklim tropis bersifat panas sehingga wilayah Indonesia panas yang mengundang banyak curah hujan atau Hujan Naik Tropika. Ciri” iklim tropis :     Suhu udara rata” tinggi di eberapa tempat tertentu bias mencapai 300 Memiliki tekanan udara rendah, berubah secara perlahan dan beraturan Curah hujan cenderung banyak dan sering. Lebih banyak disbanding negera Negara lain di dunia Amplitude suhu rata rata tahunannya kecil, sedangkan hariannya kecil (http://www.anneahira.com/iklim-tropis.htm)

serta memiliki karakter atau ciri khas yang mengekpos bangunan sebagai bangunan tropis. Gambar: http://jendela-arsitek. sunshading. serta penggunaan material modern/hitech yang tidak merusak lingkungan. (http://www. memperhatikan standar pengaruh bukaan terhadap lingkungan sekitar(window radiation). bias disebut bangunan tropis. dengan pengaruh atau dampak terhadap lingkungannya. memiliki ciri khas atau karakter menyesuaikan dengan kondisi iklim tropis.blogspot. sunlouver.Arsitektur Tropis merupakan salah satu cabang ilmu arsitektur. 2011 oleh achmad faisal ramadhan . Desain bangunan dengan karakter tropis. maka bangunan dengan konsep atau bentuk modern atau hitech. menggunakan bahan atau bagian pendukung kenyamanan pada kondisi tropis. Tetapi dengan adanya perkembangan konsep dan teknologi. dengan penggunaan material ataupun warna-warna yang berbeda. yaitu : harus memiliki view dan orientasi bangunan yang sesuai dengan standar tropis (building orientation). hal ini diatasi dengan adanya system sirkulasi udara. serta dampak.com/2011/09/memahami-arsitektur-tropis-dan-iklim.com Bangunan dengan desain arsitektur tropis. tautan ataupun pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar yang tropis. pada lokasi di mana massa bangunan atau kelompok bangunan berada. view dan orientasi bangunan. Arsitektur Tropis meliputi berbagai macam hal yang menyangkut desain bangunan atau kawasan yang berkarakter bangunan tropis. atau memiliki bentuk tropis. memiliki beberapa persyaratan sebagai berikut.html) Arsitektur Tropis Juni 23. ventilasi. yang mempelajari tentang arsitektur yang berorientasi pada kondisi iklim dan cuaca. bukaan. seperti.rekakita. sunprotection.

Pada bangunan arsitektur tropis juga didukung dengan materialnya yang banyak dengan material loka dan alami.wordpress. dll.com/2011/06/23/arsitektur-tropis/) . bambu. Bukaan untuk bangunan arsitektur tropis harus memperhatikan arah pencahayaan matahari pagi dan sore. kesehatah udara. Oleh sebab itu dalam konsep arsitektur tropis ini juga ada upaya yang harus dicegah dari timbulnya efek iklim tropis. Seperti faktor kelembaban. Hanya disini hal yang paling utama adalah sebuah respon positif dari efek iklim tropis itu sendiri. seperti kayu. dan penchayaan alami. dan curah hujan yang cukup tinggi. Agar tercipta suhu dalam bangunan yang cukup nyaman dan sehat. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari segi material. (http://iszal. pergerakan udara.Pengertian umumnya adalah sebuah konsep desain yang beradaptasi dengan lingkungan yang tropis Tetapi bukan berarti melupakan sisi estetika. sirkulasi udara. Karena lingkungan yang tropis memilikin iklim dengan panas yang menyengat. Juga sirkulasi udara yang dirasa akan cukup sebagai udara yang sehat. perubahan suhu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful