MAKALAH BAHASA INDONESIA RUANG MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Disusun Oleh : Alfina Hernis Prilayanti XI IPS 3

Terima kasih yang setulusnya saya sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu saya dalam menambah pengetahuan serta melatih keterampilan tentang pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology). oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. 10 Februari 2012 Alfina Hernis Prilayanti I . Saya menyadari bahwa didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan .KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Ruang Multimedia dalam peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah”. Semoga makalah ini dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu dan pengetahuan bagi kita semua. Balikpapan. Makalah ini dibuat sebagai pelengkap pembelajaran Bahasa Indonesia.

afektif. maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1. 1. sehingga sekolah yang tetap berkutat pada instruksional kurikulum hanya akan membuat peserta didik gagap melihat realitas yang mengepungnya. Kapan sajakah ruang multimedia dapat digunakan agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien ? 5. Upaya untuk melepaskan diri dari kungkungan pembelajaran konvensional yang memaksa siswa-siswi untuk mengikuti pembelajaran yang tidak menarik dan membosankan. Bagaimana cara Pengelolaan ruang multimedia agar dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah ? 4. Siapakah yang paling merasa membutuhkan ruang multimedia sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan sekolah ? 1 . Apa yang dimaksud dengan ruang multimedia ? 2. dan mampu mengembangkan kecakapan personal secara optimal baik kecakapan kognitif. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memiliki teknologi penunjang sehingga bisa menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik .1 Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi telah menjadi pemicu terhadap upaya perubahan sistem pembelajaran di sekolah. senantiasa dituntut untuk terus-menerus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat.2 Identifikasi Masalah Sesuai dengan judul makalah ini “Ruang Multimedia dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah”.BAB I PENDAHULUAN 1. secara optimal dan nantinya mampu berinteraksi ke tengah-tengah masyarakatnya. psikomotorik. Pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan mutlak dalam dunia pendidikan sehingga sekolah benar-benar menjadi ruang belajar dan tempat siswa mengembangkan kemampuannya. interaktif. Kondisi sekolah. terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan ruang multimedia terhadap pelaksanaan program tersebut. Mengapa ruang multimedia begitu penting dibangun di sekolah ? 3. emosional dan spritualnya. Berkaitan dengan judul tersebut.

6 Manfaat Penulisan Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk : 1. 1.5 Tujuan Penulisan Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk : 1. Meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang multimedia yang berbasis ICT (Information Communication Technology). maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah : 1. 3. 2 . Bagaimana deskripsi peran ruang multimedia terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ? 2. Bagaimana deskripsi cara pengelolaan ruang multimedia agar benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ? 1.4 Batasan Masalah Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan. Mengetahui cara-cara pengelolaan ruang multimedia agar benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah 3. Sebagai tuntutan pembelajaran bagi para pelajar yang ingin berpetualang terus dalam dunia pengetahuan dan teknologi. Peran ruang multimedia terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah.3 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut: 1. 1. 2. 2.1. Mengetahui peran ruang multimedia terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah 2. Memperkenalkan kepada siswa perkembangan teknologi yang berkembang pesat sekarang ini. Memberikan pilihan metode baru bagi pengajar dalam menyampaikan materi. Pengelolaan Ruang Multimedia agar benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area Network). atau tulisan tangan. Kemudian dapat dikembangkan lagi menggunakan program Windows Movie Maker. Menyampaikan materi (presentasi). Bahkan dengan menayangkan video yang berhubungan dengan materi juga bisa dilakukan tanpa guru. Materi disampaikan kepada siswa dengan menayangkan materi pada layar dan siswa dapat mengikuti bersama-sama. headphone dan lain-lain) • Kemauan siswa dan guru untuk melakukan renovasi pembelajaran • Sumber daya manusia (guru dan siswa) • Kesiapan sekolah untuk menanggung beban operasional dan biaya perawatan. Ulead VideoStudio dan lain-lain.Standar Internasional pembelajaran berbasis ICT dapat dilaksanakan. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya. video. Bagi komputer. sambungan internet. Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia. musik. Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan ruang multimedia antara lain: • Sarana elektronik (komputer/laptop. mikrophone dan sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas. Keterampilan yang dapat digunakan yaitu dengan mengolah materi menggunakan program MS Power Point. Sehingga memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembalajaran. headphone di tiap komputer untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk.BAB II KAJIAN PUSTAKA Ruang multimedia adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. 3 . LCD untuk menayangkan presentasi guru. bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata. gambar. semuanya diolah dari data digital. Jenis kegiatan/tugas guru yang dapat dilaksanakan dengan menggunakan ruang multimedia antara lain: 1. salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di sekolah. AC (Air Conditioning). angka. bentuk informasi tersebut. Salah satu bentuk tugas yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menyampaikan materi pelajaran menggunakan media komputer/laptop dan LCD. printer. LCD.

Kombinasi dari komputer dan video (Rosch. sehingga sekolah tidak lagi menjadi ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan ancaman yang justru mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. musik).1 Pengertian Multimedia Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text. audio. dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi. 2. 4 . berkreasi. animasi. Upaya membuat anak betah belajar disekolah dengan memanfaatkan teknologi multimedia. 7. Beberapa definisi menurut beberapa ahli: 1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses materi melalui internet. Media ini dapat berupa audio (suara. Mengirim informasi/pesan dari guru (komputer server) ke siswa (komputer client). Menggunakan ruang ini sebagai laboratorium bahasa karena di dalamnya terdapat headphone yang disambungkan dengan tiap komputer dan bisa mendengar suara guru dari komputer server. misalnya saat siswa mengakses materi pelajaran melalui internet. grafik. 2001) 5. Memutar lagu/musik disela-sela kegiatan belajar siswa. grafik. 6. audio. video. video. animasi. teks. grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan. merupakan kebutuhan. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks. dan berkomunikasi. Kombinasi dari tiga elemen: suara. 1996) 3. grafik. komite sekolah merupakan partner yang dapat merencanakan dan memajukan sekolah. 5. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. peran serta masyarakat dan orangtua. animasi.2. Menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks. 2002) 4. Untuk itu. dan teks (McComick. dan video. 8. gambar. audio dan video (Robin dan Linda. 3. 1996) 2. Mengirim tugas/ulangan kepada siswa dan mengumpulkannya kembali melalui komputer server. Memutar video yang berkaitan dengan materi pembelajaran 4.

2. 4.3 Multimedia sebagai media pelengkap untuk memenuhi proses pembelajaran Secara umum multimedia memiliki manfaat yang dapat kita peroleh antara lain proses pembelajaran lebih menarik. 5 . Dengan demikian keberadaan dan kehadiran ruang multimedia dapat digunakan sebagai media alternatif yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih variatif dan menyenangkan. lebih interaktif. dll. gunung. kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja. seperti bulan. Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah. jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.2. bakteri. dll. seperti kuman. 3. 2. yaitu: 1. Bagi siswa dapat digunakan sebagai bahan pengayaan untuk belajar secara mandiri. Dengan kata lain dapat membantu dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran. rumah. elektron dll. bintang. beredarnya planet Mars. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks. 3. berkembangnya bunga dll. Proses belajar mengajar bisa lebih menarik dan interaktif karena adanya animasi dan simulasi yang menjadi stimulus bagi siswa dalam berinteraksi. sehingga semakin banyak siswa gemar dan menekuni lebih jauh. serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. seperti sistem tubuh manusia. seperti gajah. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata. memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi guru itu sendiri maupun bagi siswa diantaranya adalah: 1.2 Pentingnya Multimedia bagi Siswa-siswi Manfaat yang penulis rasakan dengan keberadaan ruang multimedia dan yang didalamnya disediakan juga koneksi internet yang dapat diakses kapan dan dimana saja. rumit dan berlangsung cepat atau lambat. Memungkinkan guru membuat white board interaktif dengan mengakses bahan pengajaran dan ditayangkan melalui proyektor. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh. 2. Membantu guru dalam menjelaskan konsep-konsep yang bersifat abstrak. salju. 4. bekerjanya suatu mesin.

multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi fungsi sebagai berikut: 1. Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan. Dengan demikian banyak sekali manfaat multimedia yang dijadikan sebagai media pelengkap untuk memenuhi proses pembelajaran di sekolah. 3. 4. dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen. Sehingga keberadaan ruang multimedia sangat dianjurkan guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. percobaan dan lain-lain.5. 6. pemilihan dan penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain. keputusan. 2. materi. dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna. pemilihan. baik berupa jawaban. misalnya menggabungkan unsur audio dan visual. Bersifat interaktif. harimau. Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin. 2. Karakteristik multimedia pembelajaran adalah: 1. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. racun. strategi dan juga evaluasi pembelajaran. Bersifat mandiri. seperti: tujuan. dll.4 Karakteristik Media dalam Multimedia Pembelajaran Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. 3. Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri. Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon. seperti letusan gunung berapi. Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut. 6 . 2.

memainkan film dan sebagainya. multimedia digunakan sebagai media pengajaran. menerima sinyal televisi. Selain dari dunia hiburan. multi berarti beberapa dan media berarti sarana atau alat. video dan suara pada kegiatan proses belajar mengajar tersebut. Produk ini laku di pasaran dan saat ini semua device tambahan tersebut menjadi standar untuk semua produk komputer khususnya Personal Computer.1 Pengertian Ruang Multimedia Ruang adalah suatu tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan. Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Jadi. berinteraksi. Saat itu komputer menjadi semakin fleksibel penggunaannya tidak hanya untuk melakukan kegiatan komputing seperti pada awal awal kehadiran komputer tetapi memiliki fungsi tambahan untuk memainkan lagu. gambar. animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi.BAB III PEMBAHASAN 3. Untuk produk produk server device tambahan tersebut hampir tidak digunakan. baik dalam kelas maupun secara sendirisendiri. Dalam hal ini adalah kegiatan pendidikan yaitu proses belajar mengajar. bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Ruang Multimedia adalah suatu tempat yang digunakan untuk melakukan sebuah kegiatan dalam hal ini dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah yang menggunakan alat dan teknologi komputer yang dapat menampilkan gambar. Di dunia pendidikan. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Sedangkan multimedia berasal dari dua kata yaitu multi dan media. multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan. suara. Masuk ke dunia komputer yang booming dengan embel embel multimedia ketika produk sound card. 7 . gambar bergerak pada latar dan sebagainya . produk graphic card masuk sebagai perluasan fungsi komputer pada dekade 90-an. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks. profil produk. Di dunia bisnis. Di dunia home electronics juga di kenal televisi digital multimedia yang artinya televisi tersebut dapat mendukung penggunaan banyak alat seperti menerima masukan dari cd player. game player dan lain sebagainya. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. produk tv card. lampu panggung. Kata multimedia sendiri sebenarnya sudah ada sebelum komputer seperti saat ini dan lebih banyak di pakai di dunia hiburan seperti pementasan teater multimedia yang sudah ada sejak lama yaitu satu bentuk pementasan teater yang didukung oleh banyak alat bantu seperti pengeras suara. berkarya dan berkomunikasi.

tanpa adanya perantara ( medium ) yang digunakan. Dalam komunikasi tatap muka ( face to face communication ). audience. memberi variasi pengajaran 8 . memperjelas informasi/pesan pengajaran 3. Hal ini berarti media sebagai alat bantu yang digunakan guru untuk: 1. Inilah peran yang kedua dari media pembelajaran yaitu sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara siswa dengan media tersebut. Menurut Eveline Siregar dan Dewi Salma dalam bukunya yang berjudul Mozaik Teknologi Pendidikan ( 2007 : 6 ) dikatakan bahwa peran media pembelajaran adalah sebagai berikut : 1. Ruang multimedia berfungsi untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang memerlukan alat-alat pembelajaran baik berupa audio maupun visual. 2. film. mendengar) media ( dalam komunikasi disebut receiver. melihat. Peran Komunikasi Media berasal dari kata medium ( singular ) yang artinya “ in between “ ( di antara ). Sedangkan menurut Rahardjo (1991) menyatakan bahwa media dalam arti yang terbatas. Peran AVA ( Audiovisual Aids atau Teaching Aids ) berfungsi untuk memberikan pengalaman yang konkret kepada siswa. Dengan meletakkan pesan yan ghendak disampaikan ke dalam suatu format media tertentu ( buku. slide.3. yaitu sebagai alat bantu pembelajaran.2 Peran Ruang Multimedia dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah. pembicara ( komunikator ) langsung berhadapan dalam menyampaikan pesannya kepada penerima ( audience ). Komunikasi masih dapat berlangsung melalui media tersebut. slide. OHP dan sebagainya ) memuat pesan (message ) yang akan disampaikan ( ditransmisikan ) kepada penerima. Si penerima perlu melakukan kegiatan decoding terhadap media yang dihadapkan kepadanya. memotivasi belajar peserta didik 2. penerima. dan sebagainya ) yang dinamakan kegiatan encoding. yaitu yang menulis/membuat media ( dalam komunikasi disebut komunikator atau sumber/source ) dan orang yang menerima ( membaca. Jadi media berada di tengah ( di antara ) dua hal. atau komunikan ) Media yang dibuat ( ditulis dalam bentuk modul dan lain-lain dibuat dalam bentuk film. memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting 4. dan dengan demikian merupakan sumber belajar yang penting. maka komunikator tidak perlu lagi berhadapan langsung dengan pihak penerima.

baik individu maupun lembaga 2) Informasi di dalam pusat sumber belajar itu sendiri. Kegiatan pembelajaran di Ruang Multimedia ini selain bertujuan untuk membantu mempermudah proses belajar siswa . 9 . Maka dengan adanya Ruang Multimedia di SMA Negeri 5 Balikpapan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada Ruang Multimedia memiliki pengelola yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing yakni antara lain memberikan layanan yang baik. juga bertujuan memacu kreatifitas para guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran di bidang multimedia terutama para guru senior. Terdapat tiga karakteristik pelayanan. pengadaan. Selanjutnya prinsip pengelolaan pelayanan yakni suatu kegiatan penyelesaian.Gambaran umum pengelolaan Ruang Multimedia di SMA Negeri 1 Balikpapan.Ruang Multimedia di SMA Negeri 5 Balikpapan memang seharusnya dikelola dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memfasilitasi belajar siswa.Dan faktanya di SMA Negeri 5 Balikpapan terdapat Ruang Multimedia yang digunakan untuk proses belajar mengajar dan sejauh ini dapat berperan baik dalam kegiatan pembelajaran. yakni bagaimana siswa mendapatkan informasi tentang segala yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan mudah bila dibantu dengan sarana visual. serta pengaturan dan penyampaian bahan pustaka kepada pengunjung.3 Pengelolaan Ruang Multimedia agar dapat Meningkatkan Mutu Pembelajaran.Pengelolaan Ruang Multimedia guna meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 5 Balikpapan . Pengelolaan Ruang Multimedia adalah suatu kegiatan yang terencana dan terkontrol untuk mengarahkan penggunaan multimedia dalam pembelajaran secara tepat dan maksimal sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif. Sistem informasi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu : 1) Informasi kepada klien keluar. memeriksa keadaan peralatan dan ruangan. yakni mudah dimengerti. 3. Pengelolaan multimedia sebagai pusat sumber belajar juga berpedoman pada prinsip adanya sistem informasi. Di sini media memiliki fungsi yang jelas yaitu memperjelas.5. sedangkan 83% lewat indera penglihatan. selalu menjaga kebersihan ruangan. namun dapat mengingat 50% dari apa yang dilihat dan didengar. pembinaan koleksi. efisien dan ekonomis serta keterlambatan yang minimal. memudahkan dan membuat menarik pesan kurikulum yang akan disampaikan oleh guru kepada peserta didik sehingga dapat memotivasi belajarnya dan mengefisienkan proses belajar. di mana 11% dari yang dipelajari terjadi lewat indera pendengaran. memperjelas struktur pengajaran. Di SMA Negeri 5 Balikpapan terdapat 1 ruang yang difungsikan sebagai Ruang Multimedia. Di samping itu dikemukakan bahwa kita hanya dapat mengingat 20% dari apa yang kita dengar.

10 . Dan menunjukkan respon positif dari kegiatan pembelajaran. Sumber belajar merupakan bagian integral dari sistem instruksional untuk mencapai tujuan instruksional yang ditetapkan. dengan rincian sebagai berikut. Selain bertujuan untuk memfasilitasi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Ruang Multimedia yang dimiliki SMA Negeri 5 Balikpapan juga merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak sekolah untuk menunjang kegiatan yang positif diluar pembelajaran seperti ekstrakurikuler dan workshop maupun administrasi dan manajemen sekolah. Ruang Multimedia di SMA Negeri 5 Balikpapan terdiri dari bahan cetak maupun noncetak (berbasis komputer). Hampir semua guru saat ini sudah mampu menyesuaikan diri dalam penggunakan multimedia dalam pembelajaran. Siswa lebih mudah memahami materi dan latihan soal yang tiba-tiba diberikan. 9 kelas di kelas X 8 kelas untuk kelas XI dan 7 kelas untuk kelas XII. Semua kelas harus berpindah ruangan jika hendak melangsungkan pembelajaran di Ruang multimedia. serta melakukan koordinasi dengan guru maupun pengelola lainnya agar jadwal penggunaan ruang tidak tumpang tindih. Penggunaan multimedia sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya upaya pembelajaran di Ruang Multimedia tersebut tentunya guru harus bisa menyesuaikan dan mampu memanfaatkan peralatan multimedia yang ada. Pada kelas XI terdiri dari 5 kelas jurusan IPA dan 3 kelas jurusan IPS dan kelas XII terdiri dari 4 kelas jurusan IPA dan 3 kelas jurusan IPS.melakukan perawatan rutin pada peralatan.Ruang Multimedia merupakan salah satu upaya kebijakan sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran seiring dunia pendidikan yang semakin berkembang. Adanya workshop yang digalakkan SMA Negeri 5 Balikpapan seputar multimedia sangat membantu para guru dalam menggunakan fasilitas multimedia untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran. memastikan kondisi ruangan dan peralatan. Hal-hal positif terkait pembelajaran multimedia inilah yang harus diupayakan dan dikembangkan agar mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan dengan adanya optimalisasi pada pengelolaan multimedia akan mampu mewujudkan peningkatan hasil belajar siswa. Terdapat 24 kelas di SMA Negeri 5 Balikpapan untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran. Kondisi seperti ini sudah biasa di alami oleh guru serta siswa SMA Negeri 5 Balikpapan karena saat ini ruang multimedia hanya 1 ruangan saja. Respon siswa lebih aktif dan tanggap untuk menerima materi dari guru saat pembelajaran menggunakan multimedia. walaupun kadang masih menggunakan metode konvensional. Adanya PSB yang berupa multimedia di SMA Negeri 5 Balikpapan belum tentu juga dimilki oleh lembaga pendidikan lainnya.

BAB IV PENUTUP 4. penyusun memberikan saran sebagai berikut: 1. Bagi siswa. 3. guru dan pihak lain yang berkaitan dengan proses pembelajaran diharapkan mampu menerapkan dan memanfaatkan ruang multimedia sebagai metode pilihan baru dalam menyampaikan materi demi terciptanya peningkatan mutu pendidikan. 11 . Sebaiknya ruang multimedia dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Peran pengelola ruangan multimedia yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pengelola yang handal dan profesional. Pengelolaan ruang multimedia harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya 4. Peranan ruang multimedia sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.1 Kesimpulan Berdasarkan uraian bahasan “Ruang Multimedia dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di sekolah” dapat disimpulkan bahwa: 1. 2. 2. Dengan adanya ruang multimedia tersebut proses pembelajaran akan menjadi lebih praktis. Ruang multimedia sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan khususnya bagi jenjang menengah pertama dan menengah atas. 3.2 Saran Bertolak dari peranan ruang multimedia yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. inovatif dan efektif.

Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta.html 12 .blogspot. Eveline .wordpress.ac. Nana.com/2009/02/manfaat-multimedia-dalam-pembelajaran. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.rizkythea.wordpress.html http://www.mustolihbrs. 1987 http://www.blog.DAFTAR PUSTAKA Siregar.id/manfaat-multimedia-bagi-dunia-pendidikan http://www.com/2011/07/05/195/pengertian-multimedia. Kencana.abgheo.com/2008/05/14/panduan-pengembangan-multimediapembelajaran/ http://www.html http://www. 2005 Sudjana.tp.puthree99.net/2009/12/contoh-makalah. Sinar Baru Algensindo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful