P. 1
Alfabet bahasa Inggris

Alfabet bahasa Inggris

|Views: 82|Likes:
Published by Nini Kasmira

More info:

Published by: Nini Kasmira on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2012

pdf

text

original

Alfabet bahasa Inggris

Mempelajari sebuah bahasa harus dimulai dengan mengenal alfabet bahasa tersebut. Bahasa Inggris dituliskan dalam bahasa Latin sehingga alfabetnya sama dengan alfabet bahasa lain yang juga dituliskan dalam bahasa Latin, termasuk Bahasa Indonesia. Sebagai pelajaran yang paling pertama dan paling dasar anda harus mengetahui cara pelafalan (pronunciation) alfabet bahasa Inggris. Pada dasarnya kita telah tahu bahwa ada 26 huruf dalam sistem alphabetic. Dalam bahasa Indonesia kita membaginya menjadi 2. Yaitu vokal dan konsonal. Vokal terdiri dari a,i,u,e, dan o. Sedangkan sisanya adalah konsonan. Dalam bahasa Inggris, huruf di juga dibagi menjadi 2. Yaitu vowels dan consonants.

Vowel
Vowel adalah huruf yang dapat menghasilnya suara tanpa bantuan huruf lain. Huruf itu adalah a, i, u, e dan o. Ini sama dengan vokal dalam pembagian huruf yang ada dalam bahasa Indonesia. Selain itu w dan y juga masuk dalam vowel jika tidak berada di awal kata atau suku kata. Contohnya : System ( y sebagai vowel ), yours ( y bukan sebagai vowel )

Consonant
Consonant adalah kebalikan dari vowel, yaitu huruf yang tidak dapat menghasilkan suara tanpa bantuan huruf lain. Sebagai contohnya kita bisa mengambil "b". Agar "b" bisa berbunyi, maka dia harus digabung dengan "ie", yaitu "bie". Alfabet bahasa Inggris dan pelafalannya Huruf Nama huruf A B C D E F G H a bee cee dee e ef (eff sebagai kata kerja) gee aitch Pelafalan /eɪ/ /biː/ /siː/ /diː/ /iː/ /ɛf/ /dʒiː/ /eɪtʃ/

haitch terkadang dalam bahasa Inggris /heɪtʃ/ Australia, British dan dan Irlandia

khususnya bahasa Inggris British dianggap tidak benar melafalkan huruf H dengan pelafalan ini tetapi banyak yang melakukannya I J K L M N O P Q R S T U V W X Y i jay jy dalam bahasa Inggris Skotlandia kay el em en o pee cue ar ess tee u vee double-u ex wy or wye zed Z zee dalam bahasa Inggris Amerika izzard dalam beberapa dialek /aɪ/ /dʒeɪ/ /dʒaɪ/ /keɪ/ /ɛl/ /ɛm/ /ɛn/ /oʊ/ /piː/ /kjuː/ /ɑr/ /ɛs/ /tiː/ /juː/ /viː/ /ˈdʌbəljuː/ /ɛks/ /waɪ/ /zɛd/ /ziː/ /ˈɪzɚd/ .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->