LAPORAN “Langkah-langkah Pengerjaan Tas Mini”

Disusun untuk memenuhi : Mata Kuliah Dosen Pengampu : Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan Tangan : Ibu Yuyarti

Oleh : Agus Hermawan 1401409299 Rombel 11

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Potong tali kor sepanjang 1 meter kemudian kaitkan pada kayu yang dibentangkan. Tali kor warna kuning sekitar 30 meter 2.UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011 Tas Mini A. Alat 1. Langkah-langkah pengerjaannya 1. Sama seperti cara kedua. Benang B. Potong tali kor hijau lagi menjadi 8 bagian dengan panjang kira-kira 1.5 meter kemudian buat simpul jangkar dengan menyatukannya pada tali sepanjang 1 meter tersebut yang terkait pada kayu yang dibentangkan. Potong tali kor warna kuning menjadi 16 bagian dengan panjang kira-kira 1. jarum C.5 meter kemudian buat simpul jangkar dengan menyatukannya pada tali sepanjang 1 meter tersebut yang terkait pada kayu yang dibentangkan. Bahan 1. 3. Kain borkat 5. Resliting 4. Lilin 4. Tali kor warna hijau 25 meter 3. . Korek api 3. 2. Gunting 2.

Bentuk simpul jangkar 4. . buat simpul persegi. Setelah terbentuk simpul jangkar.

Kemudian kita bagi menjadi 2 potong. Balikan sisi luar tas masuk ke dalam. kita bisa menambahkannya kain borkat dan resliting dengan cara dijahit. Dan rapikan lagi simpul persegi Bentuk simpul seimbang yang sudah terbentuk. 9. . 8. Buat simpul mati sampai dua kali pada simpul persegi yang berhadapan. dan akhirnya terbentuk sebuah tas mini. Gunting ujung-ujung simpul mati tersebut. dan kita buat simpul rantai/jagung dengan mengaitkan pada bagian samping tas yang sudah terbentuk. kemudian nyalakan lilin dan bakar bagian ujung-ujung simpul mati. Untuk mengaitkan dua sisi simpul persegi yang berhadapan. Agar bagian dalam tas terlihat rapi dan tas tersebut memiliki penutup.5. 6. 7. Bentuk simpul rantai / jagung 10. jika dirasa kurang persegi dengan bagian yang lain bisa ditambah membuat simpul persegi lagi. Untuk membuat lengan tas. kita gunakan tali kor warna putih yang tersisa. Setelah dirasa semua tali warna kuning dan hijau terbentuk simpul persegi. tali yang terkait pada kayu yang terbentang kemudian tali kita lepaskan dan sambung antara ujung-ujungnya sehingga membentuk melingkar.

.

Penilaian Penilaian Proses • Kesiapan alat dan bahan • Langkah kerja • Ketepatan waktu Skor maksimal 10 20 15 skor Jumlah nilai 45 Penilaian Hasil • Kreatifitas • Keserasian warna • Kerapian • Manfaat hasil karya Skor maksimal 15 10 10 10 skor Jumlah nilai 45 Total Nilai 90 .D.