P. 1
Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan 2

Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan 2

|Views: 237|Likes:
Published by Meita Candra

More info:

Published by: Meita Candra on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2014

pdf

text

original

Oleh : Meita Candra Dewi 110151411590

1.1 Pemerintahan Desa 1.2 Pemerintahan Kelurahan 1.3 Pemerintahan Kecamatan

3 Susunan Pemerintahan Kecamatan LATIHAN SOAL .2 Susunan Pemerintahan Kelurahan 2.1 Susunan Pemerintahan Desa 2.2.

buruh tani. Desa terletak di kaki gunung. dan di pinggiran sebuah kota  Masyarakat desa bermata pencarian sebagai petani.  Desa dipimpin oleh seorang kepala desa dan dipilih langsung oleh masyarakat di desa tersebut. berladang. di dekat pantai. dan beternak  Desa merupakan bagian dari sebuah kecamatan. nelayan. .

Syarat dan tata cara pemilihan kepala desa diatur oleh peraturan daerah yang berpedoman pada peraturan pemerintah. Setelah masa jabatannya habis. Dengan demikian. tetapi dari hasil pengolahan tanah yang diserahkan untuk diolah.  Masa jabatan kepala desa adalah enam tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya  Seorang Kepala desa dilantik oleh bupati/ wali kota. kepala desa tidak mendapatkan uang pensiun seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS)  . tanah itu harus dikembalikan kepada pemerintah. paling lambat tiga puluh hari setelah dinyatakan terpilih.  Kepala desa bukanlah seorang pegawai negeri sipil. Kepala desa mendapatkan gaji (upah) bukan dari pemerintah. Di daerah Jawa dikenal dengan tanah "bengkok" atau tanah "carik".

di antaranya: memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa.  mewakili desanya baik di dalam dan di luarpengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukumnya.  membina perekonomian desa.  Menu I .Kepala desa mempunyai tugas dan tanggung jawab.  mendamaikan perselisihan yang terjadi padamasyarakat di desa.  membina kehidupan masyarakat desa.  memelihara ketenteraman dan ketertibanmasyarakat desa.

Lurah diangkat oleh bupati/walikota atas usul kepala kecamatan dari pegawai negeri sipil yang berprestasi. Syaratnya.  Kepala kelurahan sering disebut Lurah. Selain itu. Kelurahanterdapat di daerah perkotaan. memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan . Lurah diangkat dan dipilih oleh pemerintah  Lurah adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mampu dan cakap dalam menjalankan tugas. dia harus mampu dan menguasai pengetahuan tentang pemerintahan.

 menyelenggarakan sistem keamanan agar masyarakat tenteram dan tertib. .  memberdayakan masyarakat.  memelihara prasarana dan fasilitas pelayanan umum di masyarakat.Tugas Lurah :  melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan.  melayani masyarakat.

Menu I .

 Wilayah kecamatan merupakan gabungan dari beberapa desa dan atau kelurahan.  Kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Dalam menjalankan tugasnya camat dibantu oleh sekretaris camat (sekcam) .

 .  Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum.camat mempunyai tugas sebagai berikut: Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.undangan. Juga yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa dan atau kelurahan.  Mengoordinasikan penerapan dan pene gakan peraturan perundang .  Mengoordinasikan penyelenggaraan pemeliharaan prasana dan fasilitas pelayanan.  Membina penyelenggaraan pemerintahan desa atau kelurahan.  Mengoordinasikan penyelenggaraan dari semua kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan.  Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya.

camat tidak dapat bertindak dan berperilaku secara sewenang-wenang dalam menjalankan tugasnya.  Camat harus mempertanggungjawabkan tugastugasnya kepada bupati/walikota melalui sekretaris daerah kabupaten/kota.  Seorang camat harus berasal dari pegawai negeri sipil yang menguasai pengetahuan teknis pemerintahan dan memenuhi persyaratan.  Dalam menjalankan tugasnya. camat dibantu perangkat kecamatan yang bertanggung jawab kepada camat. Camat diangkat oleh bupati/walikota atas usul sekretaris daerah kabupaten/kota. Dengan demikian. Menu I .

Menu II .

Menu II .

Menu II .

Desa merupakan daerah dekat kecamatan C. Desa merupakan daerah dekat ibukota A . A. Yang dimaksud dengan desa adalah….1. Desa merupakan bagian dari sebuah kecamatan B. Desa merupakan bagian dari sebuah wilayah D.

Wilayah kecamatan merupakan gabungan dari beberapa desa dan atau kelurahan C. Daerah berpenghasilan melimpah B . Yang dimaksud dengan kecamatan adalah…. A.2. Daerah dekat ibukota B. Wilayah gabungan dari beberapa rukun warga D.

Daerah di pinggiran desa C. Daerah yang dipimpin oleh sekcam A .3. Daerah tempat penjualan D. Daerah yang terdapat di daerah perkotaan B. Yang dimaksud dengan kelurahan adalah… A.

Di desa terdapat dewan desa di kelurahan terdapat dewan kelurahan A . A. Di desa ada BPD di kelurahan ada sekcam D. Lurah PNS sedangkan Kepala desa bukan PNS B.4. Salah satu perbedaan kelurahan dengan desa adalah…. Desa penduduknya banyak di kelurahan penduduknya sedikit C.

Pendidikan D. Mata pencaharian penduduk desa adalah….5. A. Perniagaan A . Perdagangan C. Pertanian B.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->