Tanya Jawab tentang Metodologi Penelitian

1. Bagaimana pendapat Sutrisno Hadi (1987) tentang ilmu pengetahuan ? Menurut Sutrisno Hadi (1987), ilmu pengetahuan adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara harmonis dalam suatu bangunan yang teratur. 2. Bagaimana pula pendapat Charmers (1983) tentang pengetahuan ilmiah? Menurut Chalmers (1983), pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang telah dibuktikan kebenarannya. 3. Apa perbedaan antara ilmu pengetahuan dan pengetahuan ilmiah ? Ilmu pengetahuan pada umumnya belum sepenuhnya dibuktikan atau diuji kebenarannya, sedangkan pengetahuan ilniah pada umumnya telah dibuktikan atau diuji kebenarannya. 4. Sebutkan tugas-tugas ilmu pengetahuan ? Tugas-tugas ilmu pengetahuan meliputi : a. Tugas deskripsi adalah tugas menggambarkan secara jelas dan cermat hal-hal yang dipersoalkan atau yang menjadi masalah. b. Tugas eksploratif/eksplanasi/menyusun teori adalah tugas menerangkan kondisi atau gejala-gejala alam yang mendasari terjadinya peristiwa-peristiwa, mencari dan merumuskan hukum-hukum, hubungan antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. c. Tugas prediktif adalah tugas meramalkan kejadian-kejadian alam di masa depan. d. Tugas control/pengendalian adalah tugas mengendalikan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi. 5. Sebutkan cara-cara seseorang memecahkan masalah ? Cara-cara memecahkan masalah melalui : a. Trial and error (usaha aktif untuk terus mencoba) b. Otoritas (melalui pakar atau pihak berwenang) c. Pemecahan dengan cara spekulasi d. Berpikir kritis/berdasarkan pengalaman 6. Gambarkan dalam skema peran manusia sebagai Rational Animal dalam perkembangan ilmu pengetahuan ? 7. Sebutkan 2 pendekatan untuk memperoleh kebenaran ? a. Pendekatan non ilmiah • • • • • akal sehat (pendekatan melalui serangkaian konsep dan bagan konseptual yang memuaskan untuk prasangka (pendekatan yang cenderung menkambinghitamkan alam atau orang lain terhadap suatu intuisi (pendekatan yang dilakukan dengan mencari ilham atau bisikan kalbu, dan merupakan proses trial and error (pendekatan melalui penemuan kebetulan dan coba-coba) pendapat otoritas dan pikiran kritis dari pakar atau orang berpendidikan tinggi atau pengalama kerja dan penggunaan praktis bagi kemanusiaan) kejadian di alam) yang tidak disadari atau yang tidak dipikirkan lebih dulu)

pihak berwenang

perpustakaan. premis minor dan konklusi atau kesimpulan. ilmu pengetahuan. d. d. Skripsi atau Thesis yaitu laporan hasil riset yang tarafnya lebih tinggi dari pada field study yang ditulis oleh mahasiswa program studi S1 atau S2 untuk memperoleh gelar Sarjana atau Magister. dokumenter. Sebutkan 7 penggolongan riset atau penelitian ditinjau dari berbagai segi ! Tujuh penggolongan riset atau penelitian ditinjau dari berbagai aspek meliputi a. 11. 13. Bidangnya : sosial. 9. pendidikan. dan ekonomi.teknik. Disertasi yaitu tulisan ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa program studi S3 untuk mendapatklan gelar Doktor atau PhD 12. Term paper yaitu tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis. Jadi mafaat mempelajari metode ilmiah adalah mahasiswa mengetahui arti penting suatu riset. Sebutkan syarat penting yang harus dipenuhi untuk melakukan riset atau penelitian ! Syarat penting yang harus dipenuhi untuk melakukan riset atau penelitian antara lain a. e. g.biologi. Prosedur penelitian : history. Tempatnya : laboratorium. pengembangan. b. Silogisme kategorik b. c.b. Sebutkan macam-macam bentuk silogisme ! Macam-macam bentuk silogisme antara lain a. factual dan dengan analisis yang logis). Aktivitas yang dilakukan : penemuan fakta. dan kancah. b. Tujuan umum : eksploratif. dan lengkap. bahasa. f. c. Sistematis . mana yang relevan utama dan pokok) dan kritis (mengembangkan kemampuan mengungkapkan sesuatu secara objektif. Jelaskan manfaat metodologi penelitian bagi mahasiswa ! Mahasiswa sebagai calon sarjana dituntut berlatih berpikir secara ilmiah yang bersifat skeptic yaitu selalu menanyakan bukti fakta terhadap nsetiap pernyataan dan analisis (selalu menganalisis setiap masalah. Pemakaiannya : pure research atau murni. Apa yang dimaksud dengan silogisme ? Silogisme adalah suatu argumentasi yang terdiri dari 3 buah statement meliputi premis mayor. Silogisme disjungtif atau melerai 10. Pendekatan ilmiah Melalui riset atau penelitian ilmiah yaitu orang yang berusaha untuk memperoleh kebenaran ilmiah berupa pengetahuan yang kebenarannya dapat diuji oleh siapa saja yang berkehendak untuk mengujinya 8. Silogisme kondisional hipotetik atau bersarat c. baik sebagai hasil pembahasan buku maupun hasil karangan mengenai suatu masalah. interpretasi. dapat menilai hasil-hasil riset dan menyusun skripsi dengan baik. applied research atau terapan. dan eksperimental. Field study yaitu tulisan ilmiah hasil pengamatan mahasiswa di lapangan terhadap masalah-maslah nyata atau konkrit sesuai dengan bidang studinya. Tarafnya : deskriptif dan inferensial. Silogisme alternative d. sejarah. Jelaskan hasil-hasil riset di Perguruan Tinggi a. dam verifikatif.

Konsisten (Consistent) Pemikiran yang akan digunakan untuk pengajuan hipotesis harus konsisten menurut hukum-hukum ilmiah yang digunakan secara luas dan diakui. Ukurannya memiliki ketelitian yang tinggi. Mengikuti konsep ilmiah Penelitian itu dari awal hingga akhir penelitian mengikuti cara-cara dan prinsip-prinsip metode ilmiah. c. Jaminan keobjektivitasan peneliti. dan digunakan untuk pengujian hipotesis. Field study tidak didasarkan pada riset perpustakaan melainkan riset kancah. Field study ditulis tidak untuk memenuhi salah satu syarat mata pelajaran. Sebutkan 3 perbedaan antara field study dengan term paper ! 3 perbedaan antara field study dengan term paper adalah a. Apa keunggulan metode ilmiah terhadap metode bukan ilmiah ! Keunggulan metode ilmiah terhadap metode bukan ilmiah adalah metode ilmiah memiliki : a. c. 16. 14. Field study ditulis dalam bentuk laporan akademik. Sebutkan cirri-ciri metode ilmiah ! Metode ilmiah dicirikan : a. Sangat hemat (Parsimonious) . e.Penelitian harus dilaksanakan menurut pola tertentu. dari yang paling sederhana sampai dengan yang kompleks sehingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien. Dapat diamati (Observable) Suatu sifat yang dijadikan variable. b. Mengumpulkan data atau collection of data as evidence e. Dilakukan terus menerus untuk memperoleh kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Menjumpai masalah atau the felt need b. sebagai respon dalam observasi atau eksperimen harus bias diamati. Batasan masalah atau the problem c. b. b. Sebutkan unsure-unsur berpikir refleksi ! Unsur-unsur yang termasuk dalam berpikir refleksi adalah a. Saling berhubungan (Pertinent) Semua langkah kerja dalam proses penelitian harus difokuskan untuk menetapkan dan menjelaskan gejala yang diteliti atau untuk memecahkan masalah yang diajukan. c. 17. Berencana Penelitian itu dilakukan oleh adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan loangkah-langkah pelaksanaannya. b. d. diukur. c. Mengajukan hipotesis atau the hypothesis d. Obyektif (Objective) Metode ilmiah dimaksudkan untuk menjauhkan seorang peneliti dari bias personal dan cultural dengan memfokuskan pada langkah-langkah kerja yang obyektif. Menarik kesimpulan atau concluding belief 15.

dengtan menyingkap informasi atau mengamati gejala yang muncul. Dapat ditolak (Falsifiable) Hipotesis penelitian yang diajukan. meliputi pengambilan. dan metode ilmiah ? Hubungan antara skripsi atau thesis. Menulis judul singkat dan segera menentukan apa yang akan diteliti. baik berupa buku laporan hasil penelitian. g. riset. proceeding. Menghimpun semua informasi dari beragam sumber ilmiah yang berkaitan dengan topic yang ingin diungkapkan. danharus ada konsep ilmiah. Mengidentifikasi variable-variabel yang dimungkinkan muncul dalam observasi atau eksperimen. c. 21. dan penarikan kesimpulan. 22. berencana. dan metode ilmiah adalah a. Sebutkan 3 langkah utama yang harus dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan penelitian ! 3 langkah utama yang harus dilakukan antara lain a. Dimulai dengan memunculkan suatu gagasan atau ide untuk melakukan observasi atau eksperimen ilmiah.al (1980). Prosedur pemecahan masalah dalam metode ilmiah menjadi dasar bagi pemecahan masalah dalam melakukan rriset dan menyusun skripsi. Sebutkan 3 persyaratn yang harus dipenuhi agar penelitian dapat dilakukan dengan benar ? 3 syarat yang harus dipenuhi agar penelitian dilakukan dengan benar adalah penelitian itu harus dilakukan secara sistematis. penelitian adalah suatu proses belajar yang terarah. Pembuatan laporan yaitu peneliti menulis hasil penelitiannya. Menurut Box et. Memilih dan merumuskan masalah dan tujuan dengan jelas. Bagaimana batasan atau definisi penelitianmenurut Leedy (1974) dan Box et. Suatu penelitian ilmiah itu dinyatakan baik dan benar biasanya memiliki langkah-langkah pemikiran yang praktis sebagai berikut : a. pengolahan atau analisis data.Dalam merumuskan hipotesis hanya digunakan assumsi-assumsi dalam teori yang terbatas dan sungguhsungguh mendukung hipotesis. Jelaskan langkah-langkah penelitian secara rinci dan gambarkan dalam bentuk skema ! Penelitian ilmiah itu harus dilakukan secara baik dan benar. e. 18. dan riset pada metode ilmiah. 19. Pelaksaan penelitian yaitu peneliti melakukan penelitian. . riset. pasti dan rinci. Jelaskan hubungan antara skripsi atau thesis. d.al (1980) ? Menurut Leedy (1974). Skripsi atau thesis bersandar pada riset. setelah diuji dapat ditolak karena data observasi atau eksperimen yang diperoleh. atau jurnal ilmiah. b. Persiapan yaitu peneliti membuat rencana atau usulan atau proposal penelitian. Dapat direproduksi (Reproducible) Suatu kegiatan penelitian itu baik. tidak mendukung hipotesis. c. penelitian adalah penyelidikan yang sistematis tehdap kebenaran yang belum terungkap. Ketiganya bersifat memcahkan masalah. 20. b. c. b. f. jika penelitian itu memiliki metode dan cara kerja yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat diuji atau diulang kembali oleh diri sendiri atau peneliti lain dalam observasi atau eksperimen yang lebih luas pada suatu waktu di masa yang akan datang.

f. Mengajukan hipotesis secara tertulis yang menyatakan prediksi dari respon (perubahan-perubahan pada variable amatan). Menyusun laporan yang memiliki keakuratan dalam ketergayutan antara judul. i. Skema langkah-langkah penelitian meliputi : . h. kelemahan dan kekuatan prosedur yang digunakan. j. Melakukan observasi atau eksperimen dan mencatat semua data (pengumpulan data) hasil pengukuran terhadap karakter tertentu sebagai bukti otentik yang diperoleh selama observasi atau penelitian. hasil dan kesimpulan penelitian. Menggunakan data pengamatan dan hasil analisis data untuk menarik kesimpulan penelitian yang dibatasi pada hal-hala yang dapat dipertanggungjawabkan dan berdasarkan hasil-hasil temuan selama penelitian. Merancang observasi atau eksperimen denga urutan kerja yang jelas dan menguraikan dengan lengkap dan jujur. masalah. Menghimpun dan membuat daftar semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang observasi dan eksperimen. g. k. tujuan.

Hipotesis harus dapat diuji. b. Apa sebabnya seorang peneliti (mahasiswa) itu harus melakukan studi pustaka ? Jelaskan ! Disadari bahwa hasil kegiatan studi pustaka sekurang-kurangnya mengisi sekitar 50% lebih dari semua rangkaian kegiatan yang ada dalam proses penelitian. 26. c. Cara seseorang merumuskan maslah tidak ada aturan umumnya. Dapat menentukan metode analisisnya. Bibliothecal tool (sumber informasi ilmiah atau perpustakaan) b. Studi pustaka dilakukan dengan membaca dokumen-dokumen. Rumusan masalah hendaknya padat dan jelas yang menggambarkan mengenai variable-variabel pokok yang terlibat dalam proses penelitian. Bagaimana cara seorang peneliti merumuskan masalah ? Setelah masalah diidentifikasi dan dipilih. maka perumusan maslah segra dilakukan. Namun. d. Mengetahui bagaimana car memperoleh dat. c. 27. Rumusan masalah harus dapat memberikan petunjuk tentang cara pengumpulan dan pemilahan mana data yang penting dan mana data yang tidak begitu penting.23. Perumusan maslah ini sangat penting karena menjadi penuntun bagi langkah-langkah proses penelitian selanjutnya. Statistical tool (statistika) c. Lingualistic tool (bahasa) 24. Mengetahui bagaimana harus mengambil kesimpulan. Hipotesis hendaknya menyatakan pertautan antar variable. Hipotesis dinyatakan dalam kalimat deklaratif atau pernyataan. c. Hipotesis dirumuskan secar jelas dan padat. 28. b. Bagaimana menyusun hipotesis penelitian yang benar ? Cara penyusanan hipotesis yang benar adalah : a. Mengetahui dengan pasti apa yang akan diteliti. Apa yang dimaksud dengan hipotesis mayor dan minor ? Jelaskan dan beri contohnya ! . perumusan masalah itu dapat dilakukan dengan pedoman : a. Masalah umumnya dirumuskan dalam bentuk kalimat pertanyaan. 25. proceeding. buku-buku. Apa yang dimaksud dengan hipotesis penelitian ? Hipotesis penelitian adalah jawaban sementara terhadap masalah yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris (a tentative answers to the problems). majalah ilmiah. Studi pustaka dimaksudkan selain untuk mendalami permasalahan juga mencari bukti-bukti bahwa permasalahan yang akan diteliti belum sepenuhnya terpecahkan secara memuaskan. d. e. jurnal atau bahan tertulis lainnya yang berupa teori tertentu dan hasil-hasil penelitian lainnya. Sebutkan 3 alat bantu penelitian (tools of research) 3 alat bantu penelitian antara lain : a. Dengan dipahaminya suatu masalah. maka peneliti (mahasiswa) akan : a. b. Mengetahui dimana informasi tentang masalah yang akan diteliti dapat diperoleh.

atau setidak-tidaknya sepasang. Hipotesis perbandingan adalah hipotesis yang menyatakan perbedaan dalam variasi tertentu padakelompok yang berbeda-beda. Contoh : a. Simbol : µ1 ≠ µ2……≠ µn. Research atau working hypothesis) Hipotesis perbedaan Hipotesis yang menyatakan : a. 30. Contoh : persentase pemberian pakan tambahan Metopen-1 berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan patin. b. Hipotesis hubungan adalah hipotesis yang menyatakan tentang saling hubungan antara 2 variabel atau lebih. b. b. Bagaimana cara merumuskan hipotesis ? Rumusan hipotesis itu pada umumnya berpedoman sebagai berikut : Hipotesis nol (H0) Hipotesis perbedaan Hipotesis yang menyatakan bahwa : a. Dua gugus atau kelompok variable (X : variable bebas atau independent variable dan Y : variable bergantung atau dependent variabel) menunjukkan hubungan yang tidak erat. Dua atau lebih kelompok yang diteliti menunjukkan kondisi (fenomena atau gejala) yang berbeda tidak nyata (survei). b. dan mendasari berbagai percobaan korelasional. Suatu gugus perlakuan percobaan yang diterapkan atau dikenakan kepada suatu gugus objek atau materi percobaan tertentu akan menghasilkan respon yang menunjukkan hubungan yang tidak erat. Sebutkan macam-macam hipotesis penelitian ! Macam-macam hipotesis penelitian meliputi : a. Hipotesis minor adalah hipotesis yang diturunkan atau dijabarkan dari hipotesis mayor. b. Persentase pemberian pakan tambahan Metopen-1 sebesar 5% dari biomassa ikan patin menghasilkan pertambahan bobot ikan tertinggi. 29. Hipotesis alternative (Ha atau H1. dan memdasari berbagai percobaan komparatif. Dua atau lebih perlakuan yang dicoba menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata atau sangat nyata (eksperimen). µ1 tidak sama Hipotesis korelasional Hipotesis yang menyatakan bahwa : . Dua atau lebih perlakuan yang dikenakan kepada objek atau materi percobaan menunjukkan pengaruh yang berbeda tidak nyata (eksperimen) Simbol : µ1 = µ2……= µn Hipotesis korelasional Hipotesis yang menyatakan bahwa : a. Hubungan antara persentase pemberian pakan tambahan Metopen-1 dan pertambahan bobot ikan patin berbentuk kuadrater. Dua atau lebih keolmpok yang diteliti menunjukkan kondisi atau fenomena yang berbeda nyata atau sangat nyata (survei).Hipotesis mayor adalah hipotesis induk yang menjadi sumber dari anak-anak hipotesis.

35. Variabel kendali : laju pertambahan panjang atau ukuran panjang (3 cm). penggolongan kelas. etc. Jenis penelitian apa saja yang boleh tidak mengajukan hipotesis ? Yang boleh tidak mengajukan hipotesis adalah : a. 31. 36. Variabel bergantung : pertumbuhan ikan. d. . Data sekunder adalah data yang diperoleh dari perorangan atau instansi atau penerbitan yang diterbitkan dalam beragam bentuk published (proceeding. Kesulitan untuk mengetahui kebenaran data sekunder apakah data diperoleh melalui riset atau bukan sehingga kerepresentatifan data masih perlu dipertanyakan. Apa keuntungan dan keterbatasan penggunaan dat sekunder ? Keuntungan penggunaan data sekunder adalah lebih murah. b. Suatu gugus perlakuan percobaan tertentu (X) yang diterapkan atau dikenakan kepada suatu gugus objek atau materi percobaan tertentu (Y) akan menghasilkan respon yang menunjukkan hubungan yang erat atau sangat erat. Keterbatasan penggunaan data sekunder adalah a. lebih cepat. 33. melainkan membuat deskripsi mengenai objek yang diteliti. Kesulitan menemukan data yang persis sama dengan keperluan penelitian sehingga dapat terjadi perbedaan yang diinginkan.a. e. dan peneliti pada kenyataannya tidak terlalu mampu mengumpulkan data primer sendiri semisal sensus. Tuliskan semua variable yang berperan dalam suatu penelitian tentang pembesaran ikan ! a. b. jurnal. c. Apa sebabnya analisis data dengan analisis statistika harus memenuhi assumsi-assumsi dasar ? Analisis data dengan analisis statistika harus memenuhi assumsi-assumsi dasar agar pengambilan kesimpulan menjadi logis. Penelitian eksploratif adalah penelitian yang biasanya bersifat deskriptif dan dilakukan untuk mendapatkan data dasar yang diperlukan untuk penelitian lebih lanjut. Variabel bebas : pakan ikan (frekuensi : 1 kali/hari atau 2 kali/hari). dan factor waktu (kadaluwarsaan data). Data primer adalah data yang diperoleh melalui pengamatan dan pencatatan langsung pertama kali dari sumbernya. b. 32. terutama dalam hal kesatuan ukur. Sebutkan pembagian data menurut sumbernya ? Data menurut sumbernya antara lain : a. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang tidak bertujuan untuk menguji suatu hipotesis. b. b.) atau unpublished (laporan hasil penelitian). 34. Variabel rambang : kualitas air atau kolam. bulletin. Apa saja assumsi dasar yang harus dipenuhi dalam analisis data dengan statistika ? Assumsi-assumsi dasar yang harus dipenuhi dalam analisis data dengan statistika adalah a. Galat percobaan memiliki keragaman yang homogeny. Dua gugus atau kelompok variable (X : variable bebas atau independent variable dan Y : variable bergantung atau dependent variabel) menunjukkan hubungan yang erat atau sangat erat. Variabel moderator : jenis ikan (jenis kelamin ikan : jantan dan betina).

Materi. Pengujian keaditifan model. Metode Penelitian. Pembahasan. Ada berapa jenis penelitian dan jelaskan ? Ada 5 jenis penelitian. 40. Ucapan Terimakasih. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk melukiskan keadaan objek. 41. c.b.4 Kegunaan penelitian Kegunaan penelitian yang nyata atau langsung dapat diperoleh dari penelitian yang dilakukan. e. Pengaruh perlakuan dan pengaruh lingkungan yang bersifat aditif. Penelitian inferensial yaitu penelitian yang diarahkan untuk menarik kesimpulan. Metode Analisis. d. c. lokasi. Pengujian apa saja yang harus dilakukan agar persyaratan analisis data terpenuhi ? Pengujian yang harus dilakukan agar persyaratan analisis terpenuhi adalah a. Penelitian developmental yaitu peneltian yang diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada. b. 38. Pengujian kenormalan data. Baik dalam bentuk penerapan hasil penelitian. Penelitian eksploratif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menemukan masalah-masalah baru. dan Waktu penelitian. Assumsi kebebasan galat percobaan dengan lainnya.2 Perumusan masalah Berisi informasi adanya mesalah yang masih perlu diteliti berkaitan dengan topic penelitian. Galat percobaan menyebar normal. 37.3 Tujuan penelitian Memuat jawaban yang akan didapatkan oleh peneliti melalui penelitian yang akan dialkukan. Penelitian verifikatif yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengkaji kebenaran suatu pengetahuan. d.1 Latar belakang Memuat faktor-faktor penyebab munculnya suatu masalah atau teori yang mendasarinya. b. Tuliskan sub-bab yang umum terdapat dalam bab metode penelitian suatu laporan penelitian ? Sub-bab yang terdapat dalam bab metode penelitian suatu laporan penelitian adalah : a. Galat percobaan saling bebas. Pengujian kehomogenan ragam. c. 1. Tuliskan sub-bab yang umum terdapat dalam bab penutup suatu laporan penelitian ? Sub-bab yang terdapat dalam bab penutup suatu laporan penelitian adalah : a. d. Saran. 1. c. b. d. . penguatan atau penolakan terhadap suatu teori maupun beberapa pengembangan ilmu pengetahuan. 39. yaitu : a. Kesimpulan. b. 1. c. Jelaskan isi bagian pendahuluan pad bagian daftar isi ? 1.

.6 Hipotesis Jawaban sementara terhadap suatu masalah yang akan atau sedang diteliti dan masih harus diuji.1. 1.5 Kerangka pemikiran Landasan teoritis yang digunakan untuk memcahkan permasalahan penelititan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful