LOGO

GAMBAR TEKNIK

MULDI YUHENDRI, S.Pd., MT

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2009

PENDAHULUAN
GAMBAR SEBAGAI BAHASA TEKNIK
BAHASA DAN GAMBAR

 Bahasa sebagai alat komunikasi  Bahasa lisan berbeda pada setiap negara  Gambar telah berkembang melalui dua jalur berbeda, yaitu artistik
dan teknik.  Para artis menggunakan gambar untuk menyatakan keindahan, filosofi atau ide-ide abstrak lainnya.  Gambar teknik digunakan untuk menunjukkan rencana sebuah objek yang akan dibangun atau dipasang.

FUNGSI GAMBAR TEKNIK
 Penyampaian informasi

Standarisasi aturan gambar menjadikan gambar sebagai bahasa yang dapat dipahami oleh setiap orang.
 Pengawetan, penyimpanan, dan penggunaan keterangan
Data terhadap produk yang telah dihasilkan Media penyimpanan yang beragam Sebagai acuan untuk pengembangan selanjutnya

 Cara-cara pemikiran dalam penyiapan informasi
Tahapan penyiapan informasi : 1. pengenalan permasalahan 2. konsep-konsep dan ide-ide 3. pemecahan yang disetujui bersama 4. model atau prototype 5. produksi atau gambar kerja

PERALATAN GAMBAR

Alat-alat yang biasa dipakai dalam gambar teknik mesin antara lain :

        

Kertas gambar standar (ukurannya) Pensil, Pena atau rapido Kotak jangka dan kelengkapannya Macam-macam mistar Macam-macam mal Busur derajat Penghapus dan pelindung penghapus. Meja gambar Mesin gambar

1. KERTAS GAMBAR
A. Spesifikasi Kertas Gambar Menurut Kegunaannya
 Kertas gambar untuk tata letak
Untuk gambar tata letak dengan pensil dipergunakan kertas gambar putih biasa, kertas sketsa atau kertas milimeter

 Kertas gambar untuk gambar asli
Gambar asli digambar diatas kertas kalkir, karena gambar cetak biru (blueprint) atau cetak konak (contac print) dibuat langsung dari gambar tesebut.

 Film gambar
Film dibuat dari polyester atau cellulose triacetate, dan dipergunakan untuk gambar yang teliti, dimana keawetannya sangat diperlukan, serta tidak boleh memuai dan menyusut.

Spesifikasi Kertas Gambar Menurut Ukurannya (ISO 216) Tabel 1 Ukuran Kertas Gambar (ISO 216) Ukuran A0 A1 A2 A3 A4 Ukuran Lebar Panjang 841 mm 1189 mm 594 mm 841 mm 420 mm 594 mm 297 mm 420 mm 210 mm 297 mm Sisi kiri 20 mm 20 mm 20 mm 20 mm 20 mm C 10 mm 10 mm 10 mm 10 mm 10 mm .B.

Ukuran kertas gambar dengan garis tepi .C Garis tepi 20 mm C C Gambar 1.

. CARA MENENTUKAN UKURAN KERTAS GAMBAR Ukuran pokok kertas gambar diambil ukuran A0 yang mempunyai luas 1 m2 atau 1.000.000 mm2. Perbandingan panjang dan lebar sama dengan perbandingan dari sisi bujur sangkar dengan diagonalnya Pada bujur sangkar. lebar = x (lebar kertas gambar) dan diagonalnya y = x 2 (panjang kertas gambar) .

Ukuran Kertas Gambar .Ukuran A2 Ukuran A1 Ukuran A4 Ukuran A3 Ukuran A5 Gambar 2.

Cara menempatkan kertas diatas meja gambar .Gambar 3.

PENSIL Terdiri atas pensil batang dan mekanik Tabel 2 Tingkat kekerasan pensil Keras 4H 5H 6H 7H 8H Makin Keras 3H 2H H F HB B Makin Lunak 2B 3B 4B 6B 7 B Makin Lunak Sedang Lunak Keteranan: H : Hard B : Black HB : Hard-Black F : Firm (agak keras) .2.

Pensil mekanik dan cara menggunakan pensil .Gambar 4.

Gambar 5. Cara meruncing pensil .

RAPIDO Digunakan untuk membuat gambar asli dengan tinta Gambar 6.3. Pena rapido .

jangan ditekan.Cara pemakaian Rapido: Dalam menarik garis dengan rapido sebaiknya ditempelkan saja pada kertas. kemudian ditarik dengan kemiringan antara 60º . .80º dari arah kiri ke kanan. Jangan menarik garis dari arah atas ke bawah.

Gambar 7. Cara pengisian tinta pena rapido .

Gambar 8. Cara membersihkan pena rapido .

4. . JANGKA Jangka adalah alat gambar yang digunakan untuk membuat lingkaran dengan cara menancapkan salah satu ujung batang pada kertas gambar sebagai pusat lingkaran dan yang lain berfungsi sebagai pensil untuk menggambar garis lingkarannya.

Gambar 9. Macam-macam jangka .

Penggunaan jangka .Gambar 9.

tinta akan mudah menetes keluar pada waktu digunakan .Pen Tarik (Trek pen)  Alat ini digunakan untuk menarik garis dengan memakai tinta cina  Ujung trek pen dapat diatur dengan skrup menurut keinginan.  Apabila lebih.  Kedudukan Trek pen pada waktu menarik garis sebaiknya miring sebesar 60 derajat ke arah tarikkan garis  Pengisian tinta pada trek pen sebaiknya jangan melebihi 7mm.

Gambar 10. Cara penggunaan trek pen jangka .

Mistar skala . Mistar T Terdiri dari sebuah kepala dan sebuah daun. dan sebuah segi tiga siku (90° – 60° – 30°) 2. dan menggesernya kearah atas atau kebawah. 3. Mistar segitiga Sepasang segitiga terdiri dari seg tiga siku sama kaki (90° – 45° – 45°).MISTAR Jenis-jenis Mistar : 1. Digunakan untuk membuat garis-garis horizontal dengan menggunakan kepalanya pada tepi kiri dari meja gambar.

Gambar 11. Mistar segitiga .

Mistar T .Gambar 12.

Penggunaan Mistar T dan mistar segitiga .Gambar 13.

Gambar 14. Mistar skala .

MENGGAMBAR GARIS TEGAK LURUS .PENGGUNAAN MISTAR 1.

Menggambar garis tegak lurus dengan mistar segitiga .Gambar 15.

MENGGAMBAR GARIS MIRING Gambar 16. Menggambar garis miring .2.

Menggambar garis miring .Gambar 17.

MENGGAMBAR GARIS SEJAJAR Gambar 18. Menggambar garis sejajar .3.

Mal huruf dan angka 2. Mal lengkung 3. Jenis-jenis mal : 1. Mal lingkaran 4.MAL/SABLON Mal berfungsi sebagai alat bantu untuk menggambar atau untuk mempercepat proses penggambaran berbagai macam bentuk. Mal ellips .

0. 0.Mal huruf dan angka Mal huruf dan angka yaitu penggaris yang digunakan untuk membuat huruf dan angka dengan perantaraan pen/rapido. Mal huruf dan angka memiliki ukuran : 0.7. 1.5. 0.4 dan 2 mm .35.25.1.

Gambar 19. Mal huruf dan angka .

Mal lengkung . Gambar 20.2. dipergunakan mal lengkung. Mal Lengkung Untuk menggambar garis lengkung yang tidak dapat digambar dengan jangka.

Mal lingkaran . Mal Lingkaran Gambar 21.3.

Mal Ellips Gambar 22. Mal ellips .4.

Mal bentuk lain . Mal Bentuk lain Gambar 23.5.

Busur derajat .BUSUR DERAJAT Gambar 24.

Gambar 25.MEJA GAMBAR Meja gambar adalah meja yang digunakan sebagai alas menggambar yang terdiri dari rangka meja gambar dan daun meja gambar. Meja Gambar .

kayu lapis (polywood) atau hardboard. kayu pohon linde.• • • Meja gambar harus mempunyai permukaan yang rata dan tepi yang lurus. Meja gambar dibuat khusus untuk alas menggambar sehingga kedudukannya dapat diubah-ubah. kertas ukuran A1 mempunyai ukuran 600 mm x 450 mm. Ukuran disesuaikan dengan ukuran kertas . misalnya untuk kertas ukuran A0 mempunyai ukuran 1.200 mm x 900 mm. • • Belakangan ini terdapat papan gambar yang telah dilapisi dengan alas kertas gambar. . Meja gambar dibuat dari kayu pohon cemara. dimana tempat kepala mistar T digeser.

dan ukuran. Pergerakan mistar diberi pemberat (bandul) agar mistar gambar kalau tidak dipakai masih dalam keadaan tegang. panggarit-T. Mesin gambar dengan sistem bandul. yang berarti masih tetap berada ditempat semula. Jenis mesin Gambar : 1. seperti busur derajat. Memiliki batang vertikal dan horizontal Batang vertikal : Pergerakan atas bawah Batang horizontal : Kiri kanan . segi tiga. Mesin gambar dengan sistem Tracker. 2.MESIN GAMBAR Mesin gambar adalah sebuah alat yang dapat menggantikan alat-alat gambar lainnya.

Gambar 26. Mesin Gambar Lengan (sistem bandul) .

Mesin Gambar Rol (sistem tracker) .Gambar 27.

apabila handelnya dikunci.Bagian-bagian mesin gambar Tracker : Handel Horisontal Berfungsi agar mistar mesin gambar hanya dapat bergerak keatas dan ke bawah secara tegak lurus. mistar hanya dapat bergerak ke kanan dan ke kiri bawah Sekerup Pengatur Mistar Mengatur jarak mistar dengan papan gambar Handel Ketepatan Mistar Fungsi handel ini adalah untuk menepatkan mistar gambar dengan kertas Handel Pengatur Sudut Berguna untuk mengatur sudut kemiringan mistar dengan kelipatan 15º . Handel Vertikal Bila handelnya di kunci.

22 º.Handel Ketepatan Sudut Handel ketepatan sudut dapat dipergunakan pada posisi 17 º . 38 º Handel Pengerak Halus Mengatur ketepatan posisi kertas dengan mistar Sekerup Pembuka Mistar Berfungsi untuk membuka atau memasang mistar Sekerup Pengatur Kesikuan Befungsi untuk mengatur kesikuan mistar terhadap kertas gambar .

.

PENGHAPUS DAN PELINDUNG Ada dua jenis penghapus. Solatip 3. yaitu :   Penghapus lunak untuk menghapus gambar dari pensil Penghapus keras untuk menghapus gambar dari tinta Pelindung digunakan untuk melindungi gambar yang tidak akan dihapus ketika menghapus bagian gambar yang lain PERALATAN PENUNJANG 1. Sapu tangan . Cutter (pemotong kerta) 2.

Media penyimpanannya lebih aman 3. Gambar dapat dirubah bila terjadi kesalahan 4. Lebih akurat UNTUK ELECTRICAL. Gambar lebih mudah untuk dimodifikasi bila terjadi perubahan 2.MENGGAMBAR DENGAN PC KEUNTUNGAN : 1. SOFTWARE YANG SERING DIGUNAKAN ADALAH : AUTOCAD DAN MICROSOFT VISIO .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful