P. 1
Mengubah Informasi Dari Kalimat Verbal Ke Non Verbal

Mengubah Informasi Dari Kalimat Verbal Ke Non Verbal

|Views: 2,078|Likes:
Published by Nehru Habibi

More info:

Published by: Nehru Habibi on Apr 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

Mengubah Informasi Dari Kalimat Verbal ke Non Verbal

Mengubah Informasi Dari Kalimat Verbal ke Non Verbal,Informasi Verbal Dan Nonverbal itu yang diajarkan pada pelajaran bahasa indonesia disekolah saya di SMK 1 Denpasar. Ini adalah catatan saya, daripada catatanya hilang mending saya posting aja, silahkan kita belajar :

Informasi verbal adalah suatu informasi yang kita dapatkan lewat mendengarkan atau menyimak. Informasi yang kita simak dalam pemahamanya kurang jelas dan tepat. Maka dari itu informasi verbal tersebut dapat kita sampaikan atau kita terima dalam bentuk non verbal / visual. Contoh berikut informasi non verbal / visual : 1. Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang bisa di wujudkan dalam garis atau gambar. Grafik di bedakan menjadi 3 yaitu :

Grafik Batang adalah grafik berupa batang / balok yang biasanya digunakan untuk menekankan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek. Grafik Garis adalah lukisan naik turun data berupa garis yang di hubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan / perubahan dari waktu ke waktu. Grafik Lingkaran adalah gambaran naik turun data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau keseluruhan.

2. Diagram adalah sketsa atau gambar untuk menerangkan suatu keadaan atau menerangkan tentang hasil yang di peroleh dalam suatu proses. 3. Matriks adalah tabel yang di susun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraiannya yang diisikan dapat di baca dari atas ke bawah dan kiri ke kanan. 4. Denah adalah gambar yang menunjukan letak kota, tempat, jalan dan denah juga bisa berupa gambar rancangan bangunan. 5. Bagan adalah gambaran atau rancangan skema untu menyajikan data agar mempermudah penapsiran. Bagan di sajikan dengan gambar balok, garis, lingkaran atau tanda.

contoh grafik garis: .Langkah-langkah membuat grafik 1. GRAFIK Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gambar. Tariklah garis sesuai dengan informasi verbal. grafik lingkaran. 3. Grafik batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek. 4. Grafik ini digunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu. a. Mengubah informasi verbal menjadi tabel Tabel adalah daftar berisi iktisar sejumlah data informasi bisasanya berupa kata-kata & bilangan yang tersusun secara bersistem sehingga dapat dengan mudah di pahami. Grafik dibedakan menjadi tiga macam yaitu grafik batang. contoh grafik batang: b. Grafik Garis adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang dihubungkan dari titik-titik data secara berurutan. 2. 1. Grafik terdiri dari garis atau gambar. Merumusakan nama judul grafik sesuai dengan informasi yang hendak dikemukakakn / disampaikan. Istilah grafik sesuai dengan data yang tertera dalam informasi verbal. graik garis. INFORMASI NONVERBAL   In: bahasa Comment! bentuk informasi nonverbal.

Bentuk-bentuk diagram antara lain adalah diagram arus(bagan alur). BAGAN Bagan adalah gambaran secara analisis atau terurai tentang proses yang terjadi di alam. diagram garis. dan masyarakat manusia. diagram lingkaran. contoh diagram: 3. TABEL Tabel adalah daftar yang berisi ikhtsar dan sejumlah data informasi biasanya berupa kata-kata. dan diagram pohon. sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. contoh grafik lingkaran: 2.c. contoh tabel: 4. DIAGRAM Diagram adalah (gambaran. Grafik lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan presentase dari nilai total atau seluruhnya. diagram cabar. diagram balok. buram. teknologi.& bilangan yang tersusun bersistem urut kebawah dalam lajur dan deret tertentudengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. diagram gambar. contoh bagan: . Bagan digunakan untuk membantu memperjelas proses bekerja.

jalan. contoh peta: 6. contoh denah: 7. Contoh Matriks : . MATRIKS Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. DENAH Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota. peta. gununggunung. laut.5. sungai. atau gambar rancangan bangunan. PETA Peta adalah gambar atau lukisan pada kerts yang menunjukkan letak tanah. dsg.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->