 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

1.

Nama sekolah:SMA N 4 Kota Bumi Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia Kelas / Semester:X Alokasi waktu:2×45 menit

II.

Standar Kopetensi

:Menulis Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraph (naratif,deskriftif dan ekspositif)

III.Kopetensi dasar

: 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraph naratif

IV. Indikator

:1.1.1 Menulis isi paragraph (naratif,deskriftif, dan ekspositif) dalam berita yang telah di baca 1.1.2 Menyampaikan secara lisan berita yang telah di baca secaraa runtut dan jelas 1.1.3 Mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan informasi yang telah di baca (menyetujui,menolak,mennambahkan pendapat)

V. Tujuan pembelajaran

:1.Siswa mampu menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

VI.Materi Pembelajaran

:-Berita di Koran dalam sebuah wacana -Teks yang di baca berita/non berita:Pokok-pokok isi berita,rangkuman,menangapi isi berita.

Metode Pembelajaran : . C. B 1.sebuah wacana dari majalah yamg berparagraf naratif. 2. Jenis Tagihan: -Tugas individu -Tugas Kelompok B. 5.VII.deskriftif.deskriptif. 3.dan ekspositif. dan ekspositif.Buku penunjang (paket Bahasa Indonesia kelas X). 4. Kegiatan Awal Apersepsi berupa motivasi kepada siswa Mengarahkan pemahaman tentang tata cara mendengarkan informasi waktu Kegiatan Inti Siswa membaca wacana secara langsung yang ada di Koran. Alokasi waktu/menit 5 menit 10 menit 15 menit 15 menit 10 menit 20 menit 5 menit 10 menit IX. tentang paragraph naratif. Kegiatan Akhir Guru dan Siswa merefleksi hasil belajar. Bentuk instrument: -Uraian bebas -Jawaban Bebas -Performans -Format pengamatan . Langkah-langkah pembelajaran. .Penilaian A. Membacakan hasil diskusi di depan kelas. No Kegiatan A 1. Menyampaikan secara lisan isi berita secaraa runtut dan jelas.Diskusi -Tanya Jawab -Penugasan -Ceramah VIII. Mendiskusikan isi berita dengan teman-teman sekelas. X. Alat/ Bahan/ Sumber -Koran. 2.

Mencatat judul dan informasi yang ada di dalam Koran atau media lain yang di baca.Indonesia .Contoh instrumens: Membaca secara langsung waacana atau berita yang ada di Koran.C. Mengetahui: Kepala SMA N 4 Kota Bumi Guru Mata Pelajaran B. atau media berita lainnya. Kerjakan berdasarkan format berikut: Judul berita Waktu Hari Nama sumber Garis besar isi berita berita Kota bumi. 2. Tugas mu adalah sebagai berikut: 1.

Membaca Berita b.Membacak an Rangkuman Indikator Tahapan Berpikir C1 Penilaian Alokasi waktu 2 Sumber /bahan /alat -Koran -Buku paket bahasa indonesia a.Pokokpola urutan pokok waktu dan berita tempat dalam bentuk c.Menggungkapkan Informasi dalam berbagai bentuk paragraph(Naratif.Menangga pi informasi Kegiatan Pembelajaran a.Ekspositif) Kopetensi Dasar Materi Pembelajara n 1.Merangku m isi berita d.Menyampaik an secara lisan informasi yang telah di tulis c.Menemuka n pokokpokok berita c. Guru mata pelajaran . Berita gagasan dari Koran dengan menggunakn b.Menggajukan pertanyaan/tan ggapan berdasarkan informasi yang telah di tulis. Jenis Tagihan -Tugas individu -Tugas kelompok Bentuk instrument -Uraian bebas -jawaban singkat -perfomens -Format nilai C2 C3 Kota bumi. Mengetahui Kepala Sekolah. Menuliskan isi berita/ Informasi b. SILABUS Kelas X Semester 1 Nama sekolah:SMA N 4 Kota Bumi Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia Standar Kopetensi:Menulis 1.1 Menulis a.Rangkum paragraph an berita naratif d.Deskriftif.

Narasi terdapat alur cerita. . Sebuah paragraph yang berpola urutan waktu dan tempat yang berpola paragraph Naratif. Kopetensi dasar : Menuliskan gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraph naratif. Contohnya. nyoya Marta tampak bersandar lesu.seting..tokoh. Sementara bawahan tuan hasansaling berlomba berlomba kedatangan Nyoya Marta. buku paket bahasa Indonesia.deskriptif. BAHAN AJAR Standar kopetensi : Menulis 1. Bahan yang di sediakan: 1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk paragraph(naratif. dan konflik Paragraph naratif tidak memiliki kalimat utama. 2. yang berisikan materi tentang paragraph Naratif. lalu bawahan suaminya beserta istiristrinya mereka pada keluar rumah menyongsong tuan hasan memapah istrinya yang sakit. Tanganya di balut dan terikat ke leher mobil berhenti di depan rumah. Pengertian paragraph Narasi/Naratif yaitu paragrafyang menceritakan suatu pristiwa atau kejadian dalam karangan atau pargraf.ekspositif). paragraph naratif Kemudian mobil meluncur kembali.

2. Tentukan judul 3. desertasi. 3. Langkah-langkah membuat paragraph narasi: 1. Buat kerangka paragraph 5. kalimat pertama bertakuk(block style) ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa. Tentukan Tema 2. skripsi.dll.karangan berbenruk lurus dan tidak bertakuk di tandai dengan jarak spasi lebih banyk di antara baris lainnya. dan delapan ketukan untuk jenis karangan. . atau menerangkan pikiran utam yang ada dalam kalimat topic. Tentukan topic 4. Paragraf menggunakan paragraph penjelas(gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimat penjelas kalimat ini berisi detail-detail kalmat topic. Membuat paragraph berdasarkan kerangka paragraph. missal surat. misalnay makalah. 4.Ciri-ciri paragraph 1. menguraikan.Setiap paragraph menggunakan sebuah kalimat topic dan selebihnya merupakan kslimst pengembang ysng berfungsi menjelaskan. paragraph menggunakan paragraph Utama(gagasan utama) yang di nyatakan dalam kalimat topic.

TUGAS INDIVIDU Di Susun Oleh: Nama: Lestari Npm:0988201228 Kls:Vd Prodi:Bahasa dan Sastra Indonesia M.Sutanto. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan(STKIP) Muhammadiyah Kota-Bumi Tahun 2011/2012 .k:Telaah Kurikulum Dosen pengampu: Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful