BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Sumber daya alam yang utama bagi manusia adalah tanah, air, dan udara. Tanah merupakan tempat manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagai komponen terbesar dari tubuh manusia. Untuk menjaga keseimbangan, air sangat dibutuhkan dengan jumlah yang cukup banyak dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, udara merupakan sumber oksigen yang alami bagi pernafasan manusia. Lingkungan yang sehat akan terwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik. Lingkungan hidup di Indonesia perlu ditangani dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu adanya masalah mengenai keadaan lingkungan hidup seperti kemerosotan atau degradasi rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan yang terjadi di berbagai daerah. Secara garis besar komponen lingkungan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok biotik (flora dan fauna), kelompok abiotik ( sawah, air dan udara) dan kelompok kultur (ekonomi, sosial, budaya serta kesehatan masyarakat).

1.2

Identifikasi Masalah Melihat semua hal yang melatarbelakangi masalah lingkungan hidup yang ada, kami menarik beberapa masalah berdasarkan kepada : 1. 2. Kurangnya pengetahuan masyarakat kebanyakan tentang lingkungan hidup, baik itu biotik maupun abiotik. Kurangnya rasa kepedulian masyarakat banyak tentang penyebab kerusakan lingkungan dan cara penanganannya.

4 Perumusan Masalah Atas dasar penentuan latar belakang dan identifikasi masalah diatas. penyebab kerusakan lingkungan.5 Kegunaan Penelitian Kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi kepada masyarakat luas tentang lingkungan hidup termasuk didalamnya pengaruh lingkungan terhadap masyarakat.6 Tujuan Adapun tujuan yang dari penulisan karya ilmiah ini yaitu dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada lingkungan hidup serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. maka kami dapat mengambil perumusan masalah sebagai berikut : 1) Sejauh mana lingkungan hidup mempengaruhi masyarakat? 2) Apa penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari masalah lingkungan hidup pada masyarakat? 3) Bagaimana upaya sosialisasi yang dapat dilakukan kepada masyarakat untuk mengatasi masalah lingkungan hidup? 1. 1. 2. Mengetahui manfaat lingkungan hidup bagi masyarakat. serta sosialisasi penanganan kerusakan lingkungan pada masyarakat. maka kami hanya membataskan penelitian dari pengaruh lingkungan hidup terhadap masyarakat.1. 1. Secara terperinci tujuan dari penelitian adalah: 1. Mengetahui dampak kerusakan lingkungan hidup dan penanganannya. dampak kerusakan lingkungan dan penanganannya. .3 Pembatasan Masalah Karena cakupan lingkungan hidup yang begitu luas.

9 Waktu dan Lokasi penelitian Penelitian ini dilakukan di Gianyar dalam jangka waktu satu bulan. Bab berikutnya. 1. penulis menyimpulkan uraian yang sebelumnya sudah disampaikan. Tidak hanya itu. metode penelitian. sampai terahir kepada sistematika penelitian.7 Metode Penulisan Untuk mendapatkan data dan informasi yang di perlukan. dan teknik studi kepustakaan atau studi pustaka. 1. teknik wawancara. kami membahas secara keseluruhan tentang masalah yang diangkat. dan memberi saran mengenai apa yang baiknya kita lakukan agar tetap memahami lingkungan hidup kemuduan memanfaatkannya. pembatasan masalah. akan dijelaskan hasil penelitian dimulai dengan bab pendahuluan. kegiatan lapangan hingga penulisan hasil akhir penelitian. yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup. Adapun keyakinan atau hipotesis tersebut adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang lingkungan hidup dan cara penanganannya. kami juga mencari bahan dan sumber-sumber dari media masa elektronik yang berjangkauan internasional yaitu. hipotesis.1. tujuan penelitian. Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling dominan untuk dapat dikatakan penyebab masalah lingkungan hidup. penulis mempergunakan metode observasi atau teknik pengamatan langsung. Pada bagian ini. Bab ini meliputi latar belakang masalah.8 Hipotesis Penelitian ini dilakukan berangkat dari keyakinan penulis setelah cukup melakukan pengenalan secara meluas terhadap masalah yang diangkat. Dilanjutkan dengan bab ke dua yang berisi tentang kerangka teoritis yang terdiri dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa tokoh ahli. Dimulai dari pengumpulan data.10Sistematika Penulisan Pada karya ilmiah ini. 1. perumusan masalah. identifikasi masalah. Bab keempat merupakan bab penutup dalam karya ilmiah ini. Internet. kegunaan masalah. waktu dan lokasi penelitian. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.