KONSEP DASAR RESIKO

Click to edit Master subtitle style by. Sari Ningsih.,S.Si.,MM

by.Sari Ningsih.,S.Si.,MM

4/26/12

11

DEFINISI RISIKO
v

Risiko adalah Kesempatan timbulnya kerugian (risk is the chance of loss)

v

Risiko adalah Kemungkinan timbulnya kerugian ( risk is the probability of loss)

v

Risiko adalah Ketidakpastian ( risk is uncertainty)
4/26/12 22

by.Sari Ningsih.,S.Si.,MM

DEFINISI RISIKO
v

Risiko adalah Penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan (risk is dispersion of actual from expected result)

v

Risiko adalah Probabilitas suatu hasil yang berbeda dari hasil yang diharapkan

( risk is the probability of any outcomes different from the one expected)

by.Sari Ningsih.,S.Si.,MM

4/26/12

33

S.Sari Ningsih.. by.Si.MM 4/26/12 44 .. risiko selalu berkaitan dengan:  Pengertian Ketidakpastian serta kemungkinan menderita kerugian.KONSEP DASAR RISIKO  Risiko (RISK) adalah Ketidakpastian yang dapat menimbulkan suatu kerugian ataupun kerusakan.

q. 4/26/12 55 by. Ketidakpastian Ekonomi ( Economic Uncertainty) Kejadian yang timbul sebagai akibat dari perubahan sikap konsumen.Ketidakpastian dapat dibagi atas: 1.. q.Sari Ningsih.Si.S. q. Misalnya: q.. Perubahan selera / minat konsumen Perubahan harga Perubahan teknologi baru Dsb.MM .

Kebakaran Badai Topan Banjir Sunami Gempa bumi . q. Ketidakpastian yang disebabkan oleh ALAM.. q. q. q.Ketidakpastian dapat dibagi atas: 2. (Uncertainty of nature) Misalnya: q.S. q.Sari Ningsih.MM . dsb.Si.. 4/26/12 66 by.

q. Misalnya: Peperangan Pencurian Perampokan Pembunuhan Dsb.S.Ketidakpastian dapat dibagi atas: 3.MM . q.Sari Ningsih.. by. q. Ketidakpastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainty). 4/26/12 77 q.. q.Si.

..Si.S. sedangkan ketidakpastian ekonomi tidak bisa diasuransikan karena bersifat spekulatif dan sulit diukur tingkat keparahannya (severity) v by.MM 4/26/12 88 .Sari Ningsih.Ketidakpastian dapat dibagi atas: v Risiko yang bisa dipertanggungkan adalah ketidakpastian alam dan manusia.

MM pada Kekayaanmuda usia q4/26/12 Kebakaran 99 ..Sari Ningsih.S.Si..RISIKO berkaitan dg 2 Objek:  Diri Kematian q Harta Milik / q Seseorang Kecelakaan by.

S.Si...MM Risiko secara psikologis berdasarkan 10 4/26/12 .RISIKO dalam berbagai aspek:  RISIKO SUBYEKTIF  Ketidakpastian OBYEKTIF by.Sari Ningsih.

3.TINGKATAN RISIKO : § Tinggi Rendahnya suatu risiko tergantung pada beberapa faktor al. rusak dsb) 1.MM 4/26/12 11 .: Frekuensi Terjadinya Peristiwa Besar Kecilnya Kerugian Yang Mungkin Terjadi Karakteristik daripada risiko itu ( mudah terbakar. meledak. 2..S..Sari Ningsih.Si. by..

 Suatu Risiko Yang Frekuensi nya RENDAH. walaupun besarnya kerugian Relatif RENDAH..Tingkatan Risiko:  Suatu Risiko Yang Frekuensi nya TINGGI. maka akumulasinya akan menimbulkan beban keuangan yang cukup besar bagi perusahaan. tetapi nilai kerugian nya Relatif BESAR.S..Sari Ningsih. maka juga akan menimbulkan gangguan terhadap kesinambungan kegiatan perusahaan. by.MM 4/26/12 12 .Si.

pengurangan. Menyediakan Dana Khusus untuk menghadapi kerugian akibat risiko tersebut.S.MM . by.Si.Sari Ningsih. 4/26/12 13 2.TAHAPAN2 PENANGANAN RISIKO 1. dan pengawasan risiko... Usaha untuk mengurangi kemungkinan kerugian MAKSIMAL dengan pembatasan.

. Menyediakan Sebagian Dana untuk menghadapi kerugian tersebut dan sisanya dipindahkan kepada pihak lain. by.Si.TAHAPAN2 PENANGANAN RISIKO 3.S.MM . Memindahkan seluruh kemungkinan kerugian MAKSIMAL yang terjadi kepada PIHAK LAIN. 4/26/12 14 4.Sari Ningsih..

S. PERIL.MM 4/26/12 15 .Sari Ningsih... HAZARD HUBUNGAN antara & LOSS by.Si.

S..MM 4/26/12 16 .Sari Ningsih.PERIL (BENCANA)  Suatu peristiwa yang apabila terjadi dapat menimbulkan kerugian (loss) Misal : Kebakaran Bencana Alam Gangguan Kesehatan Kecelakaan v v v v by.Si..

Kerugian Pendapatan . PERIL dapat saja menimbulkan kerugian lebih dari satu bentuk Misal : Peledakan Pipa Gas .Menimbulkan kerugian atas hak milik ..Tuntutan Pihak Ketiga karena pencemaran / keracunan / kematian maupun luka-luka dsb.Sari Ningsih.PERIL (BENCANA)  Dalam hal tertentu.MM 4/26/12 17 .. by.Si.S.

tabrakan .tergelincir by.S.MM 4/26/12 18 .Sari Ningsih..Si..HAZARD ( Bahaya)  Suatu kondisi atau keadaan yang dapat memperbesar terjadinya PERIL Misalnya: Mengendarai kendaraan (mobil / motor) akan terjadi peril :.

4.Si. 3...S. PHYSICAL Hazard MORAL Hazard MORALE Hazard LEGAL Hazard by.4 Bentuk Klasifikasi HAZARD: 1.Sari Ningsih. 2.MM 4/26/12 19 .

S. PHYSICAL Hazard  Adalah: Karakteristik Suatu Objek Yang Dapat Memperbesar Kemungkinan Terjadinya Suatu Peril..Si.MM 4/26/12 20 .Sari Ningsih.1. Contoh: Kebakaran yang terjadi di sebuah bengkel. ada galon plastik yang berisi bensin di bengkel  Penyebab api by..

Contoh: Seorang supir bus yang mempunyai hobi kebut-kebutan dan pecandu minuman keras akan memper besar kemungkinan terjadinya kecelakaan kerugian. by.S... MORAL Hazard  Adalah : Suatu kejadian pada seseorang yang berkaitan dengan sikap mental serta kebiasaan buruk yang dapat memperbesar terjadinya suatu PERIL / Kerugian.Sari Ningsih.2.MM 4/26/12 21 .Si.

MM 4/26/12 . karena kurang hati-hati dalam menyimpan kendaraan nya sehingga terjadi suatu peril yang mengakibatkan pencurian kendaraan..S.. ü ü Seseorang yang telah mengasuransikan mobilnya.Sari Ningsih.Si.3. Contoh: Seseorang yang mengendarai mobil terlalu cepat pada waktu hujan lebat yang mengakibatkan kecelakaan. 22 by. MORALE Hazard  Adalah: Hazard yang ditimbulkan oleh tindakan yang kurang hati-hati sehingga menimbulkan kerugian.

S.Sari Ningsih. tetapi karena belum adaperaturan yang jelas mengenai jam kerja maka sewenang-wenang. by..4. Contoh: Kewajiban para pengusaha untuk menutup ASTEK karena ada peraturan PerUUan dengan sanksi hukum yang jelas.MM 4/26/12 23 .Si. LEGAL Hazard  Adalah : Hazard yang ditimbulkan karena adanya per Undang-Undang an ataupun Peraturan yang berwajib yang bertujuan melindungi masyarakat justru diabaikan sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya peril..

.Contoh:  Hubungan antara hazard.. sedangkan peril itu sendiri adalah hal yang menimbulkan loss.Sari Ningsih.S. 4/26/12 24 by.Si. peril dan loss sbb: Puntung rokok  kebakaran  kerusakan/kerugian (hazard) v (peril) (Loss) Hazard adalah hal yang menambah kemungkinan terjadinya peril.MM .

Si..Sari Ningsih.S.Pembagian Hazard Yg dihubungkan dg RISIKO : Risiko Pribadi & Keluarga  Kehilangan Penyebab: Kerugian Hak by.MM Milik Ø Kematian 25 Kebakaran 4/26/12 Pendapatan ..

..Sari Ningsih.Si.JENIS – JENIS RISIKO: Berdasarkan : Ø Karakteristik Ø Sifat Ø Bidang Ø Tinjauan Asuransi by.MM 4/26/12 26 .S.

by. kebakaran .Si.MM 4/26/12 27 .v Berdasarkan Karakteristik: RISIKO MURNI ( Pure Risk) Adalah : Setiap risiko apabila terjadi. kapal tenggelam..dll) RISIKO SPEKULATIF adalah: Risiko yang apabila terjadi dapat menimbulkan kerugian atau keuntungan. Contoh: Perusahaan asuransi beroperasi dalam bidang pure risk ( kematian. 1..Sari Ningsih. akan selalu menimbulkan kerugian / kerusakan. 2.S.

MM 4/26/12 28 . Adalah : Risiko yang dapat timbul karena dinamika/ perubahan keadaan ekonomi sehingga menimbulkan kerugian/kerusakan atau mendapat keuntungan.v Berdasarkan SIFAT : Risiko Yang Bersifat STATIS.Sari Ningsih..S. Adalah: Risiko yang dapat timbul dalam keadaan ekonomi statis yaitu berdasarkan siklus atau trend tertentu sehingga menimbulkan kerugian /kerusakan. 1. by.Si. Risiko yang Bersifat DINAMIS. 2..

. RISIKO  Tingkat terdiri 3 kategori: 1.Sari Ningsih.Si.RISIKO DINAMIS by.MM Pasar 1.. Risiko harga MANAJEMEN Ø Risiko  4/26/12 29 .S.

S. RISIKO POLITIK Ø Usaha untuk INOVASI by..MM Kebijaksanaan melakukan perubahan politik yang30 4/26/12 .  2.Sari Ningsih.RISIKO DINAMIS Ø 3.Si..

S. 4.v Berdasarkan BIDANG Risiko Kerugian Atas Harta Milik / Penghasilan Risiko Tuntutan Pihak Ketiga Risiko Pemasaran  Perubahan Selera Konsumen Kebijaksanaan pemerintah dibidang moneter 1. Risiko Produksi Kerugian 2 finansial akibat investasi yang dilakukan untuk memproduksi berbagai bentuk produk/jasa. 3. 2.MM 4/26/12 31 . by.Sari Ningsih.Si...

S.MM 4/26/12 32 ... 6.Sari Ningsih.v Berdasarkan BIDANG Risiko Sosial  Dalam Perusahaan : pemogokan . by. sabotase dari luar huruhara / pemberontakan. Risiko Keuangan Atas Dana yang tershimpun yang bersumber pada penerimaan premi asuransi .Si. 5. maka perusahaan wajib mengelola dan menginvestasi pada sektor produktif dan aman.

MM 4/26/12 .Berdasarkan Tinjauan Asuransi: v 1. Ø..S. Ø. Kebakaran Gempa Bumi Kebanjiran Huru hara Dasarnya: Risiko yang tidak dapat dipastikan 33 by.. Risiko Yang Dapat Diasuransikan ( Insurable Risk). Ø. Adalah : Risiko murni dapat diasuransikan (walaupun tidak seluruhnya) Contoh: Ø.Si.Sari Ningsih.

Pemasaran produk baru Risiko Dagang Saham Dalam praktek  Sangat tergantung kepada kebijaksanaan masing-masing perusahaan asuransi. Ø. Risiko Yang Tidak Dapat Diasuransikan ( Uninsurable Risk)  Risiko Spekulatif Contoh: Ø.Si. Ø.Berdasarkan Tinjauan Asuransi: v 2. 34 by.Sari Ningsih.S..MM 4/26/12 ..

. Sampai Jumpa .S.Click icon to add picture SELESAI.Si..  KONSEP DASAR RISIKO by.MM 4/26/12 35 ..Sari Ningsih....

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful