KONSEP DASAR RESIKO

Click to edit Master subtitle style by. Sari Ningsih.,S.Si.,MM

by.Sari Ningsih.,S.Si.,MM

4/26/12

11

DEFINISI RISIKO
v

Risiko adalah Kesempatan timbulnya kerugian (risk is the chance of loss)

v

Risiko adalah Kemungkinan timbulnya kerugian ( risk is the probability of loss)

v

Risiko adalah Ketidakpastian ( risk is uncertainty)
4/26/12 22

by.Sari Ningsih.,S.Si.,MM

DEFINISI RISIKO
v

Risiko adalah Penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan (risk is dispersion of actual from expected result)

v

Risiko adalah Probabilitas suatu hasil yang berbeda dari hasil yang diharapkan

( risk is the probability of any outcomes different from the one expected)

by.Sari Ningsih.,S.Si.,MM

4/26/12

33

MM 4/26/12 44 .S.. risiko selalu berkaitan dengan:  Pengertian Ketidakpastian serta kemungkinan menderita kerugian.KONSEP DASAR RISIKO  Risiko (RISK) adalah Ketidakpastian yang dapat menimbulkan suatu kerugian ataupun kerusakan. by.Sari Ningsih..Si.

Si.S. Ketidakpastian Ekonomi ( Economic Uncertainty) Kejadian yang timbul sebagai akibat dari perubahan sikap konsumen. q. 4/26/12 55 by. q. q.Ketidakpastian dapat dibagi atas: 1.Sari Ningsih.. Perubahan selera / minat konsumen Perubahan harga Perubahan teknologi baru Dsb..MM . Misalnya: q.

q..Si.Sari Ningsih. q.MM .Ketidakpastian dapat dibagi atas: 2. 4/26/12 66 by. q. (Uncertainty of nature) Misalnya: q.. Kebakaran Badai Topan Banjir Sunami Gempa bumi . q. dsb. q. Ketidakpastian yang disebabkan oleh ALAM.S.

4/26/12 77 q.Ketidakpastian dapat dibagi atas: 3. q.Sari Ningsih..MM ..S. by. Ketidakpastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainty). q. q. q. Misalnya: Peperangan Pencurian Perampokan Pembunuhan Dsb.Si.

Si..S.Sari Ningsih.Ketidakpastian dapat dibagi atas: v Risiko yang bisa dipertanggungkan adalah ketidakpastian alam dan manusia.MM 4/26/12 88 .. sedangkan ketidakpastian ekonomi tidak bisa diasuransikan karena bersifat spekulatif dan sulit diukur tingkat keparahannya (severity) v by.

.Sari Ningsih.Si..MM pada Kekayaanmuda usia q4/26/12 Kebakaran 99 .S.RISIKO berkaitan dg 2 Objek:  Diri Kematian q Harta Milik / q Seseorang Kecelakaan by.

RISIKO dalam berbagai aspek:  RISIKO SUBYEKTIF  Ketidakpastian OBYEKTIF by.Si.Sari Ningsih..S..MM Risiko secara psikologis berdasarkan 10 4/26/12 .

: Frekuensi Terjadinya Peristiwa Besar Kecilnya Kerugian Yang Mungkin Terjadi Karakteristik daripada risiko itu ( mudah terbakar. 3.Sari Ningsih.. 2.MM 4/26/12 11 .S. rusak dsb) 1. meledak.Si..TINGKATAN RISIKO : § Tinggi Rendahnya suatu risiko tergantung pada beberapa faktor al.. by.

by. maka juga akan menimbulkan gangguan terhadap kesinambungan kegiatan perusahaan. tetapi nilai kerugian nya Relatif BESAR.MM 4/26/12 12 .  Suatu Risiko Yang Frekuensi nya RENDAH..S..Sari Ningsih.Si. maka akumulasinya akan menimbulkan beban keuangan yang cukup besar bagi perusahaan. walaupun besarnya kerugian Relatif RENDAH.Tingkatan Risiko:  Suatu Risiko Yang Frekuensi nya TINGGI.

by.MM . 4/26/12 13 2. dan pengawasan risiko.S. Menyediakan Dana Khusus untuk menghadapi kerugian akibat risiko tersebut.Sari Ningsih..Si.TAHAPAN2 PENANGANAN RISIKO 1.. Usaha untuk mengurangi kemungkinan kerugian MAKSIMAL dengan pembatasan. pengurangan.

4/26/12 14 4.TAHAPAN2 PENANGANAN RISIKO 3.. Memindahkan seluruh kemungkinan kerugian MAKSIMAL yang terjadi kepada PIHAK LAIN.MM . Menyediakan Sebagian Dana untuk menghadapi kerugian tersebut dan sisanya dipindahkan kepada pihak lain.Si.S.Sari Ningsih. by..

.Si.. HAZARD HUBUNGAN antara & LOSS by.MM 4/26/12 15 .S.Sari Ningsih. PERIL.

MM 4/26/12 16 .Si..S..Sari Ningsih.PERIL (BENCANA)  Suatu peristiwa yang apabila terjadi dapat menimbulkan kerugian (loss) Misal : Kebakaran Bencana Alam Gangguan Kesehatan Kecelakaan v v v v by.

PERIL dapat saja menimbulkan kerugian lebih dari satu bentuk Misal : Peledakan Pipa Gas .Si.MM 4/26/12 17 ..Kerugian Pendapatan .Sari Ningsih.Menimbulkan kerugian atas hak milik .Tuntutan Pihak Ketiga karena pencemaran / keracunan / kematian maupun luka-luka dsb.. by.PERIL (BENCANA)  Dalam hal tertentu.S.

S.tabrakan .MM 4/26/12 18 ...Si.HAZARD ( Bahaya)  Suatu kondisi atau keadaan yang dapat memperbesar terjadinya PERIL Misalnya: Mengendarai kendaraan (mobil / motor) akan terjadi peril :.tergelincir by.Sari Ningsih.

4 Bentuk Klasifikasi HAZARD: 1.MM 4/26/12 19 ..Sari Ningsih.. 4. 2. PHYSICAL Hazard MORAL Hazard MORALE Hazard LEGAL Hazard by.Si.S. 3.

Contoh: Kebakaran yang terjadi di sebuah bengkel. PHYSICAL Hazard  Adalah: Karakteristik Suatu Objek Yang Dapat Memperbesar Kemungkinan Terjadinya Suatu Peril. ada galon plastik yang berisi bensin di bengkel  Penyebab api by.MM 4/26/12 20 ..Si.1..Sari Ningsih.S.

. Contoh: Seorang supir bus yang mempunyai hobi kebut-kebutan dan pecandu minuman keras akan memper besar kemungkinan terjadinya kecelakaan kerugian. by.Sari Ningsih.MM 4/26/12 21 . MORAL Hazard  Adalah : Suatu kejadian pada seseorang yang berkaitan dengan sikap mental serta kebiasaan buruk yang dapat memperbesar terjadinya suatu PERIL / Kerugian.S.2..Si.

22 by...3. karena kurang hati-hati dalam menyimpan kendaraan nya sehingga terjadi suatu peril yang mengakibatkan pencurian kendaraan. Contoh: Seseorang yang mengendarai mobil terlalu cepat pada waktu hujan lebat yang mengakibatkan kecelakaan.MM 4/26/12 .Sari Ningsih. ü ü Seseorang yang telah mengasuransikan mobilnya. MORALE Hazard  Adalah: Hazard yang ditimbulkan oleh tindakan yang kurang hati-hati sehingga menimbulkan kerugian.S.Si.

.S.Sari Ningsih. Contoh: Kewajiban para pengusaha untuk menutup ASTEK karena ada peraturan PerUUan dengan sanksi hukum yang jelas.4. by. tetapi karena belum adaperaturan yang jelas mengenai jam kerja maka sewenang-wenang.Si.MM 4/26/12 23 .. LEGAL Hazard  Adalah : Hazard yang ditimbulkan karena adanya per Undang-Undang an ataupun Peraturan yang berwajib yang bertujuan melindungi masyarakat justru diabaikan sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya peril.

4/26/12 24 by.MM .Sari Ningsih. sedangkan peril itu sendiri adalah hal yang menimbulkan loss..S.Contoh:  Hubungan antara hazard..Si. peril dan loss sbb: Puntung rokok  kebakaran  kerusakan/kerugian (hazard) v (peril) (Loss) Hazard adalah hal yang menambah kemungkinan terjadinya peril.

Pembagian Hazard Yg dihubungkan dg RISIKO : Risiko Pribadi & Keluarga  Kehilangan Penyebab: Kerugian Hak by.S.Si.MM Milik Ø Kematian 25 Kebakaran 4/26/12 Pendapatan ...Sari Ningsih.

JENIS – JENIS RISIKO: Berdasarkan : Ø Karakteristik Ø Sifat Ø Bidang Ø Tinjauan Asuransi by..Si..Sari Ningsih.S.MM 4/26/12 26 .

kapal tenggelam.MM 4/26/12 27 .Sari Ningsih. by. 2. akan selalu menimbulkan kerugian / kerusakan.dll) RISIKO SPEKULATIF adalah: Risiko yang apabila terjadi dapat menimbulkan kerugian atau keuntungan.v Berdasarkan Karakteristik: RISIKO MURNI ( Pure Risk) Adalah : Setiap risiko apabila terjadi.Si. Contoh: Perusahaan asuransi beroperasi dalam bidang pure risk ( kematian. 1.S... kebakaran .

MM 4/26/12 28 . Risiko yang Bersifat DINAMIS.Si. Adalah: Risiko yang dapat timbul dalam keadaan ekonomi statis yaitu berdasarkan siklus atau trend tertentu sehingga menimbulkan kerugian /kerusakan. by. 1.S. 2.v Berdasarkan SIFAT : Risiko Yang Bersifat STATIS.. Adalah : Risiko yang dapat timbul karena dinamika/ perubahan keadaan ekonomi sehingga menimbulkan kerugian/kerusakan atau mendapat keuntungan.Sari Ningsih..

RISIKO  Tingkat terdiri 3 kategori: 1.Si..RISIKO DINAMIS by.MM Pasar 1.Sari Ningsih.S. Risiko harga MANAJEMEN Ø Risiko  4/26/12 29 ..

Si.  2..MM Kebijaksanaan melakukan perubahan politik yang30 4/26/12 .S.RISIKO DINAMIS Ø 3.Sari Ningsih.. RISIKO POLITIK Ø Usaha untuk INOVASI by.

. 4.v Berdasarkan BIDANG Risiko Kerugian Atas Harta Milik / Penghasilan Risiko Tuntutan Pihak Ketiga Risiko Pemasaran  Perubahan Selera Konsumen Kebijaksanaan pemerintah dibidang moneter 1.MM 4/26/12 31 . by.. 2.Sari Ningsih. Risiko Produksi Kerugian 2 finansial akibat investasi yang dilakukan untuk memproduksi berbagai bentuk produk/jasa. 3.Si.S.

v Berdasarkan BIDANG Risiko Sosial  Dalam Perusahaan : pemogokan . Risiko Keuangan Atas Dana yang tershimpun yang bersumber pada penerimaan premi asuransi . maka perusahaan wajib mengelola dan menginvestasi pada sektor produktif dan aman..MM 4/26/12 32 .S.Si. 5.. 6. by. sabotase dari luar huruhara / pemberontakan.Sari Ningsih.

Ø.MM 4/26/12 . Ø.S. Kebakaran Gempa Bumi Kebanjiran Huru hara Dasarnya: Risiko yang tidak dapat dipastikan 33 by. Ø..Berdasarkan Tinjauan Asuransi: v 1. Adalah : Risiko murni dapat diasuransikan (walaupun tidak seluruhnya) Contoh: Ø.. Risiko Yang Dapat Diasuransikan ( Insurable Risk).Sari Ningsih.Si.

Berdasarkan Tinjauan Asuransi: v 2.S.Sari Ningsih. Risiko Yang Tidak Dapat Diasuransikan ( Uninsurable Risk)  Risiko Spekulatif Contoh: Ø. Ø...MM 4/26/12 . 34 by. Pemasaran produk baru Risiko Dagang Saham Dalam praktek  Sangat tergantung kepada kebijaksanaan masing-masing perusahaan asuransi.Si. Ø.

 KONSEP DASAR RISIKO by.. Sampai Jumpa .MM 4/26/12 35 .S.Si....Click icon to add picture SELESAI.Sari Ningsih...

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful