HAKIKAT IPA

Hakikat Sains atau IPA ada 3 antara lain:

1. Konsep hakikat IPA sebagai proses Proses adalah urutan atau langkah-langkah suatu kegiatan untuk memperoleh hasil pengumpulan data melalui metode ilmiah. Contoh: pengamatan tentang tumbuhan kacang hijau ditempat terang dan ditempat gelap. Tahapan dalam proses penelitian adalah:  Observasi Adalah pengamatan suatu objek berdasarkan ciri-cirinya dengan menggunakan beberapa indera. Contoh: pengamatan ciri-ciri tanaman yang tumbuh ditempat gelap. a. Daunnya kuning kecil

b. Batangnya lebih panjang

c. Lebih cepat tumbuh  Klasifikasi Adalah pengelompokan objek pengamatan berdasarkan perbedaan dan persamaan sifat yang dimiliki. Contoh: klasifikasi tumbuhan ditempat terang dan ditempat gelap a. Bentuk daun

b. Batang tumbuhan

c. Warna tumbuhan

d. Tinggi tumbuhan

Contoh: wadah dan kapas . Variabel control adalah variabel yang dibuat tetap.  Prediksi Adalah memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan kecenderungan atau pola hubungan yang terdapat pada data yang telah diperoleh.  Hipotesis Adalah suatu pernyataan berupa dugaan tentang kenyataan-kenyataan yang terdapat dialam melalui proses pemikiran. Variabel terikat adalah vaktor yang mempengaruhi atau diubah. Contoh: cahaya mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. b. Variabel terdiri dari 3 yaitu: a. Interpretasi Adalah menafsirkan data-data yang telah diperoleh dari kegiatan observasi. Variabel bebas/variabel peubah: faktor yang menjadi penyebab terjadi perubahan terhadap faktor yang lain. berwarna hijau dan pertumbuhannya cepat adalah tumbuhan kacang hijau ditempat terang. Contoh: daunnya kuning kecil pendek dan pertumbuhannya lambat adalah tumbuhan kacang hijau ditempat gelap. sedangkan daunnya lebar panjang.  Mengendalikan variable Adalah mengatur variable sedemikian rupa sehingga perbedaan pada akhir eksperimen adalah benar-benar karena pengaruh variabel yang diteliti. Contoh: kacang hijau akan tumbuh jika ditaruh ditempat yang gelap. Contoh: kacang hijau akan lebih lambat tumbuh jika ditaruh ditempat gelap dan akan lebih cepat tumbuh apabila ditaruh ditempat yang terang. Contoh: tanaman c.

wadah. 2. Menetapkan hipotesis penelitian Contoh: benih kacang hijau yang berada ditempat gelap akan lebih lambat tumbuh apabila benih kacang hijau yang berada ditempat terang. air dan biji kacang hijau d. menetapkan masalah penelitian: menetapkan suatu masalah yang dijawab melalui suatu penelitian. Contoh: dari hasil pengamatan tanaman ditempat terang dan ditempat gelap maka dihasilkan perbedaan antara lain. Merencanakan dan melaksanakan penelitian eksperimen Penelitian dapat dipecahkan menjadi beberapa tahap dan dikembangkan kepada anak didik satu persatu antara lain: a. tinggi tumbuhan c. a. warna tumbuhan IPA sebagai produk ada 4 antara lain: . c. Menetapkan langkah-langkah percobaan serta waktu yang dibutuhkan Contoh: 1. Contoh: pertumbuhan pada kacang hijau b. tabel kerja dan regu kerja. bentuk daun b. tempat. Menetapkan alat dan bahan yang akan digunakan Contoh: kapas. Konsep hakikat IPA sebagai produk Produk adalah hasil yang diperoleh dari suatu pengumpulan data yang disusun secara lengkap dan sistimatis. penyelesaian: penimbangan dan pengukuran  Menetapkan format tabulasi data 2. persiapan: alat. pelaksanaan: penanaman. 3.

sikap mawas diri 7. sikap ingin mendapatkan sesuatu 3. fakta adalah pernyataan tentang benda yang benar-benar ada atau terjadi Contoh: Kupang adalah ibu kota propinsi NTT 2. IPA sebagai sikap ilmiah Beberapa aspek sikap ilmiah yang dapat dikembangkan pada diri anak SD yakni: 1. Konsep adalah kumpulan dari beberapa fakta yang saling berhububgan Contoh: manusia 3.1. sikap berpikir bebas . sikap ingin tahu 2. sikap kerja sama 4. prinsip adalah kumpulan dari beberapa konsep Contoh: tumbuhan akan tumbuh keatas 4. sikap tidak putus asa 5. sikap tidak berprasangka 6. teori atau hukum adalah prinsip-prinsip yang sudah diterima Contoh: teori Jean Peaget 3. sikap bertanggung jawab 8.

sikap kedisiplinan diri .9.