P. 1
RPP BK

RPP BK

|Views: 115|Likes:

More info:

Published by: Dhita Kris Prasetyanti on Apr 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/02/2012

pdf

text

original

RPP BK / bimbingan karir (oleh: Dra.Hj.

Suharti)
February 18, 2008 at 9:45 am Leave a comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN ( SKENARIO LAYANAN BIMBINGAN ) Mata pelajaran : Bimbingan konseling Jenis layanan : Bimbingan karir Kelas / Smester : II / 3 Pertemuan ke : ____________________ Alokasi waktu : 1 x 40 menit Standart Kompetensi : Pemahaman potensi diri Komprtensi dasar : Potensi diri Indikator : Sehat jasmani dan rokhani 1.Tujuan Pembelajaran : Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi yang sehat dalam pengembangan karir II. Materi Ajar : Pemahaman potensi diri secara psikologis dan fisiologis III Metode Pembelajaran : - Diskusi - Pemberian tugas IV.Langkah-langkah Pembelajaran A. Kegiatan Awal : – Guru mengecek presensi siswa. : – Guru menyampaikan tujuan pembelajaran : – Guru menyampaikan materi yang akan disajikan. : – Guru menyampaikan metode yang akan digunakan : – Guru menyuruh siswa untuk membuat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 anak, kemudian menunjuk salah seorang diantaranya untuk menjadi ketua kelompok. Lalu ketua kelompok menunjuk salah satu diantara temannya untuk menjadi seorang sekertaris.

Materi / bahan diskusi. kemuadian ber – musyawarah untuk menentukan ketua kelompok. penuh kebimbangan. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar : – Kertas folio bergaris . dan penuh dengan kegoncangan. namun jasmaninya dinyatakan tidak sehat ? Apa alasannya ? 5. . C.. Secara sosial posisinya marginal dan oleh masyarakat mereka belum diperlakukan sebagai . Ini merupakan masa transisi . Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri. .masing ketua kelompok menyampaikan hasil diskusi didepan kelas secara bergantian. V.Siswa berdiskusi dipimpin oleh ketua kelompoknya masing-masing.Siswa mebuat kelompok . Jangka pendek : Penilaian awal : test lisan Penilaian akhir : test lisan Instrumen Penilaian : SOAL : 1. dipimpin oleh guru. mereka sudah bukan kanakkanak lagi tetapi belum pula dewasa.Siswa yang lain diberi kesempatan untuk bertanya / memberikan sanggahan terhadap pendapat masing-masing kelompok. penuh badai dan topan ( storm and stress ).Pulpen . . . Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri. Apa kaitannya potensi diri dengan kesehatan jasmani dan rokhani anda ? 4.Ketua kelompok menunjuk salah seorang teman dari kelompoknya untuk menjadi sekertaris B. Kegiatan inti : – Guru menyerahkan materi kepada masing-masing ketua kelompok yang selanjutnya materi didiskusikan didalam kelompoknya .OHP dan transparan VI. namun rokhaninya tidak sehat ? Apa alasannya ? MATERI DISKUSI : POTENSI DIRI Sebagai remaja. . Anda tahu apa yang dimaksud dengan potensi diri ? 2. Potensi apa yang anda miliki ? 3.Siswa membuat simpulan yang dibimbing oleh guru. Kegiatan Akhir : – Masing. siswa SLTA berada pada tahap perkembangan jiwa yang pada umumnya sulit. Penilaian A.

menyanyi. melakukan perhitungan dengan angka-angka. Pemberian wawasan pada mereka tentang pilihan – pilihan karir dimasa depan . Prestasi dalam bidang akademis : Program diklat yang mana yang paling baik nilainya. usaha untuk mencari potensi diri ini kemudian memberikan prestise tertentu terhadap dirinya. volly. dan mendorong mereka untuk mempelajari hal-hal penting untuk menjalani tugas – tugas sebagai manusia dewasa. atau menderita penyakit struk. adaptif atau produktif ? . Makin maju dan makin kompleks kehidupan masyarakatnya makin sukar tugas remaja untuk mempelajari tanggung jawabnya. jenis-jenis profesi akan sangat membantu mereka merumuskan cita-cita.alasan mengapa anda memilih cita-cita itu. membuat sistem bekerja dengan lebih baik. mengurus keuangan . Atau dibidang organesasi ? ( mengorganisir orang untuk berbuat sesuatu) . . C. Potensi diri tersebut tidak akan bisa berkembang dengan baik bila tidak ditunjang dengan kesehatan jasmani dan rohani. memmunculkan ide-ide atau pembaharuan. kenali dulu bakat/ potensi/ kemampuan anda. basket. otomatis tidak akan bisa berkembang potensi/ bakatnya tersebut. Dibidang normatif. musik. gaya hidup yang anda harapkan dengan tetwujutnya cita-cita). Bakat/potensi/kemampuan di bidang keahlian apa yang ada pada diri anda ? apakah dibidang : olah raga ( lari. lempar lembing. mengadakan pencatatan dan pembukuan. senam. mendiskusikan ide-ide dengan orang lain). golf. sepak bola. Pada masa ini remaja perlu mempelajari berbagai macam tugas untuk menyiapkan diri memikul tanggung jawabnya nanti dalam masa dewasa. menari). menjelaskan ide-ide kepada orang lain . Sebutkan program diklatnya ! B.manusia dewasa. A. menjual barang / jasa ). dan menyusun strategi untuk meraihnya. memperhatikan orang lain. namun dia mengalami gangguan sakit jiwa. tenes. tenis meja. Atau dibidang kesenian ( menggambar. memecahkan masalahsecara praktis. Pekerjaan apakah yang anda inginkan setelah menamatkan sekolah ? Apa cta-cita anda ? Adakah usaha untuk pencapiannya ? Tulis karangan dengan judul Cita-citaku ( karangan hendaknya berisi tentang makna cita-cita anda ditinjau dari anda dan orang tua . Orang punya bakat menyanyi. cepat menerti persoalan-persoalan minat. Kegiatan ekstra kurikuler apa yang anda ikuti ? . Oleh karena itu remaja harus tahu potensi dirinya. Atau dibidang komunikasi ? ( menolong orang yang menghadapi masalah . pemanah. bulu tangkis. melukis atau menulis. Atau dibidang ketrampilan ( menggunakan mesin atau peralatan. menemukan ide-ide baru. bekerja di luar rumah. catur. bise ball ). bela diri.

Suharti Mengetahui : Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kediri Drs. Suharti Disyahkan oleh : Koordinator BK SMK Muhammadiyah 1 Kediri Dra. Hj. SUYITNO MPd. VII. Hj. TINDAK LANJUT : Membimbing perkembangan potensi masing-masing siswa .B. Jangka Panjang : Observasi terhadap perkenbangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. I. . Guru BK SMK Muhammadiyah 1 Kediri Dra.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->