LAPORAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Dewasa ini, selain dibutuhkan kecerdasan dan kemampuan, juga dibutuhkan pengalaman kerja. Karena dunia kerja saat ini begitu ketat persaingan dan semakin banyak pula lulusan baru dari lembaga pendidikan tiap tahunnya. Dari sekian banyaknya lembaga pendidikan di Malang. Salah satunya adalah PKBI. PKBI merupakan Program Keahlian Bisnis dan Industri yang merupakan lembaga pengabdian masyarakat yang bernaung di bawah Universitas Negeri Malang, yang merupakan lembaga pendidikan 1 tahun dan 2 tahun yang secara umum dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya siap pakai dan ahli dalam bidang tertentu. Dengan melihat perkembangan yang ada, PKBI menyiapkan mahasiswanya menjadi tenaga siap pakai dalam berbagai bidang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. PKBI menyediakan beberapa bidang keahlian, antara lain, Teknik Informatika, Teknik Komputer Jaringan, Komputer Grafis, Komputer Akuntansi, Public Relation, English for Business, dan Produksi Video Digital, yang dalam pelaksanaannya mempunyai tujuan khusus sesuai bidangnya masing-masing. Dalam PKBI, mahasiswa diberikan materi berupa praktek dan teori. Materi praktek sebesar 70% dan materi teori sebesar 30%. Karena nantinya mahasiswa akan disiapkan agar mampu menghadapi dunia kerja. Salah satu upaya adalah dengan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang merupakan alternatif untuk dapat terjun langsung ke lapangan dan

Dalam memenuhi kebutuhan informasi ini maka Perpustakaan sebagai pusat dokumentasi dan informasi dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi agar lebih efisien dan maksimal dalam mencapai tujuan perpustakaan. Dalam pembuatan kartu ini. Dan perpustakaan pun dituntut untuk tanggap dan mengikuti perkembangan informasi. dengan memanfaatkan teknologi informasi. Banyak program komputer yang telah dikembangkan untuk menunjang kinerja para pegawai. Mahasiswa mendapat pengalaman bekerja di lapangan. Penempatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PKBI ditentukan sendiri oleh mahasiswa karena PKBI memberikan kebebasan untuk menentukan sendiri tempat PKL. 2. 3.2 Tujuan PKL Dengan latar belakang di atas. PKBI hanya memberikan referensi tentang daftar nama-nama tempat PKL yang pernah menerima mahasiswa PKBI. para pegawai dapat melayani diri mereka sendiri dalam membuat kartu anggota sehingga tidak membuang waktu dan mengefisiensi waktu. Salah satunya dalam pembuatan kartu anggota. 1.2 memperoleh pengalaman. Para pegawai pun juga dituntut untuk meningkatkan kinerjanya. yang memiliki peranan penting dalam kebutuhan mahasiswa akan informasi. Mahasiswa dapat memenuhi syarat untuk penilaian yang diperlukan dalam perkuliahan. Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan mempunyai tujuan agar: 1. Dengan adanya kegiatan tersebut. mahasiswa dapat belajar tentang bagaimana menerapkan ilmu yang diperoleh di PKBI pada perusahaan atau tempat PKL sesuai bidangnya masing-masing. Dan penulis memilih UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang karena Perpustakaan sebagai lembaga penyedia layanan informasi. . Mahasiswa dapat menerapkan secara langsung ilmu yang diperoleh.

5 Sistematika Penulisan Sistematika Penulisan ini menjabarkan seluruh kegiatan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.3.2 Tujuan PKL 1.2 Bagi UPT Perpustakaan UM program yang dikerjakan dapat diaplikasikan dan berguna di Perpustakaan sebagai sarana penghubung antara perpustakaan dengan lembaga pendidikan 1. penulis membatasi masalah pada penyempurnaan program pembuatan kartu anggota.1 Latar Belakang 1. 1.3 Bagi PKBI sebagai masukan sampai sejauh mana kebutuhan informasi yang dibutuhkan perpustakaan dan mahasiswa.1 Bagi Mahasiswa mengenal bagaimana dunia kerja mengasah dan meningkatkan kemampuan dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar menambah wawasan.4 Batasan Masalah Pada laporan ini. 1. Laporan ini terdiri dari Empat Bab.3.3 Manfaat PKL Dengan tujuan yang dijabarkan di atas.3 Manfaat PKL . Praktek Kerja Lapangan memiliki manfaat bagi masing-masing pihak. dan pengalaman 1. Pembagian disusun secara sistematis untuk mengelompokkan pokok bahasan yang berbeda-beda.3. pengetahuan. Adapun sistematika penulisan dalam laporan ini sebagai berikut: Bab I Pendahuluan 1. 1.3 1.

4 Batasan Masalah 1.5 Metode Pengumpulan Data Bab IV Penutup 4.3 Kegiatan Pelaksanaan 3.2 Visi dan Misi 2.1 Kesimpulan 4.2 Penempatan PKL 3.5 Sistematika Penulisan Bab II Gambaran Umum Instansi 2.1 Sejarah Perpustakaan Universias Negeri Malang 2.6 Staf UPT Perpustakaan UM 2.5 Layanan UPT Perpustakaan UM 2.4 1.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan 3.7 Tata Tertib dan Sanksi UPT Perpustakaan UM Bab III Pelaksanaan Kegiatan PKL 3.2 Saran .4 Data dan Informasi yang Diperoleh 3.3 Struktur Organisasi 2.4 Sarana dan Prasarana 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful