Hubungan yang baik antara dunia pendidikan. Oleh sebab itu. Universitas Lambung Mangkurat. khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Lambung Mangkurat. memerlukan support dunia usaha atau industri untuk tetap dapat mengamalkan ilmu pengetahuan secara nyata. Dunia industri atau usaha membutuhkan lulusan-lulusan universitas yang handal untuk mengelolanya. sebaliknya universitas membutuhkan dunia industri atau usaha sebagai laboratorium nyata untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan. melalui kunjungan pabrik. universitas sebagai lembaga pendidikan. Kesan ini akan diperoleh setelah . memerlukan support dunia industri untuk dapat mengaplikasikannya. Kunjungan pabrik bagi mahasiswa. dengan dunia usaha atau industri memiliki timbal balik yang saling menguntungkan. akan memberikan kesan yang sangat luar biasa terhadap mahasiswa untuk lebih mengamalkan dan memahami kimia di dalam kehidupan sehari-hari. khususnya Program Studi Pendidikan Kimia. PENDAHULUAN Universitas merupakan partner bagi dunia usaha atau industri. tetapi juga berkompeten di bidang industri yang berkaitan dengan ilmu Kimia. sebagai lembaga pendidikan yang bercita-cita membentuk lulusan-lulusan yang tidak hanya berkompeten di bidang pendidikan.Proposal Kunjungan Pabrik Mahasiswa Pendidikan Kimia Peserta Mata Kuliah Kimia Industri FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin I. dalam hal ini universitas. diharapkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia memiliki pengetahuan tentang proses dan produksi industri yang berkaitan dengan disiplin ilmu Kimia. Oleh karena itu.

mahasiswa melihat secara langsung bagaimana sesuatu bahan yang belum dapat dipakai menjadi sebuah bahan yang dapat dipakai serta bermanfaat luas bagi masyarakat banyak. Melalui kunjungan pabrik ini juga. tetapi harus dilengkapi dengan aplikasi langsung. Kunjungan salah satu pabrik selain memiliki yang banyak berkaitan manfaat dengan ini. Kita semua sadar bahwa membangun masyarakat tidak berdasarkan teori yang diterima di belakang meja. melainkan praktek secara langsung ke lapangan. . sebagaimana tertulis di atas. Mahasiswa sebagai pioner di masyarakat tidak hanya memerlukan teori. yaitu para pekerja industri yang sudah berpengalaman dan memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. kunjungan pabrik mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan orang diluar lingkungan sosialnya saat ini. kunjungan pabrik ini juga merupakan instrumen perkuliahan Melalui kehidupan bermasyarakat. meskipun dalam level yang sangat kecil. begitu banyak manfaat dan nilai-nilai positif yang didapat oleh mahasiswa sesaat dan setelah melakukan kunjungan pabrik. Dengan demikian. dalam hal ini melalui kunjungan pabrik. Salah satu pengaplikasian langsung tersebut adalah melalui kunjungan pabrik. melalui kunjungan pabrik ini mahasiswa dapat memulai sebuah pemikiran untuk memanfaatkan segala sesuatu yang tersedia di alam. Dengan melihat secara langsung. maka mahasiswa sebagai pioner dan anggota sosial masyarakat mampu menciptakan sebuah karya yang apik melalui perpaduan antara teori yang diserap di belakang meja dengan pengaplikasian ilmu yang diterima melalui pengalaman langsung. Dengan demikian. mahasiswa dapat menggali tentang ilmu kepemimpinan (leadership) dari pelaku dunia industri.

juga sangat perlu untuk berlatih dan membiasakan hidup dengan bekal kemampuan attitude (sikap. sehingga dapat memacu dan membangkitkan semangat untuk berprestasi setinggi-tingginya guna meraih sukses dalam hidupnya. Agar para mahasiswa dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman kunjungan industri tersebut. disamping penting artinya untuk meningkatkan kemampuan kompetensi sesuai dengan profesinya. Mempererat hubungan antara Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dengan institusi partner guna mengembangkan kerjasama yang lebih konkrit sampai ketingkat MOU tentang kunjungan .II. Agar para mahasiswa dan dosen Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dapat melihat dan merasakan secara langsung aktivitas yang dilakukan di dunia industri yang sesuai dengan mata kuliah Kimia Industri di Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Agar para mahasiswa dapat melihat dan merasakan langsung. 3. 4. dan disiplin yang tinggi) yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik di Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 2. MAKSUD DAN TUJUAN Kunjungan Pabrik bagi mahasiswa semester 5 Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tahun akademik 2011/2012 dimaksudkan : 1. tingkah laku.

Mahasiswa dapat lebih memahami proses destilasi pada proses penyulingan minyak. Memotivasi dan membangkitkan semangat belajar para mahasiswa dan dosen. 4.industri. 2.training bagi dosen-dosen Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin di industri dan informasi lowongan kerja. Memfasilitasi mahasiswa dan dosen Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin untuk dapat melihat dan merasakan secara langsung tentang segala aktivitas yang diterapkan di dunia industri seprofesi. . sehingga dapat mengambil pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga. 3. Kunjungan Pabrik bagi mahasiswa semester 5 Program Studi Kimia FKIP PMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tahun akademik 2011/2012 bertujuan : 1. Membuka cakrawala berpikir para mahasiswa sehingga diharapkan dapat mengambil pelajaran positif tentang bagaimana cara membentuk sikap dan tingkah laku serta kedisplinan kerja sebagai seorang mekanik/teknisi yang berkualitas. dan untuk terus-menerus mampu meningkatkan mengembangkan kemampuan kompetensi sesuai tujuan mata kuliah Kimia Industri guna meraih prestasi terbaik untuk mencapai sukses hidup setinggi-tingginya.

Run Down Kegiatan Hari / Tanggal Selasa. Yos Sudarso No.00 WITA – selesai : PT. Kalimantan Timur. Jl. Pertamina (Persero) Marine UP.00 . V Balikpapan. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada : Hari/Tanggal : Selasa. 17 Januari 2012 (Mohon 087814621225/081349792107) Konfirmasi CP: Waktu Tempat : 09. TEMA KEGIATAN “Bersama PERTAMINA Membangun Sinkronisasi antara Ilmu Kimia dan Industri“ IV.III. Kegiatan Check in Tempat Penginapa Jam 06. Mengunjungi industri minyak di Pertamina Balikpapan. BENTUK KEGIATAN Kunjungan ke Industri Minyak. 1 Balikpapan – 76111 Kalimantan Timur – Indonesia Telepon : (0542) – 731988/7362001 Faxcimile : (0542) 733131 V.

17 Januari 2012 Istirahat Pembukaa n Pengaraha n Observasi Penutupan n WITA 09. Kerja sama yang baik dari semua pihak dalam implementasinya merupakan kunci keberhasilan dalam mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan kunjungan industri. FKIP. PENUTUP Demikian Proposal Kunjungan Industri ini kami susun. Semoga kegiatan ini diridhoi oleh Allah SWT sehingga dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang . VII. PESERTA KEGIATAN Kegiatan kunjungan industri akan diikuti oleh 40 peserta dengan perincian : • • Dosen pembimbing sebanyak 5 orang.00 Pertamina WITA VI. Universitas Lambung Mangkurat. Besar harapan kami semoga kegiatan ini dapat berjalan sebagai mana mestinya. Banjarmasin. Perencanaan merupakan langkah awal dalam penyelenggaraan kunjungan industri bagi mahasiswa dan dosen program studi pendidikan kimia. Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Kimia Industri sebanyak 35 orang.

A1C309007 Pembina Dewi Amferiani NIS. 19621004 198903 1 002 1 002 Drs. 19640428 199103 . M. 6 Desember 2011 Ketua Pelaksana Sekretaris Mohd. Mahdian. Banjarmasin.A1C30904 Dosen Pengasuh Mata Kuliah Kimia Industri Pengasuh I Pengasuh II Drs.Si NIP.maksimal. M.Si NIP. Noorsalim NIM. Terima kasih kami kepada semua pihak yang berkenan membantu terselenggaranya kegiatan ini. Parham Saadi.

Ketua Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat Drs.19641025 1991031003 Ketua Jurusan Pendidikan MIPA .Mengetahui. M. H.Pd NIP. Muhammad Kusasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.