P. 1
Sejarah an Mesin Dan Penemuan Mesin Cetak

Sejarah an Mesin Dan Penemuan Mesin Cetak

|Views: 288|Likes:
Published by Nurul Aini

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nurul Aini on Apr 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2012

pdf

text

original

SEJARAH PERKEMBANGAN MESIN DAN PENEMUAN MESIN CETAK

Oleh: Nurul Aini 100731403657 Wanda Setyo L. 100731405518 Yulia Fatmawati 100731403655

Pengertian Mesin
Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia. Mesin telah mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis. Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama untuk melakukan kerja. Mesin biasanya terdiri dari kerangka mesin dan sejumlah suku cadang mesin yang dipasang di dalam kerangka mesin tersebut.

Perkembangan Mesin

7000 SM
Manusia telah mengenal kegiatan mengayam sejak zaman akhir Mesolitik, namun anyaman tikar diperkirakan pertama kali dihasilkan di Beidha, Jordania .

6000 SM
Kain tenunan sudah dikenal pada tahun 6000 SM di Antonia, Turki.

1035
Memintal benang dari bahan-bahan serat-seratan telah dikenal manusia sejak zaman Neolitik, penggunaan jentera pemital, baru dicatat sejarah untuk pertama kalinya pada tahun 1035 di Cina.

1663
Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1663 Marquis dari Worcester menyatakan (climed) bahwa ia telah menemukan tenaga uap.

1712
Pada tahun 1712, Thomas Newcomen dan Thomas Savery berhasil membuat pompa untuk menaikkan air dari ke dalaman tambang dengan menerapkan torak dan silinder (piston and cylinder) yang digerakkan oleh tenaga uap.

Perkembangan Mesin

1776
1769 1764 1740

1784

1740
Pada tahun 1740, diterapkan sekoci luncur (flying shutt) yang diciptakan John Kay

1764
James Hargeaves pada tahun 1764 memperkenalkan spining jenny, yaitu alat pemintal benang hasil investasi yang memilki sekaligus beberapa sumbu pintal.

Pada tahun 1769, Richard Arkwright memperkenalkan invensinya the water frame, yaitu alat pemintal besar yang digerakkan dengan tenaga air.

1769

Tahun 1776, diilhami pompa Newcomen dan Savery, James Watt berhasil mengembangkan enjin (engine).

1776

Pada tahun 1787, Edmund Cartwright menerapkan tenaga air hasil invensinya pada alat tenun dalam sistem produksi kain miliknya, yang segera diikuti oleh produsen tekstil lainnya.

1787

Mesin Cetak
Sudah sejak lama para pecetak mencari jalan untuk meningkatkan efisiensi penyusunan dengan tangan. Langkah pertama adalah menyusun huruf-huruf cetak sedemikian rupa sehingga huruf-huruf yang paling kerap digunakan di tempat sedekat mungkin dengan si penyusun, kemudian diperkenankan logotypes yaitu suku kata atau kata yang dicetak dengan suatu potongan timah

Penggunaan mesin cetak merupakan sebuah kunci perbedaan teknologi yang memberikan penemu Eropa keuntungan atas rekanan mereka yang berasal dari Cina, yaitu mesin cetak yang berbasis sekrup yang digunakan dalam produksi anggur dan minyak zaitun. Hal ini merupakan kecanggihan mesin kira-kira di tahun 1000, alat yang digunakan untuk mengaplikasikan tekanan di atas bidang yang datar merupakan alat yang biasa digunakan di Eropa.

Kesimpulan
Pada tahun 1700an perkembangan sains dan teknologi telah mencapai taraf yang memungkinkan berlanjutnya subtitusi tenaga kerja manusia dengan perkakas mekanis (tools) dan mesin (machine). Mesin saat ini sangatlah banyak jenisnya salah satunya yang terkenal adalah mesin cetak, mesin cetak ini berkembang sangat pesat. Yang dimulai dari munculnya tulisan yang memberikan suatu lambang (tanda) untuk satu bunyi. Kemudian di betukan dalam suatu tulisan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->