P. 1
Cermin Dan Lensa

Cermin Dan Lensa

|Views: 8,738|Likes:

More info:

Published by: Dhia Tijani Al Chalish on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

Teori Tambahan Cermin dan Lensa A.

Pengertian CERMIN Cermin merupakan suatu benda yang sangat halus dan mampu memantulkan cahaya. Cermin adalah benda yang dapat memantulkan hampir seluruh cahaya yang datang. Cermin dibagi menjadi tiga bagian 1. Cermin datar, adalah cermin yang permukaan pantulnya berupa bidang datar. Permukaan cermin datar sangat halus dan memiliki permukaan yang datar pada bagian pemantulannya, biasanya terbuat dari kaca. Di belakang kaca dilapisi logam tipis mengilap sehingga tidak tembus cahaya. 2. Cermin cembung, merupakan cermin konveks atau cermin negative. Pada cermin cembung, bagian mukanya berbentuk seperti kulit bola, tetapi bagian muka cermin cembung melengkung ke luar. Titik fokus cermin cembung berada di belakang cermin sehingga bersifat maya dan bernilai negatif. Cermin cembung memiliki sifat menyebarkan sinar (divergen). Jika sinar-sinar pantul pada cermin cembung kamu perpanjang pangkalnya, sinar akan berpotongan di titik fokus (titik api) di belakang cermin. Pada perhitungan, titik api cermin cembung bernilai negatif karena bersifat semu. 3. Cermin cekung, merupakan cermin konkaf atau cermin positif. Cermin cekung memiliki permukaan pemantul yang bentuknya melengkung atau membentuk cekungan. Garis normal pada cermin cekung adalah garis yang melalui pusat kelengkungan, yaitu di titik M atau 2F. Sinar yang melalui titik ini akan dipantulkan ke titik itu juga. Cermin cekung bersifat mengumpulkan sinar pantul atau konvergen. Ketika sinar-sinar sejajar dikenakan pada cermin cekung, sinar pantulnya akan berpotongan pada satu titik. Titik perpotongan tersebut dinamakan titik api atau titik fokus (F). Ketika sinar-sinar datang yang melalui titik fokus mengenai permukaan cermin cekung, ternyata semua sinar tersebut akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama. Akan tetapi, jika sinar datang dilewatkan melalui titik M (2F), sinar pantulnya akan dipantulkan ke titik itu juga.

LENSA Lensa adalahbenda tembus cahaya yag terdiri atas dua bidang lengkung atau satu bidang datar dan satu bidang lengkung

Lensa cembung ( positif ) = konves, macam-macamnya

1. Cembung cembung (bikonveks ) 2. Cembung datar ( plankonveks ) 3. Cembung cekung ( konkaf – konveks )

Lensa cekung ( negative ) = konkaf, macam-macamnya

1. Cekung cekung ( bikonkaf ) 2. Cekung datar ( plankonkaf ) 3. Cekung cembung ( konveks – konkaf )

akan dipantulkan melalui titik fokus cermin. Sinar yang datang melalui titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama. . Sinar yang datang sejajar sumbu utama.  Sifat bayangan pada cermin cekung Sinar istimewa pada cermin cekung adalah: 1. Sifat-Sifat Bayangan  Sifat bayangan pada cermin cembung Sinar istimewa pada cermin cembung adalah: a. Sinar datang menuju titik M (2F) akan dipantulkan seolah-olah dari titik itu juga. Sinar yang datang melalui titik pusat kelengkungan cermin. 3. 2. C. Sinar dating seolah olah menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama. c. cermin bersifat memantulkan cahaya(reflector) sedangkan lensa bersifat membuaskan atau meneruskan cahaya(refactor).B. b. akan dipantulkan melalui titik pusat kelengkungan juga. Perbedaan Cemin dan Lensa Perbedaan antara lensa dan cermin adalah dari segi sifatnya terhadap cahaya ataupun bayangan. Sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah dari titik fokus. Yaitu.

tetapi terbalik.terbalik dan lebih kecil. Bila benda diletakkan di antara titik F dan cermin.  Sifat bayangan pada lensa cembung Sinar istimewa pada lensa cembung adalah : 1. Bila benda diletakkan di antara C dan F Bayangan benda (Object) akan lebih besar dan terbalik. Bayangan benda (Object) terletak dibelakang cermin cekung (maya). Nyata. lebih besar dan tidak terbalik (tegak) Bila benda tepat kelengkungan) pada titik C (pusat Bayangan benda (object) sama besar dengan bendanya.Bila benda berjarak lebih besar dari R. Sinar yang datang sejajar sumbu utama lensa akan dibiaskan melalui titik fokus . Bayangan benda (Object) akan berada diantara C dan F.

Sinar yang datang melalui titik pusat lensa akan diteruskan tanpa pembiasan  Sifat bayangan pada lensa cekung Pada lensa cekung juga terdapat 3 sinar istimewa. Bayangan bersifat maya (di belakang cermin) . Sinar yang datang melalui titik pusat lensa akan diteruskan tanpa pembiasan. Sinar yang datang melalui titik fokus akan dibiaskan sejajar sumbu utama lensa 3. Sinar yang datang melalui titik fokus pasif (f2) akan dibiaskan sejajar sumbu utama lensa. 2. yaitu : 1.  Sifat bayangan pada cermin datar Sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah : 1. Sinar yang datang sejajar sumbu utama lensa akan dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus.2. 3. Jarak bayangan ke cermin (s') = jarak benda ke cermin (s) 2. Sama besar dan berlawanan arah (perbesarannya = 1 kali) 4. Tinggi bayangan (h') = tinggi benda (h) 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->