A. PERMINTAAN BARANG DAN JASA 1.

Pengertian Permintaan Permintaan adalah kesediaan pembeli untuk membeli berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. 2. Faktor Penentu Permintaan Yang Dianggap Tidak Berubah a. Selera b. Pendapatan Konsumen c. Harga barang/jasa pengganti d. Harga barang/Jasa pelengkap e. Perkiraan Harga di masa dating f. Intensitas Kebutuhan Konsumen 3. Kurva permintaan Kurva permintaan menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Kurva permintaan bergerk miring dari kiri atas ke kanan bawah, artinya apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta naik. Sebaliknya, apabila harga naik mka jumlah barang yang diminta turun. 4. Hukum Permintaan Hukum permintaan adalah apabila harga naik, jumlah barang yang diminta turun, dan apabila harga turun, jumlah barang yang diminta naik.hukum permintaan berlaku berdasarkan sejumlah anggapan atau pengandaian. a) Dua Anggapan dalam Hukum Permintaan  Jumlah barang yang diminta dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tingkat harga. Hokum permintaan tidak memperhatikan pengaruh jumlah barang yang diminta terhadap tinggi rendahnya tingkat harga.  Faktor-faktor selain harga yang dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta dianggap tetap, ceteris paribus. Dua alasan penting yang menyebabkan turunnya jumlah barang yang diminta  Kenaikan harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen, yang kemudian mengakibatkan jumlah barang yang diminta menjadi turun.  Kenaikan harga suatu barangmendorong seorang konsumen untuk membeli barang pengganti yang harganya relatif lebih murah 5. Macam Permintaan a. Permintaan menurut daya beli  Permintaan efektif  Permintaan potensial b. Permintaan menurut Jumlah Subjek Pendukung

2. Teknologi c. Jumlah barang dan jasa yang diminta sebelum harga berubah dilambangkan dengan Qo (Quantity =jumlah) Harga sebelum berubah dilambangkan dengan Po (P = Price = harga) Perubahan jumlah barang dan jasa yang diminta dilambangkan dengan ∆Q Perubahan harga dilambangkan dengan ∆P. ∆Q o Rumus Koefisien Elastisitas Permintaan Lima macam elastisitas permintaan 1. Enam Penentu Penawaran Yang Dianggap Tidak Berubah a.  Elastisitas Permintaan Permintaan individual Permintaan pasar Elastisitas Permintaan adalah kepekaan perubahan jumlah barang dan jasa yang diminta terhadap perubahan harga. 2.       Elastisitas permintaan dilambangkan dengan ed (e = elasticity =elastisitas. jika ed = 0 Permintaan elastis sempurna. jika ed = 1 Permintaan elastis. Perkiraan harga di masa dating . 4. 5. jika ed = ~ (tidak terhingga) B. jika ed >1 Permintaan inelastis (tidak elastis). Permintaan elastis uniter. Biaya produksi b. Pengertian penawaran Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. d = demand = permintaan). 3. Koefisien elastisitas permintaan dapat dihitung dengan membandingkan presentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan presentase perubahab harga. jika ed < 1 Permintaan inelastis sempurna. PENAWARAN BARANG DAN JASA 1. Harga barang/jasa pengganti d. Pajak e.

3. Membantu menentukan penawaran . 4. 4. 5. Menggerakkan pengusaha untuk bereaksi terhadap perubahan permintaan c.f. Menunjukkan perubahan kebutuhan masyarakat b. Mempengaruhi Janis dan jumalah faktor produksi yang harus disediakan d. Apabila kurva penawaran bergeser ke kanan. Elastisitas Penawaran Elastisitas penawaran adalah kepekaan perubahan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan terhadap perubahan harga. jumlah barang yangditawarkan naik. jika ed >1 Permintaan inelastis (tidak elastis). Tujuan perusahaan 3. 2. HARGA PASAR 1. jika ed = ~ (tidak terhingga) C. Kurva Penawaran Kurva permintaan menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga. Pengertian Harga Harga pasar : harga dimana jumlah barang dan jasa yang diminta pada waktu tertentu sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Peranan Harga Pasar Dalam Perekonomian a. 5. Rumus Koefisien Elastisitas Penawaran Elastisitas penawaran dapat dibagi menjadi lima macam 1. 2. berarti terjadi kenaikan permintaan. jika ed < 1 Permintaan inelastis sempurna. dan apabila harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Permintaan elastis uniter. Hukum Penawaran Hukum penawaran adalah apabila harga naik. jika ed = 0 Permintaan elastis sempurna. berarti terjadi penurunan penawaran. Apabila kurva penawaran bergeser ke kiri. jika ed = 1 Permintaan elastis.

sedangkan penjual mengajukan penawaran. Proses Terbentuknya Harga Pasar Harga pasar dapat dicapai melalui proses kesepakatan antara pembeli dan penjual. Akibatnya. Kedua belah pihak melakukan tawar menawar. sedangkan jumlah yang ditawarkan akan tinggi. Sebaliknya. a. apabila harga terlalu tinggi. jumlah yang diminta akan tinggi.3. jumlah yang diminta akan rendah. b. Apabila harga terlalu rendah. muncul dorongan untuk menaikkan harga. sedangkan jumlah yang ditawarkan akan rendah. . Akibatnya. Pembeli mengajukan permintaan. Kedua proses tersebut berlangsung terus sampai diperoleh tingkat harga di mana jumlah barang dan jasa yang diminta persis sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. muncul dorongan untuk menurunkan harga pasar agar barang dan jasa yang ditawarkan dapat diterima pasar.