RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah Mata Pelajaran Aspek Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi : 2. : SD No.

3 Kampung Baru : IPS : Menulis : 3 x 35 menit Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi. B. C. Kompetensi Dasar Indikator : 2.4 Mengenal permasalahan sosial di daerahnya. : 2.4.4 Menjelaskan pengertian masalah sosial. 2.4.5 Menyebutkan contoh-contoh masalah sosial. 2.4.6 Menjelaskan cara mencegah masalah sosial. D. Tujuan Pembelajaran Kompetensi 1. 2. Melalui diskusi dan tanya jawab siswa mampu membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua. Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya. H. Materi Pembelajaran Masalah sosial adalah masalah yang ada di masyarakat yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat di sekitarnya. Masalah-masalah sosial di lingkungan setempat adalah sebagai berikut. 1. Masalah-masalah kependudukan Masyarakat yang tinggal atau mendiami suatu wilayah tertentu disebut penduduk.. Tingginya kepadatan penduduk menyebabkan masalah-masalah sosial seperti pengangguran, kemiskinan, rendahnya pelayanan kesehatan, dan lain-lain. Pemerintah terus berupaya mengatasi masalah-masalah kependudukan di atas. Upaya yang sudah dijalankan pemerintah antara lain: (1) menekan laju pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana, (2) melaksanakan program transmigrasi, (3) meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, (4) Membuka lapangan kerja sebanyak mungkin, dan sebagainya.

Kelas / Semester : V / I

korupsi. pembunuhan. perampokan. dan sebagainya. Gambar seseorang yang sedang mencuri 3. Di banyak tempat banyak warga yang biasa membuang sampah ke sungai dan saluran air. masyarakat bisa mengadakan ronda pada malam hari. Tindak Kejahatan Contoh tindak kejahatan adalah pencurian. Sungai dan aliran air menjadi mampet. hasil hutan. Untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencurian. penjambretan. ada yang mencuri ternak. hasil pertanian. Perampokan dan penodongan menggunakan senjata api sering terjadi di kota besar. Untuk itu kita harus membuang samapah pada tempatnya. pencopetan. Gambar pencemaran lingkungan .Gambar kepadatan penduduk 2. Misalnya. Pencemaran Lingkungan Masalah lain berkaitan dengan masalah sosial adalah membuang sampah sembarangan. dan penculikan. pemalakan. Di desa pun sering terjadi pencurian. Banyaknya tindak kejahatan menciptakan rasa tidak aman. Akibatnya. sering terjadi banjir jika hujan lebat.

1 Langkah-langkah Pembelajaran Struktur Guru Kegiatan Awal (5 menit) a. Penyalahgunaan narkoba dan alkohol Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Oleh karen itu kelangkaan barang-barang termasuk masalah sosial. Gambar kelangkaan BBM I. menghilangkan rasa sakit. – Guru melakukan – Siswa mengucapkan salam. No. heroin. Zat-zat itu perlahanlahan merusak tubuh pemakainya. – Siswa menganjungkan Kegiatan Pembelajaran Siswa . dan kokain. Penyalahgunaan narkoba menjadi masalah sosial yang sangat serius. Zat-zat yang tergolong narkoba umumnya dipakai dalam dunia medis. 5. Koordina si kelas – Guru mengucapkan salam. Cara agar barang-barang tidak langka yaitu kita harus menggunakannya dengan sehemat mungkin. Ceramah Diskusi Tanya jawab Penugasan Model Pembelajaran – Kooperatif tipe Snowball Throwing K. Pemerintah mempunyai tugas memastikan bahwa persediaan barang-barang kebutuhan sehari-hari cukup. dan meningkatkan rangsangan. Kelangkaan barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari Kelangkaan barang kebutuhan sehari-hari meresahkan masyarakat. Pemakai narkoba akan kecanduan.4. Narkotika adalah obat untuk menenangkan syaraf. Siapa pun yang menggunakannya untuk tujuan di luar tujuan pengobatan (medis) tergolong tindakan yang salah. Metode Pembelajaran – – – – J. contohnya morfin.

– Guru memberikan selembar kertas kepada tiap siswa. – Siswa mendengarkan penjelasan guru 2 Kegiatan Inti (45 menit) a.pengabsenan. perampokan. pembunuhan. – Siswa menjawab pertanyaan guru. – Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya dan mendiskusikan materi yang telah diberikan. “pencurian. – Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran. – Siswa menerima kertas dari guru dan menulis sebuah pertanyaan tentang materi yang sudah di didiskusikan. – Guru menyuruh siswa meremas kertas yang berisi pertanyaan sehingga menyerupai bola kemudian – Siswa membentuk kelompok dan masing-masing ketua kelompok ke depan untuk mendengarkan penjelasan tentang materi yang akan didiskusikan. penipuan. – Siswa mendengarkan penjelasan guru. korupsi. b. “termasuk”. – Siswa menyiapkan perlengkapan untuk belajar. Aperseps i – Guru bertanya kepada siswa “anak-anak pernahkan kalian menonton berita di TV? berita apa saja yang ada di TV? – Guru bertanya kepada siswa “jika di desa kalian terjadi pencurian termasuk masalah apa tidak?” – Guru mengaitkan jawaban siswa ke materi yang akan dipelajari. Elaborasi – Siswa meremas kertas yang berisi pertanyaan sehingga menyerupai bola dan melemparkannya ke . Eksplora si – Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok dan memanggil masingmasing ketua kelompok untuk diberi penjelasan tentang materi yang akan didiskusikan. – Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. b. dan lainlain. tangan. – Guru menyuruh masingmasing ketua kelompok untuk kembali ke kelompoknya dan mendiskusikan materi yang telah diberikan sebelumnya. kemudian menyuruh siswa menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi yang telah didiskusikan. – Siswa menjawab pertanyaan guru.

c. – Siswa menerima penguatan dari guru. – Siswa bersama guru membahas pertanyaan temannya. – Siswa mengerjakan soal evaluasi – Siswa mencatat PR yang diberikan oleh guru. Jakarta: Depdiknas. 3 Kegiatan penutup (20 menit) – Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari – Guru merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung – Guru meberikan soal evaluasi – Guru memberikan tindak lanjut berupa PR – Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. – Siswa menjawab pertanyaan yang ada di dalam bola. – Guru bersama siswa membahas pertanyaan siswa. M. – Guru memberikan kesempatan ke pada siswa yang sudah mendapat bola untuk menjawab pertanyaan yang ada di dalam bola tersebut. – Siswa merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung. Penilaian . – Guru memberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi yang belum dimengerti. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV . 2008. Sumber : Hisnu. Media dan Sumber Belajar Media : berbagai gambar masalah sosial. – Siswa bertanya terkait materi yang kurang dimengerti. Konfirma si – Guru mempersilakan siswa lain untuk menanggapi jawaban temannya. L. siswa yang lain.melemparnya ke siswa lain. Tantya dan Winardi R. – Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa. – Siswa yang lain menanggapi jawaban temannya.

3 skornya 2 Skor maksimal = 10 Rubrik Penilaian Untuk soal no. 3. Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh instrument 1. pembunuhan. b. Agar pencurian tidak terjadi yaitu dengan cara melakukan kegiatan ronda setiap malam. Masalah sosial adalah masalah yang ada di masyarakat yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat di sekitarnya. Pensekoran Soal no. lembar observasi : Jawablah pertanyaan di bawah ini ! Jelaskan Apakah yang dimaksud dengan masalah sosial! Sebutkan 5 contoh masalah sosial? Jelaskan bagaimana cara mencegah agar masalah sosial seperti pencurian tidak terjadi! Kunci jawaban : 1. penipuan. 3. : tertulis. 2 Ketentuan Menjawab 5 dengan benar Menjawab 4 dengan benar Skor 5 4 Skor 3 2 1 0 . c. 1 skornya 3 Soal no. 2 skornya 5 Soal no. 1 Ketentuan Menjawab sempurna Menjawab kurang sempurna Menjawab tapi salah Tidak menjawab Untuk soal no. perampokan. korupsi. Lima contoh masalah sosial: pencurian. 2. 2. observasi : essay.a.

Jumlah Skor 0 1 Keterangan: Skor 5 jika kelima aspek dilakukan oleh siswa (sangat aktif).. ..... Skor 2 jika siswa hanya melakukan dua aspek dari kelima aspek (kurang aktif)..Menjawab 3 dengar benar Menjawab 2 dengan benar Menjawab 1 dengan benar Menjawab tapi salah Untuk soal no.... Pada saat siswa kuranng memahami materi tertentu........... Skor 4 jika salah satu aspek tidak dilakukan oleh siswa (aktif)... 3 Ketentuan Menjawab dengan benar Menjawab tetapi kurang tepat Tidak menjawab 3 2 1 0 Skor 2 1 0 Tabel Observasi Aktivitas Belajar Siswa SKOR NO 1 2 3 4 5 ASPEK YANG DIAMATI Pada saat guru menjelaskan siswa aktif menyimak penjelasan guru. Pada saat guru bertanya siswa aktif menjawab. Pada saat siswa berdiskusi siswa aktif saling memberikan pendapat.. Skor 3 jika siswa hanya melakukan tiga aspek aktivitas (cukup aktif)... NILAI = TOTALSKOR X 100 2 Kriteria skor siswa: 85 – 100 = Tuntas (Amat baik) 75 – 84 = Tuntas (Baik) 65 – 74 = Tuntas (Cukup) 55 – 64 = Belum Tuntas (Kurang) 45 – 54 = Belum Tuntas (Sangat Kurang) 35 – 44 = Belum Tuntas (Amat Sangat kurang) Singaraja.. Pada saat guru memberikan tugas siswa aktif mengerjakan. siswa aktif bertanya. ...

Pd NIP 195002031979031001 I Nyoman Arcana.......... M. Dosen Pembimbing II Drs. H..Pd.... S..... S....... SST..Ag...Peneliti Guru Mata Pelajaran IPS I Kadek Agus Artana NIM 0811031369 Mengetahui Dosen Pembimbing I Bu Karmila NIP........Pd NIP 194912311976021004 .. Syahruddin. M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful