1. Hepaticopsida/Lumut Hati.

Gambar Lumut Marchantia polymorpha Contoh lumut hati yang lain adalah Marchantia geminata, Anthoceros natans, Ricceia natans, dan Marchantia polymorpha. 2. Bryopsida/Lumut Daun.

Gambar Bagian-bagian tumbuhan lumut daun Contoh species lumut daun yang terkenal adalah Sphagnum sp. Kebanyakan lumut ini tumbuh di rawa-rawa yang membentuk rumpun atau bantalan yang dari tiap-tiap tahun tampak bertambah luas sedangkan bagian bawah yang ada dalam air mati berubah menjadi gambut yang membentuk tanah gambut. Jenis tanah ini bermanfaat untuk menggemburkan medium pada tanaman pot dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

karena inilah lumut disebut sebagai vegetasi perintis.Sejak dahulu. d) Beberapa jenis lumut sudah dapat dimanfaatkan. Lumut Kerak (Lichenes) Lumut kerak yang talusnya seperti kerak dan melekat erat substratnya dinamakan krustosa. misalnya Usnea (lumut janggut) yang melekat pada pucuk pohon di daerah pegunungan.3. mengurangi bahaya banjir. . c) Lumut yang sudah mati pun dapat dimanfaatkan menjadi penambat zat organik dalam tanah sehingga tanah tersebut akan menjadi subur dan cocok untuk tumbuhan lainnya. yang merupakan bahan antibiotik. Jika talusnya berbentuk seperti daun dinamakan foliosa. Jika bentuk talusnya tegak seperti semak atau mengantung seperti pita/jumbai dinamakan fruktikosa. Peranan Lumut bagi Kehidupan : a) Lumut yang hidup di atas batu-batuan lama kelamaan akan menyebabkan batu hancur menjadi tanah karena rizoidnya dapat menembus permukaan batuan tersebut. misalnya Parmelia. dan mampu menyerap air sehingga dapat menyediakan air pada musim kemarau.Sphagnum sebagai bahan pembalut dan sumber bahan bakar. secara bertahap akan membentuk tanah yang baru sebagai tempat untuk tumbuh tanaman lainnya. Selanjutnya. Usnea dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena mengandung asam usnin. misalnya : Marchantia sebagai obat penyakit hati. misalnya Physcia. b) Lumut yang hidup di hutan-hutan atau di atas permukaan tanah dapat mencegah erosi.

melingkar. misalnya paku tapal kuda (Equisetum debile). KLASIFIKASI TUMBUHAN PAKU 1) Psilophyta (Paku Telanjang) Berdasarkan ciri-ciri tersebut. Contoh jenis paku ini adalah suplir (Adiantum cuneatum). Selaginela sp. Gambar : Equisetum sp. dan berbentuk sisik. 3) Equisetophyta (Paku Ekor Kuda). misalnya Lycopodium elavatum. daunnya terdapat di setiap buku. 3) Tumbuhan Paku Peralihan.Contohnya paku semanggi (Marsilea). Gambar : Selaginela sp. 2) Tumbuhan Paku Heterospora. Tumbuhan ini sampai sekarang masih hidup. umumnya berupa herba yang menyukai tempat-tempat lembap.Tumbuhan paku ini dianggap sebagai bentuk peralihan antara paku homospora dan heterospora. biasanya hidup di dataran tinggi. 2) Lycopodiophyta (Paku Kawat/Paku Rambut) Sporangium terdapat pada ketiak daun dan berkumpul membentuk seperti kerucut yang disebut strobilus. maka tumbuhan paku dinamakan paku telanjang. . paku rane (Selaginella).1) Tumbuhan Paku Homospora.Dari hasil pengamatan dan penelitian diketahui bahwa ternyata tumbuhan ini ada yang mempunyai spora berumah satu dan berukuran sama besar yang dinamakan paku homospora/isospora. Paku ekor kuda mempunyai daun-daun kecil seperti selaput dan tersusun seperti karang. misalnya Rhynia major dan Psilotum.

ekor merak (Adiantum farleyense). dapat juga dimanfaatkan untuk sayur. Gambar : Paku sejati Peranan Tumbuhan Paku bagi Kehidupan : a) Suplir (Adiantum cuneatum). Bahkan pada zaman dahulu fosil tumbuhan paku ini membentuk batu bara yang dapat digunakan untuk bahan bakar. bahkan ada yang digunakan untuk bahan obat-obatan. misalnya semanggi (Marsilea crenata). d) ada yang digunakan untuk pupuk hijau.Tumbuhan ini sering digunakan untuk tanaman hias. Lycopodium clavatum. yaitu pada epidermis paku ekor kuda karena berstruktur kasar dan mengandung silikon dioksida.4) Pterophyta (Paku Sejati) Suplir (Adiantum cuneatum). yaitu Azolla pinnata yang bersimbiosis dengan Anabaena azollae. yang dapat mengikat nitrogen bebas dari udara. paku tiang (Alsophila galuca). misalnya Dryyopteris filix-mas. dan sarang burung (Asplenium nidus). e) Ada yang memanfaatkan untuk alat penggosok dan pembersih. c) untuk obat-obatan. . misalnya semanggi (Marsilea crenata). paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum). b) Ada pula yang dimanfaatkan untuk sayuran. ekor merak (Adiantum farleyense). paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum). dan paku tiang (Alsophila galuca) dapat pula digunakan untuk tiang bangunan. misalnya Dryyopteris filix-mas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful