Banyak cara untuk menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan.

Dari banyak cara ini, kita perlu memilih mana yang paling tepat dan sesuai bagi kita atau anak-anak kita. Kami di APIQ terus mengadakan riset bagaimana cara yang paling asyik untuk menghitung akar kuadrat. Kami, APIQ, berbahagia karena telah menemukan cara menghitung akar kuadrat dengan permainan. Anak-anak usia dini, usia 4 atau 5 tahun, dapat memainkan permainan APIQ ini dengan bonus dapat menghitung akar kuadrat. Mari kita coba pelajari berbagai macam cara menghitung akar kuadrat. 1. Cara coba-coba. Ini adalah cara paling umum untuk menyelesaikan hitungan akar kuadrat. Cara ini sangat cocok bagi anak-anak, kita, yang telah lancar menghitung kuadrat atau perkalian. Misal kita akan menghitung akar (kuadrat) dari 64. Maka kita coba 5×5 = 25 (terlalu kecil). Coba 9×9 = 81 (terlalu besar). Coba 7×7 = 49 (terlalu kecil). Coba 8×8 = 64 (betul). Jadi kita peroleh akar 64 adalah 8. 2. Cara faktorisasi. Cara ini cukup menarik dan taktis. Misal, berpakah akar dari 64? Maka 64 = 2×32 = 2x2x16 = 4×16 Maka akar 64 = akar 4 x akar 16 =2x4 = 8 (Selesai). Cara faktorisasi ini sangat berguna sampai pelajaran matematika tingkat tinggi. Ketika duduk di bangku SMA, kita sering menggunakan cara faktorisasi. Ketika kuliah kalkulus, kita juga sering menggunakan cara faktorisasi. Misal, berapa akar dari 72? Maka 72 = 9×8 = 9x4x2 Jadi akar 72 = 3x2x akar 2 = 6akar2 = 6√2. 3. Cara pendekatan. Cara ini adalah variasi dan lanjutan dari cara coba-coba. Setelah berlatih beberapa kali, kita akan sangat mahir dengan cara ini. Cara pendekatan ini sangat dahsyat untuk menghitung akar yang nilainya cukup besar. Misal, berapakah akar dari 1681?

Pendekatan paling masuk akal adalah 40×40 = 1600. Karena satuan dari 1681 adalah 1 maka satuan dari akarnya tentu 1 atau 9. Dalam hal ini kita memilh 1. (Mengapa?). Jadi kita peroleh jawaban 40+1 = 41 Misal, berapakah akar dari 3364? Pendekatan paling masuk akal adalah 50×50 = 2500. (sedangkan 60×60 = 3600, terlalu besar). Karena satuan dari 3364 adalah 4 maka satuan dari akarnya adalah 2 atau 8. Dalam hal ini kita memilih 8. (Mengapa?) Jadi kita peroleh jawaban 50+8 = 58. 4. Dan lain-lain. Tentu masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghitung akar kuadrat. Teruslah berkreasi. Temukan cara yang paling sesuai untuk anak Anda. Bagi siswa-siswa APIQ, materi menarik akar kuadrat termasuk materi yang sangat disukai. Menarik akar tampak seperti sulit. Tetapi begitu paham caranya ternyata sangat mudah. Apa lagi bila belajarnya sambil bermain. APIQ juga mengembangkan cara menarik akar pangkat 3 (akar kubik) yang asyik. trick nya adalah : Spoiler for Trick: 1) 23 x 27 --> 2 3 <---> 2 7 <-______x 621 2) 36 x 34 --> 3 6 <---> 3 4 <-______x 1224

tricknya : angka depan dikalikan dengan rumus : n x (n+1) angka belakang dikalikan seperti biasa. bila dijumlahkan genap 10. maka dari 2 contoh tersebut : 1) 23 x 27 __________ 2 x (2+1) = 6 3 x 7 = 21 maka hasilnya 621 2) 36 x 34 ___________ 3 x (3+1) = 12 6 x 4 = 24 maka hasilnya 1224 contoh lain : 78 x 72 7 x (7+1) = 56 8 x 2 = 16 maka hasilnya adalah 5616 (buktikan dengan kalkulator) .Penjelasan : angka depan yang bewarna biru harus dalam puluhan yang sama. dan angka belakang yang bewarna merah.

dst Ok ayo kita mulai ... misal 11x21=231 11x54=594 caranya jumlahin aja 2 angka yg di kaliin sama 11. trus hasilnya taro di tengah".... gini 11x21=231 jadi 2+1 dijumlahin=3 trus 3 nya taro di antara 2 sama 1= jadi 231 dehh contoh lain: 11x54=594 5+4=9.. 6+1..contoh lain : 82 x 88 = 7216 Biasa perkalian tersebut muncul di acara seperti cepat tepat. 7+2. mohon mangap kalo salah/ repost tapi setau ane ni cuma berlaku sama angka2 yg kalo di jumlahin kurang dari 10 misal 3+2. ketemu deh hasilnya mau share ajah. atau kuis2 akademik lainnya yang memerlukan perhitungan dengan cepat. Terkadang tidak sedikit angka2 seperti itu muncul di soal ujian. taro ditengah" angka 5 sama 4.

Ayo coba contoh yang lebih sulit: 46×9 = 46× (10-1) = 460-46 = 414. artinya kita mengalikan dengan 100-1. kalian semua pasti tahu bahwa perkalian 999 sama dengan perkalian 1000-1 38×999 = 38 x (1000-1) = 38000-38 = 37962. Masih bisa ngikuti? ayo kita lanjut 2. Kalo udah gitu. 99. Jadi. Jadi. Perkalian 9. Tuliskan angka 7. . atau 999 Mengalikan dengan 9 sebenarnya adalah mengalikan dengan 10-1. 9×9 sama saja dengan 9 x (10-1) = 9×10-9 = 90-9 = 81. kecuali bagi angka yang ada di bagian ujung Lebih jelasnya gw jelasin di bawah ini : untuk perkalian 436 dengan 11 mulailah dari kanan ke kiri (selalu dari kanan ke kiri ya) Pertama tulis 6 lalu jumlahkan 6 dengan angka di sebelahnya yaitu 3 sehingga didapatkan angka 9 Tuliskan 9 disebelah kiri 6. Perkalian 11 Perkalian 11 artinya kita menjumlahkan sepasang angka.1. Untuk perkalian 99. Lalu jumlahkan 3 dengan 4 untuk mendapat angka 7. Satu contoh lagi: 68×9 = 680-68 = 612. 46×99 = 46 x (100-1) = 4600-46 = 4554.

(4)(4+6)(6+5)(5+7)(7). Hehehe. Ayo kita buat contoh yang lebih sulit: 3254×11.Terakhir tuliskan angka yang paling kiri yaitu 4. Terakhir angka paling kiri. Tuliskan 2 dan simpan angka 1. Lalu 5+7=12. Mulai dari kanan tuliskan angka 7. 25. or 125 Perkalian dengan 5 sama saja mengalikan dengan 10 lalu di bagi 2. So. (3)(3+2)(2+5)(5+4)(4) = 35794. Jadilah.ayo jalan lagi 3. mantepkan? ini masih ga terlalu sulit.. 6+5 = 11. tambahkan dengan 1 yang tadi kita simpan. Sekali lagi tuliskan 2 dan simpan 1. Jadi.. 4657×11 = 51227 . tambah 1 yang tadi kita simpan = 11. Ingat selalu mulai dari kanan ke kiri yak! Sekarang contoh yang lebih sulit lagi: 4657×11. tuliskan 1 dan simpan 1. 4+6 = 10. 4. tambah 1 yang tadi kita simpan = 12. CATATAN : Untuk perkalian dengan 10 cukup tambahkan 0 di dibagian belakang angka Contoh : 1000 x 5 = 5000 . Perkalian 5. 436×11 = 4796.

.. 4. Untuk perkalian 125. CATATAN : Untuk pembagian dengan 4. (14 .. kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak tiga kali 32×125 = 32000/8 = 16000/4 = 8000/2 = 4000. sama saja kita kalikan dengan 100 (tambahkan dua angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 4.jadi metode ini bisa dipakai) Pertama kita cari angka tengah antara 12 dan 14.Lagi. 12×5 = (12×10)/2 = 120/2 = 60. atau 6 Untuk perkalian seperti ini gw langsung kasi contoh ya Ambil contoh : 12×14.. Juga. Mudah kan? hehehe melangkah lagi! 4. CATATAN : Untuk pembagian dengan 8.So. Untuk perkalian 25. 58×25 = 5800/4 = 2900/2 = 1450. sama saja kita kalikan dengan 1000 (tambahkan tiga angka 0 di bagian belakang) kemudian di bagi dengan 8. Mengalikan dua bilangan yang mempunyai selisih 2. 48×125 = 48000/8 = 24000/4 = 12000/2 = 6000.12 = 2. Contoh yang lain: 64×5 = 640/2 = 320. kita bisa juga membagi dengan 2 sebanyak dua kali 64×25 = 6400/4 = 3200/2 = 1600. 4286×5 = 42860/2 = 21430. 12 .

.13 14 (artinya 13 adalah angka tengah). 13×17 = (15×15)-4 = 225-4 = 221.... sama seperti tadi kita cari angka tengahnya.....trik ini bisa di pakai bukan hanya untuk belasan tapi bisa sampai ribuan...sekarang kita sambung lagi pelajaran kita. 17×23 = (20×20)-9 = 391. Ok ini contohnya : 12×18 = (15×15)-9 = 216.hehehehehe 5... 12×14 = (13×13)-1 = 168. Tengkyu all Naaah sudah makan.sudah kenyang. berikutnya kita tinggal membuat perkalian 13 x 13 lalu di kurangi 1.. lalu kurangi dengan 9... lalu kurangi dengan 4. Masih ada trik lagi..ntar gw sambung. Pemangkatan bilangan puluhan yang berakhiran 5 Untuk yang ini bener2 gampang kok.buat pemangkatan.. Ok ini contohnya : 11×15 = (13×13)-4 = 169-4 = 165. Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 6..... sama seperti tadi kita cari angka tengahnya. 16×18 = (17×17)-1 = 288. 99×101 = (100×100)-1 = 10000-1 = 9999 Jika selisih dua bilangan tersebut adalah 4.. Hehehe..buat pemangkatan..

. Disini terlihat bahwa digit pertama puluhan di atas adalah sama yaitu 4 sedangkan jumlah dari digit kedua adalah 2 + 8 = 10 Cara cepatnya sederhana saja : Kita kalikan 4 dengan 4+1 Jadi gini hasilnya 4 x (4+1) = 4 x 5 = 20 Tuliskan angka 20 Lanjut lagi kalikan 2 dengan 8 Jadi gini hasilnya 2 x 8 = 16 Tuliskan angka 16 Jadilah 42 x 48 = 2016 .. Perkalian puluhan dimana digit pertama adalah sama dan jumlah digit kedua adalah 10 Contohnya kita ingin mengalikan 42 x 48.Contoh kita mau ngitung berapakah 35 x 35 Kita tinggal mengalikan 3 x 4 = 12 (angka 4 di dapat dari 3 tambah 1) Kemudian 5 x 5 = 25 Jadi 35 x 35 = 1225 Mudahkan? Contoh lagi : 65 x 65 Kalikan 6 x 7 = 42 (angka 7 di dapat dari 6 tambah 1) Kemudian 5 x 5 = 25 Jadi 65 x 65 = 4225 Dari situ kita tahu bahwa pemangkatan bilangan puluhan berakhiran 5 pasti angka belakangnya 25 So 85 x 85 = 7225 (tahukan dari mana dapetinnya?) 6.

. 8 x 8 = 64 Tuliskan ke dua hasil tadi dan jadilah 2564 . Pemangkatan Puluhan Ini perlu sedikit konsentrasi Ambil contoh kita ingin melakukan pemangkatan 58 alias 58 x 58 Langkah 1 : Kalikan 5 dengan 5.tapi kalo disimak bisa kok bro 7. 5 x 5 = 25 Kalikan 8 dengan 8..Gampang kan? contoh lagi 64 x 66 Kita buat 6 x (6+1) = 6 x 7 = 42 6 x 4 = 24 Hasilnya 64 x 66 = 4224 Masih bingung? Contoh lagi : 83 x 87 Rumusnya 8 x (8+1) = 8 x 9 = 72 3 x 7 = 21 Hasilnya 83 x 87 = 7221 Ok bro and sis? hehehehe ajarkan ini ke putra putri anda Nah untuk yang berikut ini agak sedikit rumit.

40 x 2 = 80 Tambahkan 1 angka 0...Langkah 2 : Kalikan 5 dengan 8 = 40 Gandakan hasil tersebut.masih bingung? yuk contoh lagi yuk 32 x 32 Langkah 1 : 3 x 3 = 9 ----> tapi tuliskan 09 ya supaya 2 digit bisa tercipta 2 x 4 = 4 ----> tapi tuliskan 04 ya supaya 2 digit bisa tercipta Kedua hasil di tulis menjai 0904 Langkah 2 : 3 x 2 = 6 GANDAKAN 6 x 2 = 12 Tambahkan satu 0 dibelakangnya dan jadilah 120 Langkah 3 : 120 + 0904 ----> artinya 120 + 904 = 1024 Itulah hasilnya 32 x 32 = 1024 Mantep kan? .. 2564 + 800 = 3364 Itulah hasilnya 58 x 58 = 3364 Hehehe. jadilah 800 Langkah 3 : Jumlahkan 2564 dengan 800.

kalikan salah satu (antara 14 atau 16) dengan 2. tapi gw kerja dulu ya coy.... bagi dengan 2 Kalau anak2 kita mengalami kesulitan pengalian yang besar kita bisa ajarkan ke mereka untuk membagi dengan 2 dan mengalikan dengan 2 Ini contohnya : kita ingin mengalikan 14 x 16 Maka yang kita lakukan adalah. Kalikan dengan 2. Contoh lain: 12×15 = 6×30 = 180 .Mau coba lagi? Boleh! 67 x 67 6 x 6 = 36 7 x 7 = 49 3649 6 x 7 x 2 = 84 tambah satu 0 jadi 840 3649 + 840 = 4489 Sehingga 67 x 67 = 4489 TOP! Masih ada lagi .. hingga kita mendapatkan perkalian yang mudah 14×16 = 28×8 = 56×4 = 112×2 = 224... hehehehe see ya 8. dan bagikan salah satu (14 atau 16) dengan 2..

Saya mengenal sebelumnya dari Trachtenberg. Pada dasarnya lebih mudah menghitung 6 x 30 dari pada 12 x 15 kan? Lebih mudah menghitung 122 x 2 dari pada 14 x 16 Berikut ini contoh perhitungan yang disukai Feynman. Anda pasti bisa langsung menebaknya.48×17 = 24×34 = 12×68 = 6×136 = 3×272 = 816. Kita juga dapat menyelesaikannya dengan kalkulator. Dan saya sudah melakukan berbagai visualisasi dengan teknik perkalian bintang di APIQ. 542 = 2916 552 = 3025 562 = 3136 572 = … … … 582 = … … … Cobalah mengisi titik-titik di atas degan menebaknya. Tetapi apa kreatifnya? Apa asyiknya? Ini lah cara asyiknya! 542 = 2916 29 kita peroleh dari 25 + 4 16 kita peroleh dari 42 562 = 3136 31 kita peroleh dari 25 + 6 36 kita peroleh dari 62 . Berhasil? Coba lagi yang ini: 592 = … … … 512 = 2601 522 = … … … 532 = … … … Tentu kita dapat menghitungnya dengan cara seperti biasa.

78^2 =… yang harus dilakukan adalah mengkuadratkan angka belakang 8^2 = 64 mengkalikan semua angka yg terlihat 7x8x2=112 megkuadratkan angka didepan 7^2 = 49 ini bagian pentingnya. jadi 5425. jadi 4096. jadi 5625 contoh lain. dan UMPTN 2008. SPMB. teknik berhitung cepat juga dapat membantu Anda. bisa di kembangkan tidak?? Thanks 75^2. 64+4= 68. 90×8 = 720 5^2 = 25. Tadinya saya akan menulis teknik berhitung cepat limit dengan teorema L’Hospital.setiap ketemu angka puluhan harus dipisah satuan dan puluhannya nanti akan terbentuk pola… 4|9 11|2 6|4 .572 = 3249 32 kita peroleh dari 25 + 7 49 kita peroleh dari 72 Bagi Anda yang akan menempuh UN. Kenapa rumus itu tidak berlaku untuk 75^2?? menurut rumus itu. Mohon doanya agar saya dapat menulis teorema L’Hospital pada kesempatan berikutnya. 68 x 6 = 408 4^2 = 16. 80×7= 560. Tapi saya khawatir akan menjadi terlalu panjang. 58 x 5 = 290 4^2 = 16. Anda juga dapat mengembangkan teknik berhitung cepat sendiri sesuai kebutuhan Anda. 54+4= 58.. 5^2 = 25. 85^2 85 + 5 = 90. jd angka 2 di 25 disejajarkan dengan angka 0 ) Utk soal di atas 54^2. 75+ 5= 80. shrsnya 49 + 5 = 54 5^2 = 25. Jadi 2916 utuk 64^2. Padahal hsilnya 5625. kalau rumus saya di bawah ini. Jadi 7225 ( angka 0 di 720 itu puluhan karena angka yg dikalikan adalah puluhan “80″.

10 Kemudian hafalkan tabel berikut . puluhan pindah ke kiri 6084….yang satu kamar dijumlahkan.kira-kira begitu contoh lain : 73^2=… 4|9 4|2 0|9 = 5329 97^2 = 8|1 12|6 4|9 = 9409 kuncinya di satuan dan puluhan… tertantang dengan angka ratusan?? 132^2=…. Sebelumnya anda harus bisa menghafal kuadrat bilangan pangkat tiga angka minimal dari 1 . Prosedur : 1. satuan tetap di kamar. 53 = 25 + 3 =28 3 x 3 = ii9 <<<ratusan jadi 09 jadi 2809 -kalo satuannya angka 5 berarti contoh 65 6(6+1) = 42 5 x 5 = ii25 jadi 4225 Anda mampu menghitung operasi matematika akar kuadrat 2 dengan cepat.

5. Ajak seseorang untuk bermain. Tulis dua sebagai digit terakhir jawabannya. Pangkatkan 3 dua digit angka tersebut. Pasti jawaban anda tepat. Akhirnya saya pelajari rumus tersebut dan berikut laporannya : Hasil dari perhitungan akar kuadrat dengan menggunakan rumus ini sangat mendekati dengan hasil sebenarnya. lihat tabel pasangan angka 8 yaitu 2. Beri dia kalkulator dan Suruh dia menuliskan 2 digit angka pada kalkulator. yaitu angka 7. Maka kita ambil yang terkecil. 9. 8. 3. Kita lihat digit terakhir adalah angka 8. tetapi ada rumus yang menarik untuk saya pelajari. Misal anda harus mencari akar dari 373248. Tulis 7 sebagai digit pertama jawabannya.2. Katakan bahwa anda akan menghitung akar pangkat 3 nya dengan cepat. Kita tahu bahwa 373 terletak diantara 7³ = 343 dan 8³ = 512. 6. Kemudian kita lihat 3 digit angka pertama yaitu 373. Suruh dia memberitahukan hasilnya kepada anda. ( Misal 12x12x12) 4. Jadi hasilnya 72. . Entah itu apa artinya. Cara menghitungnya adalah seperti contoh berikut. 7.

Rumusnya adalah sebagai berikut : Dengan.645751311 2.833333333 3 . N adalah sebarang bilangan asli atau bilangan cacah A adalah bilangan asli yang jika dikuadratkan nilainya sangat mendekati N Dan b adalah Misalnya untuk menghitung Sehingga.732050808 2 2.414213562 1. Nilai yang sebenarnya adalah Berikut ini adalah beberapa nilai untuk sampai dengan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 1.416666667 1.75 2 2.828427125 3 Menggunakan Rumus 1 1.45 2. maka .449489743 2. .236067977 2. maka kita pilih sehingga sangat mendekati 13.647727273 2.236111111 2.

071067821 7.464101615 3.071067812 7.916079783 6 6.480740698 6.744827586 5.164414003 6.141428429 3.480769231 6.916666667 6 6.358928571 4.31662479 3.099019514 5.633249581 6.16227766 3.123105626 4.582575695 4.741657387 3.567857143 5.244997998 6.08276253 6.242647059 4.242640687 4.875 4 4.8556546 6.708333333 6.830951895 5.656854249 5.32455532 6.099019608 5.472135955 4.69041576 4.855923695 6.690789474 4.795831523 4.633333333 6.403138528 6.928571429 7 7.605551275 3.744562647 5.10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 3.92820323 7 7.708203932 6.742753623 3.123106061 4.472222222 4.291502622 5.477225575 5.385164807 5.557489451 6.196152423 5.782329983 6.245 6.324561404 6.831355932 5.782520325 6.162280702 3.872983346 4 4.557438524 6.385185185 5.9 5 5.657017544 5.477272727 5.164414414 6.196153846 5.358898944 4.567764363 5.606060606 3.898979486 5 5.403124237 6.316666667 3.291509434 5.796474359 4.082762557 6.58277027 4.141428571 .464285714 3.

591663047 9.246211251 8.539392014 9.643678161 .52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 7.366600265 8.937253933 8 8.219544457 9.366604478 8.110433604 9.485294118 8.485281374 8.831866197 8.062257752 8.348469228 7.615821095 7.944444444 9 9.602325267 8.062257748 8.426149773 8.810249676 7.124038462 8.745966692 7.775044326 8.273619428 9.16515139 9.681216931 7.185352772 8.483333333 7.746068152 7.486842105 9.591682723 9.544023723 8.831760866 8.660296763 8.874007874 7.416208791 7.211102551 7.273618495 9.615773106 7.643650761 7.185353053 8.681145748 7.874195624 7.306623863 8.165151515 9.774964387 8.888194417 8.055385138 9.124038405 8.280109889 7.219544846 9.602355072 8.717857143 8.30662594 8.348474341 7.380834977 9.483314774 7.549834435 7.433981132 9.327380952 9.88833042 8.327379053 9.433986928 9.549865229 7.660254038 8.717797887 8.246212121 8.211103253 7.110433579 9.539405685 9.426157407 8.05538514 9.81038961 7.9375 8 8.280112045 7.544003745 8.94427191 9 9.38083152 9.486832981 9.416198487 7.

746794345 9.695359715 9.848857802 9.798022599 9.433981132 Rumus untuk b negatif 9.949874371 9. Beberapa tabelnya untuk N mulai dari 81 sampai 100 adalah sebagai berikut : melebihi dari nilai 81 82 83 84 85 86 87 88 89 9 9.38083152 9.327406417 9.000138122 9.273655914 9.848938826 9.017949192 . maka tingkat ketelitiannya kurang bagus. yaitu mempunyai selisih 0.899596524 9.219594595 9.16515139 9. Nilai dari mempunyai tingkat ketelitian yang bagus dibandingkan nilai dari . Jika yang kita hitung adalah yang kurang dari dan mendekati suatu kuadrat sempurna.695396825 9.94 95 96 97 98 99 9. Untuk menyiasati hal ini.433994709 .165217391 9.110433579 9.899494937 9.380851064 9.327379053 9. Begitu juga dibandingkan dengan . Tingkat ketelitiannya sangatlah bagus. Begitu juga untuk dengan . kami mencoba untuk mengambil kasus jika nilai N tetapi masih sangat dekat dengan N.055494505 9. yaitu mempunyai selisih 0. dengan menggunakan rumus tersebut.219544457 9. tentu nilai b akan negatif.273618495 9.004906209 Jika diperhatikan. Berbeda dengan jika yang kita hitung adalah yang lebih besar dari dan mendekati suatu kuadrat sempurna.95 Selisih terbesarnya ada pada Selisih terbesar kedua ada pada .110519126 9.797958971 9.746843434 9.055385138 9.

797959184 9. Jika kita menghitung suatu bentuk akar yang nilainya sangat mendekati suatu kuadrat sempurna. Begitu juga sebaliknya.848857868 9.486842105 9. Intinya! Gunakan nilai A dan b sedemikian sehingga nilai sangat dekat dengan N Di bawah ini ada 9 (sembilan) tips dan trik penyelesaian soal Matematika dengan cepat.591663047 9. dan nilainya kurang dari kuadrat sempurna (mendekati dari bawah).899494937 9.899494949 9.746794872 9.486832981 9.797958971 9.695360825 9.949874371 10 9.949874372 10.539392014 9. Dapat disimpulkan di sini! Untuk mendapatkan nilai dengan ketelitian yang bagus. 652 = ? a) 6 x 7 = 42 b) hasil : 4225 ii.695359715 9. Pengkuadratan Angka Berakhiran Lima langkah-langkahnya : a) Kalikan angka sebelum angka lima dengan angka urutan selanjutnya.746794345 9. Dan nilai sama dengan bilangan kuadrat sempurna yang didekati.643650761 9. antara lain : 1. 1052 = ? .848857802 9.00010284 Dapat kita lihat bahwa Nilai dari nilai dari mempunyai tingkat ketelitian yang bagus dibandingkan Dan nilai dari suatu kuadrat sempurna itu sendiri jadi tidak sama dengan nilai yang sebenarnya.591666667 9.539397906 9. b) Tuliskan angka 25 di belakang angka hasil dari a) contoh : i.90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 9.64365285 9. maka kita gunakan b dengan nilai negatif.

b) Jumlahkan angka tersebut dengan angka bulatnya. dan 3. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang dimulai dengan Lima langkah-langkahnya : a) Tambahkan bilangan 25 dengan bilangan satuannya. (khusus untuk angka satuan 1. hasil kuadratnya dituliskan 01. 2. 512 = ? a) 25 + 1 = 26 b) 12 = 01 c) hasil : 2601 ii. Hati-hati bila hasil penjumlahannya lebih dari 9. 592 = ? a) 25 + 9 = 34 b) 92 = 81 c) hasil : 3481 3. 212 = ? a) 202 = 400 b) 21 + 20 = 41 c) hasil : 400 + 41 = 441 4. dan 09) c) Hasil akhir adalah gabungan a) dan b) contoh : i. 612 = ? a) 602 = 3600 b) 61 + 60 = 121 c) hasil : 3600 + 121 =3721 ii. c) Hasil akhirnya adalah jumlah dari a) dan b) contoh : i. b) Sisipkan angka dari jumlah dua angka tersebut.1 dan seterusnya langkah-langkahnya : a) Tuliskan angkanya.a) 10 x 11 = 110 b) hasil : 11025 2. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang diakhiri angka Satu langkah-langkahnya : a) Kuadratkan angka bulatnya. angka puluhannya dijumlahkan dengan angka pertama. 24 x 11 = ? . contoh : i. 04. 110. 1. Perkalian Satu Angka dengan 11 (11. b) Kuadratkan bilangan satuannya.

5 = ? a) 4. Perkalian Satu Angka atau Dua Angka dengan 99 (0. c) Hasil akhirnya adalah gabungan dari a) dan b) contoh : 15 x 99 = ? a) 15 . 9.5. b) Bilangan yang dikalikan dibagi dengan angka 2. Perkalian Satu atau Dua Angka dengan 101 (1. b) Sisipkan nol atau koma. langkah-langkahnya : a) Kalikan bilangan pengali dengan 2.15 = 85 c) hasilnya : 1485 6. contoh : i. 990 dst.5 dst.1 = 14 b) 100 .) langkah-langkahnya : a) Kurangi bilangan tersebut dengan angka 1. c) Hasil akhirnya adalah perkalian a) dan b) contoh : 16 x 4. b) Kurangi bilangan 100 dengan bilangan tersebut.99.01.1 dst) langkah-langkahnya : a) Tuliskan angkanya dua kali.5 x 2 = 9 b) 16 : 2 = 8 c) hasilnya : 9 x 8 = 72 7.5. . 10. 2. 3. 67 x 11 = ? a) 6 ? 7 b) 6 + 7 = 13 -->> 6 + 1 = 7 -->> Hasilnya : 737 5.a) 2 ? 4 b) 2 + 4 = 6 -->> Hasilnya : 264 ii. 4 x 101 = ? a) 44 b) hasilnya : 404 8. Perkalian Bilangan Genap dengan 1. Perkalian Dua Bilangan yang Nilainya Berselisih Dua langkah-langkahnya : a) Kuadratkan bilangan di antaranya.9. 27 x 101 = ? a) 2727 ii.

contoh : i. 1 perkalian dan selesai .1 = 143 9. Perkalian Dua Bilangan dengan Hubungan Khusus : Bilangan puluhannya bernilai sama dan jumlah bilangan satuannya adalah 10 langkah-langkahnya : a) Kalikan bilangan puluhan dengan bilangan berikutnya. b) Kalikan masing-masing bilangan satuannya. 11 x 13 = ? a) 122 = 144 b) Hasilnya : 144 . 28 x 22 = ? a) 2 x 3 = 6 b) 8 x 2 = 16 c) Hasilnya : 616 Salah satu favorit saya adalah x/ 8.b) Hasilnya : a) -1. Sedangkan dijadikan pecahan cukup 1 pembagian (penyederhanaan).5% dari 16 = 3/8 x 16 = 6. 16 x 14 = ? a) 1 x 2 = 2 b) 6 x 4 = 24 c) Hasilnya : 224 ii. c) Hasilnya adalah gabungan dari a) dan b). Bila dikerjakan secara biasa akan melakukan perkalian 3 digit dengan 2 digit = 6 kali perkalian ditambah beberapa penjumlahan. Misal 37. contoh : i.