P. 1
Sumber Daya Komputasi Dan Komunikasi

Sumber Daya Komputasi Dan Komunikasi

|Views: 2,079|Likes:
Published by dwi_dueggh

More info:

Published by: dwi_dueggh on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2015

pdf

text

original

“ Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi”

Disusun oleh: Dwi Kurniawati (11150154) MANAJEMEN PERUSAHAAN

POLITEKNIK PRATAMA MULIA SURAKARTA TAHUN 2011/2012

1

BAB I PENDAHULUAN

Saat ini, akses terhadap perangkat keras dan perangkat lunak computer disatukan oleh network atau jaringan. Sumber daya computer yang kita gunakan, baik printer ataupun file sering kali terhubung ke computer melalui jaringan. Kecepatan dan biaya komunikasi prosesor computer berpengaruh terhadap penggunaan sumber daya tersebut. Manager cenderung menggunakan sumber daya yang tidak mahal, sehingga penggunaan computer dan komunikasi akan terus tumbuh. Manfaat yang didapat dengan saling menghubungkan computer mikro melalui network berawal dari keinginan untuk mendapatkan keinginan yang lebih tinggi. Manager yang dapat dengan mudah dan cepat membagi informasi berbasis computer dapat membuat keputusan yang lebih baik dan cepat daripada pesaingnya. Bisnis tidak dapat bersaing secara efektif, tanpa kemampuan untuk berbagi informasi computer mereka dan berbagi jaringan yang diperlukan. Standar untuk mengadopsi teknologi informasi baru telah berubah, perusahaan yang dapat melihat masa depan dan mengambil manfaat dari perubahan tersebut akan menjadai salah satu yang bertahan dalam persaingan ekonomi saat ini.

2

BAB II PEMBAHASAN MASALAH

A. PERANGKAT KERAS
Computer muncul dengan kecepatan dan harga yang bervariasi, tetapi semuanya mempunyai satu kesamaan yaitu membantu kita memahami penggunaannya. Computer besar yang melakukan sebagian besar banyak operasi-operasi computer untuk system informasi terpusat dikenal dengan main frame. Main frame mampu menerima ratusan atau ribuan pengguna dan beroperasi secara serentak. Computer mikro mulai dikenal sebagai computer yang digunakan oleh satu orang dan dinamakan personal computer (PC). Saat ini, kekuatan computer mikro berkembang dengan cepat dan dapat dihubungkan dengan computer lain dengan internet. 1. Prosesor Prosesor merupakan tempat dimana pengolahan data dilakukan. Intel ,American micro devices (AMD) dll adalah perusahaan yang memproduksi mikro prosesor dalam banyak computer mikro yang popular saat ini. Prosesor ini juga mengarahkan dan mengontrol pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lain didalam computer. Kombinasi kecepatan prosesor dan ukuran kata meningkatkan kekuatan komputasi.
KECEPATAN PROSESOR

diukur dengan banyaknya siklus yang terjadi dalam satu

detik. Kecepatan ini meningkat luar biasa, kecepatan prosesor awalnya menggunakan satuan megahertz (MHz) untuk satu juta siklus yang terjadi perdetik. Setiap siklus adalah satu kesempatan untuk menyelesaikan satu pekerjaan.
UKURAN KATA

prosesor pertama disebut mesin 8-bit karena 8-bit data

membentuk ukuran satu kata. Satu kata digunakan sebagai ukuran untuk menghitung berapa banyak bit dapat dipindahkan dalam satu siklus prosesor. Satu bit adalah satu nilai tunggal nol atau satu. Satu rangkaian berisi delapan bit
3

membentuk satu byte, dan satu bit memiliki cukup bit untuk mewakili satu karakter. Ukuran kata ini penting karena menentukan berapa banyak karakter. Pada awalnya, computer mikro hanya mampu memnggerakkan satu karakter dalam satu siklus, tetapi computer mikro saat itu mampu menggerakkan empat karakter dalam satu siklus. Computer besar ,seperti mainframe mempunyai ukuran kata 64 dan 128 bit.
KEKUATAN

,kekuatan computer dipengaruhi oleh ukuran kata dan kecepatan

prosesor. hukum moore menyatakan bahwa kekuatan computer akan menjadi dua kali lipat dalam setiap 18 bulan. Hokum ini diturunkan dari kombinasi kecepatan prosesor,ukuran kata, dan peningkatan sirkuit yang menghasilkan peningkatan kekuatan computer. Pertama, kekuatan computer personal yang dikenalkan oleh IBM. Kedua, kekuatan computer yang dibeli perusahaan anda seharga $1juta pada saat anda mulai bekerja harganya kurang dari $1juta ketika anda pension. 2. Memori Data disimpan dalam computer dalam dua cara mendasar, yaitu memori dan penyimpanan. Memori juga disebut penyimpanan primer (primary storage) atau random access memory (RAM), mengacu pada are penyimpanan yang terdapat [pada papan sirkuit. Memori mudah hilang (volatile) artinya bila daya listrik dimatikan, isi memori tersebut akan hilang. Mengakses data dari memori dalam computer sangat cepat disbanding dengan mengakses data yang berada pada tempat penyimpanan lainnya. Computer mikro umumnya mempunyai kecepatan antara 128-256 megabyte (MB) memori. Memori dapat diumpamakan sebagai ruang kerja yang digunakan prosesor . data yang ada dalam memori ajan lebih efisien untuk diakses dan digunakan oleh prisesor. Memori harus menjadi lebih banyak dan cepat agar dapat menampung peningkatan kekuatan professor yang terus berkembang. 3. Penyimpanan Penyimpanan(storage) computer terdiri dari berbagai media yang berbeda,masingmasing mempunyai karakteristik yang berbeda yang menjadikan media tertentu lebih baik dala, melakukan tugas tertentu. Penyimpanan permanen yang terpasang
4

dalam computer di namakan fixed.media penyimpanan yang dapat dipindahkan biasanya berbentuk tape,disk,cd danbeberapa media portable lainnya. Perangkat keras computer yang membaca dari dan menulis kemedia disebut drive. Pengunaan media dan drive media yang begitu dekat membuat para pengguna sering kali mengasosiasikan keduanya sebagai hal yang sama sehingga drive dan media sering diangap sebagai kata yang bersinonim.
FIXED STORAGE

adalah media penyimpanan yang terpasang secara permanen Mainframe mempunyai terabytes bahkan petabyte ruang

dalam computer.

penyimanan ribuan kali kemampuan penyimpanan daripada yang ada pada computer mikro. Ada beberapa perdebatan mengenai apakah pengguna computer mikro memerlukan ruang penyimpanan berkapasitas besar, khususnya ketika kapasitas penyimpanan dapat diakses dengan mudah melalui jaringan.
REMOVABLE STORAGE

adlah media penyimpanan yang dapat dipindahkan dari

satu computer ke computer lain. Tiga jenis media berkapasitas tinggi yang menarik perhatian adalah Zip disk, Compact disk dan digital versatile disk (DVD). ZIP disk dan drive, mereka sering disebut removable disk untuk membedakan dari floppy disk. Keunggulan utama Zip adalah kemampuannya untuk menyimpan data cukup besar sehingga secara efektif dapat digunakan untuk media backup computer mikro para pengguna. Compact Disk(CDs) untuk computer mikro mula-mula menyimpan data yang hanya dapat dibaca, tetapi data tidak dapat ditulisi. CD-RW atau CD rewriteable adalah CD yang dapat digunakan untuk menulis kembali dan memungkinkan pengguna computer mikro dengan write-capable CD drive untuk memasukan data pada CD berkali-kali. Digital Versatile Disc (DVD) menyimpan dari 5 GB sampai 20 GB data. Kemampuannya yang paling popular adalah kapasitas penyimpanan yang besar sehingga para pemakai computer mikro dapat menonton video dan film di computer mereka. DVD berkapasitas besar mampu menyampaikan video interaktif kepada para pengguna computer mikro untuk keperluan pelatihan dan komunikasi lainnya. 4. Perangkat Input

5

Computer tidak akan banyak berguna tanpa perangkat-perangkat input dan out put. Human-captured data merujuk pada input atau memasukan data oleh penguna dengan berbagai cara ini merupakan hal yang sangat penting karena memberikan mekanisme langsung bagi para penguna untuk mengontrol computer. Sebagian data yang diperlukan aslinya tidak dalam bentuk yang dapat dibaca mesin sehingga proses memasukan data oleh penguna kedalam computer menjadi dangat penting. Ada dua kendala yang dihadapi human-captured data. Pertama, prisesnya sangat lambat dan yang kedua tingkat akurasinya rendah, tidak mencapai tingkat akurasi setinggi data yang dimasukan oleh mesin(machine-captured data)peristiwa penting yang terjadi bagi perkembangan macine-readable adalah saat dunia diharuskan mencantumkasn barkode pada setiap produk yang dijual. Kode ini mencakup industry,bisnis dan seluruh produk yang dihasilkan tanpa pengecualian apakah produk itu botol plastic atau kemasan kaleng. Scanner dapat membaca barkode sangat cepat kemudian menyampaikannya pada computer dengan tingkat kesalahan membaca kode yang sangat kecil. Terminal point of sale(POS)adalah suatu jenis scanner dari yang digunakan ditokotoko ritel. Scanner ini berinteraksi dengan computer di toko yang mengolah informasi produk untuk menentukan harga, perubahan jumlah persediaan barang yang menggambarka penjualan, dan aktifitas sejenis lainnya. Keistimewaan dari terminal POS bukan terletak pada kecanggiha teknologinya, tetapi pada penggunaannya yang sangat luas dan dampaknya pada industry penjualan ritel. 5. Perangkat Output Perangkat output yang paling dikenal secara umum adalah layar computer (computer screen), disebut juga monitor dan printer. Gambar pada layar monitor sangat dipengaruhi olrh resolusi layar (screen resolusion). Resolusi layar mengacu pada jumlah pixels, yaitu jumlah titik-titik cahaya yang membentuk gambar dan tampilan lainnya pada layar monitor. Saat ini, monitor umumnya memiliki resolusi 1600x1200 atau lebih besar. Resolusi tinggi pada layar computer memungkinkan praktisi menggunakan cukup banyak icon. Flat panel minitor atau ponitor panel datar memberikan ruang pandang yang lebih banyak pada pemakai, tetapi harganya lebih mahal dari monitor tradisional.
6

Printer juga mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan karakteristik utama adalah resolusi percetakan dan kecepatan percetakan. Printer laser prinsip kerjanya mirip mesin fotocopy, sedangkan printer ink-jet menyemprotkan tinta kepermukaan kertas dan memiliki resolusi sekitar 300 titik per inci. Keunggulan printer ink-jet adalah ukurannya kecil secara mekanis dan umumnya berharga lebih murah dari pada printer laser. Resolusi percetakannya umumnya 300-1200 titik per inci. Resolusi printer laser umumnya 1200 titik per inci. 6. Multimedia Evolusi perangkat input dan output mengarah pada multimedia, atau penggunaan lebih dari satu medium pada saat bersamaan. Bagian paling signifikan dari computer masa kini adalah akses pengguna akan ditolak oleh system informasi berbasis computer jika multimedia tidak tersedia. Anak-anak dan orang dewasa dengan kemampuan computer terbatas memerlukan multimedia computer yang bisa membantu mereka untuk menggunakan sumber daya informasi tersebut secara efektif. Kemampuan multimedia dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berinteraksi dengan sumber daya computer dengan benar.

B. PERANGKAT KOMPUTER PRIBADI (PC)
Computer pribadi telah lama diasosiasikan sebagai computer mikro. Setiap pengguna computer mikro menggunakan sumber daya ini untuk kepentingan komputasi pribadi saja. Penggunanya dapat berbagi file, printer dan sumber daya lainnya jika computer mikro tersebut dihubungkan dengan jaringan. PC genggam (handheld), PCs saku (pocketPC), PC tablet, personal digital assistance (PDA), dan telpon seluler dengan kemampuan mengirimkan pesan secara interakfif merupakan peralatan-peralatan terbaru computer pribadi. 1. PC Genggam, PC Tablet, dan PC Saku Perangkat computer ini datang secara bersamaan sebagai satu produk. Hamper semuanya menggunakan perangkat lunak word processing, presentasi dan spreadsheed dari Microsoft. Perangkat lunak untuk browser internet, kalender, e7

mail dan perangkat lunak lainnya juga terdapat dalam berbagai PC tersebut. Perangkat-perangkat ini memungkinkan pengguna lebih fleksibel dan produktif. Umur baterai buka kendala, karena perangkat-perangkat ini dilengkapi dengan baterai yang berdaya tahan mulai dari 15jam sampai beberapa hari. Kelebihan utamanya adalah mobilitas, masing-masing jenis PC dibuat dengan rancangan jaringan tanpa kabel. Computer notebook (laptop) dirancang sebagai computer yang memiliki mobilitas tinggi, tetapi ternyata ukurannya masih terlalu besar sehingga dianggap kurang praktis untuk dibawa berpindah-pindah. PC tablet mempunyai berat kira-kira 3pound, setengah dari berat laptop. PC genggam beratnya 1pound, PC saku beratnya 8ons. 2. Personal Digital Assistance (PDA) Adalah perangkat yang melakukan beberapa pekerjaan komputasi terutama pekerjaan yang menyangkut tugas-tugas organisasional perorangan. Palm (www.palm.com) dan handspring (www.handspring.com) merupakan dua vendor PDA paling popular. Palm adalah perangkat yang memiliki fasilitas untuk menampilkan file word processor, spreadsheet, dan presentasi. PDA lainnya adalah blackberry. Cirri khas blackberry yaitu adanya keyboard berukuran kecil dengan tombol yang lengkap. 3. Telepon Seluler Dengan Pengiriman Pesan Interaktif Perbedaan telepon seluler dan PDA menjadi kabur. Pabrik telepon seluler terkenal menambahkan kemampuan pada telepon seluler untuk menampilkan pesan teks dan gambar kecil pada tampilan monitornya. Telepon seluler pada dasarnya memiliki kapasitas komputasi sederhana dimana tombol dan layarnya berfungsi sebagai perangkat input dan output. Dengan fasilitas komputasi yang dimilikinya akan bertindak sebagai terminal yang akan menghubungkan dengan computer berkemampuan tinggi.

8

C. PERANGKAT LUNAK
Ada dua tipe dasar perangkat lunak (software) yaitu system dan aplikasi. Perangkat lunak system diperlukan untuk menggunakan computer itu sendiri, sedangkan perangkat lunak aplikasi akan mengolah data pengguna. 1. Perangkat Lunak Sistem (system software) Ini melaksanakan tugas mendasar yang diperlukan semua pengguna computer. Perangkat lunak system biasanya disiapkan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak. SISTEM OPERASI mengelola proses dalam computer. System operasi untuk computer berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak aplikasi dan perangkat kera. UNIX adalah system operasi yang dapat dijalankan baik pada computer mikro maupun pada mainframe. PROGRAM UTILITY adalah system operasi rutin yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan operasi pengolahan data yang bersifat mendasar dan umum, dan tidak asing bagi aplikasi lainnya. 2. Perangkat Lunak Aplikasi Ketika computer pertama dibuat, tidak ada bahasa pemrograman. Programmer akan memasukkan serangkaian angka kosong dan satu kedalam memori computer untuk mengendalikan operasinya. Penerjemah (translator) adalah bahasa pemrograman yang menterjemahkan intruksi programmer kedalam angka nol dan satu yang bisa dibaca computer, ini dikembangkan unutuk menyediakan cara yang lebih mudah dalam memberi perintah pada computer. Bahasa generasi ke-4 (fourth generation language-4GL) adalah bahasa yang mengekspresikan apa yang harus dilakukan oleh computer tanpa harus mendefinisikan secara explicit sebagaimana tugas tersebut akan berlangsung. Perangkat lunak 4GL membuat kekuatan sumber daya komputasi lebih mudah untuk di akses oleh manager.
PREWRITTEN APLIKATION SOFTWARE

perangkat ini dipersiapkan khusus

untuk situasi kalkulasi pajak, penghitungan gaji, perkiraan depresiasi asset-aset tetap perusahaan, dan banyak transaksi bisnis bersifat standar. Dengan paket ini,

9

pengguna dapat memanfaatkan perangkat lunak yang dibuat oleh programmer yang berpengalaman tanpa harus menyewa. Perangkat lunak jadi mempunyai dua manfaat utama yaitu perangkat lunak jadi telah tersedia dan perangkat lunak jadi lebih murah darp pada perangkat lunak khusus. 3. Peranan Perangkat Lunak Mudah Pakai (user frienly) Pada kenyataannya dibuat dengan hati-hati, sehingga bakat dan ketrampilan yang sangat berfariasi dari pengguna dapat diakomodasi. Karakteristik mudah pakai :   Dapat memandu dialog untuk mengarahkan pengguna mengenai data apa yang diperlukan, format data, dan hal-hal serupa lainnya. Dilengkapi menu, daftar perintah, dan icon, beragam cara ini hadir untuk membantu dalam menyelesaikan tugas, memberikan panduan bagi pengguna pemula dan pada saat yang sama memungkinkan pengguna yang mahir mengambil jalan pintas untuk menyelsaikan tugas.   Memiliki fasilitas formulir isian dan template. Bersifat contex-sensitive help, yaitu informasi yangb berguna harus disediakan pada lokasi atau titik yang spesifik dimana pengguna pengguna mengalami kesulitan. Hal ini berarti program computer harus melacak dibagian aplikasi yang mana muncul permintaan spesifik pengguna tersebut.  Memiliki interface grafis yang memakai symbol terstandarisasi, sehingga para pengguna tidak perlu mempelajari icon baru untuk tiap aplikasi. Standarisasi fungsi icon, lokasi icon, dan arti icon harus ada diberbagai macam aplikasi.

D. KOMUNIKASI-SISTEM TELEPON UMUM
Kecepatan transmisi data antar computer melaui system telepon umum lebih lambat dibandingkan dengan transmisi data antar computer yang dihubungkan melalui system jaringan. Protocol adalahspesifikasi bentuk atau format data yang akan ditransfer melalui peralatan komunikasi. 1. Koneksi Umum
10

Computer memerlukan koneksi yang dapat diandalkan, berbeda dengan manusia yang menggunakan system telepon umum, tetap dapat melakukan dan memahami komunikasi walaupun kondisi saluran telepon kurang bagus. Protocol untuk system telepon umum dibuat untuk memenuhi criteria umum transmisi suara, yaitu transmisi analog tingkat rendah. Kualitas komunikasi suara cukup rendah bila digunakan untuk memenuhi kebutuhan transmisi data computer. Modem kabel terhubung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan sebagai kabel penerima pada televise. Modem kabel umumnya mencapai kecepatan 2 megabyte pixels. Akan tetapi kecepatan aktuallnya kadang-kadang hanya mencapai 512kbps. Kecepatan transmisi tidak hanya tergantung pada kemampuan teknichal modem kabel, tetapi juga batas kecepatan yang ditetapkan perusahaan pembuat kabel. Frame relay mendapat keuntungan dari komunikasi berkualitas tinggi yang diperoleh dengan penggunaan serat optic. Teknologi asynchronous transfer mode (ATM) menawarkan dua karakteristik yang dapat meningkatkan rata-rata transmisi data. Pertama, ukuran paket yang dikomunikasikan lebih kecil daripada protocol sebelumnya digunakan pada system telepon. Hal ini memungkinkan paket dari pngguna dapat dilepas kejaringan pada saat yang bersamaan sehingga semua paket mendapat tempat secara merata pada jaringan. Kedua, kecepatan yang dimiliki dari 25-155 Mbps. 2. Sambungan Pribadi (Private Line) Komunikasi memerlukan sambungan dari satu titik ke titik lain. Ada banyak kemungkinan jalur melewati jaringan. Sambungan Pribadi adlah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi anda. Istilah leased line dan dedicated line juga bisa digunakan. Sambungan pribadi yang khusus dibuat untuk pemakaian pribadi disediakan oleh perusahaan penyedia jasa komunikasi (common carrer), yaitu perusahaan telepon. Untuk menggunakan sambungan tersebut, anda diharuskan membayar biaya bulanan yang jumlahnya telah ditetapkan.

11

Dua jenis sambungan pribadi yang sangat popular adalah sambungan T-1 dan T3. Sambungan T-1 (T-1 line), memiliki kecepatan transmisi maximum sedikit diatas 1.5 Mbps. Sambungan T-3 dapat mentransfer data dengan kecepatan 43 Mbps. Kedua sambungan ini nsebenarnya merupakan kumpulan sambungan 64 Kbps antara 2 perangkat komunikasi. 3. Virtual Private Network (VPN) Sambungan pribadi memerlukan biaya yang mahal, setidaknya bila dibandingkan dengan sambungan internet. Sambungan pribadi memerlukan keamanan yang lebih baik karena data yang melalui sambungan tersebut hanya data dari organisasi anda, dan kecepatannya lebih tinggi daripada transmisi internet yang aman(secure internet transmission). Kerahasiaan dicapai karena terowongan ini tidak dibuat kecuali computer pengirim dan penerima memeriksa keabsahan masing-masing. Kecepatan dicapai karena begitu keabsahan computer pengirim dan penerima telah diperoleh tidak diperlukan lagi pemeriksaan keabsahan oleh tiap perangkat telepon perantara ketika jaringan meneruskan tiap paket data di sepanjang medium komunikasi. Biaya murah dicapai karena perusahaan tidak harus membayar sambungan komunikasi pribadi khusus ke tiap titik tujuan. 4. Komunikasi-Jaringan Organisasi internasional untuk standarisasi (international organization for standardization atau WWW.ISO.CH ) didirikan tahun 1946 dan ditetapkan sebagai antarkoneksi Sistem Terbuka (open system interconnection (OSI)), merupakan arsitektur standar untuk koneksi jaringan. Protocol merupakan spesifikasi dari format data yang ditransmisikan antar perangkat-perangkat komunikasi. 5. Protokol Komunikasi Komputer Computer awalnya dirancang bukan untuk berbagi data dengan computer lain, tapi hanya dengan terminal. Terminal adalah perangkat yang tidak mempunyai penyimpanan atau prosesor, sederhananya terminal hanya merupakan alat untuk memasukkan dan menampilkan data untuk computer. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komikasi computer, IBM dan organisasi lainnya mulai
12

mengembangkan protocol komunikasi. Ada protokaol lain yang disebut open protocol atau protocol terbuka adalah protocol yang spesifikasi formatnya terbuka untuk umum dan boleh digunakan tanpa dikenakan biaya.
SISTEM NETWORK ARCHITECTURE (SNA) dirancang untuk computer besar.

SNA memerlukan suatu computer utama yang menjadi muara bagi computer lain dihubungkan dengan computer induk tersebut oleh jaringan dalan skuen tertentu hingga dalam berhubungan dengan computer induk computer lainnya seolah-olah mengantri. Untuk menerapkan SNA perusahaan perlu membeli perangkat keras tambahan untuk mengendalikan jalannya komunikasi.
TOKEN-RING,

IBM mengembangkan suatu protocol yang tidak bergantung

pada suatu computer induk yang mengendalikan komunikasi ke computerkomputer lain, tetapi protocol yang memperlakukan computer-computer lain sebagai peer (sederajat). Protocol peer to peer adalah nama lain dari TOKEN RING. Suatu penanda (token) diletakkan pada satu computer tertentu, penanda tersebut akan diteruskan secara estafet diantara computer-komputer yang sederajat dan computer yang memiliki penanda itu adalah computer yang diizinkan untuk mengendalikan komunikasi.
ETHERNET,

adalah sebuah protocol jaringan untuk komunikasi peer to peer

dan diawasi oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). 6. Paket Untuk mentransfer data yang besar, perlu dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga pesan dari satu computer tidak mendominasi medium komunikasi (dilakukan dengan paket data). Suatu paket data adalah sebagian dari keseluruhan data yang akan dikomunikasikan dengan alamat computer tujuan data tersebut dan informasi pengendali lainnya. Salah satu protocol pengatur paket (packet switching protocols) yang paling penting adalah TCP/IP. Protocol ini menangani komunikasi antara berbagai aplikasi. Protocol TCP/IP adalah sekelompok protocol yang menangani komunikasi melalui jaringan antar dua computer. 7. Internet Network Address

13

Ketika memberikan rute, untuk paket pada internet IP addres digunakan. IP addres merupakan kumpulan empat kelompok angka (mulai dari 0-255) dipisahkan oleh titik. Hamper semua pengguna di perusahaan di hubungkan dengan jaringan melalui alamat yang tetap. Pengguna rumah umumnya mengakses internet menggunakan ISP melalui saluran telepon umum. Hal yang masih perlu dilakukan adalah memberikan suatu alamat internet bagi pengguna dirumah sehingga komunikasi dari jaringan mencapai pengguna yang tepat.

E. TIPE- TIPE JARINGAN
Internet merupakan jaringan yang merupakan bagian dari beberapa jaringan yang lain. Pemahaman terhadap berbagai jenis jaringan merupakan hal yang paling penting karena masing-masing tipe memerankan peranan yang berbeda dalam strategi komunikasi perusahaan. Untuk menjadi anggota dalam suatu jaringan, masing-masing perangkat computer, printer, atau perangkat serupa lainnya harus dihubungkan dengan melalui network interface card. Network interface card (NIC), bertindak sebagai media penghubung data yang bergerak deari dan ke jaringan, computer atau perangkat lainnya. NIC berfungsi sebagai penyimpanan data sementara, juga berfungsi sebagai penerjemah informasi dari paket untuk menentukan apakah data tersebut diambil atau diteruskan pada jalur komunikasi berikutnya. 1. Local Area Networks (LAN) LAN adalah sekumpulan computer dan perangkat-perangkat lainnya yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama. Medium tersebut umumnya terbuat dari kabel tembaga, tapi medium kabel ini tidak dapat dipakai untuk system jaringan tanpa kabel, medium serat optic dan beberapa medium lainnya. LAN menghubungkan computer yang berjarak dekat secara fisik. LAN hanya mampu manjangkau jarak total sekitar setengah mil saja, dan jarak antar computer yang dihubungkan oleh medium komunikasi tersebut tidak lebih dari 60 kaki. LAN hanya menggunakan media jaringan pribadi, LAN tidak mentransfer data melalui system telepon umum.

14

LAN menggunakan 3 konfigurasi yang disebut topologi untuk menghubungkan computer dan perangkat lainnya. Konfigurasi Ring (lingkaran) digunakan oleh TOKEN RING dari IBM. Topologi bus (backbone) adalah suatu kabel tunggal yang panjangnya terbatas. Topologi star (bintang) dan topologi ini memerlukan hub. Hub adalah suatu alat yang menerima paket data dari suatu computer di suatu sudut star dan menyalin isinya keseluruhan perangkat lain. 2. Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN) MAN adalah jaringan yang jarak fisiknya terbatas, kira-kira 20 mil. Secara konseptual MAN diasosiasikan sebagai jaringan yang menghubungkan semua ruang utam didalam gedung menjadi satu. MAN mentransfer data pada kecepatan 100Mbps sampai 1GB perdetik. WAN digunakan untuk menghubungkan berbagai computer dan perangkat lainnya bila jarak yang diperlukan melampaui jarak yang mampu dicapai LAN dan MAN. 3. Internet Internet bersifat umum. Tapi orang yang memiliki computer dan akses kemedia komunikasi dapat menjelajahi internet. INTRANET, organisasi yang ingin membatasi akses ke jaringan mereka hanya bagi anggota organisasinya saja yang dapat menggunakan intranet. Intranet menggunakan protocol jaringan yang sama dengan internet tetapi membatasi akses kesumber daya computer hanya bagi sekelompok orang pilihan dalam organisasi. EKSTRANE, hanya para pelanggan dan mitra bisnis terpercaya yang mendapat akses ekstranet karena akses ini memungkinkan penggunaan system informasi dan sumber daya computer yang tidak berhubungan langsung dengan komunikasi.

F. KONVERGENSI KOMPUTER DAN KOMUNIKASI
Perangkat computer dan perangkat komunikasi masing-masing saling bekerja sama satu lain. Siemens menawarkan SX-45, sebuah perangkat all in one yang memiliki kemampuan-kemampuan sebuah computer saku. Keterbatasan-

15

keterbatasan yang ada pada perangkat tersebut biasanya berhubungan dengan lamanya masa pakai baterai, keamanan dan kecepatan komunikasi, ukuran layar dan keyboard, dan imajinasi pengguna. Semua proses komputasi dilakukan oleh prosesor computer yang ada dalam telepon seluler anda.

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->