PENEMUAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI BIDANG PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PROFESI GURU

A. Tujuan Setelah mengikuti diklat ini peserta diharapkan dapat memahami kriteria, ruang lingkup, penggunaan, prosedur pembuatan dan pelaporan hasil penemuan teknologi tepat guna. B. Manfaat Dengan memahami seluk beluk penemuan teknologi tepat guna diharapkan peserta akan terdorong untuk berusaha menemukan teknologi tepat guna yang bermanfaat di bidang pendidikan dan berusaha menularkan pengetahuan tentang kriteria, ruang lingkup, penggunaan, prosedur pembuatan dan pelaporan hasil penemuan teknologi tepat guna kepada guru-guru yang lain. C. Ruang Lingkup Pembahasan dalam bahan ajar ini meliputi konsep teknologi tepat guna, kaitan teknologi tepat guna dengan pendidikan, implementasi teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan, metode perancangan dan pembuatan, penggunaan teknologi tepat guna, dan penulisan laporan penemuan teknologi tepat guna. D. Konsep Teknologi Tepat Guna Terdapat beberapa definisi tentang teknologi, di antaranya menyebutkan bahwa teknologi berarti ilmu tentang cara untuk melakukan sesuatu. Pendapat lain mengatakan bahwa teknologi merupakan penerapan teori-teori ilmiah dalam memecahkan masalah praktis, baik berupa perangkat keras yang berupa sebuah alat tertentu, maupun perangkat lunak yang berupa suatu metode atau teknik pemecahan masalah. Sehingga secara lengkap dapat dikatakan bahwa teknologi adalah ilmu tentang cara-cara melakukan sesuatu atau memecahkan masalah tertentu melalui penerapan kaidah-kaidah ilmiah, teori-teori ilmiah dan hasil penelitian ilmiah ke dalam bentuk praktis berupa perangkat keras seperti benda, alat, pesawat, atau mesin maupun perangkat lunak seperti metode, sistematika atau prosedur kerja tertentu. Istilah tepat guna diartikan sebagai tepat sasaran

1

mesin perontok padi. Elektronika. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. Listrik. pengendalian diri. Kaitan Teknologi Tepat Guna dengan Pendidikan Undang-undang No. program komputer. program komputer dan sebagainya. sehingga bermanfaat bagi bidang tersebut. atau diterapkan sesuai bidangnya. (Perangkat lunak) : metode baca tulis Al Quran secara cepat. Bidang teknologi tepat guna : Bangunan. teknologi kincir air untuk menghasilkan listrik untuk keperluan penduduk di sebuah pedesaan yang tidak terjangkau listrik PLN. pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan drum. Contoh teknologi tepat guna (Perangkat keras) : kincir air yang dimanfaatkan untuk menumbuk padi atau untuk menghasilkan listrik.2 penggunaannya. Definisi baku yang ada pada lampiran Kepmendikbud No. Otomotif. Fisika.” Beberapa contoh teknologi tepat guna adalah teknologi kincir air yang dimanfaatkan untuk menumbuk padi. Biologi. dan sederhana. kepribadian. dan sebagainya. mesin perontok padi. pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan drum. Pendidikan. akhlak mulia. rangkaian elektronik penghemat daya listrik. mesin penetas telur dengan kotak kayu. 25/O/1995 menyatakan bahwa : “Teknologi tepat guna adalah teknologi yang menggunakan sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah yang dihadapi/ada secara berdayaguna dan berhasilguna atau untuk pelaksanaan tugas sehari-hari menjadi lebih mudah. kecerdasan. murah. rumah tangga. Pertanian. Peternakan. Selain dalam bentuk perangkat keras seperti dicontohkan di atas maka dalam bentuk perangkat lunak dapat berupa metode baca tulis Al Quran secara cepat. dan lain-lain. rangkaian elektronik penghemat daya listrik. Kimia. pendidikan) sehingga menghasilkan manfaat pada bidang tersebut. Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . Dengan demikian istilah teknologi tepat guna sebenarnya dapat diartikan sebagai teknologi yang diterapkan pada bidang tertentu (misal olahraga. mesin penetas telur dengan kotak kayu. Mesin. E.

tetapi dapat juga oleh guru non teknik.3 serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Dengan memanfaatkan teknologi maka seharusnya proses pendidikan dapat semakin efektif. yang memiliki arti proses yang tidak ada habisnya dalam mengubah diri dari keadaan semula (dari tidak tahu menjadi tahu. Sedangkan pelatihan sendiri memiliki arti sebagai usaha sistematis untuk mengalihkan pengetahuan atau keahlian dari seseorang yang tahu atau dapat melakukan sesuatu ke orang yang tidak tahu atau tidak dapat melakukannya. masyarakat. Dari uraian di atas juga terlihat bahwa penemuan teknologi tepat guna tidak hanya bisa dilakukan oleh guru teknik (SMK). dari tidak terampil menjadi terampil. bangsa dan negara. yang diartikan sebagai pemanfaatan hasil teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar.” Sebelumnya pendidikan didefinisikan sepagai upaya sadar untuk membantu perkembangan kepribadian dan kemampuan peserta didik melalui bimbingan. biaya dan waktu melalui metode-metode pendidikan tertentu. Jadi tujuan teknologi pendidikan adalah menghindarkan pemborosan dalam hal tenaga. pengajaran dan pelatihan. karena proses belajar juga dapat terjadi di rumah maupun di masyarakat. Dengan memahami arti pendidikan. Dari pengertian di atas maka dapat diketahui bahwa teknologi tepat guna dapat diterapkan pada bidang pendidikan (yang mencakup pelatihan) secara umum maupun dalam hal belajar khususnya. Definisi yang lain menyatakan bahwa pendidikan merupakan proses pembudayaan terhadap generasi penerus bangsa agar bangsa tersebut dapat melestarikan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa tersebut. Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . pelatihan dan belajar di atas maka dapat diperkirakan kaitan antara teknologi tepat guna dengan pendidikan. Dalam perkembangannya kemudian muncul istilah teknologi pendidikan. dan SMA. SMP. Oleh karenanya penerapan teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan sebenarnya dapat berarti pendidikan dalam lingkup rumahtangga dan masyarakat. Pendidikan erat kaitannya dengan belajar. Namun sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi pendidikan bukan hanya memanfaatkan peralatan teknologi ke dalam proses pembelajaran saja tetapi juga meliputi pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara sistematis melalui metode tertentu secara efektif dan efisien. bukan hanya di sekolah. dari tidak mampu menjadi mampu). termasuk guru SD. demikian juga proses belajar diharapkan dapat menjadi lebih efektif.

025/O/1995. MANAJEMEN SEKOLAH Bahan Ajar/ Sumber Beljr. Namun menurut kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. Sistem Penilaian Kurikulum Guru Siswa Proses Pembelajaran Lulusan Media Pembelajaran Sarana Praktek/ Praktikum Prasarana Lingkungan Belajar PEMBINAAN Tepat Guna di DAN MENTAL/MORAL AGAMA G. sarana praktik/praktikum Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . Lingkup Teknologi KEDISIPLINAN Bidang Pendidikan Gambar Alur Pembelajaran di sekolah Dari pemetaan di atas terlihat bahwa untuk mendukung proses belajar mengajar atau proses pembelajaran banyak faktor yang terlibat. terlihat bahwa teknologi tepat guna dapat diterapkan terutama dalam hal bahan ajar/sumber belajar.4 F. media pembelajaran. sistem penilaian. Sumber Daya Pendidikan yang Berkaitan dengan Kegiatan Belajar Mengajar dan Bimbingan Sesuai dengan kriteria dalam kepmendikbud No. yang lazim disebut instrumental input. maka dapat dipetakan proses belajar mengajar dan faktor-faktor pendukungnya. yang menyatakan bahwa penemuan tersebut berupa teknologi tepat guna dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling serta teknologi tersebut bersifat lebih memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar atau bimbingan dan konsleing dengan hasil yang lebih baik atau lebih optimal.

Karir Layanan Orientasi Layanan Penempatan dan Penyaluran Layanan Konseling Perorangan Layanan Konseling Kelompok Layanan Informasi Layanan Pembelajaran Layanan Bimbingan Kelompok Instrumentasi BK Konferensi Kasus Alih Tangan Kasus Himpunan Data Kunjungan Rumah Gambar Peta Layanan Bimbingan dan Konseling Dengan peta bentuk layanan bimbingan dan konseling ini diketahui sangat banyak bidang layanan bimbingan dan konseling yang dapat dimasuki teknologi tepat guna. sistem informasi.5 dan prasarana serta sistem pembelajarannya sendiri. tanpa menutup kemungkinan bidang lain yang mendukung proses pembelajaran. Sosial Bimb. PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Bimb. Pribadi Bimb. Mulai dari sistem penanganan kasus. Belajar Bimb. sistem diagnosa Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim .

dan lain sebagainya. Dari uraian tentang kaitan antara teknologi tepat guna dengan pendidikan di atas makin terlihat bahwa yang dimaksud dengan teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan adalah pemanfaatan perangkat keras berupa peralatan atau perangkat lunak berupa metode tertentu ke dalam proses pendidikan dengan menggunakan sumber daya yang ada. diktat. Namun sebenarnya dalam pengertian bahan ajar sebagai sumber belajar maka bukan hanya berupa buku dan lainnya tadi. Bahan ajar/sumber belajar Bahan ajar yang paling dikenal adalah berupa buku. Alat peraga atau media pembelajaran adalah alat atau benda yang digunakan dalam proses pembelajaran yang gunanya memperjelas materi pembelajaran melalui gambar. tetapi dapat berbentuk lain seperti VCD. suara. Alat yang masuk kategori ini misalnya alat praktis pengukur tingkat keasaman yang digunakan dalam praktikum kimia di sekolah. ruang kelas knockdown yang mudah dipasang dan dibuka kembali.6 kasus. sehingga dihasilkan hasil pendidikan yang lebih baik daripada sebelum menggunakan teknologi tepat guna tersebut. Sedangkan teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan dapat berbentuk alat atau metode dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Jadi bimbingan dan konseling merupakan bidang yang luas untuk penerapan teknologi tepat guna. simulator atau bentuk bukaan dari suatu pesawat atau mesin sehingga memperjelas materi yang diajarkan. tes psikologi dan sebagainya. Dalam Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . modul dan handout. Yang perlu dipahami adalah bahwa yang dimaksud teknologi tepat guna di bidang pendidikan berbeda dengan alat peraga atau media pembelajaran. barang. di mana melalui penggunalan teknologi ini hasil pendidikan akan lebih baik. Lingkup instrumental input yang seringkali menerapkan teknologi tepat guna diuraikan sebagai berikut : 1. software program komputer untuk memudahkan cara penilaian. program komputer interaktif dan pemanfaatan lingkungan sekolah. tulisan. Dengan demikian pengertian di atas sesuai dengan kriteria yang dimaksud dalam keputusan menteri di atas teknologi tepat guna yang dimaksud adalah berupa teknologi tepat guna dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling dan teknologi tersebut bersifat lebih memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling dengan hasil yang lebih baik atau lebih optimal.

maka dengan penerapan teknologi tepat guna proses dan hasil belajar akan lebih baik lagi. Sarana praktek/praktikum Kemungkinan bidang ini yang akan banyak menggunakan teknologi tepat guna. sederhana. fisika. tetapi tidak menutup kemungkinan ditemukan dan diterapkan teknologi tepat guna pada bidang ini. Penemuan teknologi tepat guna dapat berupa alat atau bahan yang murah dan mudah didapat untuk membuat bangunan dan bangku/meja-kursi belajar bisa sangat bermanfaat untuk mendukung proses pembelajaran. 2.7 hal-hal tadi teknologi tepat guna dapat diterapkan untuk lebih memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling dengan hasil yang lebih baik atau lebih optimal. 4. karena umumnya pengertian teknologi tepat guna hanya berupa hardware. matematika bahkan ilmu sosial. bangku/meja-kursi belajar dan sejenisnya juga sering mengalami masalah dalam hal penyediaan dan pemeliharaan. Media pembelajaran Sebenarnya sub unsur media pembelajaran atau alat peraga ini sudah tercantum dalam keputusan menteri di atas. Teknologi tepat guna dapat diterapkan dalam hal hardware maupun software untuk memudahkan sistem penilaian. kimia. Prasarana sekolah Prasarana sekolah seperti gedung. Kalau alat peraga yang biasa hanya memperjelas materi. biologi. termasuk sistem penilaian yang baru diperkenalkan dalam rangka implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Selain itu dapat pula ditemukan teknologi pemeliharaan prasarana yang memungkinan prasarana menjadi lebih awet atau tahan lama bisa pula menjadi alternatif penemuan teknologi tepat guna ini. untuk itu masih terbuka peluang untuk menerapkan teknologi tepat guna dalam bidang ini. seperti peralatan praktikum keteknikan. 5. efisien dan mampu meningkatkan hasil belajar maka hal ini merupakan suatu kemajuan yang sangat berati. Sistem penilaian Masalah penilaian menjadi masalah tersendiri bagi guru. Masalah sarana seringkali menjadi masalah di sekolah. Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . 3. Bila dengan ditemukannya sarana praktek/praktikum yang baru.

Selanjutnya juga perlu dipikirkan apa manfaatnya dan kemudian berbentuk apa. Apabila berupa software komputer maka diawali dengan diagram alur sistem yang dilanjutkan dengan penulisan program dengan bahasa komputer tertentu. manfaat. Apabila sudah terencana jelas mengenai tujuan. karena dengan adanya perancangan awal maka dapat dilakukan perbaikan atau penyempurnaan rancangan secara sistematis dan tidak kehilangan lacak atas alur pembuatan. samping. atas dan gambar pandangan lain yang diperlukan untuk memudahkan pembacaan gambar. Rancangan/Desain dan Prosedur Pembuatan Produk Teknologi Tepat Guna Teknologi tepat guna yang ditemukan tentu saja diawali dari sebuah perencanaan yang matang tentang tujuan. Apabila berupa benda atau alat maka diperlukan keterangan mengenai bahan dan alat yang diperlukan serta gambar kerja berupa gambar rincian maupun gambar susunan. untuk itu perlu dituliskan tujuan teknologi tepat guna yang ingin dihasilkan. G. selanjutnya dituliskan langkah kerja Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . Hal ini sangat disarankan. sistem belajar yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan sejenisnya. Kemungkinan yang lain adalah ditemukannya teknologi tepat guna untuk mendukung sistem belajar jarak jauh. Jadi kaitannya sangat erat dengan metode pembelajaran/mengajar yang diterapkan dalam kelas. Sistem pembelajaran Dalam hal sistem pembelajaran maka dapat ditemukan hardware maupun software untuk memudahkan dan meningkatkan hasil pembelajaran. cara pembuatan. atau gambar rangkaian komponen elektronik yang membentuk sistem kerja tertentu. Jadi dalam pembuatan suatu produk teknologi tepat guna. perkayuan dan bangunan diperlukan gambar kerja berupa gambar proyeksi pandangan depan. jadi jangan sampai langsung ke pembuatan tanpa melalui perancangan. bentuk. suatu hal yang jangan sampai dilupakan adalah adanya gambar/rancangan kerja yang digunakan sebagai acuan pembuatan. dan cara penggunaannya.8 6. Apabila berupa rangkaian listrik atau elektronik maka diperlukan gambar diagram kontrol. berupa hardware atau software. yang mana untuk rancangan mekanik. diagram pengawatan. Setelah diperoleh gambar atau sistem yang akan dibuat. manfaat dan bentuknya maka dimulailah rancangan bentuk berupa gambar atau sistematika sebuah metode yang diinginkan. Biasanya sebuah penemuan berawal dari sebuah perenungan atau ide dasar untuk memecahkan suatu masalah.

Apabila produk berupa alat. Apabila produk berupa sebuah metode atau software komputer maka harus dijelaskan cara penggunaan. pesawat atau barang tertentu. Juga di sini perlu dijelaskan cara mengatasi masalah bila ditemukan kegagalan dalam penggunaannya. kelebihan/keunggulan bahan dan apa saja manfaat bahan tersebut terutama dalam bidang pendidikan. Dan yang perlu diperhatikan dalam perancangan sebuah produk teknologi tepat guna adalah masalah keselamatan kerja bagi penggunanya dan cara pemeliharaannya. Dengan adanya perencanaan akan dapat diantisipasi hal-hal yang akan dihadapi pada saat pembuatan. Penggunaan Produk Teknologi Tepat Guna Penggunaan produk teknologi tepat guna merupakan hal penting karena inilah letak intinya. Selain cara pengoperasian perlu juga dijelaskan bukti bahwa dengan menggunakan produk teknologi tepat guna tersebut maka hasil belajar lebih baik atau proses belajar atau bimbingan dapat lebih murah dan mudah dilaksanakan. maka harus dijelaskan langkah kerja/prosedur pengoperasiannya lengkap dengan aturan keselamatan kerja yang harus diikuti.9 pembuatan. Tetapi kenyataan menunjukkan. Langkah demi langkah ditulis. Ini penting sekali karena selain manfaat. yaitu manfaat yang diperoleh dan cara menggunakannya. termasuk alat dan bahan atau sumber daya pendukung yang diperlukan. sumber daya pendukung dan prasyarat lainnya yang memungkinkan metode atau software tadi dpat bekerja dengan benar. sifat bahan. yang penting diutamakan adalah masalah keselamatan bagi pengunanya. Kadang kala terjadi. H. Apabila produk teknologi tepat guna berupa bahan maka harus tercantum komposisi bahan yang digunakan. dan bersifat kebetulan atau coba-coba. bahwa suatu pekerjaan akan memiliki hasil lebih baik apabila direncanakan lebih dahulu. Selain itu seorang penemu akan dapat melacak letak kesalahannya bila terjadi kegagalan dalam proses pembuatannya atau dalam penggunaannya. Akhirnya secara lengkap alur terciptanya produk teknologi tepat guna adalah sebagai berikut : Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . bahwa sebuah penemuan teknologi tepat guna diawali tanpa rencana. Jadi rancangan produk dan prosedur pembuatan merupakan dokumen penting yang harus dibuat oleh seorang penemu.

NIP dan Nama Sekolah/Lokasi (bila memungkinkan diberi ilustrasi gambar/foto produk). memuat judul. unit kerja dan alamat unit kerja serta alamat rumah). Sistematika laporan dapat dibuat sebagai berikut : a. e. Halaman pernyataan dari penemu bahwa produk teknologi ini benar-benar asli hasil karyanya.10 Gambar/ rencana Ide. f. memuat identitas penemu dan pejabat yang mengesahkan (nama lengkap. Format Laporan Penemuan Teknologi Tepat Guna Laporan penemuan teknologi tepat guna disusun sebagai bukti fisik penemuan tersebut. NIP. pangkat/golongan. Daftar isi laporan Daftar gambar Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . tempat/tanggal lahir. b. nama penemu. g. manfaat. Kata pengantar penemu. tujuan. cara penggunaan Cara pembuatan Alat dan bahan Alat dan bahan Cara penggunaana n Perancangan Pembuatan Penggunaan Keselamatan kerja perawatan Cara perawatan dan trouble shooting Keselamatan kerja perawatan Cara perawatan Cara pembuatan Gambar Alur Penciptaan Produk Teknologi Tepat I. Halaman pengesahan. Halaman pernyataan dari kepala sekolah bahwa produk teknologi ini benarbenar asli hasil karya guru yang bersangkutan. yang disahkan oleh kepala sekolah yang menyatakan bahwa guru yang bersangkutan memang benar-benar telah menemukan teknologi tepat guna yang bermanfaat dalam proses pembelajaran dan terbukti mampu meningkatkan hasil pembelajaran. d. Halaman judul. c. jabatan struktural/fungsional.

Sebenarnya banyak teknologi tepat guna yang berpotensi untuk ditemukan oleh para guru. l. lebih terbatas lagi karena kriteria berupa teknologi tepat guna dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling serta teknologi tersebut bersifat lebih memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar atau bimbingan dan konsleing dengan hasil yang lebih baik atau lebih optimal. i. foto saat penggunaan. manfaat dan ruang lingkup penemuan tenologi tepat guna. pengakuan masyarakat/pejabat. Bab IV : Penggunaan produk teknologi tepat guna dan bukti bahwa hasil pembelajaran lebih baik. Bab II : Rancangan/desain produk teknologi tepat guna (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir). m. n. memuat rasional. dasar. (dilengkapi dengan foto penggunaan). tujuan. tetapi dalam hal pengakuan angka kredit pengembangan profesi ada batasan teknologi tepat guna di bidang pendidikan. bukan sekedar memperoleh angka kredit dalam hal pengembangan profesi. foto saat pembuatan. biodata penemu dan hal lain yang mendukung). Bab III : Prosedur pembuatan produk teknologi tepat guna (dilengkapi dengan gambar atau foto pembuatan. Oleh karena itu hasil penemuan ini perlu segera didaftarkan hak patentnya untuk menjamin bahwa produk tersebut tidak dijiplak oleh pihak lain. Walaupun demikian para guru hendaknya terus berusaha dan mencoba menemukan teknologi tepat guna yang tidak terbatas dalam bidang pendidikan. Penemuan Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan/Dwi Ilham R & Ninik SW/WI LPMP Jatim . J.11 h. Penutup Penemuan teknologi tepat guna merupakan sebuah inovasi yang sangat besar artinya bukan saja bagi penemunya. tetapi juga bagi bangsa dan negara. j. Dengan demikian diharapkan penemuan tersebut benar-benar bermanfaat bagi penemunya dan mampu meningkatkan kesejahteraanya. paling tidak sebagai latihan sebelum menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. k. Bab V : Kesimpulan dan Saran Lampiran (berisi gambar rancangan. Daftar tabel (bila ada) Bab I : Pendahuluan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful