KITAB FILIPI

LEMBAGA ALKITAB INDONESIA
JAKARTA 2009
t
Seperti halnya Lembaga-Iembaga Alkitab di seluruh dunia, Lembaga Alkitab Indonesia
(LA!) mengemban misi menghadirkan Alkitab dalam bahasa yang mudah dipahami oleh
semua orang, dan dalam beragam bentuk dan media yang akrab dengan para pengguna.
Misi ini senantiasa dicoba digapai melalui berbagai kegiatan, antara lain menerjemahkan
Alkitab ke dalam berbagai bahasa lokal di Indonesia, dan dengan menghasilkan terbitan-
terbitan khusus yang memenuhi kebutuhan segmen pembaca tertentu.
Dalam kerangka misi inilah, dalam waktu dekat LA! akan mendatangi pembaca dengan
satu lagi Alkitab khusus yang kami namakan 'Alkitab Edisi Studi'. Terbitan ini merupakan
bukti komitmen LAI untuk terus menghadirkan produk berkualitas dan berterima, khu-
susnya bagi segmen pembaca yang haus akan informasi tambahan menyangkut teks
Alkitab yang sedang dibacanya.
Kerinduan umat kristiani untuk lebih memahami Alkitab tampak jelas dari maraknya
penyelenggaraan kursus-kursus Alkitab, dalam aneka kemasan, di kalangan jemaat-
jemaat lokal. Selain itu, seminar-seminar yang mengusung tema seputar Alkitab, baik
dalam aras lokal maupun nasional, juga menjamur dan dipadati pendengar. Ternyata,
tidak sedikit umat beriman yang rindu akan informasi yang lebih banyak dan benar me-
nyangkut pelbagai aspek di dalam teks Alkitab yang menjadi pegangan iman kristiani.
Tidak dapat disangkal bahwa prinsip "Biarkan Alkitab menjelaskan dirinya sendiri" tidak
selamanya berhasil dalam pengalaman konkret. Tanpa penjelasan dan informasi tambah-
an, Alkitab bukanlah sebuah buku yang mudah dipahami.
Alkitab adalah Firman Allah yang ditulis dalam bahasa manusia, oleh para penulis ma-
nusiawi, dan di dalam konteks sejarah tertentu. Konteks sejarah lahirnya Alkitab itu
terpisah ratusan bahkan ribuan tahun dari pembaca masa kini. Sebagai tulisan manusia,
Alkitab mengandung begitu banyak pertanyaan yang tidak mudah dijawab dan tetap
kabur, terutama untuk para pembaca yang tidak sempat mengenyam pendidikan for-
mal tentang Alkitab. Ada jurang yang perlu dijembatani antara dunia lahirnya Alkitab
dan dunia pembaca masa kini. Diperlukan penjelasan untuk menjembatani jurang yang
memisahkan dua dunia tersebut, sebut saja jurang bahasa, jurang kebudayaan, jurang
sejarah, jurang geografi, dll.
Kesadaran akan kebutuhan inilah yang melatarbelakangi diterbitkannya Alkitab Edisi
Studi ini. Lewat terbitan ini, LA! berharap ada jawaban untuk banyak umat yang memer-
lukannya. Dan sesuai dengan misinya untuk melayani semua orang beriman dari semua
gereja dan denominasi, maka catatan dan informasi tambahan dalam Edisi Studi ini
diupayakan untuk tidak bersifat dogmatis atau doktrinal.
Alkitab Edisi Studi ini akan terbit pada bulan Mei 2010, dan pada kesempatan ini kami
menghantar kitab Filipi sebagai salah satu contoh kitab dari Edisi Studio Pemilihan kitab
PENGANTAR 3
Filipi berkaitan dengan tema kerja LAI tahun 2009, "Bersyukur, Berhimpun, dan Berbagi"
(Filipi 1:5). Pada bagian catatan studi, pembaca masih akan menjumpai penunjukkan
halaman artikel atau ilustrasi yang terisi dengan xxx dikarenakan proses proofreading
naskah yang masih berlangsung.
Semoga Alkitab Edisi Studi ini menjadi bukti komitmen LAI yang terumus dalam visinya:
"menghadirkan Firman Allah bagi semua orang dalam bahasa yang mudah dipahami
agar mereka dapat bertemu dan berinteraksi dengan Allah, dan mengalami hidup baru".
Jakarta, 16 Desember 2009
Lembaga Alkitab Indonesia
--------------. ~ - - = - - : : - - - - - - - - - -----
A
lkitab Edisi Studi ini menawarkan cara
mudah untuk memahami Firman Al-
lah. Setiap fitur dirancang untuk memban-
tu Anda menyangkut tiga hal berikut: (1)
menuntun Anda ke arah yang benar; (2)
memberikan informasi yang Anda perlukan;
(3) menolong Anda menemukan makna.
Menuntun Anda ke Arah
Yang Benar
Pendahuluan dan Garis Besar
Untuk setiap buku dalam Alkitab, ada bagian
pendahuluan yang memberi informasi ten-
tang penulis dan waktu penulisan kitab terse-
but. Bagian pendahuluan juga memperke-
nalkan tema-tema penting dan memberikan
sejumlah petunjuk untuk memahami struktur
kitab ttu, termasuk garis besar isinya.
Dalam Alkitab Edisi Studi juga ada
pendahuluan untuk Perjanjian Lama dan
Perjanjian Baru serta untuk setiap kelompok
kitab yang ada di dalamnya. Pendahuluan-
pendahuluan ini berisi keterangan sing kat
mengenai kitab-kitab di dalam masing-ma-
sing kelompok. Dengan membacanya, Anda
diharapkan dapat memutuskan sendiri kitab
mana yang Anda mau baca lebih dulu.
Judul Bagian dan
Pengantar Singkat
Selain pembagian atas perikop dan judul-
judul perikop yang sudah ada, teks Alkitab
Terjemahan Baru (TB) dibagi lagi menjadi
bag ian-bag ian yang lebih besar dan ma-
sing-masing bag ian itu diberi judul. Mak-
sudnya untuk mempermudah pembaca
mengikuti alur atau kerangka kitab yang
sedang dibacanya. Judul bag ian besar ini
diberi warna biru dan diikuti dengan pengan-
tar singkat tentang peristiwa atau pengajar-
an yang ada dalam bag ian tersebut.
Memberikan Informasi
yang Anda Perlukan
Alkitab Edisi Studi dirancang sedemikian
rupa sehingga Anda tidak perlu mening-
galkan kursi Anda untuk memperoleh in-
formasi yang diperlukan untuk memahami
apa yang sedang Anda baca. Arti kata dan
penjelasan tentang gagasan serta ad at is-
tiadat yang barangkali terasa asing bagi
Anda tersedia di dekat teks Alkitab yang
sedang dibaca. Atau Anda bisa menemu-
kannya di tempat-tempat lain yang de-
ngan jelas dirujuk dalam Alkitab Edisi Studio
Catatan-catatan Pinggir
Catatan-catatan di dalam Alkitab Edisi Stu-
di ini terdiri dari enam kategori dan ter-
dapat di samping kiri atau kanan halaman
teks Alkitab. Masing-masing kategori diberi
lambang khusus yang rnenunjuk pada:
Geografi
Manusia dan suku bangsa
.. Benda, Tumbuhan, dan Binatang
~
Sejarah dan Kebudayaan
i'
~ Gagasan dan Konsep
~ \ ' Referensi Silang
Artike1 Singkat dan
Artike1 Latar Be1akang
Beberapa topik penting memerlukan in-
formasi yang lebih terurai dan karena itu
BAGAIMANA MENGGUNAKAN ALKITAB EDISI STUDt 5
tidak tertampung dalam catatan-catatan
pinggir. Dalam Alkitab Edisi Studi terdapat
lebih dari seratus artikel singkat menge-
nai topik-topik tertentu. Sama seperti
catatan-catatan pinggir, pada artikel-ar-
tikel sing kat tersebut tertera juga lam-
bang-Iambang. Maksudnya agar Anda bisa
langsung mengetahui apakah artikel itu
berbicara tentang geografi, manusia, ben-
da, sejarah dan kebudayaan, atau tentang
gagasan dan konsep. Selain itu, di Edisi
Studi juga ada lima belas artikel latar be-
lakang. Artikel-artikel yang lebih panjang
ini dikumpulkan dalam tiga bagian ter-
pisah, masing-masing: (1) Artikel-artikel
tentang bagaimana Alkitab sampai ke ta-
ngan kita, (2) artikel-artikel tentang dunia
kuno dan agama Israel, (3) artikel-artikel
tentang dunia pad a zaman Yesus.
Referensi Silang
Kadang-kadang seorang penulis mengutip
kitab lainnya di dalam Alkitab atau mem-
buat pernyataan yang sangat mirip de-
ngan pernyataan penulis lainnya. Dalam
Alkitab Edisi Studi, hal terse but diperlihat-
kan dalarii pelbagai referensi silang. Re-
ferensi silang tersebut dapat dilihat dalam
salah satu dari tiga kemungkinan berikut:
(1) ada dalam catatan pinggir, catatan
kaki, atau artikel singkat; (2) dimasukkan
dalam daftar referensi ayat-ayat paralel
langsung di bawah judul bagian; (3) didaf-
tarkan (tanpa teks atau komentar) pada
bagian bawah setelah catatan-catatan.
Catatan Kaki
Alkitab Terjemahan Baru (TB) diterjemah-
kan dari naskah-naskah Ibrani dan Yu-
nani kuno. Naskah-naskah ini sangat tua
dan sudah mengalami proses penyalinan
(dengan tangan) berulang kali . Akibatnya,
naskah-naskah itu tidak selalu sama per-
sis kata demi kata. Bila ketidaksamaan
ini ditemukan, maka Alkitab Edisi ' Studi
menjelaskan di catatan kaki naskah mana
yang dipergunakan dalam Terjemahan
Baru. Kemungkinan terjemahan lainnya
juga diberikan di catatan kaki. Catatan
kaki juga menunjukkan jika teks dalam
bahasa aslinya tidakjelas dan memberikan
kemungkinan arti dan terjemahan lain.
Bagan
Dalam Alkitab Edisi Studi ada sejum-
lah bagan yang meringkas informasi detil
dan ditampilkan sedemikian rupa supaya
memudahkan pembaca memahami inti
informasi tersebut. Pada bag ian akhir ada
bagan ringkas mengenai sejarah Dunia
Kuno mulai dari zaman pra-sejarah sampai
ke zaman para Rasul.
Peta
Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam
Alkitab terjadi dalam kurun waktu ribuan ta-
hun dan terbentang ke berbagai tempat se-
perti Mesopotamia, Etiopia, Yunani, dan
Roma. Supaya pembaca dapat mengikuti per-
ubahan dan perkembangan 'tempat-tempat
dalam Alkitab itu' dari satu zaman ke zaman
lainnya, maka Alkitab Edisi Studi menye-
diakan sejumlah peta. Peta-peta ini menyaji-
kan tinjauan yang bagus tentang Tanah Suci
dan memuat nama-nama tempat yang akan
Anda temukan ketika membaca Alkitab.
Ilustrasi dan Foto
Alkitab Edisi Studi juga menyediakan ilus-
trasi, bagan, dan foto untuk menolong pem-
baca memahami kehidupan pada zaman
Alkitab dan memperoleh sekilas peman-
dangan tentang Tanah Suci dewasa ini.
Menolong Anda
Menemukan Makna
Dalam membaca Alkitab, banyak orang
ingin memperoleh informasi lebih banyak
dari sekadar informasi tentang manusia
dan ad at istiadat kuno. Alkitab Edisi Studi
menyajikan sejumlah fitur yang akan me-
nolong Anda memahami dan menghargai
bagaimana Firman Allah sudah dan akan
terus berpengaruh dan berdampak bagi
hidup manusia.
6 SAGA/MANA MENGGUNAKAN ALKITAS EDIS/ STUDI
Pe1bagai Karya Seni
Peristiwa-peristiwa dan cerita-cerita dalam
Alkitab telah menyentuh hati dan kehidupan
orang-orang di seluruh dunia dan sepanjang
sejarah. Alkitab Edisi Studi juga memuat re-
produksi lukisan, gambar, dan karya-karya
seni dari berbagai kebudayaan.
Pertanyaan-Pertanyaan
Pendalaman
Di berbagai tempat dalam Alkitab Edisi Stu-
di terdapat sejumlah pertanyaan pendalam-
an. Maksudnya untuk me no long Anda : me-
ninjau kembali isi kitab tertentu, menemu-
kan maknanya, dan melihat bagaimana
makna tersebut dapat dihubungkan de-
ngan kehidupan Anda sehari-hari. Perta-
nyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab
di dalam hati, dikaji terus menerus se-
cara pribadi, atau dapat diangkat menjadi
penuntun untuk didiskusikan dalam kelom-
pok-kelompok pendalaman Alkitab.
Ayat-ayat Emas
8anyak orang menemukan hiburan dan
peneguhan dengan menghafal ayat-ayat
Kitab Suci. Sejumlah ayat penting dan in-
spiratif dipilih dan ditempatkan di bag ian
atas halaman-halaman tertentu dalam AI-
kitab Edisi Studio Sama sekali tidak berarti
bahwa hanya ayat-ayat itulah yang ber-
harga dan patut dihafal. Ayat-ayat itu di-
pilih karena merepresentasikan be rita dan
pesan bagian Alkitab yang sedang Anda
baca.
Perlihatkanlah kepadaku, ya TUHAN,
petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu,
aku hendak memegangnya sampai
saat terakhir.
Buatlah aku mengern maka aku akan
memegang Taurat-Mu;
aku hendak memeliharanya dengan
segenap hati.
(Mazmur 119:33-34)
BAGAIMANA MENGGUNAKAN ALKITAB EDISI STUDI 7
Filip'i: Pada zaman Paulus, Filipi
adalah pusat dari sebuah kolo-
ni Romawi. Kota ini memiliki banyak tea-
ter, tempat pemandian, lapangan umum
(forum), dan patung dewa-dewi Romawi.
Banyak tentara Romawi yang setelah
pensiun menetap di Filipi. Selanjutnya, Ii-
hat artikel singkat berjudul "Kekaisaran
Roma" pada him. xxx.
Nama Kota Filipi diambil dari na-
ma Raja Filipus II dari Makedonia, ayah Alek-
sander Agung. Sekitar tahun 356 SM, Filipus
menaklukkan tempat ini, karena berdekat-
an dengan tambang emas dan perak di pe-
gunungan Pangaeus. Bertahun-tahun kemu-
dian, Filipi menjadi kota penting semenjak
ditaklukkan Romawi, yang membangun Jalur
Egnasia, jalan yang menghubungkan Bizan-
tium di timur dengan pelabuhan-pelabuhan
LautAdriatik yang berada di barat.
ke Italia - Jatur Egnasia
'-9y ium THRACE
_



'i.
TesalQnika C
iff
\EGEA
ASIA
1:1 Paulus dan Timotius: Seba-
gai seorang Farisi, Paulus sangat
menaati hukum Taurat. Namun di sini, ia
menyebut dirinya sebagai hamba Yesus
Kristus. Selanjutnya, lihat artikel sing-
kat berjudul "Paulus (Saulus) dari Tarsus"
pada him. xxx.
Ibu Timotius adalah seorang Kris-
ten Yahudi , sedangkan ayahnya adalah se-
orang bukan Yahudi dari Listra (Kis. 16:1).
Dalam banyak surat Paulus, ia disebut
sebagai rekan kerja Paulus (lKor. 4:17;
2Kor. 1:1; lTes. 1:1; Flm. 1).
1:1 Kristus Yesus: Nama Yesus
biasa digunakan oleh pria Ya-
hudi pada zaman itu. Kata "Kristus" atau
"Mesias" adalah gelar yang berarti "yang
diurapi!yang terpilih". 'Lihat juga artikel
singkat berjudul "Mesias (Yang Diurapi)"
pada him. xxx.
8 • FILIPI
FILIPI
Utusan Allah dapat dipenjarakan,
tetapi kebenaran tentang Kristu5 tidak dapat
dibungkam. Bagaimana Paulus menemukan
kekuatan di masa kesukaran?
Surat FILIPI akan memberikan Jawaban_
APA 151 POKOK SURAT FILlPI?
Rasul Paulus menulis surat ini kepada jemaat Tuhan di Filipi ke-
tika ia sedang berada di dalam penjara di .sebuah kota yang ti-
dak disebutkan namanya. Meskipun ·ia menghadapi masa-masa
yang sulit, Paulus ingin mengingatkan jemaat di Filipi untuk tetap
setia pada Injil Kristus, yang pertama kali diberitakan oleh Pau-
lus kepada mereka (Kis. 16:12-40; Flp. 4:15-17). Paulus meng-
ingatkan jemaat Filipi bahwa mereka mungkin saja menghadapi
penderitaan seperti dirinya (1:30, 2:17-18), tetapi mereka tidak
boleh takut terhadap penderitaan tersebut, karena "Segala
perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan
kepadaku" (4:13) . Kata-kata peneguhan iman dari Paulus yang
terdapat dalam surat singkat ini telah memberi kekuatan kepada
orang-orang Kristen sejak pertama kalinya ditulis.
APA MAKSUD PENULISANNYA?
Paulus ingin berterima kasih kepada jemaat di Filipi karena telah
menolongnya dengan pemberian dan doa (1:5, 4:10-19). Paulus
juga ingin menceritakan apa yang terjadi pada dirinya sejak ia di-
tangkap oleh orang-orang Romawi. Paulus j uga menyadari adanya
masalah-masalah yang dialami jemaat di Filipi beberapa waktu se-
belumnya. Jemaat Kristen di sana berdebat apakah para pengikut
Yesus yang baru harus menaati hukum Taurat atau tidak (3:2-11).
APA LATAR BELAKANGNYA?
Penulis KISAH PARA RASUL melaporkan bahwa Filipi merupakan
kota yang pertama kali dikunjungi Paulus setelah ia menye-
berang dari Asia Kecil menuju Eropa tenggara (Kis. 16:11-12).
Filipi adalah kota penting di Makedonia dan berada di ujung
timur dari jalur utama yang dinamakan Jalur Egnasia, yang bi -
asanya dipakai oleh para pedagang dan pasukan Romawi untuk
membawa barang dan perlengkapan dari wilayah timur kekaisar-
an ke Kota Roma di sebelah barat. Filipi diambil dari nama Fili-
pus II, ayah Aleksander Agung. Fil ipus membangun kota tersebut
menjadi kota berbenteng dan ibu kota kerajaannya yang tengah
berkembang pada abad ke-4 SM.
Surat FILIPI termasuk dalam kelompok surat Paulus yang
disebut Surat-surat dar; Penjara Uuga EFESUS, KOLOSE, dan FILE-
MON) karena kemungkinan besar ditulis oleh Paulus dari penjara.

,
,
\
Berapa kali Paulus dipenjara atau di mana ia dipenjara, tidak
diketahui dengan pasti. Namun, KISAH PARA RASUL mengatakan
bahwa Paulus dipenjara di Efesus (Kis. 19:1-21) dan Kaisarea
(Kis. 24:24-26:32), dan berada dalam tahanan rumah di Roma
(Kis. 28:11-30). Mungkin Paulus menulis surat FILIPI dari salah
satu kota tersebut atau dari kota lainnya di bagian timur Laut Te-
ngah, di mana pasukan Romawi ditempatkan (1:13).
BAGAIMANA SUSUNANNYA?
Paulus mengawali suratnya dengan sebuah salam khas kris-
ten dalam bentuk yang biasa digunakan dalam penulisan surat
resmi Yunani , dan mengakhirinya dengan salam penutup (4:21-23).
Seperti dalam kebanyakan surat Paulus, pendahuluan diikuti
dengan doa dan ucapan syukur bagi jemaat yang menjadi tujuan
suratnya. Selanjutnya, Paulus menceritakan keadaannya seka-
rang, memberikan nasi hat dan menguatkan j emaat Kristen di
Filipi, dan berterima kasih karena pertolongan yang telah me-
reka berikan kepadanya pada masa yang lalu.
Garis besar surat FILIPI dapat disusun seperti berikut:
• Paulus Menyampaikan Salam dan Mengucap Syukur
dan Doa bagi Jemaat di Filipi (1:1-11)
• Hidup bagi Kristus, Har.nba Allah yang Rendah Hati
(1:12-2:18)
• Peneguhan dan Nasihat (2:19-4:9)
• Ucapan Terima Kaslh dan Salam Penutup (4:10-23)
Paulus Menyampaikan Salam dan
Mengucap Syukur dan Doa bagi
Jemaat di Filipi
Paulus mengawali suratnya dengan sebuah salam resmi yang
biasa digunakan da/am penulisan surat Yunani . Seperti da/am
kebanyakan suratnya, setelah salam, ia mengucap syukur dan
doa bagi mereka yang menjadi tujuan suratnya.
Salam
1
Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada
semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para
penilik jemaat dan diaken.
2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan
dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
Ucapan syukur dan doa
3 Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengi-
ngat kamu. 4 Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku
selalu berdoa dengan sukacita. S Aku mengueap syukur kepada
Allahku karena persekutuanmu dalam Berita [njil mulai dari hari
pertama sampai sekarang ini. 6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya,
yaitu [a, yang memlilai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan
menerllskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristlls Yesus.
7Memang slldahlah sepatlltnya aku berpikir demikian akan kamu
semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua
turllt mendapat bag ian dalam kasih karunia yang diberikan ke-
padakll, baik pada waktll aku dipenjarakan, maupun pada waktu
aku membela dan meneguhkan B e ~ i t a [nji/' 8Sebab Allah pdalah
saksiku betapa aku dengan kasih mesra·Kristus Yesus merindukan
kamu sekalian.
9Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam
pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,
IOsehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suei
1:1 para penilik jemaat dan dia-
ken: Kata Yunani untuk "para pe·
nilik jemaat" dapat juga diterjemahkan
dengan "para uskup" atau "para pejabat".
Mereka adalah para pemimpin jemaat-je-
maat pengikut Yesus di Filipi. Kata "dia-
ken" dapat juga diterjemahkan dengan
"para pelayan". Mereka memenuhi kebu·
tuhan jemaat lewat pembagian makanan
dan uang.
~ . ---------
~ 1:2 Allah, Bapa kita ... Tuhan:
Paulus menggunakan istilah "Ba-
pa" dalam banyak suratnya sebagai sapa-
an untuk Allah (Gal. 1:2-3; 1Kor. 1:3; Rm.
1:7). Jika gelar "Tuhan" digunakan untuk
Yesus, gelar ini menegaskan kuasa dan
kewibawaan·Nya. Lihatjuga artikel singkat
berjudul "TUHAN (Gelar bagi Yes us)" pada
him. xxx.
1:5 Berita 'nji': Berita gembira
tentang Yesus, dan berita gembira yang
dibawa oleh Yesus tentang Kerajaan Allah.
1:5 ·dari hari pertama sampai
sekarang ini: Paulus menunjuk
pada kunjungannya yang pertama kali ke
Filipi (Kis. 16:11-40).
~
~ 1:6 pada hari Kristus Yesus : Da·
lam surat FILlPI, Paulus bebera-
pa kali menyinggung kedatangan Yesus
(1:10, 2:16, 3:20-21), dan ia mengharap-
kan saat itu "segera" terjadi (4:5). Lihat ar-
tikel singkat berjudul "Kedatangan yang
Kedua" pada him. xxx.
1:7 dipenjarakan: Mungkin Pau-
lus menu lis di salah satu kota di
wilayah timur Laut Tengah, di mana pasuk-
an Romawi ditempatkan (1: 13), atau da-
lam sebuah rumah tahanan di Roma (Kis.
28:16, 30-31) .
FILIPI 1 • 9
~ .
~ 1:10 menjelang hari Kristus: Li-
.. hat catatan 1:6.
1:12 Inji/: Lihat catatan 1:5 (Be-
rita Injil).
1:13 seluruh istana dan semua
orang lain ... aku dipenjarakan:
Kata Yunani "prait6ri6" di ayat ini dapat
berarti "istana" atau juga "pasukan ista-
na", yaitu pasukan yang khusus bertugas
melindungi kaisar di Roma atau pejabat
tinggi Romawi lainnya yang tinggal di kota-
kota tertentu di luar Roma. Kemungkinan
besar Paulus bercerita tentang Yesus ke-
pada para pengawal itu sa at mereka men-
jaganya. Lihatjuga catatan 1:7.
6.
~ 1:19 Roh Yesus Kristus: Paulus
menyebut Roh Kudus beberapa
kali dalam suratnya. Roh Kudus bertindak
sebagai penolong yang menyelamatkan
Paulus (1:19), pemersatu para pengikut
Yesus (2:1), dan penuntun para pengikut
Tuhan dalam ibadah yang benar (3:3). Li-
hat juga artikel singkat berjudul "Roh Ku-
dus" pada him. xxx.
1:23 pergi dan diam bersama-sa-
ma dengan Kristus: Paulus percaya bah-
wa para pengikut setia Kristus akan bersa-
ma-sama dengan Kristus setelah mereka
meninggal. Lihat juga 2Kor. 5:1-9 dan ar-
tikel singkat berjudul "Hidup Kekal" pada
him. xxx.
1:28 lawanmu: Paulus mungkin
sedang menyinggung orang-orang
yang kemudian disebutnya "anjing-anjing"
(3:2). Mereka ini berusaha membelokkan
jemaat dari Injil yang telah Paulus ajarkan.
Kemungkinan lain, di sini Paulus men un-
juk pada siapa saja yang menganggu para
pengikut Kristus di Filipi.
~ .
~ 1:30 pergumulan yang sama
seperti yang dahulu kamu lihat
padaku, ... dengar ten tang aku: Ketika per-
tama kali tiba di Filipi, Paulus disiksa de-
ngan kejam dan dipenjarakan (Kis. 16:1640).
Sekarang ia berada dalam penjara lagi.
Paulus melihat penderitaan yang dialami-
nya sebagai kesempatan untuk melayani
Kristus.
2:1 Roh: Lihat catatan 1:19.
2:5-6 Kristus Yesus ... dalam rupa
Allah: Gagasan seperti ini terdapat juga
dalam Yoh. 1:1-18 dan Kol. 1:15-20. Para
penulis PB dan para pemimpin jemaat
perdana sama-sama mengajarkan bahwa
Yesus sungguh Allah dan sekaligus juga
sungguh manusia (2:7). Lihat juga artikel
singkat berjudul "Anak Allah" pada him.
xxx. Kemungkinan besar ayat 6-11 meru-
pakan nyanyian pujian (himne) Kristen
perdana yang dikenal oleh jemaat di Filipi.
~ ~ ----------------------..
I f ~ \ 1:13 Kis. 28:30.
10 • FILIPI 1
dan tak bercacat menjelang hari Kristus, 11 penuh dengan buah ke-
benaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan
memuji Allah.
Hidup bagi Kristus,
Hamba Allah yang Rendah Hati
Meskipun Paulus berada dalam penjara, ia terus membagikan
Inji/ tentang Kristus. Entah dia hidup atau mati atau menderita,
ia tetap bersama Kristus. la mendorong jemaat Kristen Filipi un-
tuk menghadapi penderitaan dengan pengharapan yang sama
dengannya. Paulus mengingatkan para penerima suratnya bah-
wa Kristus telah menjadi hamba, dan mendorong mereka untuk
meneladani-Nya dan hidup sebagai "terang" dalam dunia.
Kesaksian Paulus dalam penjara
12Aku menghendaki, saudara-saudara, supaya kamu tahu, bah-
wa apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan
Injil , 13sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang
lain, bahwa aku dipenjarakan karena Kristus. 14 Dan kebanyakan
saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenja-
raanku untuk bertambah berani berkata-kata tentang firman Allah-
dengan tidak takut. 15Ada orang yang memberitakan Kristus karena
dengki dan perselisihan, tetapi ada pula yang memberitakan-Nya
dengan maksud baik. 16 Mereka ini memberitakan Kristus karena ka-
sih, sebab mereka tahu, bahwa aku ada di sini untuk membela Injil ,
17tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud
yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperbe-
rat bebanku dalam penjara.
18Tetapi tidak mengapa, sebab bagaimanapun juga, Kristus dibe-
ritakan, baik dengan maksud palsu maupun dengan jujur. Tentang
hal itu aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita, 19karena
aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh
doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus. 2°Sebab yang sangat
kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal
tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikian
pun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku,
baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. 21 Karena bagiku hidup
adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 22Tetapi jika aku harus
hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi
mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. 23 Aku didesak dari dua
pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus - itu
memang jauh lebih baik; 24tetapi lebih perlu untuk tinggal di du-
nia ini karena kamu. 2sDan dalam keyakinan ini tahulah aku: aku
akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian
supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman, 26sehingga
kemegahanmu dalam Kristus Yesus makin bertambah karena aku,b
apabila aku kembali kepada kamu.
Nasihat supaya tetap berjuang
27Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus,
supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak da-
tang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh,
dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil ,
28dengan tiada digentarkan sedikit pun oleh lawanmu. Bagi mere-
ka semuanya itu adalah tanda kebinasaan, tetapi bagi kamu tanda
keselamatan, dan itu datangnya dari Allah. 29Sebab kepada kamu
dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan
juga untuk menderita untuk Dia, 30dalam pergumulan yang sarna
seperti yang dahulu kamu lihat padaku, dan yang sekarang kamu
dengar tentang aku .
• 1:14 firm an Allah: Dalam beberapa naskah tertulis "firman Tuhan" atau "firman itu".
b 1:26 kemegahmlmu da/am Kristu5 Yesus makin bertambah karena aku: Atau
"kemegahan kalian akan aku semakin bertambah karena Yesus Kristus".
Nasihat supaya bersatu dan merendahkan
diri seperti Kristus
2
Jadi karen a dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasi h,
ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, 2ka-
rena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu
sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, 3dengan tidak
mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebalik-
nya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang
lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; 4dan janganlah tiap-tiap
orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepen-
tingan orang lain juga. 5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama,
menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus
Yesus, 6yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap ke-
setaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
7melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri , dan mengambil
rupa seorang hamba, dan menjadi sarna dengan man usia. sOan
dalam keadaan sebagai manusia, la telah merendahkan diri-Nya
dan taat sampai mati , bahkan sampai mati di kayu sa lib. 9ltulah
sebabnya Allah sangat meninggikan Oia dan mengaruniakan ke-
pada-Nya nama di atas segala nama, IOsupaya dalam nama Yesus
bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi
dan yang ada di bawah bumi, 11 dan segala lidah mengaku: "Yesus
Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa
l
Tetaplah kerjakan keselamatanmu
12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; ka-
rena itu tetaplah'kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar,
bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula seka-
rang waktu aku tidak hadir, 13karena Allahlah yang mengerjakan di
dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-
Nya. 14Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut
dan berbantah-bantahan, lSsupaya kamu tiada beraib dan tiada
bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-te-
ngah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga
kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,
16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat berme-
gah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak
percuma bersusah-susah. 17Tetapi sekalipun darahku dicurahkan
pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersu-
kacita dengan kamu sekalian. 180an kamu juga harus bersukacita
demikian dan bersukacitalah dengan aku.
Peneguhan dan Nasihat
Paulus mengatakan bahwa ia akan mengutus dua rekan keperca-
yaannya, yaitu Timotius dan Epafroditus, untuk meneguhkan me-
reka. fa juga memperingatkan mereka mengenai orang-orang yang
memaksa anggota jemaat yang baru mengimani Kristus untuk hidup
menurut hukum Taurat. fa menggunakan kehidupannya sendiri se-
bagai contoh untuk menunjukkan bahwa iman akan Kristusfah yang
pafing penting. Paulus juga mendorong mereka untuk hidup sebagai
anak-anak Allah.
Timotius dan Epafroditus
19Tetapi dalam Tuhan Yesus kuharap segera mengirimkan Timo-
tius kepadamu, supaya tenang juga hatiku oleh kabar tentang hal
ihwalmu. 2°Karena lak ada seorang padaku, yang sehati dan sepikir
dengan aku dan yang begitu bersungguh-sungguh memperhati-
kan kepentinganmu; 21sebab semuanya mencari kepentingannya
sendiri , bukan kepenlingan Krislus Yesus. 22Kamu lahu bahwa
kesetiaannya telah teruji dan bahwa ia telah me no long aku da-
lam pelayanan [njil sarna seperli seorang anak menolong bapanya.
230ialah yang kuharap untuk kukirimkan dengan segera, sesudah
2:7 hamba: Maksud Paulus
adalah Kristus menaati Allah se-
perti seorang hamba menaati tuannya. Li-
hat artikel singkat berjudul "Budak dan
Hamba" pada him. xxx.
2:8 mati di kayu safib: Yesus
dihukum mati di kayu salib, se-
buah eksekusi mati cara Romawi. Lihat ar-
tikel singkat berjudul "Penyal iban" pada
him. xxx.
e
~ 2:11 Yesus Kristus ada/ah Tuhan:
Ketika orang menyatakan di de-
pan umum bahwa "Yesus adalah Tuhan",
itu berarti mereka percaya akan keilahi-
an Yesus dan la adalah tuan dalam hidup
mereka. Lihatjuga catatan 1:1 (Kristus Ye-
sus) dan 1:2 (Allah ... Tuhan).
2:12 kese/amatanmu: Beragam
kata dalam Alkitab diterjemahkan dengan
"keselamatan", "menyelamatkan", dan
"penyelamat" . Semuanya menunjuk pada
apa yang telah dan sedang Allah lakukan
untuk membebaskan semua manusia dari
dosa dan kuasa-kuasa jahat. Lihat juga ar-
tikel singkat berjudul "Keselamatan" pada
him. xxx dan "Hidup Kekal" pada him. xxx.
2:15 bercahaya: Banyak penu-
lis Alkitab yang menggunakan simbol "ca-
haya" untuk melukiskan Allah atau firman
Allah (Mzm. 119:105; 1Yoh. 1:5); dan
orang atau hal yang menyingkapkan kebe-
naran Allah (Yes. 49:6). Para pengikut Ye-
sus kadang-kadang disebut "anak-anak
terang" (Yoh. 12:36; Ef. 5:8) dan "terang
dunia" (Mat. 5:14-16).
2:16 pada hari Kristus: Lihat ca-
tatan 1:6.
2:17 darahku dicurahkan pada
korban: Hukum Taurat mewajib-
kan orang Yahudi mempersembahan kur-
ban bagi Allah. Air dan anggur kadang-
kadang dipercikkan ketika hewan-hewan
dipersembahkan di atas mezbah untuk
menghormati Allah (2Raj. 16:13). Di sini
Paulus mengatakan bahwa iman akan
Tuhan dan melayani sesama merupakan
persembahan-persembahan yang diingin-
kan oleh Allah (2:17). Paulus yakin bahwa
darahnya akan tercurah atau dikurbankan
oleh orang-orang yang ingin menganiaya
dia sebagai pengikut Kristus. Paulus ber-
kata bahwa jika itu terjadi, ia akan merasa
lega karena dapat melayani Allah dengan
cara yang demikian.
2:19 Timotius: Lihat catatan 1:1
(Paulus dan Timotius).
'" . ------------
, ->-- 2:10-11 Yes. 45:23 (Septuagin-
'/\ tal. 2:15 UI. 32:5.
FILIPI 2 • 11
2:25 Epafroditus: Pengikut Kris-
tus ini dikirim ke Paulus oleh je-
maat Kristen Filipi dengan sebuah pembe-
rian (4:18). la tampaknya tinggal bersama
Paulus dan bekerja bersamanya. Epafro-
ditus prihatin bahwa jemaat di Filipi akan
khawatir jika mereka mendengar soal pe-
nyakit yang dideritanya belakangan ini.
Paulus sangat ingin mengirim Epafrodi-
tus kembali ke Filipi (2:28) untuk bertemu
dengan rekan-rekannya.
3:2 anjing-anjing: Menunjuk pa-
da orang-orang yang menginginkan agar
semua orang yang baru mengimani Tuhan
harus juga menaati hukum Taurat, khu-
susnya hukum yang mengatakan bahwa
semua anak lalli-Iaki dan pria dewasa ha-
rus disunat. Lihat catatan 3:3 (bersunat)
dan 3:18.
3:3 bersunat: Hukum Taurat
mengharuskan semua laki-Ia-
ki Yahudi yang ingin menjadi bagian dari
umat pilihan Allah disunat saat berusia
delapan hari, atau di kemudian hari jika di·
perlukan (Kej. 34:21-23; 1m. 12:3). Lihat
juga artikel singkat berjudul "Sunat" pada
him. xxx.
3:5 suku Benyamin, orang Ibrani
asli: Paulus mengingatkan orang Kristen
Filipi bahwa ia berasal dari keluarga Ya-
hudi (bangsa Israel). Israel terdiri atas 12
suku yang nama-namanya berasal dari
nama putra-putra Yakub (Kej . 49:1-28).
Paulus berasal dari suku Benyamin, anak
bungsu Yakub (Rm. 11:1). Lihat juga arti-
kel singkat berjudul "Israel" pada him. xxx.
3:5 tentang pend irian terhadap
hukum Taurat aku orang Farisi :
Nama "Farisi" mungkin berasal dari kata
yang berarti "yang murni/tahir". Mereka
sangat teliti menaati hukum Taurat dan
menentang siapa saja yang mengajarkan
sesuatu yang lain.
Hukum Taurat menunjuk pada
lima kitab dalam Alkitab Ibrani, yaitu
KEJADIAN, KELUARAN, IMAMAT, BILANGAN,
ULANGAN. Lihat juga artikel singkat ber-
judul "Hukum Taurat" pad a him. xxx.
3:9 kepercayaan kepada Kristus:
Sebagai pengikut Kristus, Paulus
sekarang percaya bahwa Allah menerima
mereka yang percaya kepada Kristus, bu-
kannya mereka yang berusaha memper-
oleh perkenanan Allah delJgan menaati
hukum Tau rat. Lihat 3:1-29.
3:11 aku akhirnya beroleh ke-
bangkitan: Paulus berbicara me-
ngenai dibangkitkan dari kematian untuk
memperoleh kehidupan. Lihat artikel sing-
kat berjudul "Kebangkitan" pada him. xxx
dan "Hidup Kekal " pada him. xxx.
" " ~ l "
P\ 3:5 Kis. 23:6, 26:4-5. 3:6 Kis.
8:1-34,22:4,26:9-11.
12 • FILIPI 2
jelas bagiku bagaimanajalannya perkaraku; 24tetapi dalam Tuhan
aku percaya, bahwa aku sendiri pun akan segera datang.
2SSementara itu kuanggap perlu mengirimkan Epafroditu,s
kepadamu, yaitu saudaraku dan ternan sekerja serta ternan seper-
juanganku, yang kamu utus untuk melayani aku dalam keperluanku.
26 Karena ia sangat rindu kepada kamu sekalian dan susah juga ha-
tinya, sebab kamu mendengar bahwa ia sakit. 27Memang benar
ia sakit dan nyaris mati, tetapi Allah mengasihani dia, dan bukan
hanya dia saja, melainkan aku juga, supaya dukacitaku jangan ber-
tambah-tambah. 28Itulah sebabnya aku lebih cepat mengirimkan
dia, supaya bila kamu melihat dia, kamu dapat bersukacita pula dan
berkurang dukacitaku. 29Jadi sambutlah dia dalam Tuhan dengan
segala sukacita dan hormatilah orang-orang seperti dia. 30Sebab
oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan
jiwanya untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayan-
anmu kepadaku.
3 laAkhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah dalam Tuhan.
Kebenaran yang sejati
IbMenuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan
memberi kepastian kepadamu. 2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing,
hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terha-
dap penyunat-penyunat yang palsu, 3karena kitalah orang-orang
bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah,c dan bermegah dalam
Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.
4 Sekalipun aku juga ada alcisan untuk menaruh percaya pad a hal-
hallahiriah.
Jika ada orang lain menyangka dapat menaruh percaya pad a
hal-hallahiriah, aku lebih lagi: sdisunat pad a hari kedelapan, dari
bangsa Israel , dari suku Benyamin, orang Ibrani asli , tentang pen-
dirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi , 6tentang kegiatan
aku penganiaya j emaat, tentang kebenaran dalam mentaati hukum
Taurat aku tidak bercacat. 7Tetapi apa yang dahulu merupakan ke-
untungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 8Malahan
segala sesuatu kuanggap rugi , karena pengenalan akan Kristus
Yesus, Tuhanku, lebih muIia dari pada semuanya. Oleh karena
DiaIah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya
sampah, supaya aku memperoleh Kristus, 9dan berada dalam
Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum
Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepa-
da Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan
kepercayaan. lOYang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa
kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana
aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, llsupaya aku
akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.
12Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah
sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapatjuga
menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.
13Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku te-
lah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa
yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang
di hadapanku, 14dan bedari-Iari kepada tujuan untuk memperoleh
hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
15 Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan
jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyata-
kan Allah juga kepadamu. 16Tetapi baiklah tingkat pengertian yang
telah kita capai kita lanjutkan menurutjalan yang telah kita tempuh.
Nasihat-nasihat kepada jemaat
17Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka,
yang hidup sarna seperti kami yang menjadi teladanmu. 18Karena,
seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang ku-
nyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup
C 3:3 oleh Roh Allah: Dalam beberapa naskah tertulis "oleh roh-roh".
sebagai seteru salib Kristus. 19Kesudahan mereka ialah kebinasaan,
Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib me-
reka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.
20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga
kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, 21 yang
akan mengubah tubuh kita yang hina ini , sehingga serupa dengan
tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menakluk-
kan segala sesuatu kepada diri-Nya.
~ 3:14 hadiah: Tujuan akhir hidup
P"aulus disimbolkannya sebagai
sebuah "hcldiah", yaitu dipanggil untuk
hidup bersama Allah di surga.
3:18 banyak orang yang hidup
5ebagai seteru sa/ib Kristus: Me-
reka mungkin orang-orang yang sama 5e-
perti yang disinggung Paulus di 3:2. Selain
ribut mengenai sunat, mereka rupanya
hanya memakan makanan tertentu atau
mungkin tidak makan sama sekali untuk
menunjukkan betapa mereka sangat me-
ngasihi Allah.
4
Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindu-
kan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh
dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!
Nasihat-nasihat terakhir
2Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati, supaya sehati sepikir
dalam Tuhan. 3 Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos,d te-
manku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang
3:20 kewargaan kita ada/ah di
da/am sorga ... menantikan Tuhan Yesus
Kristus sebagai )uruse/amat: Dalam du-
nia Romawi, Ilanya orang-orang tertentu
yang berhak menjadi warga negara. Pau-
lus hendak menyatakan bahwa jauh lebih
penting menjadi warga negara dari mac
syarakat yang Tuhannya berada.di surga:
Lebih lanjut mengenai kedatangan Kristus
kembali, lihat catatan 1:6.
4:2 Euodia ... dan Sintikhe: Pe-
rempuan-perempuan ini memiliki nama
Yunani. Euodia berarti "perjalanan yang
baik" (atau "sukses") dan Sintikhe berarti
"dengan keberuntungan" . Paulus mendo-
rong para perempuan yang telah meno-
longnya mengabarkan Injil itu untuk ber-
henti bertikai.
d 4:3 Sunsugos: Di ayat ini bisa dilihat sebagai nama orang. Kata Yunaninya berbunyi ,J.. " [ ~
"Syzyge" (dari "Syzygos"). l t ~ ~ 3:17 1Kor. 4:16, 11:1.
Istilah "kedatangan yang kedua" digunakan untuk
menunjuk ke masa depan, saat Kristus datang kem-
bal i untuk menghakimi manusia dan merampungkan
Kerajaan Allah. Isti lah ini t idak ditemukan dalam PB, .
tetllpi Yesus meman'g mengatakan bahwa la akan
"datang kembali" u n t u ~ membawa para murid bersa-
ma-Nya setelah la menyediakan tempat di su.rga (Yoh.
14:1-3), dan penulis surat IBRANI berkata bahwa Kris-
tus akan datang kembali "untuk rhenganugerahkan
keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia"
(Ibr. 9:28). Beberapa ayat menggunakan kata Yunani
parousia yang berarti "tiba" atau "kedatangan" un-
ttlk menjelaskan peristiwa masa depan ini (sebagai
contoh, lKor. 15:23; iTes. 3:13). Dalam kekaisaran
Romawi abad pertama, istilah parousia digunakan un-
tuk melukiskan tampilnya seorang kaisar atau raja di
depan umum, yang kedatangannya akan dielu-elukan
oleh masyarakat setempat.
KISAH PARA RASUL menceritakan bahwa Yesus
diangkat ke surga disaks[kan oleh para murid-Nya.
Para malaikat ber-kata kepacta para tnurid bahwa
Yes us akan ".datang _kembali dengan ,cara yang
sama seperti kamu melililat Dia naik ke sorga" (Kis.
1:9-11); Beberapa ayat dalam injir menurjjuk pada
kedatangan kembali Anak Manusia, sebutan yang
digunakan para penulis Inj il bagi Yesus Kristus.
Penampakan Anak Manusia akan diawali oleh za-
man penderitaan dan siksaan (Mat. 24:29-31; Mrk.
13:3-27). Meskipun Yesus menyebut beberapa tan-
da yang akan terjadi menjelang kedatangan-Nya
kembali, saatnya yang tepat t idak diketahui, baik
oleh para malaikat di surga maupun oleh Anak sen-
G:KI;OUA
diri (Mat. 24:36-44; Mrk. 13:32-37). Kedatangan
Anak Manusia yang kedua kali sering kali dikaitkan
dengan masa penghakiman, sa at mereka yang
melakukan kejahatan akan dihukum dan mereka
yang melakukan kebaikan akan memperoleh ganjar-
an (Mat. 13:41-43, 16:27-28, 25:31-46; Luk. 18:1-
8, 21:34-36). Penulis 2 PETRUS mengatakan bahwa
kedatangan Tuhan kembali berkaitan dengan hari
penghakiman, sa at semua orang jahat dibinasakan
dan alam semesta yang sekarang ini lenyap dan di-
gantikan oleh surga dan bumi yang baru (2Ptr. 3:7-13;
lihat juga Why. 20:11-21:4; dan artikel singkat ber-
judul "Hari TUHAN" pada him. xxx).
Dalam surat-suratnya, Paulus melukiskan ke-
datangan kembali Kristus sebagai saat umat Kris-
tus akan dibangkitkan kepada kehidupan (lKor.
15:23; iTes. 4:14-18) dan Kristus akan membina-
sakan segala kuasa dan kekuatan yang melawan
Allah, dan akan memerintah selama-Iamanya (lKor.
15:24-28). Sementara itu, Paulus berdoa agar para
pengikut Kristus dapat hidup dalam kedamaian
dan kekudusan sampai kedatangan Kristus kem-
bali (iTes. 5:23). Penulis surat YAKOBUS mungkin
menggemakan keyakinan yang sama ketika ia me-
nguatkan para pengikut Yesus untuk sabar, karena
"kedatangan Tuhan sudah dekat" (yak. 5:7-8; lihat
juga lYoh. 2:18; Why. 22:6-10, 20). Ketika Kristus
tidak segera datang kembali sebagaimana diha-
rapkan jemaat Kristen perdana, beberapa penulis
memberikan alasan-alasannya (Yoh. 21:20-23; 2ptr.
3:3-9). Lihatjuga artikel singkat berjudul "Saat-saat
Terakhir" pada him. Xxx.
FILIPI 4 • 13
Janganlah hendaknya kamu
kuatir tentang apa pun juga,
tetapi nyatakan/ah da/am
sega/a hal keinginanmu
kepada Allah da/am doa dan
permohonan dengan ucapan
syukur. (Flp. 4:6)
4:3 Klemens: Ayat ini satu-satu-
nya tempat dalam Alkitab yang
menyebut nama Klemens. la menolong
Paulus mengabarkan InjH di Filipi.
~ .
~ 4:3 kitab kehidupan: Sebuah
buku yang di dalamnya tertulis
nama-nama umat Allah. Lihat juga Kei.
32:32; LUk. 10:20; Why. 13:8.
4:5 Tuhan sudah dekat!: Lihat
catatan 1:6.
14 • FILIPI 4
dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens
dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya ter-
cantum dalam kitab kehidupan.
4Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan:
Bersukacitalah
l
sHendaklah kebaikan hatimu diketahui semua
orang. Tuhan sudah dekat! 6Janganlah hendaknya kamu kuatir
tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keingin-
anmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan
syukur. 7Damai sejahtera Allah, yang melampaui segal a akal, akan
memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
8Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang
mulia, semua yang adil, semua yang suci , semua yang manis, semua
yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut di-
puji, pikirkanlah semuanya itu. 9Dan apa yang telah kamu pelajari
dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar
dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah
sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.
Ucapan Terima Kasih dan
Salam Penutup
Paulus berdoa agar Allah memperhatikan kebutuhan jemaat di
Filipi, sebagaimana mereka dahulu memperhatikan kebutuhan
Paulus.
Terima kasih atas pember ian jemaat
IOAku sangat bersukacita dalam Tuhan, bahwa akhirnya pikir-
anmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. Memang
selalu ada perhatianmu, tetapi tidak ada kesempatan bagimu. 11 Ku-
katakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar
mencukupkan diri dalam segala keadaan. 12Akll tahll apa itu ke-
kurangan dan aku tahu apa ilu kelimpahan. Dalam segala hal dan
Umat sedang berdoa di salah satu Gereja Katolik di Bantul, Yogyakarta.
dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia
bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik
dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. 13Segala
perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan
kepadaku. 14Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah
mengambil bagian dalam kesusahanku. 15Kamu sendiri tahu juga,
hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan
injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaat
pun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan
aku selain dari pada kamu. 16Karena di Tesalonika pun kamu te-
lah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku. 17Tetapi yang
kuutamakan bukanlah pemberian itu, melainkan buahnya, yang
makin memperbesar keuntunganmu. 18Kini aku telah menerima
semua yang perlu dari padamu, malahan lebih dari pada itu. Aku
berkelimpahan, karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafro-
ditus, suatu persembahan yang harum, suatu korban yang disukai
dan yang berkenan kepada Allah. 19 Allahku akan memenuhi segala
keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus
Yesus. 20Dimuliakaniah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin.
Salam
21Sampaikanlah salamku kepada tiap-tiap orang kudus dalam
Kristus Yesus. Salam kepadamu dari saudara-saudara, yang bersa-
ma-sama dengan aku. 22Salam kepadamu dari segala orang kudus,
khususnya dari mereka yang di istana Kaisar.
23Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai rohmu!
4:15 Makedonia: Wilayah di ba-
gian utara Yunani. Lihat peta him.
xxx. Paulus berbicara tentang kunjungan
pertamanya ke Filipi (Kis. 16:12-40).
4:16 Tesalonika: Ibu kota Make-
donia. Jalur Egnasia memasuki Tesalo-
nika dari timur, dan melewati Gerbang Ga-
lerius, yang didirikan untuk memperingati
kemenangan Romawi atas Persia pad a ta-
hun 298 M.
4:22 mereka yang di istana Kai-
sar: Mungkin menunjuk pad a
beberapa tentara Romawi yang menjaga
Paulus (1:13).
~ - 1 ~ " " " " " " " " " " - -
~ ~ ~ ~ 4:15-16 2Kor. 11:9. 4:16 Kis.
17:1.4:18 Kel. 29:18.
PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG FILIPI
1. Apa perbedaan yang kita rasakan sa at menge-
tahui bahwa Paulus menulis suratnya kepada
jemaat di Filipi sementara ia sedang menjadi
seorang tahanan?
2. Paulus mengatakan betapa sulitnya memilih
antara hidup dan mati (1:21-26) . Mengapa de-
mikian? Untuk apa Anda hidup? Anda bersedia
mati untuk apa?
3. Filipi 2:6-11 kemungkinan besar merupakan
pujian yang dinyanyikan jemaat Kristen perdana
untuk menghormati Yesus. Ringkaskanlah po-
kok-pokok pentingnya. Nyanyian (gerejani) apa
yang paling bermakna bagi Anda? Mengapa?
4. Apa maksud Paulus ketika mengatakan, "da-
rahku dicurahkan pada kurban dan ibadah iman-
mu" (2:17)? Apakah artinya menjadi seorang
hamba Allah?
5. Apakah "hadiah" yang dikejar Paulus (3:12-14)?
Mengapa kehidupan Kristen seperti sebuah per-
lombaan?
6. Bacalah kembali nasi hat Paulus dalam 4:4-6.
Dari semua nasi hat yang diberikannya, mana
yang menurut Anda mudah dilakukan? Mana
yang pal ing sulit? Mengapa?
7. Paulus berkata, "aku telah belajar mencukupkan
diri dalam segala keadaan" (4:11). Dalam hidup
ini, pernahkah Anda memperoleh sangat sedikit?
Pernahkah Anda memperoleh banyak? Apakah
yang Anda butuhkan agar tetap puas dalam dua
keadaan tersebut?
FILIPI 4 • 15
'roko Buku LAI
_nkAccount
LEMBAGA ALKITAB INDONESIA
Anggota IKAPI NO.067/DKI/97
JI. A. Yani 90, Bogor 16161
Tel. (0251) 8335593, Faks. (0252) 8335539
JI. Salemba Raya 49, Jakarta 10430
P.O. Box 1255, Jakarta 10012
e-mail : info@alkitab.or.ldataupenyebaran@alkitab.or.id
JI. Salemba Raya 49, Jakarta 10430
Tel. (021) 3142890, Faks. (021) 3101061
Bank MANDIRI Cabang Gamblr Jakarta No. Rek. 1190080000126
Bank BCA Cabang Matraman Jakarta No. Rek. 3423016261
CmBANK (USD) No. Rek. 0500683511
Dep. Penerjemahan JI. A. Yani 90, Bogor 16161
Tel. (0251) 8312788, Faks. (0251) 8311414
e-mail: laibogor@alkltab.or.ld
Perpustakaan dan JI. A. Yani 90, Bogor 16161
Museum Bibllka LAI: Tel/Faks. (0251) 8319708
e-mail: perpustakaan@alkltab.or.ld
UnIt Percetakan: JI. Raya Roda Pembangunan 96 Km. 49, Cibinong, Bogor 16912
Tel. (021) 8755888, (0251) 8662174, Faks. (0251) 8654805
e-mail: percetakan@alkitab.or.ld
PERWAKILAN LAI
MlIl4l1J'f JI. Dr. Sutomo 618, Medan 20231, Tel./Faks. (061) 4563859
e-mail: medan@alkitab.or.l d
4.lakarta:
5. Bandung:
JI. Boulevard, Ruko Yasclnth 1 No.17, Panakkukang Mas,
Makassar 90222
Tel./Faks. (0411) 458776
e-mail: makassar@alkltab.or.id
JI. Diponegoro 82, Manado 95112, Tel./Faks. (0431) 851601
e-mail : manado@alkitab.or.ld
JI. Frans Kaisiepo, Komplek Ruko, Pasifik Permai, Blok D-l
Jayapura 99112, Papua Barat, Tel./Faks. (0967) 535620
e-mail : jayapura@alkltab.or.ld
PENYALUR UTAMA (Pertama) LAI
Toko Buku Immanuel
JI. Proklamasi 76, Jakarta 10320
Tel. (021) 3900790 (Hunting), 331255, 331265
Faks. (021) 3900789
Atau cabang-cabangnya
PT. Gapura Mitra Sejati
JI. Pal Putih 25, Kramat Raya, Jakarta 10450
Tel. (021) 3146139 (Hunting), Faks. (021) 3146140
Atau cabang-cabangnya
PT. BPK Gunung Mulla
JI. Kwitang 22-23, Jakarta 10420
Tel. (021) 3901208, Faks. (021) 3901633
Atau cabang-cabangnya
PT. Muliapurna Jayaterbit
JI. Kramat Raya 3R, Jakarta 10450
Tel. (021) 3909280, 3901790, 3862345
Faks. (021) 3901789
Toko Buku Yayasan Kalam Hldup
JI. Naripan 67, Bandung 40112
Tel. (022) 4207735, Faks. (022) 4234508
Atau cabang-cabangnya
IBSPN 463-1284-3
Indonesian Study Bible Booklet Promotion
Dicetak oleh Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia
www.alkitab.or.id

KITAB FILIPI LEMBAGA ALKITAB INDONESIA JAKARTA 2009 t .

seminar-seminar yang mengusung tema seputar Alkitab. jurang kebudayaan. Kerinduan umat kristiani untuk lebih memahami Alkitab tampak jelas dari maraknya penyelenggaraan kursus-kursus Alkitab. baik dalam aras lokal maupun nasional. Alkitab bukanlah sebuah buku yang mudah dipahami. Diperlukan penjelasan untuk menjembatani jurang yang memisahkan dua dunia tersebut. dalam waktu dekat LA! akan mendatangi pembaca dengan satu lagi Alkitab khusus yang kami namakan 'Alkitab Edisi Studi'. Alkitab Edisi Studi ini akan terbit pada bulan Mei 2010. Selain itu. Lembaga Alkitab Indonesia (LA!) mengemban misi menghadirkan Alkitab dalam bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. Terbitan ini merupakan bukti komitmen LAI untuk terus menghadirkan produk berkualitas dan berterima. jurang sejarah. sebut saja jurang bahasa. juga menjamur dan dipadati pendengar. antara lain menerjemahkan Alkitab ke dalam berbagai bahasa lokal di Indonesia. maka catatan dan informasi tambahan dalam Edisi Studi ini diupayakan untuk tidak bersifat dogmatis atau doktrinal. dalam aneka kemasan. dan di dalam konteks sejarah tertentu. tidak sedikit umat beriman yang rindu akan informasi yang lebih banyak dan benar menyangkut pelbagai aspek di dalam teks Alkitab yang menjadi pegangan iman kristiani. dan pada kesempatan ini kami menghantar kitab Filipi sebagai salah satu contoh kitab dari Edisi Studio Pemilihan kitab PENGANTAR 3 . jurang geografi. Ada jurang yang perlu dijembatani antara dunia lahirnya Alkitab dan dunia pembaca masa kini. Lewat terbitan ini. Alkitab adalah Firman Allah yang ditulis dalam bahasa manusia. LA! berharap ada jawaban untuk banyak umat yang memerlukannya. dan dengan menghasilkan terbitanterbitan khusus yang memenuhi kebutuhan segmen pembaca tertentu. di kalangan jemaatjemaat lokal. Dan sesuai dengan misinya untuk melayani semua orang beriman dari semua gereja dan denominasi. oleh para penulis manusiawi. Alkitab mengandung begitu banyak pertanyaan yang tidak mudah dijawab dan tetap kabur. Tidak dapat disangkal bahwa prinsip "Biarkan Alkitab menjelaskan dirinya sendiri" tidak selamanya berhasil dalam pengalaman konkret. terutama untuk para pembaca yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal tentang Alkitab . Sebagai tulisan manusia. Ternyata. Dalam kerangka misi inilah. Misi ini senantiasa dicoba digapai melalui berbagai kegiatan. Konteks sejarah lahirnya Alkitab itu terpisah ratusan bahkan ribuan tahun dari pembaca masa kini. Tanpa penjelasan dan informasi tambahan. Kesadaran akan kebutuhan inilah yang melatarbelakangi diterbitkannya Alkitab Edisi Studi ini. dan dalam beragam bentuk dan media yang akrab dengan para pengguna. khususnya bagi segmen pembaca yang haus akan informasi tambahan menyangkut teks Alkitab yang sedang dibacanya. dll.Seperti halnya Lembaga-Iembaga Alkitab di seluruh dunia.

dan mengalami hidup baru". Berhimpun. Jakarta.Filipi berkaitan dengan tema kerja LAI tahun 2009. Pada bagian catatan studi. 16 Desember 2009 Lembaga Alkitab Indonesia . Semoga Alkitab Edisi Studi ini menjadi bukti komitmen LAI yang terumus dalam visinya: "menghadirkan Firman Allah bagi semua orang dalam bahasa yang mudah dipahami agar mereka dapat bertemu dan berinteraksi dengan Allah. "Bersyukur. dan Berbagi" (Filipi 1:5). pembaca masih akan menjumpai penunjukkan halaman artikel atau ilustrasi yang terisi dengan xxx dikarenakan proses proofreading naskah yang masih berlangsung.

Dengan membacanya.----- A lkitab Edisi Studi ini menawarkan cara mudah untuk memahami Firman Allah. dan Binatang Sejarah dan Kebudayaan i' ~ ~\' Gagasan dan Konsep Referensi Silang Artike1 Singkat dan Artike1 Latar Be1akang Beberapa topik penting memerlukan informasi yang lebih terurai dan karena itu BAGAIMANA MENGGUNAKAN ALKITAB EDISI STUDt 5 . teks Alkitab Terjemahan Baru (TB) dibagi lagi menjadi bag ian-bag ian yang lebih besar dan masing-masing bag ian itu diberi judul. Bagian pendahuluan juga memperkenalkan tema-tema penting dan memberikan sejumlah petunjuk untuk memahami struktur kitab ttu.. (3) menolong Anda menemukan makna. termasuk garis besar isinya.~--=--::--------.... Masing-masing kategori diberi lambang khusus yang rnenunjuk pada: Geografi Manusia dan suku bangsa . Catatan-catatan Pinggir Catatan-catatan di dalam Alkitab Edisi Studi ini terdiri dari enam kategori dan terdapat di samping kiri atau kanan halaman teks Alkitab.. Pendahuluanpendahuluan ini berisi keterangan sing kat mengenai kitab-kitab di dalam masing-masing kelompok. diberi warna biru dan diikuti dengan pengantar singkat tentang peristiwa atau pengajaran yang ada dalam bag ian tersebut. Judul Bagian dan Pengantar Singkat Selain pembagian atas perikop dan juduljudul perikop yang sudah ada. Tumbuhan. Maksudnya untuk mempermudah pembaca mengikuti alur atau kerangka kitab yang sedang dibacanya.-. Atau Anda bisa menemukannya di tempat-tempat lain yang dengan jelas dirujuk dalam Alkitab Edisi Studio Menuntun Anda ke Arah Yang Benar Pendahuluan dan Garis Besar Untuk setiap buku dalam Alkitab... Setiap fitur dirancang untuk membantu Anda menyangkut tiga hal berikut: (1) menuntun Anda ke arah yang benar... (2) memberikan informasi yang Anda perlukan.. Anda diharapkan dapat memutuskan sendiri kitab mana yang Anda mau baca lebih dulu.-. Judul bag ian besar ini ~ Benda.. Arti kata dan penjelasan tentang gagasan serta ad at istiadat yang barangkali terasa asing bagi Anda tersedia di dekat teks Alkitab yang sedang dibaca.. Memberikan Informasi yang Anda Perlukan Alkitab Edisi Studi dirancang sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu meninggalkan kursi Anda untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk memahami apa yang sedang Anda baca. Dalam Alkitab Edisi Studi juga ada pendahuluan untuk Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru serta untuk setiap kelompok kitab yang ada di dalamnya. ada bagian pendahuluan yang memberi informasi tentang penulis dan waktu penulisan kitab tersebut.

(2) artikel-artikel tentang dunia kuno dan agama Israel. maka Alkitab Edisi ' Studi menjelaskan di catatan kaki naskah mana yang dipergunakan dalam Terjemahan Baru. Maksudnya agar Anda bisa langsung mengetahui apakah artikel itu berbicara tentang geografi. Sama seperti catatan-catatan pinggir. catatan kaki. naskah-naskah itu tidak selalu sama pe rsis kata demi kata. di Edisi Studi juga ada lima belas artikel latar belakang. atau tentang gagasan dan konsep. bagan. (3) didaftarkan (tanpa teks atau komentar) pada bagian bawah setelah catatan -catatan. Akibatnya. 6 SAGA/MANA MENGGUNAKAN ALKITAS EDIS/ STUDI . Artikel-artikel yang lebih panjang ini dikumpulkan dalam tiga bagian terpisah. (2) dimasukkan dalam daftar referensi ayat-ayat paralel langsung di bawah judul bagian. Ilustrasi dan Foto Alkitab Edisi Studi juga menyediakan ilustrasi. Alkitab Edisi Studi menyajikan sejumlah fitur yang akan menolong Anda memahami dan menghargai bagaimana Firman Allah sudah dan akan terus berpengaruh dan berdampak bagi hidup manusia. (3) artikel-artikel tentang dunia pad a zaman Yesus . masing-masing: (1) Artikel-artikel tentang bagaimana Alkitab sampai ke tangan kita. benda. Peta Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam Alkitab terjadi dalam kurun waktu ribuan tahun dan terbentang ke berbagai tempat seperti Mesopotamia. Referensi silang tersebut dapat dilihat dalam salah satu dari tiga kemungkinan berikut: (1) ada dalam catatan pinggir. Kemungkinan terjemahan lainnya juga diberikan di catatan kaki. kaki juga menunjukkan jika teks dalam bahasa aslinya tidakjelas dan memberikan kemungkinan arti dan terjemahan lain. Catatan Kaki Alkitab Terjemahan Baru (TB) diterjemahkan dari naskah-naskah Ibrani dan Yu nani kuno . Dalam Alkitab Edisi Studi terdapat lebih dari seratus artikel singkat mengenai topik-topik tertentu. Etiopia. manusia. Naskah-naskah ini sangat tua dan sudah mengalami proses penyalinan (dengan tangan) berulang kali . Supaya pembaca dapat mengikuti perubahan dan perkembangan 'tempat-tempat dalam Alkitab itu' dari satu zaman ke zaman lainnya. Selain itu. pada artikel-artikel sing kat tersebut tertera juga lambang-Iambang. banyak orang ingin memperoleh informasi lebih banyak dari sekadar informasi tentang manusia dan ad at istiadat kuno . Dalam Alkitab Edisi Studi. Yunani. Bila ketidaksamaan ini ditemukan. Peta-peta ini menyajikan tinjauan yang bagus tentang Tanah Suci dan memuat nama-nama tempat yang akan Anda temukan ketika membaca Alkitab. Pada bag ian akhir ada bagan ringkas mengenai sejarah Dunia Kuno mulai dari zaman pra-sejarah sampai ke zaman para Rasul. Bagan Dalam Alkitab Edisi Studi ada sejumlah bagan yang meringkas informasi detil dan ditampilkan sedemikian rupa supaya memudahkan pembaca memahami inti informasi tersebut. Catatan Menolong Anda Menemukan Makna Dalam membaca Alkitab. atau artikel singkat. Referensi Silang Kadang-kadang seorang penulis mengutip kitab lainnya di dalam Alkitab atau membuat pernyataan yang sangat mirip dengan pernyataan penulis lainnya. hal terse but diperlihatkan dalarii pelbagai referensi silang. sejarah dan kebudayaan. dan Roma. maka Alkitab Edisi Studi menyediakan sejumlah peta.tidak tertampung dalam catatan-catatan pinggir. dan foto untuk menolong pembaca memahami kehidupan pada zaman Alkitab dan memperoleh sekilas pemandangan tentang Tanah Suci dewasa ini.

Perta nyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab di dalam hati. aku hendak memeliharanya dengan segenap hati. menemukan maknanya. Alkitab Edisi Studi juga memuat reproduksi lukisan. Maksudnya untuk me no long Anda : meninjau kembali isi kitab tertentu. Sejumlah ayat penting dan inspiratif dipilih dan ditempatkan di bag ian atas halaman-halaman tertentu dalam AIkitab Edisi Studio Sama sekali tidak berarti bahwa hanya ayat-ayat itulah yang berharga dan patut dihafal. atau dapat diangkat menjadi penuntun untuk didiskusikan dalam kelompok-kelompok pendalaman Alkitab . dan karya-karya seni dari berbagai kebudayaan. Buatlah aku mengern maka aku akan memegang Taurat-Mu. Ayat-ayat Emas 8anyak orang menemukan hiburan dan peneguhan dengan menghafal ayat-ayat Kitab Suci. (Mazmur 119:33-34) Pertanyaan-Pertanyaan Pendalam an Di berbagai tempat dalam Alkitab Edisi Studi terdapat sejumlah pertanyaan pendalaman . BAGAIMANA MENGGUNAKAN ALKITAB EDISI STUDI 7 . dikaji terus menerus secara pribadi. aku hendak memegangnya sampai saat terakhir. dan melihat bagaimana makna tersebut dapat dihubungkan dengan kehidupan Anda sehari-hari. gambar. Ayat-ayat itu dipilih karena merepresentasikan be rita dan pesan bagian Alkitab yang sedang Anda baca. ya TUHAN. Perlihatkanlah kepadaku. petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu.Pe1bagai Karya Seni Peristiwa-peristiwa dan cerita-cerita dalam Alkitab telah menyentuh hati dan kehidupan orang-orang di seluruh dunia dan sepanjang sejarah.

Bagaimana Paulus menemukan kekuatan di masa kesukaran? Surat FILIPI akan memberikan Jawaban _ APA 151 POKOK SURAT FILlPI? Rasul Paulus menulis surat ini kepada jemaat Tuhan di Filipi ketika ia sedang berada di dalam penjara di .". ia disebut sebagai rekan kerja Paulus (lKor. 1). Dalam banyak surat Paulus. yang biasanya dipakai oleh para pedagang dan pasukan Romawi untuk membawa barang dan perlengkapan dari wilayah timur kekaisaran ke Kota Roma di sebelah barat. Iihat artikel singkat berjudul "Kekaisaran Roma" pada him. Paulus mengingatkan jemaat Filipi bahwa mereka mungkin saja menghadapi penderitaan seperti dirinya (1:30. 4:15-17). Kota ini memiliki banyak teater. Sekitar tahun 356 SM. Banyak tentara Romawi yang setelah pensiun menetap di Filipi. Selanjutnya. ayah Aleksander Agung. 16:1). 4:10-19). Filipi adalah pusat dari sebuah koloni Romawi. ayah Aleksander Agung. 16:12-40. Nama Kota Filipi diambil dari nama Raja Filipus II dari Makedonia. _ Biz~ Apollon~ ~ TesalQnika • C ASIA ~~ ~ 'i.FILIPI Filip'i: Pada zaman Paulus. Paulus ingin mengingatkan jemaat di Filipi untuk tetap setia pada Injil Kristus. Paulus sangat menaati hukum Taurat. Paulus j uga menyadari adanya masalah-masalah yang dialami jemaat di Filipi beberapa waktu sebelumnya. Penjara Uuga EFESUS. ke Italia '-9y - Jatur Egnasia ium THRACE -~EDON!I. Filipi menjadi kota penting semenjak ditaklukkan Romawi. Bertahun-tahun kemudian. Meskipun ·ia menghadapi masa-masa yang sulit. 1:1. yang membangun Jalur Egnasia. jalan yang menghubungkan Bizantium di timur dengan pelabuhan-pelabuhan LautAdriatik yang berada di barat. 1:1. 1:1 Kristus Yesus: Nama Yesus biasa digunakan oleh pria Yahudi pada zaman itu. tetapi kebenaran tentang Kristu5 tidak da pat dibungkam. xxx. Flm. Kata "Kristus" atau "Mesias" adalah gelar yang berarti "yang diurapi!yang terpilih". Filipus menaklukkan tempat ini. lihat artikel singkat berjudul "Paulus (Saulus) dari Tarsus " pada him.". Ibu Timotius adalah seorang Kristen Yahudi . 8 • FILIPI • . 2:17-18). Filipi diambil dari nama Filipus II. Selanjutnya. 4:17. xxx. KOLOSE. 16:11-12). Fil ipus membangun kota tersebut menjadi kota berbenteng dan ibu kota kerajaannya yang tengah berkembang pada abad ke-4 SM . Kata-kata peneguhan iman dari Paulus yang terdapat dalam surat singkat ini telah memberi kekuatan kepada orang-orang Kristen sejak pertama kalinya ditulis. lapangan umum (forum).sebuah kota yang tidak disebutkan namanya. ia menyebut dirinya sebagai hamba Yesus Kristus. 'Lihat juga artikel singkat berjudul "Mesias (Yang Diurapi)" pada him.\. karena berdekatan dengan tambang emas dan perak di pegunungan Pangaeus. Surat FILIPI termasuk dalam kelompok su rat Paulus yang disebut Surat-surat dar. iff \EGEA APA MAKSUD PENULISANNYA? Paulus ingin berterima kasih kepada jemaat di Filipi karena telah menolongnya dengan pemberian dan doa (1:5. ~ APA LATAR BELAKANGNYA? Penulis KISAH PARA RAS UL melaporkan bahwa Filipi merupakan kota yang pertama kali dikunjungi Paulus setelah ia menyeberang dari Asia Kecil menuju Eropa tenggara (Kis. dan patung dewa-dewi Romawi. Utusan Allah dapat dipenjarakan . yang pertama kali diberitakan oleh Paulus kepada mereka (Kis. Flp. Paulus juga ingin menceritakan apa yang terjadi pada dirinya sejak ia ditangkap oleh orang-orang Romawi. Jemaat Kristen di sana berdebat apakah para pengikut Yesus yang baru harus menaati hukum Taurat atau tidak (3:2-11). lTes. dan FILEMON) karena kemungkinan besar ditulis oleh Paulus dari penjara. tempat pemandian. tetapi mereka tidak boleh takut terhadap penderitaan tersebut. karena "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku" (4:13) . xxx. 2Kor. sedangkan ayahnya adalah seorang bukan Yahudi dari Listra (Kis. Filipi adalah kota penting di Makedonia dan berada di ujung timur dari jalur utama yang dinamakan Jalur Egnasia. 1:1 Paulus dan Timotius: Sebagai seorang Farisi. Namun di sini.

1:5 ·dari hari pertama sampai sekarang ini: Paulus menunjuk pada kunjungannya yang pertama kali ke Filipi (Kis. IOsehingga kamu dapat memilih apa yang baik. yang memlilai pekerjaan yang baik di antara kamu. dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu . 4 Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua. ~ ~. supaya kamu suei 3 Aku FILIPI 1 • 9 . xxx. setelah salam. Namun. Rm. Mereka adalah para pemimpin jemaat-jemaat pengikut Yesus di Filipi. . hamba-hamba Kristus Yesus. ia mengucap syukur dan doa bagi mereka yang menjadi tujuan suratnya. Tuhan: Paulus menggunakan istilah "Bapa " dalam banyak suratnya sebagai sapaan untuk Allah (Gal. 6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya. Salam Dari Paulus dan Timotius. 28:11-30). dan mengakhirinya dengan salam penutup (4:21-23). atau dalam sebuah rumah tahanan di Roma (Kis. aku selalu berdoa dengan sukacita. Seperti da/am kebanyakan suratnya. gelar ini menegaskan kuasa dan kewibawaan·Nya. Lihat artikel singkat berjudul "Kedatangan yang Kedua" pada him. Mungkin Paulus menulis surat FILIPI dari salah satu kota tersebut atau dari kota lainnya di bagian timur Laut Tengah. KISAH PARA RASUL mengatakan bahwa Paulus dipenjara di Efesus (Kis. ~ ~ 1:6 pada hari Kristus Yesus : Da· Paulus Menyampaikan Salam dan Mengucap Syukur dan Doa bagi Jemaat di Filipi Paulus mengawali suratnya dengan sebuah salam resmi yang biasa digunakan da /am penulisan surat Yunani. kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi. dan berita gembira yang dibawa oleh Yesus tentang Kerajaan Allah. yaitu [a. 1:7 dipenjarakan: Mungkin Paulus menu lis di salah satu kota di wilayah timur Laut Tengah . xxx.. di mana pasukan Romawi ditempatkan (1: 13). oleh karena kamu semua turllt mendapat bag ian dalam kasih karunia yang diberikan kepadakll. 1:2-3.nba Allah yang Rendah Hati (1:12-2:18) • Peneguhan dan Nasihat (2:19-4:9) • Ucapan Terima Kaslh dan Salam Penutup (4:10-23) 1:1 para penilik jemaat dan diaken : Kata Yunani untuk "para pe· nilik jemaat" dapat juga diterjemahkan dengan "para uskup" atau "para pejabat". di mana pasukan Romawi ditempatkan (1:13). . 2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah. Paulus beberapa kali menyinggung kedatangan Yesus (1:10.Berapa kali Paulus dipenjara atau di mana ia dipenjara. 28:16. Garis besar surat FILIPI dapat disusun seperti berikut: • Paulus Menyampaikan Salam dan Mengucap Syukur dan Doa bagi Jemaat di Filipi (1:1-11) • Hidup bagi Kristus. 1 \ Ucapan syukur dan doa mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. 2 :16. 16:11-40). 1Kor.. 3:20-21). akan menerllskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristlls Yesus. Jika gelar "Tuhan" digunakan untuk Yesus. 7Memang slldahlah sepatlltnya aku berpikir demikian akan kamu semua. maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Be~ita [nji/' 8Sebab Allah pdalah saksiku betapa aku dengan kasih mesra·Kristus Yesus merindukan kamu sekalian. 30-31) . Har. sebab kamu ada di dalam hatiku. Selanjutnya. 1:5 Berita 'nji': Berita gembira tentang Yesus. 1:3. S Aku mengueap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita [njil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini. dan ia mengharapkan saat itu "segera" terjadi (4:5). Lihatjuga artikel singkat berjudul "TUHAN (Gelar bagi Yes us)" pada him . 1:7). baik pada waktll aku dipenjarakan. 24:24-26:32). semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian. memberikan nasi hat dan menguatkan j emaat Kristen di Filipi. pendahuluan diikuti dengan doa dan ucapan syukur bagi jemaat yang menjadi tujuan suratnya. Paulus menceritakan keadaannya sekarang. 9Dan inilah doaku. dengan para penilik jemaat dan diaken. Bapa kita . dan berterima kasih karena pertolongan yang telah mereka berikan kepadanya pada masa yang lalu. Bapa kita. lam surat FILlPI. Mereka memenuhi kebu· tuhan jemaat lewat pembagian makanan dan uang. BAGAIMANA SUSUNANNYA? Paulus mengawali suratnya dengan sebuah salam khas kristen dalam bentuk yang biasa digunakan dalam penulisan surat resm i Yunani. Kata "diaken" dapat juga diterjemahkan dengan "para pelayan". dan berada dalam tahanan rumah di Roma (Kis. --------1:2 Allah. 19:1-21) dan Kaisarea (Kis. tidak diketahui dengan pasti. Seperti dalam kebanyakan surat Paulus.

saudara-saudara. 1:28 lawanmu : Paulus mungkin sedang menyinggung orang-orang yang kemudian disebutnya "anjing-anjing" (3:2). Tentang hal itu aku bersukacita. Lihatjuga catatan 1:7. Entah dia hidup atau mati atau menderita. Kemungkinan besar ayat 6-11 merupakan nyanyian pujian (himne) Kristen perdana yang dikenal oleh jemaat di Filipi. 14 Dan kebanyakan saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenjaraanku untuk bertambah berani berkata-kata tentang firman Allahdengan tidak takut. Dan aku akan tetap bersukacita. bahwa apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan Injil. Paulus mengingatkan para penerima suratnya bahwa Kristus telah menjadi hamba. hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus. 17tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud yang tidak ikhlas. ~ ~. 15Ada orang yang memberitakan Kristus karena dengki dan perselisihan. 5:1-9 dan artikel singkat berjudul "Hidup Kekal" pada him. 13 sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain. 11 penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah. Nasihat supaya tetap berjuang 27Hanya. Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku. 28:30. 28dengan tiada digentarkan sedikit pun oleh lawanmu.. Lihat juga artikel singkat berjudul "Roh Kudus" pada him. Paulus melihat penderitaan yang dialaminya sebagai kesempatan untuk melayani Kristus. 1:23 pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus: Paulus percaya bahwa para pengikut setia Kristus akan bersama-sama dengan Kristus setelah mereka meninggal. b 1:26 kemegahmlmu da/am Kristu5 Yesus makin bertambah karena aku: Atau "kemegahan kalian akan aku semakin bertambah karena Yesus Kristus". 10 • FILIPI 1 . 30dalam pergumulan yang sarna seperti yang dahulu kamu lihat padaku. di sini Paulus men unjuk pada siapa saja yang menganggu para pengikut Kristus di Filipi. xxx. 1:12 Inji/: Lihat catatan 1:5 (Be- dan tak bercacat menjelang hari Kristus. 1:13 seluruh istana dan semua orang lain . aku tidak tahu .. 16:1640). 23 Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus .. 29Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus. Para penulis PB dan para pemimpin jemaat perdana sama-sama mengajarkan bahwa Yesus sungguh Allah dan sekaligus juga sungguh manusia (2:7). Lihat juga 2Kor. Bagi mereka semuanya itu adalah tanda kebinasaan . Hamba Allah yang Rendah Hati Meskipun Paulus berada dalam penjara. baik oleh hidupku. Sekarang ia berada dalam penjara lagi. bahwa aku dipenjarakan karena Kristus. sebab mereka tahu. If~\ 1:13 Kis. dan itu datangnya dari Allah. itu berarti bagiku bekerja memberi buah. yaitu pasukan yang khusus bertugas melindungi kaisar di Roma atau pejabat tinggi Romawi lainnya yang tinggal di kotakota tertentu di luar Roma. dalam rupa Allah: Gagasan seperti ini terdapat juga dalam Yoh. 18Tetapi tidak mengapa.. sebab bagaimanapun juga. dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil. Kristus diberitakan. la mendorong jemaat Kristen Filipi untuk menghadapi penderitaan dengan pengharapan yang sama dengannya. 1:1-18 dan Kol. baik dengan maksud palsu maupun dengan jujur. xxx. . 6. tetapi ada pula yang memberitakan-Nya dengan maksud baik. dan mendorong mereka untuk meneladani-Nya dan hidup sebagai "terang" dalam dunia. bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh. ~ ~ ----------------------. ia terus membagikan Inji/ tentang Kristus.itu memang jauh lebih baik. Mereka ini berusaha membelokkan jemaat dari Injil yang telah Paulus ajarkan. 2:1 Roh: Lihat catatan 1:19. 1:30 pergumulan yang sama seperti yang dahulu kamu lihat padaku. xxx. • 1:14 firm an Allah: Dalam beberapa naskah tertulis "firman Tuhan" atau "firman itu". 24tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu. ~ Kesaksian Paulus dalam penjara 12Aku menghendaki. 1:15-20. aku dipenjarakan: Kata Yunani "prait6ri6" di ayat ini dapat berarti "istana" atau juga "pasukan istana". sangkanya dengan demikian mereka memperberat bebanku dalam penjara. bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus. 1:10 menjelang hari Kristus: Lihat catatan 1:6. demikian pun sekarang. ia tetap bersama Kristus. dengar ten tang aku: Ketika pertama kali tiba di Filipi. rita Injil). maupun oleh matiku.. melainkan seperti sed iakala. apabila aku datang aku melihat. tetapi bagi kamu tanda keselamatan. dan penuntun para pengikut Tuhan dalam ibadah yang benar (3:3). Jadi mana yang harus kupilih. Kemungkinan besar Paulus bercerita tentang Yesus kepada para pengawal itu sa at mereka menjaganya. Paulus disiksa dengan kejam dan dipenjarakan (Kis. Lihat juga artikel singkat berjudul "Anak Allah" pada him. Kemungkinan lain. 26 sehingga kemegahanmu dalam Kristus Yesus makin bertambah karena aku. 22Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini. dan apabila aku tidak datang aku mendengar.b apabila aku kembali kepada kamu. 1:19 Roh Yesus Kristus : Paulus menyebut Roh Kudus beberapa kali dalam suratnya. 21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan . melainkan juga untuk menderita untuk Dia. pemersatu para pengikut Yesus (2:1).. supaya kamu tahu. supaya. 2°Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu. Roh Kudus bertindak sebagai penolong yang menyelamatkan Paulus (1:19). Hidup bagi Kristus. bahwa aku ada di sini untuk membela Injil. . 19karena aku tahu. dan yang sekarang kamu dengar tentang aku . 2:5-6 Kristus Yesus .. 16 Mereka ini memberitakan Kristus karena kasih.~ ~.. 2sDan dalam keyakinan ini tahulah aku: aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman.

21sebab semuanya mencari kepentingannya sendiri. "menyelamatkan". supaya tenang juga hatiku oleh kabar tentang hal ihwalmu. 16:13). xxx dan "H idup Kekal" pada him. Ef. Paulus juga mendorong mereka untuk hidup sebagai anak-anak Allah. 17Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu. ada penghiburan kasih. fa juga memperingatkan mereka mengenai orang-orang yang memaksa anggota jemaat yang baru mengimani Kristus untuk hidup menurut hukum Taurat. bahkan sampai mati di kayu sa lib. 5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama. 5:14-16). sOan dalam keadaan sebagai manusia. 119:105. sebuah eksekusi mati cara Romawi. 2karena itu sempurnakan lah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir. agar aku dapat bermegah pada hari Kristus. tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. xxx. fa menggunakan kehidupannya sendiri sebagai contoh untuk menunjukkan bahwa iman akan Kristusfah yang pafing penting. xxx. 22Kamu lahu bahwa kesetiaannya telah teruji dan bahwa ia telah me no long aku dalam pelayanan [njil sarna seperli seorang anak menolong bapanya. ------------ FILIPI 2 • 11 . 12:36. ia akan merasa lega karena dapat melayani Allah dengan cara yang demikian. 4dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri. 2:15 UI. 1:5). dalam satu kasih . 2°Karena lak ada seorang padaku. yang sehati dan sepikir dengan aku dan yang begitu bersungguh-sungguh memperhatikan kepentinganmu . Lihat juga artikel singkat berjudul "Keselamatan" pada him. 49:6). 2:11 Yesus Kristus ada/ah Tuhan: Ketika orang menyatakan di depan umum bahwa "Yesus adalah Tuhan". bukan saja seperti waktu aku masih hadir. itu berarti mereka percaya akan keilahian Yesus dan la adalah tuan dalam hidup mereka. 32:5. 6yang walaupun dalam rupa Allah . kamu senantiasa taat. lSsupaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda. untuk meneguhkan mereka. tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir. 2:12 kese/amatanmu: Beragam kata dalam Alkitab diterjemahkan dengan "keselamatan". satu tujuan. 3dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. 16 sambil berpegang pada firman kehidupan. xxx. satu jiwa." bagi kemuliaan Allah . 180an kamu juga harus bersukacita demikian dan bersukacitalah dengan aku.. Tuhan). Semuanya menunjuk pada apa yang telah dan sedang Allah lakukan untuk membebaskan semua manusia dari dosa dan kuasa-kuasa jahat. 2:16 pada hari Kristus: Lihat catatan 1:6. menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.. 2:17 darahku dicurahkan pada korban : Hukum Taurat mewajibkan orang Yahudi mempersembahan kurban bagi Allah . Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri. Lihatjuga catatan 1:1 (Kristus Yesus) dan 1:2 (Allah . bukan kepenlingan Krislus Yesus. bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah. Bapa l 2 2:7 hamba: Maksud Paulus adalah Kristus menaati Allah seperti seorang hamba menaati tuannya.. yaitu Timotius dan Epafroditus. sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini. 1Yoh. Peneguhan dan Nasihat Paulus mengatakan bahwa ia akan mengutus dua rekan kepercayaannya. 7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri. Timotius dan Epafroditus 19Tetapi dalam Tuhan Yesus kuharap segera mengirimkan Timotius kepadamu. Paulus berkata bahwa jika itu terjadi. IOsupaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi. Air dan anggur kadangkadang dipercikkan ketika hewan-hewan dipersembahkan di atas mezbah untuk menghormati Allah (2Raj. Lihat artikel singkat berjudul "Penyaliban " pada him. sesudah '" . dan "penyelamat" . dan mengambil rupa seorang hamba. 14Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan. ~ e Tetaplah kerjakan keselamatanmu 12Hai saudara-saudaraku yang kekasih.Nasihat supaya bersatu dan merendahkan diri seperti Kristus Jadi karen a dalam Kristus ada nasihat. sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia. 2:15 bercahaya: Banyak penulis Alkitab yang menggunakan simbol "cahaya" untuk melukiskan Allah atau firman Allah (Mzm. ada kasih mesra dan belas kasihan. 2:10-11 Yes. Di sini Paulus mengatakan bahwa iman akan Tuhan dan melayani sesama merupakan persembahan-persembahan yang diinginkan oleh Allah (2:17). aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian. tetapi kepentingan orang lain juga. Lihat artikel singkat berjudul "Budak dan Hamba" pada him. 11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan . dan orang atau hal yang menyingkapkan kebenaran Allah (Yes. ->-. la telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati. Paulus yakin bahwa darahnya akan tercurah atau dikurbankan oleh orang-orang yang ingin menganiaya dia sebagai pengikut Kristus. 230ialah yang kuharap untuk kukirimkan dengan segera. 13karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaanNya. karena itu tetaplah 'kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar. 2:8 mati di kayu safib : Yesus dihukum mati di kayu salib. dan menjadi sarna dengan man usia. 5:8) dan "terang dunia" (Mat. 9ltulah sebabnya Allah sangat meninggikan Oia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama. Para pengikut Yesus kadang-kadang disebut "anak-anak terang" (Yoh. 45:23 (Septuagin' / \ tal. 2:19 Timotius : Lihat catatan 1:1 (Pau lus dan Timotius). ada persekutuan Roh .

xxx. 2SS ementara itu kuanggap perlu mengirimkan Epafroditu. IMAMAT. la tampaknya tinggal bersama Paulus dan bekerja bersamanya. seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu . laAkhirnya. tetapi Allah mengasihani dia.26:9-11. Epafroditus prihatin bahwa jemaat di Filipi akan khawatir jika mereka mendengar soal penyakit yang dideritanya belakangan ini. orang Ibrani asli. Paulus sangat ingin mengirim Epafroditus kembali ke Filipi (2:28) untuk bertemu dengan rekan-rekannya. supaya bila kamu melihat dia. melainkan aku mengejarnya. melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus. khususnya hukum yang mengatakan bahwa semua anak lalli-Iaki dan pria dewasa harus disunat. 7Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku. tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi. 18Karena. berpikir demikian. 6tentang kegiatan aku penganiaya jemaat. bahwa aku sendiri pun akan segera datang. dari bangsa Israel. Jika ada orang lain menyangka dapat menaruh percaya pad a hal-hallahiriah. jelas bagiku bagaimanajalannya perkaraku. 49:1-28). 1m. xxx. llsupaya aku akh irnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. supaya dukacitaku jangan bertambah-tambah. 11:1). 30Sebab oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan jiwanya untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku. KELUARAN. 3:2 anjing-anjing: Menunjuk pada orang-orang yang menginginkan agar semua orang yang baru mengimani Tuhan harus juga menaati hukum Taurat. 23:6. kalau-kalau aku dapatjuga menangkapnya. ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka. 15 Karena itu marilah kita. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal. Lihat catatan 3:3 (bersunat) dan 3:18. 34:21-23. 2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing. yang beribadah oleh Roh Allah. karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. bersukacitalah dalam Tuhan. hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu. di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya. 9dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat. sekarang kuanggap rugi karena Kristus. yaitu KEJADIAN. hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu. Lihat juga artikel singkat berjudul "Israel" pada him. xxx. BILANGAN. 3 :11 aku akhirnya beroleh kebangkitan: Paulus berbicara me- ngenai dibangkitkan dari kematian untuk memperoleh kehidupan. karena pengenalan akan Kristus Yesus. yang sempurna. Tuhanku. kamu dapat bersukacita pula dan berkurang dukacitaku. Oleh karena DiaIah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah. yang hidup sarna seperti kami yang menjadi teladanmu. yang kamu utus untuk melayani aku dalam keperluanku. Lihat juga artikel singkat berjudul "Sunat" pada him. "" ~l" C 3:3 oleh Roh Allah: Dalam beberapa naskah tertulis "oleh roh-roh". Paulus berasal dari suku Benyamin. 27Memang benar ia sakit dan nyaris mati. 3:3 bersunat: 3:5 suku Benyamin. 24tetapi dalam Tuhan aku percaya. 29Jadi sambutlah dia dalam Tuhan dengan segala sukacita dan hormatilah orang-orang seperti dia. bahwa aku telah menangkapnya. 12:3). aku lebih lagi: sdisunat pad a hari kedelapan . Mereka sangat teliti menaati hukum Taurat dan menentang siapa saja yang mengajarkan sesuatu yang lain. 8Malahan segala sesuatu kuanggap rugi . 28Itulah sebabnya aku lebih cepat mengirimkan dia. lOYang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya. tentang kebenaran dalam mentaati hukum Taurat aku tidak bercacat. aku sendiri tidak menganggap. hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat. xxx dan "Hidup Kekal" pada him . 3 Kebenaran yang sejati Hukum Taurat mengharuskan semua laki-Iaki Yahudi yang ingin menjadi bagian dari umat pilihan Allah disunat saat berusia delapan hari. Paulus sekarang percaya bahwa Allah menerima mereka yang percaya kepada Kristus. supaya aku memperoleh Kristus. sebab kamu mendengar bahwa ia sakit. dari suku Benyamin . Lihat 3 :1-29. ULANGAN. orang Ibrani asli: Paulus mengingatkan orang Kristen Filipi bahwa ia berasal dari keluarga Yahudi (bangsa Israel). anak bungsu Yakub (Rm. 3:5 Kis. 12 • FILIPI 2 . saudara-saudaraku.2:25 Epafroditus : Pengikut Kristus ini dikirim ke Paulus oleh jemaat Kristen Filipi dengan sebuah pemberian (4:18). lebih muIia dari pada semuanya. bukannya mereka yang berusaha memperoleh perkenanan Allah delJgan menaati hukum Tau rat. 3:9 kepercayaan kepada Kristus: IbMenuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan memberi kepastian kepadamu.s kepadamu. 13Saudara-saudara. Hukum Taurat menunjuk pada lima kitab dalam Alkitab Ibrani. Sebagai pengikut Kristus. 12Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna. tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku. yaitu saudaraku dan ternan sekerja serta ternan seperjuanganku. Lihat juga artikel singkat berjudul "Hukum Taurat" pad a him. 3:6 Kis. melainkan aku juga. 3:5 tentang pend irian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi : Nama "Farisi" mungkin berasal dari kata yang berarti "yang murni/tahir". dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis. dan bukan hanya dia saja. 26:4-5. Lihat artikel singkat berjudul "Kebangkitan" pada him. Israel terdiri atas 12 suku yang nama-namanya berasal dari nama putra-putra Yakub (Kej. banyak orang yang hidup P\ 8:1-34. 4Sekalipun aku juga ada alcisan untuk menaruh percaya pad a halhallahiriah. yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.c dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah. 16Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurutjalan yang telah kita tempuh . xxx. atau di kemudian hari jika di· perlukan (Kej. 26 Karena ia sangat rindu kepada kamu sekalian dan susah juga hatinya .22:4. 3karena kitalah orang-orang bersunat. 14dan bedari-Iari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah. yaitu pangg ilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Nasihat-nasihat kepada jemaat 17Saudara-saudara.

21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini. Penulis 2 PETRUS mengatakan bahwa kedatangan Tuhan kembali berkaitan dengan hari penghakiman.sebagai seteru salib Kristus. lKor. Euodia berarti "perjalanan yang baik" (atau "sukses") dan Sintikhe berarti "dengan keberuntungan" .. menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya. 16:27-28. Lihatjuga artikel singkat berjudul "Saat-saat Terakhir" pada him. Kedatangan Anak Manusia yang kedua kali sering kali dikaitkan dengan masa penghakiman. 3:3-9). dan artikel singkat berjudul "Hari TUHAN" pada him. 13:3-27). saat Kristus datang kembali untuk menghakimi manusia dan merampungkan Kerajaan Allah. Why. FILIPI 4 • 13 . Beberapa ayat dalam injir menurjjuk pada kedatangan kembali Anak Manusia. yang kedatangannya akan dielu-elukan oleh masyarakat setempat. 4 :14-18) dan Kristus akan membinasakan segala kuasa dan kekuatan yang melawan Allah. sebutan yang digunakan para penulis Injil bagi Yesus Kristus. 15:23. Paulus berdoa agar para pengikut Kristus dapat hidup dalam kedamaian dan kekudusan sampai kedatangan Kristus kembali (iTes. Kata Yunaninya berbunyi "Syzyge" (dari "Syzygos"). Karena mereka telah berjuang reka mungkin orang-orang yang sama 5eperti yang disinggung Paulus di 3:2. 14:1-3). 3:18 banyak orang yang hidup 5ebagai seteru sa/ib Kristus: Me- ~ 3:14 hadiah: Tujuan akhir hidup 4 Nasihat-nasihat terakhir 2Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati. Sunsugos. 3:13). karena "kedatangan Tuhan sudah dekat" (yak. berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan. sa at semua orang jahat dibinasakan dan alam semesta yang sekarang ini lenyap dan digantikan oleh surga dan bumi yang baru (2Ptr. Beberapa ayat menggunakan kata Yunani parousia yang berarti "tiba" atau "kedatangan" unttlk menjelaskan peristiwa masa depan ini (sebagai contoh. Karena itu. "[~ G:KI. kemuliaan mereka ialah aib mereka. hai saudara-saudaraku yang kekasih! P"aulus disimbolkannya sebagai sebuah "hcldiah". Penulis surat YAKOBUS mungkin menggemakan keyakinan yang sama ketika ia menguatkan para pengikut Yesus untuk sabar. tetllpi Yesus meman'g mengatakan bahwa la akan "datang kembali" untu~ membawa para murid bersama-Nya setelah la menyediakan tempat di su.J. Mrk. 13:32-37). 21:20-23. lihat juga lYoh.. ba ik oleh para malaikat di surga maupun oleh Anak sendiri (Mat. dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat. 9:28). 21:34-36).rga (Yoh. yang menantikan Dia" (Ibr. Selain ribut mengenai sunat. 15:24-28). Para malaikat ber-kata kepacta para tnurid bahwa Yes us akan ". Luk. Dalam kekaisaran Romawi abad pertama. sukacitaku dan mahkotaku. Penampakan Anak Manusia akan diawali oleh zaman penderitaan dan siksaan (Mat. 24:36-44. 4:16. Paulus mendorong para perempuan yang telah menolongnya mengabarkan Injil itu untuk berhenti bertikai. Tuhan mereka ialah perut mereka. iTes. supaya sehati sepikir dalam Tuhan. dan Sintikhe: Perempuan-perempuan ini memiliki nama Yunani. Paulus hendak menyatakan bahwa jauh lebih penting menjadi warga negara dari mac syarakat yang Tuhannya berada . Ketika Kristus tidak segera datang kembali sebagaimana diharapkan jemaat Kristen perdana. Sementara itu. . sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia.. 2:18. . 20). Istilah ini t idak ditemukan dalam PB. KISAH PARA RASUL menceritakan bahwa Yesus diangkat ke surga disaks[kan oleh para murid-Nya. 3:20 kewargaan kita ada/ah di da/am sorga . pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi. menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai )uruse/amat: Dalam du- nia Romawi.. dan akan memerintah selama-Iamanya (lKor. 24:29-31. 18:18.d temanku yang setia: tolonglah mereka. Xxx. yaitu dipanggil untuk hidup bersama Allah di surga. Paulus melukiskan kedatangan kembali Kristus sebagai saat umat Kristus akan dibangkitkan kepada kehidupan (lKor. sa at mereka yang melakukan kejahatan akan dihukum dan mereka yang melakukan kebaikan akan memperoleh ganjaran (Mat.datang _ kembali dengan . 3:7-13.di surga: Lebih lanjut mengenai kedatangan Kristus kembali. 13:41-43. kuminta kepadamu juga. 11:1. d 4:3 Sunsugos: Di ayat ini bisa dilihat sebagai nama orang. saatnya yang tepat t idak diketahui. dan penulis surat IBRANI berkata bahwa Kristus akan datang kembali "untuk rhenganugerahkan keselamatan kepada mereka. Mrk. Meskipun Yesus menyebut beberapa tanda yang akan terjadi menjelang kedatangan-Nya kembali. mereka rupanya hanya memakan makanan tertentu atau mungkin tidak makan sama sekali untuk menunjukkan betapa mereka sangat mengasihi Allah. Dalam surat-suratnya. istilah parousia digunakan untuk melukiskan tampilnya seorang kaisar atau raja di depan umum. lihat juga Why. 4:2 Euodia . beberapa penulis memberikan alasan-alasannya (Yoh .OUA Istilah "kedatangan yang kedua " digunakan untuk menunjuk ke masa depan. 15:23. 22:6-10.cara yang sama seperti kamu melililat Dia naik ke sorga" (Kis. xxx). saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan . lihat catatan 1:6. 20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga.. lt~~ 3:17 1Kor. iTes. 1:9-11). Ilanya orang-orang tertentu yang berhak menjadi warga negara. 5:7-8. 20:11-21:4. 5 :23). 3 Bahkan. 19Kesudahan mereka ialah kebinasaan. 25:31-46. 2ptr.

pikirkanlah semuanya itu. semua yang manis. 8Jadi akhirnya. dengan aku dalam pekabaran Injil. (Flp. dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku.Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga. Yogyakarta. 4:5 Tuhan sudah dekat!: Lihat catatan 1:6. 11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan. semua yang benar. tetapi nyatakan/ah da/am sega/a hal keinginanmu kepada Allah da/am doa dan permohonan dengan ucapan syukur. sebagaimana mereka dahulu memperhatikan kebutuhan Paulus. 32:32. Dalam segala hal dan Umat sedang berdoa di salah satu Gereja Katolik di Bantul. semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji. 14 • FILIPI 4 . sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. semua yang mulia. tetapi tidak ada kesempatan bagimu. saudara-saudara. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu. yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan. 9Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima. semua yang sedap didengar. 7Damai sejahtera Allah. bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain. ~ ~. bahwa akhirnya pikiranmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. LUk. 4:3 kitab kehidupan: Sebuah buku yang di dalamnya tertulis nama-nama umat Allah . Why. lakukanlah itu. la menolong Paulus mengabarkan InjH di Filipi. semua yang adil. 4:6) 4:3 Klemens : Ayat ini satu-satunya tempat dalam Alkitab yang menyebut nama Klemens. Tuhan sudah dekat! 6Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga. 10:20. Lihat juga Kei. Terima kasih atas pember ian jemaat IOAku sangat bersukacita dalam Tuhan. tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. yang melampaui segal a akal. Memang selalu ada perhatianmu. akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 12Akll tahll apa itu kekurangan dan aku tahu apa ilu kelimpahan. Ucapan Terima Kasih dan Salam Penutup Paulus berdoa agar Allah memperhatikan kebutuhan jemaat di Filipi. 13:8. semua yang suci. 4Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah l sHendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang.

~ -1~ """"""""""-~~~~ 4:15-16 2Kor. 19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan . karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafroditus. 23Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai rohmu! 4:15 Makedonia: Wilayah di bagian utara Yunani. Lihat peta him. yang didirikan untuk memperingati kemenangan Romawi atas Persia pad a tahun 298 M. Dari semua nasihat yang diberikannya. Salam kepadamu dari saudara-saudara. "aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan" (4:11). 16:12-40). 4:22 mereka yang di istana Kaisar: Mungkin menunjuk pad a beberapa tentara Romawi yang menjaga Paulus (1:13). PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG FILIPI 1. Apa perbedaan yang kita rasakan sa at mengetahui bahwa Paulus menulis suratnya kepada jemaat di Filipi sementara ia sedang menjadi seorang tahanan? 2. Apa maksud Paulus ketika mengatakan. Paulus berbicara tentang kunjungan pertamanya ke Filipi (Kis. 17:1. mana yang menurut Anda mudah dilakukan? Mana yang pal ing sulit? Mengapa? 7. Salam 21Sampaikanlah salamku kepada tiap-tiap orang kudus dalam Kristus Yesus. melainkan buahnya. Filipi 2:6-11 kemungkinan besar merupakan pujian yang dinyanyikan jemaat Kristen perdana untuk menghormati Yesus. 11:9. 13Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. dan melewati Gerbang Galerius. Paulus mengatakan betapa sulitnya memilih antara hidup dan mati (1:21-26) . Nyanyian (gerejani) apa yang paling bermakna bagi Anda? Mengapa? 4.dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku. hai orang-orang Filipi. yang bersama-sama dengan aku. khususnya dari mereka yang di istana Kaisar. Aku berkelimpahan. 14Namun baik juga perbuatanmu. Mengapa demikian? Untuk apa Anda hidup? Anda bersedia mati untuk apa? 3. 4:16 Kis. 29:18. Dalam hidup ini. suatu persembahan yang harum. tidak ada satu jemaat pun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu. 15Kamu sendiri tahu juga. baik dalam hal kenyang. Paulus berkata. maupun dalam hal kelaparan. Bacalah kembali nasi hat Paulus dalam 4:4-6. pada waktu aku baru mulai mengabarkan injil. 4:16 Tesalonika: Ibu kota Makedonia. suatu korban yang disukai dan yang berkenan kepada Allah. 22Salam kepadamu dari segala orang kudus. 20Dimuliakaniah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin. bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku. pernahkah Anda memperoleh sangat sedikit? Pernahkah Anda memperoleh banyak? Apakah yang Anda butuhkan agar tetap puas dalam dua keadaan tersebut? FILIPI 4 • 15 . 16Karena di Tesalonika pun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku. Ringkaskanlah pokok-pokok pentingnya. "darahku dicurahkan pada kurban dan ibadah imanmu" (2:17)? Apakah artinya menjadi seorang hamba Allah? 5. Jalur Egnasia memasuki Tesalonika dari timur. 18Kini aku telah menerima semua yang perlu dari padamu.4:18 Kel. 17Tetapi yang kuutamakan bukanlah pemberian itu. ketika aku berangkat dari Makedonia. xxx. malahan lebih dari pada itu. Apakah "had iah" yang dikejar Paulus (3:12-14)? Mengapa kehidupan Kristen seperti sebuah perlombaan? 6. yang makin memperbesar keuntunganmu.

331255. Jakarta 10450 Tel. (021) 3146140 Atau cabang-cabangnya PT.ld JI. Bandung 40112 Tel. Faks. Papua Barat. Sutomo 618. Tel. Jakarta 10320 Tel./Faks. Proklamasi 76. Gapura Mitra Sejati JI. Faks. Jakarta 10450 Tel.or.O. Panakkukang Mas. Rek. (0251) 8319708 e-mail: perpustakaan@alkltab. Bogor 16912 Tel. (021) 3901208.or./Faks.ld PENYALUR UTAMA (Pertama) LAI Toko Buku Immanuel JI.ldataupenyebaran@alkitab. Faks.17.LEMBAGA ALKITAB INDONESIA Anggota IKAPI NO.or. Rek . Cibinong. Bogor 16161 Tel/Faks. Faks. (021) 3900789 Atau cabang-cabangnya PT. 0500683511 JI.lakarta: PT. Makassar 90222 Tel. 3862345 Faks. (021) 8755888.or. (021) 3909280.or. Yani 90. Penerjemahan Perpustakaan dan Museum Bibllka LAI: UnIt Percetakan: JI.id . (021) 3101061 Bank MANDIRI Cabang Gamblr Jakarta No. Rek. 3423016261 CmBANK (USD) No. (022) 4207735. 1190080000126 Bank BCA Cabang Matraman Jakarta No. Naripan 67.ld PERWAKILAN LAI MlIl4l1J'f JI. Medan 20231.or. Manado 95112. 49. (0251) 8312788. Jakarta 10012 e-mail : info@alkitab . Faks. (021) 3142890. (021) 3901633 Atau cabang-cabangnya 4. (0431) 851601 e-mail : manado@alkitab. A. Salemba Raya 49.or.067/DKI/97 JI. (0967) 535620 e-mail : jayapura@alkltab. Yani 90. Jakarta 10430 P .ld JI. Faks.or.or. Dr. Ruko Yasclnth 1 No. (0251) 8654805 e-mail: percetakan@alkitab. Pal Putih 25. (021) 3900790 (Hunting). (0252) 8335539 JI. Blok D-l Jayapura 99112. 3901790.ld JI.id JI. Raya Roda Pembangunan 96 Km . Muliapurna Jayaterbit JI. (022) 4234508 Atau cabang-cabangnya 5. (0251) 8335593. Jakarta 10420 Tel.alkitab. (0251) 8311414 e-mail: laibogor@alkltab . Box 1255. A. (021) 3146139 (Hunting). Boulevard.id 'roko Buku LAI _nkAccount Dep. 331265 Faks. Salemba Raya 49. Kwitang 22-23. (021) 3901789 Toko Buku Yayasan Kalam Hldup JI. Frans Kaisiepo. BPK Gunung Mulla JI. Tel./Faks. Komplek Ruko. (0251) 8662174./Faks. Diponegoro 82. Bogor 16161 Tel. A. (061) 4563859 e-mail: medan@alkitab. Tel. Pasifik Permai.ld JI. Bandung: IBSPN 463-1284-3 Indonesian Study Bible Booklet Promotion Dicetak oleh Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia www. Kramat Raya 3R. Faks. (0411) 458776 e-mail: makassar@alkltab. Bogor 16161 Tel. Jakarta 10430 Tel. Kramat Raya.or. Yani 90.