P. 1
rubrik Lembar pengamatan

rubrik Lembar pengamatan

|Views: 771|Likes:
Published by Diela Ikha

More info:

Published by: Diela Ikha on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2014

pdf

text

original

III. LEMBAR PENGAMATAN PSIKOMOTOR SISWA (LP-3) Sekolah :………………………………….. Kelas :…………………………………..

PETUNJUK PENGISIAN : Berikut ini daftar penilaian kinerja siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Berikan penilaian Anda dengan memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai. I. Aspek Psikomotor yang dinilai Menyimpulkan No. Menyiapkan Merangkai alat Menggunakan Menganalisis Jumlah Skor Kel. Nama Siswa hasil Urut alat dan bahan dan bahan alat dan bahan data percobaan 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1

Aspek Afektif yang dinilai Kel. Urut Nama Siswa 4 Tanggung Jawab 3 2 1 4 Kejujuran 3 2 1 4 Rasa Ingin Tahu 3 2 1 Jumlah Skor .IV. Berikan penilaian Anda dengan memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai.. No.. PETUNJUK PENGISIAN : Berikut ini daftar penilaian afektif siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Kelas:…………………………………. LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF (LP-4) Sekolah :………………………………….

PETUNJUK PENGISIAN : Berikut ini daftar penilaian karakter siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Kelas:………………………………….V. LEMBAR PENGAMATAN KARAKTER SISWA ( LP-5) Sekolah :…………………………………. Urut Nama Siswa Menghargai pendapat orang lain 4 3 2 1 Memberikan pendapat 4 3 2 1 4 Kerja sama 3 2 1 .. Jumlah Skor Aspek Afektif yang dinilai Kel.. Berikan penilaian Anda dengan memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai. No.

dengan kalimat yang ringkas tetapi belum operasional Hasil kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan percobaan. tetapi kalimat yang digunakan bertele – tele (tidak singkat) Hasil kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan percobaan. dan mampu mengolahnya dengan tepat Hasil kesimpulan tidak sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan percobaan Hasil kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan percobaan. mengorganisasikan data dengan benar. namun data yang dimasukkan tidak sesuai dengan percobaan dan kesulitan untuk mengolahnya. dan benar Tabel tidak sesuai dengan hasil percobaan (tidak mampu membuat tabel serta mengorganisasikan data) Mampu membuat table dengan tepat. berhati – hati. tepat. Mampu membuat table dengan tepat serta mengorganisasikan data namun sulit untuk mengolahnya Mampu membuat table dengan tepat.RUBRIK ASPEK PSIKOMOTOR No Aktivitas Siswa 1 Menyiapkan alat dan bahan Kriteria 1) 2) 3) 4) Alat dan bahan tidak disiapkan Alat dan bahan disiapkan tanpa mengecek jumlah alat Alat dan bahan disiapkan dan mengecek jumlah alat namun tidak rapi Alat dan bahan disiapkan sejumlah yang diperlukan dan mengecek fungsinya dan menjaga kerapian Tidak dapat merangkai alat dengan benar (masih bingung) Cukup terampil merangkai alat namun kurang berhati – hati Terampil merangkai alat dengan baik dan berhati – hati Terampil merangkai alat dengan baik. dengan kalimat yang ringkas dan operasional 2 3 4 1) 2) 3) 4) 1) Menggunakan alat dan bahan 2) 3) 4) Mengorganisasikan data dalam 1) Merangkai alat dan bahan tabel 2) 3) 4) 5 Menyimpulkan hasil percobaan 1) 2) 3) 4) . dan sesuai dengan gambar percobaan Menggunakan alat dengan tidak berhati – hati Menggunakan alat dengan tepat namun kurang berhati – hati Menggunakan alat dengan hati – hati dan tepat Menggunakan alat dengan berhati – hati.

Siswa sudah menghargai pendpat temannya tetapi belum maksimal. bertanya setelah 2 Kerjasama .. dan pertanyaan yang diajukan bersifat kritis dan penanya tidak dapat memberikan solusi 11) Siswa mengajukan pertanyaan dengan mengangkat tangan. 1) Siswa tidak jujur dalam melaksanakan tugas 2) Siswa masih kurang dalam jujur dalam menyelesaikan tugas. Siswa sudah bekerjasama dengan anggota kelompoknya tetapi belum maksimal. 3) Siswa cenderung bersikap jujur dalam melaksanakan tugas. Siswa hanya sedikit bekerjasama dengan anggota kelompoknya. Siswa sudah bekerjasama dengan anggota kelompoknya dengan sungguh-sungguh.RUBRIK ASPEK AFEKTIF No Aktivitas Siswa 1 Tanggung Jawab Kriteria 1) Siswa tidak bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas 2) Siswa masih kurang dalam bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. 2 Kejujuran 3 Rasa Ingin Tahu RUBRIK ASPEK KARAKTER No Aktivitas Siswa 1 Menyampaikan informasi Kriteria 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) Siswa tidak menghargai pendapat temannya. 4) Siswa mengerjakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab. 4) Siswa mengerjakan tugas dengan rasa penuh kejujuran. Siswa hanya sedikit menghargai pendapat temannya. Siswa sudah menghargai pendapat temannya dengan sungguh-sungguh dan maksimal. 1) Siswa tidak memiliki rasa ingin tahu terhadap kegiatan pembelajaran 2) Siswa Hanya mempunyai rasa sedikit ingin tahu terhadap kegiatan pembelajaran 3) Siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap kegiatan pembelajaran tetapi belum sepenuhnya 4) Siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kegiatan pembelajaran. Siswa tidak bekerjasama dengan antar anggota kelompoknya. 3) Siswa cenderung bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Siswa mengajukan pertanyaan dengan mengangkat tangan tetapi pertanyaannya bersifat menguji 10) Siswa mengajukan pertanyaan dengan mengangkat tangan.

menghargai pendapat orang lain. menghargai pendapat orang lain. dan memberikan argument yang dapat diterima . dan mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang sopan 4) Siswa dapat mengungkapkan pendapat. mengungkapkan ketidaksetujuan dengan cara yang dapat diterima. pertanyaan yang diajukan bersifat kritis dan penanya tidak memberikan solusi 1) Siswa dapat mengungkapkan pendapat.3 Memberikan pendapat dipersilahkan. tetapi tidak menghargai pendapat orang lain 2) Siswa dapat mengungkapkan pendapat dan menghargai pendapat orang lain 3) Siswa dapat mengungkapkan pendapat.

PENGAMATAN AFEKTIF DAN KARAKTER SISWA Skor maksimal = 24 Nilai : Skor yang diperoleh x 100 Skor maksimal Range nilai : 100 – 80 79 – 60 59 – 40 < 40 =A =B =C =D .PERHITUNGAN SKOR PENILAIAN KINERJA I. PENGAMATAN PSIKOMOTOR SISWA Skor maksimal = 20 Nilai : Skor yang diperoleh x 100 Skor maksimal Range nilai : 100 – 80 79 – 60 59 – 40 < 40 =A =B =C =D II.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->