Nama Npm

: Heru Eka Nurhasyan Nurdin : 08044411028

Transmisi Analog dan Digital Latihan Soal : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Apa yang dimaksud dengan transmisi analog ? apa bedanya dengan transmisi digital? Tuliskan perbandingan data analog dengan digital? dan berapa kapasitas data analog dan digital yang ditransmisikan? Apa yang dimaksud dengan noise? Sebutkan apa yang dimaksud dengan intermodulasi ? Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi noise ? Sebutkan apa yang dimaksud dengan spectrum daya analog ? Apa keuntungan dan kerugian dari transmisi analog?dan apa bedanya dengan transmisi digital? Media apa yang dipakai untuk transmisi analog? Mengapa transmisi analog membutuhkan lebih banyak overhead dalam mentransmisikan data ? 10. Apa yang dimaksud dengan over head dalam transmisi analog? Jawaban :
1.

Transmisi Analog adalah adalah amplitudo sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Dengan menggunakan sinyal analog, maka jangkauan transmisi data dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase. Sedangkan Transmisi Digital adalah merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.

2. •

Perbandingan Data Analog dan Data Digital a) Analog

Nilainya kontinyu dalam suatu interval Misalnya : Sound, video

b) Digital • Nilainya diskrit • Misalnya: text. adalah modulasi amplitudo sinyal yang tidak diinginkan yang mengandung dua atau lebih frekuensi yang berbeda dalam sistem dengan nonlinier. media ini untuk mentransmisikan gelombang namun tidak menyediakan 3. Noise dibagi menjadi 2 kategori : 1) Electromagnetic interference (EMI) Energi ini mempunyai sifat magnetic dan menjadi dasar bagaimana electromagnet dan transformation (trafo) bekerja. Noise adalah sinyal tambahan yang tidak dinginkan. dan mengakibatkan lambatnya suatu pengiriman (transfer) informasi. tetapi sering pada frekuensi jumlah dan perbedaan frekuensi asli. Interferensi ini mempengaruhi sinyal yang ada dan menjadi noise. • Media kabel disebut juga guided media. 6. alat mengendalikannya. pada frekuensi harmonik (kelipatan integer) baik. atau intermod untuk jangka pendek. Suatu bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektromaknetik. jika terjadi radio penerima tidak bisa menerima sinyal dengan baik. 2) Radio frequency interference (RFI) RFI dihasilkan jika dua signal mempunyai property yang sama bentuk bisa bergabung. Intermodulation atau distorsi intermodulasi (IMD). Contoh : fiber optik. twisted pair. media ini mengendalikan gelombang dalam jalur fisik kepada penerima data. 4. dan coaxial kabel. Media transmisi dapat digolongkan sebagai berikut. Inilah mengapa secara geografis dua stasiun radio tidak boleh mengirim sinyal pada frekuensi yang berdekatan. integer Kapasitas data Analog & Digital yang dtransmisikan : Transmisi data terjadi diantara transmitter dan receiver melalui beberapa media transmisi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. dan bersifat variabel dan berkelanjutan atau disebut juga dengan sinyal analog. Contoh : perambatan (propagation) di udara dan laut. Radiasi elektromagnetik bisa menghasilkan sinyal elektris ke kabel lain jika berdekatan. • Media tanpakabel (wireless) disebut juga unguided media. Contohnya sinyal gambar pada televisi. Sehingga bisa menghasilkan sejumlah retransmission data. The intermodulasi antara setiap komponen frekuensi akan membentuk sinyal tambahan pada frekuensi yang tidak. sehingga bisa mengubah frekuensi dan amplitude sinyal yang asli. Faktor yang memperngaruhi noise. atau suara pada . pada umumnya. 5.

Karena hal ini disebabkan kemampuan mereka untuk secara konsisten terus – menerus merekam perubahan yang terus menerus terjadi. Kelemahan dari teknologi ini adalah kesalahan pada saat proses perubahan dari sinyal analog ke sinyal digital. dalam sebuah teknologi yang membutuhkan ketepatan kordinasi dan ketepatan angka – angka yang benar dan pas. Keuntungan dan kerugian dari transmisi analog : Kelemahan dari teknologi ini adalah tidak bisa mengukur sesuatu dengan cukup teliti. kesalahan kecil akibat kesalahan menghitung akan berdampak besar dalam hasil akhirnya. Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan teelpon. Keuntungan dan kerugian dari transmisi digital : Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk. 7. Media Transmisi Analog yang dipakai : Transmisi menengah • Fisik jalur antara pemancar dan penerima • May dipandu (kabel) atau terarah (nirkabel) • Komunikasi dicapai dengan menggunakan gelombang em • Karakteristik dan kualitas transmisi data • Tergantung pada karakteristik media dan sinyal Dipandu menengah 9. yaitu: • • • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi. maka suara yang dikirimkan melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Karena yang lebih penting dalam menetapkan parameter transmisi terarah menengah. 8. Dan teknologi ini butuh ketepatan dan ketelitian yang akurat. Analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus. • Bandwidth dari sinyal yang dihasilkan oleh antena pemancar adalah penting dalam menentukan pa penularan rameters • Sinyal directionality : Turunkan frekuensi sinyal omnidirectional . Konsep informasi yang ada pada dunia nyata akan melewati digitalisasi.radio yang dikirimkan berkesinambungan. dalam setiap pengukuran yang dilakukan oleh teknologi analog ini selalu ada peluang keragu – raguan akan hasil yang dicapai. yang banyak sekali dipengaruhi oleh faktor gangguan & suara. salah satu bentuknya adalah otak kita.

10. bandwidth yang tersedia untuk mengirim data yang sebenarnya menjadi berkurang. Overhead adalah banyaknya informasi tambahan yang harus ditransmisikan pada suatu circuit untuk memastikan sistem penerima dalam mendapatkan data yang benar dan data itu bebas dari kesalahan.• Sinyal frekuensi yang lebih tinggi dapat difokuskan dalam sebuah balok. Secara tipikal ketika suatu circuit membutuhkan lebih banyak overhead. .