Pokok Pokok yang dijadikan sasaran dalam meresensi buku antara lain 1. Identitas buku 2. Pembuka resensi 3.

Macam atau jenis buku 4. Keunggulan buku 5. Nilai buku 6. Kelemahan buku Suatu jenis tulisan lain yang mempunyai titik singgung dengan ringkasan dan ikhtisar adalah resensi. Resensi sangat sering kita temui dalam berbagai media cetak meskipun dengan nama yang berbeda. Ada media cetak yang menyebut timbangan buku, tinjauan buku, pembicaraan buku, jelajah buku, dan bedah buku. Selain itu, ada pula yang menamakannya sederhana, buku atau pustaka. Dalam berbagai media massa, pemuatan resensi umumnya pada hari Minggu. Namun, tidak tertutup kemungkinan pada hari-hari yang lain. Kemungkinan dipilih hari Minggu karena memang hari libur sehingga penyajian tulisan-tulisan di media, tertama cetak, sengaja diberikan ruang renggang kepada pembaca agar dapat lebih santai. Kata resensi berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata kerja revidere atau resencere. Revidere atau resencere berarti melihat kembali, menimbang, atau menilai. Arti yang sama untuk istilah itu dalam bahasa Belanda dikenal dengan recensie, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan review. Tiga istilah itu mengacu pada hal yang sama yaitu mengulas sebuah buku. Dengan demikian, tindakan meresensi buku berarti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku (Samad, 1997:1). Bidang penggarapan buku meliputi (1) buku baik fiksi maupun nonfiksi (2) pementasan seni, seperti film, sinetron, tari, drama, musik, atau kaset (3) pameran seni baik seni lukis maupun seni patung.

metode. Komponen yang dapat dijadikan sasaran penilaian sebuah buku adalah latar belakang. Keunggulan Buku Keunggulan buku yang diresensi dapat dilihat dari organisasi buku. Posisi buku yang diresensi dapat dibandingkan dengan buku yang telah ditulis orang dengan topik yang hampir sama. Kedewasaan tersebut terefleksi dalam sikap . bahan. Tujuan. D. Hal ini akan membuktikan apakah buku yang diresensi memiliki relevansi dengan isu masa kini? Lalu.Yang menjadi pertanyaan adalah hal apa saja yang diresensi? Untuk membuat suatu resensi yang baik. dan segi lain 4. buku yang baru disebutkan itu termasuk ke dalam golongan buku yang mana? Fiksi atau nonfiksi? Untuk bidang tertentu atau umum? C. Latar Belakang Latar belakang meliputi 1. Teknik Penyajian Sebuah buku yang baik harus ditampilkan dengan perwajahan yang baik pula. Peluncuran sebuah karya ilmiah paling tidak harus dilihat dari kekinian dan keilmuan. paling tidak terdapat beberapa komponen untuk dijadikan sasaran penilaian. Umumnya tidak ada yang memuaskan semua orang sebagai seharusnya bentuk sebuah resensi yang baik. isi buku. dan keunggulan buku. Jenis Buku Peresensi harus menunjukkan kepada pembaca. Ringkasan ikhtisar buku B. Selain perwajahan. jenis buku. peresensi harus menetapkan sasaran yang ingin dicapai. bahasa yang digunakan. Namun. Fakta tentang pengarang 2. Deskripsi buku secara fisik 3. A. bagaimana sikap peresensi dalam menulis resensi? Peresensi seyoganya menunjukkan kedewasaan akademik. tentu ada segi lain yang harus baik.

contoh karmina. pidato bahasa inggris tentang kepramukaan. bahan. tetapi bukan berarti menghambat keinginan untuk menulis resensi. pidato panitia halal bihalal. contoh drama lucu 7 tokoh. metode.Pembuka resensi. Contoh Naskah Pidato Hari Kemerdekaan Dalam Versi Bahasa indonesia. puisi arti cinta dalam bahasa jawa. contoh naskah daftar riwayat hidup.objektif dan orisinalitas keilmuan. naskah drama korea. buku baik fiksi maupun nonfiksi.. Peresensi juga harus memahami bidang kajian buku yang diresensi. contoh naskah lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Hal ini wajar diingat. drama korea di indosiar. Hal ini tentu saja akan merugikan banyak pihak. pementasan seni. contoh pidato tentang agama islam dalam bahasa inggris. teks puisi semesta cinta. ya ALLAH semoga di hari ulang tahunnya. contoh naskah pidato kasih sayang. naskah drama religi. drama. pembawa acara pidato KEPALA SeKOlah. Mungkin peresensi sendiri tidak akan (belum pernah) sebuah buku sekualitas buku yang diresensinya. Bidang penggarapan buku meliputi. musik. download video secret garden Relate Post:    Kata kata Motivasi Hidup Shalat Jenazah MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PENGARUH TELEVISI TERHADAP AKHLAK ANAK Contoh Naskah Pidato Ulang Tahun Accounting Technician – a new course Tags: atau kaset.sambutan guru perpisahan kepala sekolah. download kumpulan teks khutbah jumat. yah demikianlah sedikit pembicaraan mengenai MENULIS RESENSI BUKU ingin liat artikel menarik lainya silahkan lihat dan klik dibawah sini…. contoh isi surat cinta bahasa inggris. kumpulan tema acara kelulusan. foto-foto ayu ting ting. Peresensi yang tidak memiliki bidang ilmu yang relevan dengan buku yang diresensi sangat berkemungkinan mengalami hambatan sehingga menyebabkan salah tafsir terhadap isi buku. pidato singkat dalam bahasa inggris.contoh naskah pidato tentang hari guru. Deskripsi buku secara fisik. drama korea terbaru 2011.dan segi lain. Fakta tentang pengarang. Pokok Pokok yang   .

dijadikan sasaran dalam meresensi buku. contoh surat cinta untuk ibu. seperti film. dan kesepakatan bersama mengenai suatu masalah.. Hasil [. harga blackberry bold says: October 20. pidato tentang kasih sayang ibu 2 Responses to “MENULIS RESENSI BUKU” 1. contoh naskah drama tentang kemerdekaan. MENULIS LAPORAN HASIL DISKUSI >> Mencatat Merangkum hasil laporan diskusi kelompok contoh | Contoh Naskah says: October 13.. keputusan. contoh naskah drama basa jawa. sinetron. meresensi buku. 2011 at 11:14 [.] merupakan bentuk kegiatan bertukar pikiran secara teratur danterarah dengan tujuan mendapatkan suatu pengertian.. doa perpisahan kepala sekolah.foto korea terbaru. Ringkasan ikhtisar buku. 2011 at 05:19 Trims atas advise nya Reply Leave a Reply Name (required) Mail (will not be published) (required) Submit Comment . menulis resensi buku.. tari. pidato agama bahasa inggris. Tujuan contoh resensi buku.] Reply 2.

dan yang ber-Keadilan. 3. kehidupan Pancasila Dengan berbangsa itu kata dan menjadi cita-cita lain. sebagaisarana pemersatu masyarakat yang dapat memparsatukan berbagai golongan masyarakat di Indonesia. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan bermasyarakat 5. yang ber-Kemanusiaan. Pengertian Ideologi Istilah ideologi berasal dari kata idea yang berarti gagasan. yang berPersatuan. 4. Kenyataan menujukkan bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup danbeku cendnerung meredupkan perkembangan dirinya. 1. yaitu: 1. cita-cita dan logos yang berarti ilmu. 2. Stabilitas nasional yang dinamis 2. yang ber-Kerakyatan. Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat. Makna Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi bernegara. Penciptaan norma-norma baru harus melalui konsensus. namun ada batasbatas keterbukaan yang tidak boleh dilanggar. Larangan terhadap ideologi marxisme. yang nilai-nilai yang terkandung karena itu dalam juga Pancasila berfungsi disepakati bersama. Mencegah berkembangnya paham liberalisme 4. Jadi secara harafiah ideologi berarti ilmu . Tekad untuk memperkokoh kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional. Pengalaman sejarah politik masa lampau. Sekalipun Pancasila sebagai ideologi bersifat terbuka.« Menanggapi Pokok Bahasa dalam Diskusi MENULIS LAPORAN HASIL DISKUSI » 1. 4. konsep. 2. pengertian dasar. Pancasila sebagai ideologi nasional selain berfungsi sebagai cita-cita normatif penyelenggaraan merupakan nilai bernegara. leninnisme dan komunisme 3. 3. visi bernegara normatif arah bagi dari penyelenggaraan penyelenggaraan atau Indonesia adalah terwujudnya kehidupan yang ber-Ketuhanan.

§ Ideologi terbuka. § Frans Magnis Suseno mengatakan bahwa ideologi sebagai suatu sistem pemikiran yang dapat dibedakan menjadi ideologi tertutup dan ideologi terbuka. Hornby mengatakan bahwa ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dipegangi oleh seorang atau sekelompok orang. Ideologi yang semula berarti gagasan. dasarnya bukan keyakinan ideologis sekelompok orang. Cita-cita yang dimaksudkan adalah citacita yang tetap sifatnya dan harus dapat dicapai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar. ide. cita-cita itu berkembang menjadi suatu paham mengenai seperangkat nilai atau pemikiran yang oleh seseorang atau sekelompok orang menjadi suatu pegangan hidup. merupakan suatu sistem pemikiran tertutup. § Ideologi tertutup. atas nama ideologi dibenarkan pengorbanan-pengorbanan yang dibebankan kepada masyarakat. kebudayaan. pandangan. keyakinan. dan agama. merupakan suatu pemikiran yang terbuka. Ciri-cirinya: merupakan cita-cita suatu kelompok orang untuk mengubah dan memperbarui masyarakat. Beberapa pengertian ideologi: § A. secara garis besar saja sehingga tidak langsung operasional. ide. paham. melainkan terdiri dari tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang keras. budaya masyarakat itu sendiri. melainkan hasil musyawarah dari konsensus masyarakat tersebut. kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. § Soerjono Soekanto menyatakan bahwa secara umum ideologi sebagai kumpulan gagasan. ide atau cita-cita. nilai-nilai itu sifatnya dasar. yang diajukan dengan mutlak. sosial.S. § Gunawan Setiardja merumuskan ideologi sebagai seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.tentang pengertian dasar. isinya bukan hanya nilai-nilai dan cita-cita tertentu. Ciri-cirinya: bahwa nilai-nilai dan cita-citanya tidak dapat dipaksakan dari luar. yang menyangkut bidang politik. melainkan digali dan diambil dari moral. .

Dengan demikian memenuhi syarat sebagai suatu ideologi terbuka. berbangsa dan bernegara. dan dimensi fleksibilitas. memelihara dan memperkuat relevansinya dari waktu ke waktu sehingga bebrsifat dinamis. 3. Dimensi Realitas: nilai yang terkandung dalam dirinya. yaitu dimensi realitas. Pancasila bukan saja memenuhi dimensi idealisme ini tetapi juga berkaitan dengan dimensi realitas. Dimensi fleksibilitas: ideologi itu memberikan penyegaran. Pancasila sebagai ideologi mengandung nilai-nilai yang berakar pada pandangan hidup bangsa dan falsafat bangsa. sehingga mereka betul-betul merasakan dan menghayati bahwa nilai-nilai dasar itu adalah milik mereka bersama. dimensi idealisme. Dimensi idealisme: ideologi itu mengandung cita-cita yang ingin diicapai dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat. mengubah dan mencabutnya Sifat Ideologi Ada tiga dimensi sifat ideologi. 2. Pancasila mengandung sifat dimensi realitas ini dalam dirinya. sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok itu diserahkan kepada undang-undang yang lebih mudah caranya membuat. bersumber dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat. dan sebagai pemersatu masyarakat dan karenanya sebagai prosedur penyelesaian konflik yang terjadi dalam masyarakat. 1. memperkuat relevansinya dari masa ke masa. 1. Sumber semangat yang menjadikan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah terdapat dalam penjelasan UUD 1945: “terutama bagi negara baru dan negara muda. Pancasila memiliki dimensi fleksibilitas karena memelihara. terutama pada waktu ideologi itu lahir. demokrastis. . lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan pokok.Fungsi utama ideologi dalam masyarakat menurut Ramlan Surbakti (1999) ada dua. yaitu: sebagai tujuan atau cita-cita yang hendak dicapai secara bersama oleh suatu masyarakat.

Sikap positif dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila. Arti dan Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab    Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa. Menghormati orang yang lebih tua 3. Membantu orang lain yang kesusahan sesuai dengan kemampuan sendiri. Mengandung arti pengakuan adanya kuasa prima (sebab pertama) yaitu Tuhan yang Maha Esa 2. 2.Nilai-nilai Pancasila telah diyakini kebenarannya oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu . 4. Arti dan Makna Sila Ketuhanan yang Maha Esa 1. Nasionalisme. Tidak membeda-bedakan teman 5. mengamalkan Pancasila merupakan suatu keharusan bagi bangsa Indonesia. Menghormati anggota keluarga 2. Menjamin berkembang dan tumbuh suburnya kehidupan beragama. . Negara memberi fasilitator bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan mediator ketika terjadi konflik agama. Mewujudkan keadilan dan peradaban yang tidak lemah. 1. Arti dan Makna Sila Persatuan Indonesia 1. Membiasakan hidup hemat 4. Membiasakan musyawarah untuk mufakat 6. Cinta bangsa dan tanah air. Tidak memaksa warga negara untuk beragama. 6. 3. Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya. dalam hal ini toleransi ditekankan dalam beribadah menurut agamanya masing-masing. 5. Bertoleransi dalam beragama. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing 7.

Tidak memaksa warga negara untuk beragama. 3. 6. 4. Melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya. baru sesudah itu diadakan tindakan bersama. Menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan. Menjamin berkembang dan tumbuh suburnya kehidupan beragama. 4. Bertoleransi dalam beragama. Negara memberi fasilitator bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan mediator ketika terjadi konflik agama. artinya mengusahakan putusan bersama secara bulat. Mengandung arti pengakuan adanya kuasa prima (sebab pertama) yaitu Tuhan yang Maha Esa 2. 1.3. Arti dan Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan   Hakikat sila ini adalah demokrasi. keturunan dan perbedaan warna kulit. Menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan. Permusyawaratan. Dalam melaksanakan keputusan diperlukan kejujuran bersama. Seluruh kekayaan alam dan sebagainya dipergunakan bagi kebahagiaan bersama menurut potensi masing-masing. 5. dalam hal ini toleransi ditekankan dalam beribadah menurut agamanya masing-masing. 5. Arti dan Makna Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia    Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat.  . Menggalang persatuan dan kesatuan Indonesia. Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya.