P. 1
Contoh ProposaL

Contoh ProposaL

|Views: 527|Likes:
Published by galopppp

More info:

Published by: galopppp on Apr 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2014

pdf

text

original

Contoh proposaL “pengaruh latihan skipping terhadap tinggi loncatan vertical jump”

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kemampuan vertical jump dalam cabang bola voli adalah kebutuhan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap pemain voli, karena vertical jump sangat dibutuhkan setiap pemain untuk melakukan serangan kedaerah lapangan lawan untuk mendapatkan point. Semakin tinggi vertical jumpnya biasanya memiliki pukulan yang sangat mematikan, jadi mengapa vertical jump sangat penting dimiliki dan ditingkatkan oleh pemain voli. Club bola voli dhaksinarga gunungkidul adalah club yang membina atlit bola voli dari level usia dini sampai senior. Dari level usia dini pun kemampuan vertical jump sudah dilatih dengan berbagai macam latihan agar nantinya kemanpuan loncatan vertical jump bisa bekembang dan meningkat. Jadi kemampuan vertical jump sangat penting dalam permainan bola voli. Khususnya untuk pemain remaja latihan ini harus ditingkatkan, karena dalam masa ini pemain remaja mengalami perkembangan secara cepat dari fisiologis maupun fisik. Salah satu latihan yang sering dilakukan untuk meningkatkan kemampuan vertical jump ini adalan latihan skipping, karena dengan latihan skipping ini akan memperoleh keguanan yang sangat banyak untuk berbagai macam otot yang digunakan untuk melakukan vertical jump. Selain bermanfat banyak, latihan skipping ini juga sangat sederhana dan bisa dilakukan dimana saja. Berdasarkan latar belakang ini saya tertarik untuk meneliti pengaruh latihan terhadap loncatan vertical jump pemain level remaja di club bola voli dhaksinarga tahun 2009.
Daya ledak merupakan salah satu unsur kondisi fisik yang sangat penting dalam permainan olahraga bola voli terutama pada saat melakukan gerakan smash, block, dan serve. Untuk itu dibutuhkan suatu metode latihan yang tepat dan efektif untuk meningkatkan secara maksimal daya ledak otot tungkai. Latihan plyometric (lompat tali) sangat cocok untuk cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan daya ledak otot tungkai seperti pada permainan bola voli yang banyak melakukan gerakan lompatan seperti pada saat melakukan blocking, smash, maupun jump serve. Latihan plyometric (lompat tali) ini banyak digunakan karena bisa meningkatkan daya ledak otot tungkai dengan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang: Pengaruh Latihan plyometric (lompat tali) terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai pada pemain bola voli. Sasaran penelitian ini adalah pemain bola voli putra klub Bima Nanggala Surabaya, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 pemain yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok treatment dan kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing sebanyak 15 pemain. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif desikriptif dan komparatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan pengukuran kemampuan daya ledak otot tungkai pemain saat pre-test dan post-test pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian diperoleh: (1) Pemberian Latihan plyometric (lompat tali) pada kelompok treatment dapat meningkatkan kemampuan daya ledak otot tungkai pemain bola voli putra Bima Nanggala Surabaya sebesar 22,88%. Dari hasil uji t didapatkan nilai thitung 3,75598 > nilai ttabel 2,145. Dengan kata lain bahwa pemberian Latihan plyometric (lompat tali) ternyata berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan daya ledak otot tungkai pemain bola voli putra Nanggala Surabaya. (2) Pemberian Latihan plyometric (lompat tali) pada kelompok treatment ternyata dapat memberikan peningkatan kemampuan daya ledak otot tungkai pemain yang lebih baik dari pada kemampuan daya ledak otot tungkai pemain kelompok kontrol. Dari hasil uji t didapatkan nilai thitung 2,780089 > nilai ttabel 2,048. Hal ini dapat dikatakan bahwa pemberian Latihan plyometric (lompat tali) pada kelompok treatment ternyata dapat memberikan pengaruh positif yang lebih baik dan signifikan dari pada kelompok kontrol terhadap peningkatan kemampuan daya ledak otot tungkai pemain bola voli. Kata Kunci: Daya Ledak Otot Tungkai, Latihan plyometric (lompat tali).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->