P. 1
Kebudayaan Dan Masyarakat

Kebudayaan Dan Masyarakat

|Views: 175|Likes:
Published by Fery Sihombing

More info:

Published by: Fery Sihombing on Apr 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2015

pdf

text

original

BAB 7 KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT

APAKAH KEBUDAYAAN ITU? Konsep kebudayaan, kadang-kadang lebih mudah di pahami daripada definisi. Kebudayaan berasal dari kata Buddhayah (bahasa sansekerta) sebagai bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti budi atau akal atau hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal. Culture (bahasa inggris) dari kata Colore (bahasa latin) yang berarti mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau bertani. Colore atau Culture sebagai daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Rumusan budaya dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku yang nyata berkenaan dengan nilai-nilai, kepercayaan dan norma-norma yang telah menjadi perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan, rasa dan tindakan serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan miliknya dengan belajar. Manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, dimana ada manusia , disitu ada kebudayaan. Koentjaraningrat mencantumkan tujuh macam perbedaan antar manusia dengan hewan bila ditinjau dari perilakunya,yaitu : 1. Sebagian besar dari perilaku manusia dikuasai oleh akal 2. Kehidupan manusia di muka bumi hanya dimungkinkan dengan suatu sistem peralatan luas yang merupakan hasil akal manusia. 3. Sebagian besar perilaku manusia adalah merupakan kebiasaan dan hasil belajar 4. Manusia mempunyai bahasa yang menyimpan seluruh tata kelakuannya itu dalam lambing-lambang vocal maupun tertulis. 5. Pengetahuan manusia bersifat akumulatif 6. System pembagian kerja dalam masyarakat manusia jauh lebih kompleks daripada dalam kelompok kawanan binatang. 7. Masyarakat menunjukkan suatu aneka warna yang besar. Dengan demikian dapat disimpulkan, sifat budaya itu adalah suatu nilai sebagai milik bersama yang yang maha terkait dengan situasi masyarakat yang dapat membantu kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan primer, sekunder, dan interaktif. Sifat budayaitu menurun kepada generasi berikutnya melalui proses belajar. Koentjaningrat menetapkan tiga perwujudan budaya dalam kehidupan sosial, yaitu : 1. Melalui sistem gagasan, yaitu suatu karya manusia yang berbentuk nilai-nilai, cara berpikir dan pola tingkah laku. 2. Sistem tindakan, yaitu sifat konkrit yang dilakukan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti petani menggunakan peralatan untuk mengerjakan sawahnya.

komputer. Menurut Herskovits terdapat empat unsur pokok dalam kebudayaan. Sistem mata pencaharian hidup 6. Karena itu disebut sitem sosial budaya. APA SAJAKAH UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN ITU? Ada berbagai macam pendapat tentang unsur-unsur kebudayaan. Seperti listrik. yaitu: 1. Teknologi 2. Sistem kesenian 7. Sistem ekonomi 3.  Organisasi ekonomi  Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan. Hasil karya manusia. Sistem bahasa 6. Sistem pengetahuan . Bahasa 2. 2004) menyatakan unsur-unsur pokok kebudayaan sebagai berikut :  Sistem norma-norma yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat agar menguasai alam sekelilingnya. Sistem persatuan 3. Sistem religi 7.3. yaitu :  Alat-alat teknologi  Sistem ekonomi  Keluarga  Kekuasaan politik Sedangkan menurut bronislaw Malinowski (soekanto. Unsurunsur kebudayaan itu adalah: 1. Perubahan satu unsure akan berpengaruh pada unsur lainnya. sedangkan keluarga lembaga pendidikan yang utama  Organisasi militer Koetjaningrat (1980) mengemukakan 7 unsur kebudayaan yang bersifat universal. Sistem sosial 4. yaitu perwujudan budaya sebagai hasil berpikir yang melahirkan karya nyata yang berguna bagi kehidupan manusia itu sendiri. Organisasi sosial 4. dan lain-lain. Kesenian Isi pokok dari kebudayaan terdiri dari berbagai unsure yang saling terkait. Sistem kepercayaan 5. Sistem peralatan hidup dan teknologi 5.

Kebutuhan itu di penuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat sendiri. walaupun mereka hidup dalam suatu rumah. Sistem sosial berhubungan dengan pengaturan perkawinan. sebaliknya tidak ada kebudayaan tanpa masyarakat. 4. Kebiasaan (habit) merupakan suatu perilaku pribadi. APA FUNGSI KEBUDAYAAN BAGI MASYARAKAT? Manusia dan masyarakat memerlukan kepuasan baik di bidang spiritual dan material. Dalam masyarakat sering terjadi kecendrungan-kecendrungan yang terlalu membanggakan kebudayaan sendiri dan merasa kebudayaannya paling baik. Bahasa adalah alat yang sangat penting untuk mempelajari pewarisan kebudayaan. komunitas. Jadi setiap orang akan membentuk kebiasaan yang khusus bagi dirinya sendiri. Sistem kepercayaan timbul dari adanya keterbatasan manusia dalam memahami kejadian alam dan kehidupan manusia. yaitu kebiasaan perorangan itu berada dari kebiasaan orang lain. pranata sosial dan sebagainya yang semuanya diperlukan untuk menganalisa gejala-gejala serta kejadian-kejadian sosial budaya yang ada disekeliling kita. Tidak ada masyarakat yang tidak mempunyai kebudayaan. Cultural activities yaitu kegiatan kebudayaan setempat 3. Kebudayaan membentuk struktur mulai dari : 1. tindakan (perilaku) dan hasil karya yang berbentuk kebendaan (materil). Mentifact adalah kebudayaan yang bersifat abstrak atau tidak tampak 2. Trait complexes yaitu unsure kebudayaan yang rumit yang melengkapi kebudayaan setempat. Namun lebih lanjut beberapa ahli mencoba membagi wujud kebudayaan sebagai berikut : 1. tempat tinggal dan kekerabatan. perkumpulan adt istiadat. Sosiofact adalah kebudayaan yang menempatkan manusia sebagai anggota masyarakat. APAKAH HUBUNGAN KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT? Masyarakat adalah orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan. Kebiasaan tersebut menunjukkan pada suatu gejala seseorang di dalam tindakan-tindakannya selalu ingin melakukan hal-hal yang teratur baginya. Kebudayaan dapat berwujud ggaasan (ide). 3. Sistem kesenian adalah sarana yang digunakan untuk mengekspresikan diri akan keindahan. Cultural universal adalah kebudayaan semesta 2. golongan sosial. Artifact adalah kebudayaan materiil seperti rumah. pakaian. perkakas rumah tangga dan lainnya. Dalam mengatur hubungan antar manusia. Items yaitu unsur yang lebih kecil lagi.Teknologi adalah semua cara dan alat yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Beberapa konsep seperti kategorial sosial. Traits ialah unsure pelengkap yang lebih kecil lagi 5. kelompok adat. Sistem ekonomi berhubungan dengan alokasi produksi. tenaga kerja dan distribusi. kebudayaan dinamakan sebagai struktur normatif artinya kebudayaan sebagai suatu garis-garis pokok tentang perilaku yang .

Yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dari suatu masyarakat. akan mungkin terjadi dengan proses pengembangbiakan. 3) Masalah tentang unsur-unsur kebudayaan yang mudah dan sulit diganti atu diubah oleh unsur kebudayaan asing. mencatat dan melukiskan suatu proses akulturasi dalam suatu masyarakat. d. Proses Evolusi Sosial Proses evolusi dapat dianalisis secara mendetail tetapi juga dilihat dari keseluruhan dengan memperhatikan perubahan-perubahan besar yang tellah terjadi. apa yang dilarang dan sebagainya. Proses Difusi Penyebaran manusia. Migrasi serta adaptasi fisik dan sosial budaya yang berlangsung secara terus menerus. BAGAIMANA GERAK KEBUDAYAAN ? a. serta semua peraturan yang terdapat dalam kebudayaan seseorang. b. sistem norma. . Semua pola tindakan-tindakan individu Ang menempati berbagai kedudukan dalam masyarakatnya yang dijumpai seseorang dalam kehidupannya sehari-hari yang menempati berbagai kehidupannya sehari-hari. Migrasi besar yang terjadi dengan perpindahan kelompok manusia dari benua asia ke benua amerika. Akulturasi dan Asimilasi Akulturasi adalah proses sosial yang timbul apabila sekelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dari suatu kebudayaan asing sehingga unsur-unsur asing itu lambat laun diterima dan diolah dalam kebudayaan itu.menetapkan peraturan-peraturan mengenai apa yang harus dilakukan. c. 2) Masalah tentang unsur-unsur kebudayaan asing yang mudah dan sulit diterima oleh suatu masyarakat. adalah proses yang berlangsung sepanjang hidup individu yaitu mulai saat ia lahir sampai akhir hayatnya. Proses Belajar Kebudayaan Sendiri Proses internalisasi. Proses itu menunjukkan manusia membutuhkan daerah yang makin lama makin meluas. Dalam masalah-masalah akulturasi akan tampak 5 golongan masalah. Proses sosialisasi dapat digambarkan bahwa kebudayaan sebagai bagian dari proses sosialisasi individu. Migrasi berlangsung lamban dan otomatis dan ada yang cepat dan mendadak. Proses sosial budaya yang dianalisa secara detail dapat memberi gambaran mengenai berbagai proses perubahan yang dalam ilmu antropologi disebut recurrent processes. Proses akulturasi yang baik akan menghasilkan integrasi antar unsur-unsur kebudayaan asing dengan unssur-unsur kebudayaan sendiri. Proses enkulturasi atau pembudayaan adalah proses belajar dan menyesuaikan alam pikiran serta sikap terhadap adat. yaitu : 1) Masalah tentang metode untuk mengobservasi.

sedangkan dalam proses evolusi para individu itu pasif dan juga sering negative. Karena keggiatan dan upaya individu itulah. seni. . Fungsi unsure-unsur kebudayaan c. Pikiran kolektif b. Discovery baru menjadi ivantion apabila suatu penemuan baru telah diakui dan di terima dan ditetapkan oleh masyarakat. baik suatu alat atau gagasan baru dari seorang atau sejumlah individu. yaitu dari tidak ada menjadi ada. 5) Masalah ketegangan serta krisis sosial yang muncul akibat akulturasi. sistem pengaturan. sistem sosial. karena suatu pertemuan baru jarang merupakan perubahan yang bersifat mendadak. yaitu sistemm teknologi. sistem religi. Tujuhh unsure kebudayaan. Etos kebudayaan e. f. Inovasi dan evolusi selalu harus dilihat dari kerangka kebudayaan tempat penemuan itu terjadi. para individu berperang secara aktif. sistem sosial. dan sistem ekonomi. dan jenis individu yang sukar dan lamban menerimanya. Dengan demikian proses inovasi merupakan suatu proses evolusi juga.4) Masalah mengenai jenis-jenis individu yang tidak menemui kesukaran dan cepat menerima unsur kebudayaan asing. Pembaharuan (Inovasi) Inovasi adalah suatu proses pembaharuan dari penggunaan sumber ber-sumber alam. energy dan modal serta penataan kembali dari tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru. yaitu penemuan dari suatu unsur kebudayaan yang baru. Integrasi Kebudayaan Pembahasan tentang integrasi kebudayaan meliputi hal-hal sebagai berikut : 1) Metode holistic adalah suatu metode yang digunakan untuk analisi dan untuk merinci unsure-unsur kecil dan kaitannya antara satu kebudayaan sebagai satu integral. Fokus kebudayaan d. sistem budaya dan nilai-nilai budaya. Kepribadian umum 3) Kerangka kebudayaan terdiri dari a. 2) Konsep-konsep analisis masalah integrasi kebudayaan mmeliputi aspek-aspek berikut ini: a. b. maka suatu inovasi merupakan suatu proses perubahan kebudayaan yang lebih cepat daripada proses evolusi kebudayaan. Bedanya ialah dalam proses inovasi. Empat wujud kebudayaan yaitu budaya fisi. Dengan demikian inovasi adlah pembaruan unsurteknologi dan ekonomi dari kebudayaan. Suatu proses inovasi berkaitan dengan penemuan baru dalam teknologi yang merupakan proses sosial melalui tahap discovery. sehingga terbentuk suatu sistem produksi dari produk-produk baru. e.

NEGARA DAN KEPEMIMPINAN MENGAPA KEKUASAAN PENTING DIPELAJARI? Kekuasaan merupakan unsur terpenting dalam kehidupan masyarakat. ekspor-impor dan sebagainya. sehingga mereka tunduk pada kemauan penguasa. yaitu nasionalisme yang dibangun berdasarkan perbedaan budaya masing-masing kelompok pembentuknya. Kekuasaan senantiasa ada dalam masyarakat. buruh. penguasa sengaja membuat berbagai peraturan yang harus ditaati masyarakat agar berbagai perintahnya berjalan lancar. Masyarakat multicultural akan mendorong lainnya nationalism multicultural. saling pengertian antar budaya dan antar bangsa dalam membina suatu dunnia baru. . saluran politik. Multikulturalisme dapat menyumbangkan rasa cinta terhadap sesame dan sebagai alat untuk membina dunia yang aman dan sejahtera. karena peranannya dapat menentukan nasib berjuta-juta orang. Kekuasaan merupakan kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain sesuai dengan kehendaknya. SALURAN KEKUASAAN Sarana pelaksanaan kekuasaan dapat berupa: 1. dan budaya. saluran tradisi. Misalnya hak milik kebendaan. yakni negara. Bila kekuasaan itu melembaga dan diakui masyarakatnya. 2. baik masih sederhana maupun . BAB 8 KEKUASAAN. Kekuasaan mempunyai aneka bentuk serta sumber yang berbeda-beda. Saluran militer. kedudukan sosial.APAKAH YANG DIMAKSUD MULTIKULTURALISME ? Secara sederhana pengertian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri atas beragam kelompok sosial dengan sistem norma dan kebudayaan yang berbeda-beda. birokrasi. 3.masyarakat besar dan kompleks. sehingga penguasa dapat menyalurkan perintah-perintah melalui berbagai peraturan perekonomian. namun kekuasaan tertinggi adalah penjelmaan organisasi sosialnya. guna kelancaran pemerintah. pengusaha berusaha menguasai segala jarngan ekonomi. 4. Masyarakat multikultural merupakan bentuk dari masyarakat modern yang anggotanya terdiri dari beberapa golongan. baik masalah modal. tujuan utamanya adalah untuk menimbulkan rasa takut dalam diri masyarakat. disebut wewenang (authority). Saluran ekonomi. suku. etnis. intelektualitas. penguasa mempelajari dan memanfaatkan tradisi yang berlaku dalam masyarakat.adapun keberadaan kekuasaan tergantung pada sifat hubungan antara yang berkuasa (pemimpin) dan yang terpaksa. Multikulturalisme menuntut masyarakat untuk hidup penuh toleransi. Mereka hidup bersama dalam suatu wilayahlokal maupun nasionaldan juga internasional melakukan interaksi secara langsung maupun secara tidak langsung. ras. agama.

Ajaran tradisional jawa menggambarkan sifat seorang pemimpin melalui pepatah sebagai berikut. saluran lainnya.5. tetapi sistem pemujaan membawa seseorang dan kelompok untuk membenarkan segala sesuatu yang datang dari penguasa. Kepemimpinan merupakan hasil organisasi sosial yang telah terbentuk sebagai hasil dinamika interaksi sosial. tut wuri handayani. ing ngarso sung tulodo. seperti ancaman dari pihak luar. UNSUR – UNSUR KEKUASAAN Kekuasaan yang dapat dijumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antar kelompok mempunyai beberapa unsur pokok. KEPEMIMPINAN TRADISIONAL INDONESIA Sifat-sifat yang dipenuhi oleh seorang pemimpin tidak sama bagi setiap masyrakat. penguasa mengemukakan serangkaian ajaran dan doktrin hingga menjadi ideology bangsa sekaligus menjadi dasar pembenaran segala sikap dan tindakannya selaku penguasa. Permulaan munculnya kepemimpinan dalam sosiologi adalah diawali dengan menonjolnya peran seseorang dalam suatu kelompok. ing madyo mangun karso. KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGANNYA Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain sehingga orang lain itu bertingkah laku sebagaimana dikehendaki oleh pemimpin tersebut. yaitu: 1) Rasa Takut Perasaan takut pada seseorang menimbulkan kepatuhan terhadap segala kemajuan dan tindakan orang yang ditakuti tadi. . 6. berupa pers. khususnya dalam menghadapi tentang kelompok. dan sebagainya. saluran ideology. keagamaan. kebudayaan. 4) Pemujaan Sistem kepercayaan mungkin dapat disangkal oleh orang lain. 3) Kepercayaan Kepercayaan bias timbul sebagai hasil hubungan langsung antara dua orang atau lebih yang bersifat asosiatif. 2) Rasa Rasa cinta menghasilkan perbuatan yang ada pada umumnya bersifat positif dari masyarakat yang dikuasai maka sistem kekuasaan akan dapat berjalan dengan baik dan teratur. Kepemimpinan dapat berfungsi sebagai kedudukan sosial dan sekaligus sebagai proses sosial. sekalipun banyak persamaannya.

menggambarkan kekuasaan sebagai dimiliki dengan kelompok sosial dalam masyarakat dan berbagai lembaga dalam pemerintahan. Model elit yang memerintah. c. Kepemimpinan Indonesia pada saat ini masih digunakan dalam masyarakat-masyarakat tradisional dalam lingkungan masyarakat hukum adat. CARA MEMPERTAHANKAN KEKUASAAN Setiap pengusaha yang telah memegang kekuasaan dalam masyarakat demi stabilnya masyarakat tersebut. sistem kepercayaan tersebut meliputi agama. Tugas-tugas pokok bagi seorang pemimpin adalah memberikan suatu kerangka poko yang jelas dan dapat dijadikan pegangan bagi pengikut-pengikutnya. yang melukiskan kekuasaan sebagai dimiliki oleh kelompok kecil orang. dan bertindak sebagai wakil kelompok kepada dunia luar. b. DISTRIBUSI KEKUASAAN Ilmu politik biasanya menggambarkan distribusi kekuasaan dalam tiga model yaitu: a. ideology dan seterusnya. dengan ditentukan oleh kemampuan dan faktor keberuntungan. . terutama di bidang politik yang merugikan kedudukan penguasa baru. namun terbuka kesempatan bagi warga biasa untuk memperoleh kekuasaan tertentu  Tipe demokratis yang menunjukkan kenyataan yang aka nada garis-garis pemisah yang sangat terbuka. peraturan itu diganti dengan yang baru yang lebih menguntungkan penguasa yang baru. b. dimana garis pemisah tak mungkin ditembus. Mengadakan sistem kepercayaan (belief system) yang akan memperkokoh kedudukan penguasa atau golongannya. Model pluralis. mengawasi serta mengendalikan perilaku warga masyarakat yang dipimpin.  Tipe kedua adalah type oligarkis yang masih memiliki garis pemisahan yang tegas.Seorang pemimpin di muka harus memiliki idealisme kuat. BENTUK-BENTUK PELAPISAN KEKUASAAN Menurut mac iver dapat dijumpai tiga pola umum dari sistem pelapisan kekuasaan atau piramida kekuasaan yaitu :  sistem pelapisan kekuasaan dengan garis-garis pemisahan yang tegas dan kaku. akan berusaha mempertahankan kekuasaannya dengan cara-cara yang dilakukan sebagai berikut: a. pemimpin di tengah-tengah harus mengikuti kehendak yang dibentuk oleh masyarakat. Dengan cara menghilangkan segenap peraturan-peraturan yang lama. biasanya dijumpai dalam masyarakat yang berkasta. Pelaksanaan administrasi dan birokrasi yang baik dan mengadakan konsolidasi kekuasaan secara horizontal dan secara vertikal.

Dalam hal ini. merupakan wewenang yang berlandaskan sistem yang berlaku. Pelaksanaan birokrasi dalam bidang tertentu memerlukan latihan dan keahlian yang khusus dari petugas. sekaligus menjamin kepentingan masyarakat atas kewenangan legal tersebut. namun dalam masyarakat demokratis selalu lebih menonjol wewenang legal/rasional. Model populis. WEWENANG Wewenang adalah kekuasaan. Sebaliknya didaerah pedalaman sering lebih dominan yang kharismatis. 2. menurut maax weber wewenang dibagi menjadi tiga macam : a. Ciri-ciri birokrasi dan cara terlaksananya adalah sebagai berikut : 1. 3. Dalam masyarakat demokratis kedudukan wewenang berupa sistem birokrasi ditetapkan jangka waktu terbatas (periode). Gunanya untuk mencegah peluang yang berkuasa menyalah-gunakan kekuasaannya. Kewenangan merupakan kekuasaan yang memiliki keabsahan (legitimate power). Wewenang merupakan hak berkuasa yang ditetapkan dalam struktur organisasi sosial. merupakan wewenang yang bersumber dari tradisi masyarakatnya yang berbentuk kerajaan. Wewenang kharismatis. kedua bentuk ini dibedakan dalam bentuk keabsahannya. Wewenang itu melembaga dan diyakini memberi manfaat ketentraman bagi warga.c. melukiskan kekuasaan sebagai dipegang oleh setiap individu warga negara atau rakyat secara kolektif. Ketatalaksanaansuatu birokrasi yang mdern didasarkan pada dokumen-dokumen tertulis (files) yang disusun dan dipelihara aslinya atau salinannya. merupakan wewenang yang dimiliki oleh seorang karena charisma kepribadiannya. yaitu ketentuan hukum dan administrasi. terutama dalam masa proses perubahan sosial. Wewenang tradisional. Adanya ketentuan yang tegas dan resmi mengenai kewenangan yang didasarkan kepada peraturan umum. . namun kekuasaan tidak selalu berupa kewenangan. Prinsip pertingkatan (hierarchy) dan derajat wewenang merupakan sistem yang tegas perihal hubungan atasan dengan bawahan (super and subordination) dimana terdapat pengawasan terhadap bawahan oleh atasan. b. 4. sedangkan kekuasaan tidak selalu memiliki keabsahan. Wewenang kharismatis dapat berkurang atau hilang jika yang bersangkutan melakukan kesalahan fatal. Wewenang rasional/legal. Ketiga macam wewenang tersebut ada dalam masyarakat. Saluran mana yang paling efektif sangat tergantung pada struktur masyarakat yang bersangkutan. Juga hilang pandangan atau faham warga masyarakat itu berubah. guna kebijakan yang diperlukan. c.

b. penyerahan tenaga. Menurut politik. yakni semua orang yang berdomisili serta menyatakan diri ingin bersatu. sifat memaksa. dan sebagainya. Sistem Pemerintahan. negara satu partai. Secara umum setiap negara mempunyai empat fungsi utama bagi bangsanya. yaitu setiap negara menguasai hal-hal tertentu demi tujuan negara tanpa ada saingan. 2. c) Pemerintah. yaitu berbagai tipe negara yang dikenali menurut kondisinya.5. Ideologi bangsa. negara itu memperoleh pengakuan secara internasional. ada juga negara utara-selatan. yaitu : organisasi. yakni hak supremasi wewenang secara merdeka dan bebas dari dominasi negara lain. b) Wilayah. sepertinya. negara agama. sifat negara tersebut adalah: a. yaitu setiap negara dapat memaksakan kehendak dan kekuasaannya baik melalui jalur hukum maupun jalur kekuasaan. yaitu negara agraris. sifat totalitas. negara totaliter. NEGARA DAN KEDAULATAN Berbagai definisi tentang negara. yaitu oleh satu orang. Jumlah orang yang berkuasa. 1. dan negara belum berkembang. Oleh sebab itu birokrasi paling sedikit mencakup lima unsur. yaitu negara demokratis. c. yakni batas territorial yang jelas atas darat dan laut serta udara di atasnya. b. yaitu negara sosialis. 3. negara otoriter. Menurut ekonomi. bersifat terus menerus dan mencapai tujuan. yaitu sistem pemerintahan presidentil. negara berkembang. semua orang berdasarkan hukum dan sebagainya. negara fasis. Negara juga memiliki sifat yang berbeda dengan organisasi lainnya. sistem pemerintahan juga militer dan sebagainya. Ini berarti. fungsifungsi dan kebijakan mencapai tujuan d) Kedaulatan. fungsi pertahanan dan keamanan . negara multi partai. sifat monopoli. yaitu semua hal tanpa kecuali mencakup kewenangan negara. negara liberal. namun syarat dan pengertiannya mencakup elemen sebagai berikut: a) Penduduk. yaitu : 1. Jika penyelenggaraan demi kepentingan pihak yang berkuasa disebut negatif dan bila demi kepentingan umum (rakyat) disebut positif. semua orang wajib membela negara. Asas penyelenggaraan kekuasaan. negara komunis. sekelompok orang dan banyak orang. Klasifikasi negara dapat dilihat berdasarkan : a. misalnya semua orang harus membayar pajak. maka kegiatan-kegiatannya meminta kemampuan bekerja yang maksimal dari pelaksana-pelaksana. negara sedang berkembang. Bila birokrasi telah berkembang dengan penuh. 4. yakni organisasi utama yang bertindak menyelenggarakan kekuasaan. sifatnya yang teratur. negara industri. sistem pemerintah parlementer.

usaha warga negara. yaitu mencakup luas wilayah negara. dilakukan dengan aturan tertulis. kedaulatan hukum c. . f. KEDAULATAN Kedaulatan merupakan salah satu syarat berdirinya suatu negara. kedaulatan rakyat BIROKRASI Birokrasi adalah sistem administrasi dan pelaksanaan tugas keseharian yang terstruktur dalam sistem hirarchi yang jelas. industri dan perdagangan. kesuburan. Birokrasi pemerintahan yang acapkali disebut sebagai kerajaan pejabat (officialdom) pada hakikatnya memamerkan kekuasaan yang disusun secara hirarki. Dalam teori politik modern diartikan sebagai “mempunyai supremasi wewenang’’ maka sering juga diartikan sebagai kemerdekaan dari dominasi negara lain secara otonom serta independen. yaitu kondisi alam material buminya berupa kandungan mineral. kapasitas pertanian dan industri. nilai buday masyarakat dan kondisi kesehatan masyarakat. oleh orang-orang yang di pilih karena kemampuannya dan keahlian di bidangnya. yaitu tingkat budaya. dan sebagainya. e. sumber daya manusia. sumber daya alam. Kedaulatan yakni perwujudan eksistensi undang-undang dasar (konstitusi). reputasi bangsa. d. dukungan internasional. fungsi keadilan menurut hak dan kewajiban. territorial negeri. dalam bidang pertanian. b. kekuatan militer dan mobilitasnya. elemen power yang tidak nyata (berwujud). yaitu segala faktor yang mendukung kedaulatan negara berupa : kepribadian dan kepemimpinan. Ada elemen kekuatan negara tercermin dalam : a. kekayaan laut dan hutan. c. yaitu kapasitas power yang mampu diterapkan militer dalam hal mewujudkan kekuasaan dari pemerintah demi tercapainya tujuan negara. letak geografis dan situasi negara tetangga.2. dan 4. tingkat pendidikan warga. yaitu jumlah penduduk. fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. kedaulatan raja atau penguasa b. yaitu kondisi alam. fungsi pengaturan dan ketertiban 3. Birokrasi adalah organisasi yang melayani tujuan dan cara untuk mencapai tujuan itu ialah dengan mengkoordinasi secara sistematis. Dalam hal ini kita mengenal : a. Tempat kedudukan kedaulatan negara sangat tergantung sistem pemerintahannya serta sifat hubungan kekuasaan antara seseorang warga negara dengan negara dan pemerintahannya secara ieologi. efisiensi birokrasi. persatuan bangsa. dilakukan oleh bagian tertentu terpisah dengan bagian lainnya.

Modernisasi adalah perubahan sosial yang terarah dan rencanakan maka gejala modernisasi merupakan persoalan yang harus dihadapi masyarakat. perubahan evolusi dan revolusi 2. sentralisasi wewenang perencanaaan sosial e. cara berfikir yang alamiah b. ada iklim yang mendukung perubahan baru f. sistem analisa data atau fakta yang metodik c. Secara umum syarat modernisasi meliputi : a. terutama di bidang ekonomi dan pola hidup sehari-hari. ada yang cepat. problema sosial.BAB 9 PERUBAHAN SOSIAL DAN MODERNISASI APAKAH PERUBAHAN SOSIAL ITU? Setiap masyarakat mengalami perubahan sepanjang masa. Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. dimana prosesnya meliputi segala aspek kehidupan. disorganisasi. ada yang sebagian terbatas. Perubahan sosial bersifat berantai melibatkan segala aspek kehidupan dan kadang diselingi gejolak konflik berupa proses perubahannya. Saluran perubahan sosial c. ada yang mencolok. Perubahan itu ada yang samar. dan sebagainya. BAGAIMANA PROSES PERUBAHAN SOSIAL TERJADI ? Proses perubahan sosial meliputi : a. perubahan terencana atau dikehendaki dan yang tidak dikehendaki/ direncanakan . transportasi. disiplin yang tinggi pada waktu dan aturan main g. ada yang menyeluruh. Inti perubahan sosial adalah faktor dinamika manusianya yang kreatif. perubahan kecil atau terbatas dan menyeluruh atau besar-besaran. 3. Disorganisasi Bentuk perubahan sosial dapat berupa : 1. Penyesuaian terhadap perubahan b. ada yang lambat. sistem administrasi yang efisien d. namun dalam kenyataan hidup keduanya tidak bisa dipisahkan. inovasi dan modifikasi dalam segala bidang secara berantai. seperti konflik sosial. Anggota masyarakat harus bersikap terbuka bahkan ia secara kreatif menciptakan kondisi perubahan.

Penemuan baru. Ras tidak puas pada pola hidup lama atau monoton 8. Toleransi pada hal-hal baru atau perubahan yang menyimpang 5. Kontak atau pengaruh budaya asing 3. Adanya rasa tidak puas terhadap keadaan masyarakat yang ada dan ingin untuk mengadakan perbaikan dengan perubahan. Adanya konflik dalam masyarakat 4. Menurut soerjono. 3. Perubahan itu mengenai unsur kehidupan atau lembaga masyarakat yang berlangsung relatif cepat. merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat untuk dijadikan program dan arah bagi gerakan masyarakat. Unsur-unsur pokok dari revolusi adalah adanya perubahan cepat dan perubahan itu mencakup sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat. dalam waktu cukup lama tanpa ada kemauan tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Faktor tersebut adalah : a. e. APAKAH BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dibedakan atas beberapa bentuk. Adanya seorang pemimpin dan atau kelompok orang yang dianggap mampu memimpin tuntutan perubahan masyarakat tersebut. seperti : 1. Apabila momentum yang dipilih keliru atau tidak tepat maka revolusi menjadi gagal. faktor yang bersumber dalam masyarakat. Perubahan ekonomi dunia 5. . Pemimpn itu mampu menunjukkan tujuan perubahan kepada masyarakat baik secara fragmatis ataupun secara abstrak. Harus ada momentum untuk revolusi. dimana perubahan secara cepat dan tidak ada kehendak atau perencanaan sebelumnya. b. Perubahan alam fisik . Sikap menghargai karya dan sikap maju orang lain 7. Perang dengan negara lain 4. c.Perubahan sosial terjadi karena beberapa faktor. Pemimpin itu mampu menampung keinginan perubahan. lingkungan 2. Perubahan evolusi dan perubahan revolusi Perubahan evolusi adalah perubahan sosial yang terjadi dalam proses yang lambat. Perubahan secara revolusi. seperti : 1. seperti perumusan ideologi. yaitu: 1. Munculnya berbagai media massa yang menyuguhkan aneka informasi inovatif. Terjadinya pemberontakan atau gerakan reaksioner b. syarat-syarat terjadinya revolusi adalah : a. faktor yang berasal dari luar masyarakat. yaitu suatu saat dimana segala keadaan dan faktor untuk memulai dengan gerakan revolusi. d. khususnya bidang teknologi. Pertambahan penduduk dan urbanisasi 2. Kemauan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan serta teknologi 6. Adanya keinginan untuk mengadakan suatu perubahan.

meliputi : a. perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap tertentu yang tetap. APA SAJA TEORI-TEORI PERUBAHAN SOSIAL ? Menurut inkels (1965:31) membedakan teori perubahan secara evolusi pada tidak bentuk. Pertentangan (konflik). a. yang menyatakan bahwa masyarakat dan manusia mengalami perkembangan dengan tahap-tahap tertentu yang dimulai dari bentuk sederhana kepada bentuk kompleks yang sempurna. Perubahan terjadi dalam sistem sosial sebagai akibat pengabdosian atau penolakan inovasi. konflik dapat menimbulkan kekecewaan dan kekerasan sosial.2. Pihak yang menghendaki perubahan itu disebut agent of change. yaitu : 1) Unilinear theory of evolution. sistem berburu ke petani. b. Perubahan sosial yang tidak direncanakan merupakan perubahan yang terjadi tanpa dikehendaki serta berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat dan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan. Perkembangan ilmu pengetahuan. bersumber pada lingkungan fisik yang kadang disebabkan oleh tindakan para warga masyarakat. Sebab-sebab Perusahaan Penyebab perusahaan sosial terjadi oleh karena anggota masyarakat pada waktu tertentu merasa tidak puas lagi terhadap keadaan kehidupannya yang lama. yaitu kelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga kemasyarakatan. Jumlah penduduk c. . 2) Universal theory of evolution. maka saat itulah individu mudah terpengaruh dengan hal-hal yang baru. melainkan berubah dari hasil perkembangan kelompok homogen kepada kelompok heterogen. Perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan Perubahan yang direncanakan adalah perubahan-perubahan terhadap lembagalembaga kemasyarakatan yang didasarkan pada perencanaan yang matang oleh pihakpihak yang menghendaki perubahan tersebut. 2. d. seperti pengaruh sistem mata pencaharian. Perubahan berasal dari masyarakat sendiri. perubahan terjadi karena pengaruh dari berbagai aspek. Perubahan berasal dari lingkungan alam fisik disekitar manusia. 3) Multilined theoritis of evolution. seperti revolusi sosial yang terjadi dalam masyarakat. Menurut selo soemardjan dan soelaiman sumardi (1964:489) menyatakan bahwa secara umum penyebab perubahan sosial budaya dibedakan atas dua golongan.yaitu: 1.

Pendorong dan Penghambat Perubahan Gerakan sosial (social movement) adalah cara-cara kolektif untuk menunjang atau menolak perubahan. Pembangunan Politik sebagai Perubahan Sekalipun ilmuwan politik belum sepakat tengtang defisi dan penggunaan istilah yang berbeda dalam pembangunan politik. Model pembangunan bourgeois. dimana partisipasi ditekan demi pertumbuhan ekonomi. Model teknokratik. yaitu pemerintah akan menggunakan kekuatan negara untuk menekan partisipasi kelas menengah dan mengamankan dukungan dari kelas bawah. Penguasa politik menciptakan kerangka dasar kelembagaan masyarakat mempermudah peningkatan pembangunan ekonomi. c. yaitu : a. tetapi tidak terlalu banyak mencampuri arah pembangunan ekonomi. seperti banyak istilah yang digunakan untuk makna pembangunan politik antara lain. Pemerintah sendiri secara langsung menyusun rencana yang lengkap dan melaksanakan sebagian besar pembangunan ekonomi melalui perusahaanperusahaan negara. yang memperhitungkan kepentingan politik bagi munculnya kelas menengah baru yang menjadi pusat kekuatan bagi tumbuhnya ekonomi perkotaan. Pengertian Pembangunan Politik Pengertian pembangunan politik adalah proses perubahan dari tradisional kea rah masyarakat modern serta dari statis kemasyarakatan dinamis yang berhubungan dengan orientasi pembangunan. Model liberal. Model-model Pembangunan Politik Pembangunan politik berkaitan dengan semakin meningkatnya partisipasi politik rakyat. Model pembangunan autokratik. Penguasa politik bertanggung jawab dalam menciptakan kondisi yang mendukung pembangunan ekonomi. d. Oleh sebab itu Huntington mengemukakan lima model pembangunan berkaitan dengan partisipasi politik. bercirikan tingkat partisipasi politik yang rendah tetapi tingkat investasi asing yang tinggi.b. b. pengembangan politik. dan modernisasi politik. pendidikan politik. . c. pembaruan politik. yaitu pembangunan dan modernisasi diasumsikan akan meningkatkan kekayaan masyarakat. Teori pembangunan politik biasanya berpendapat bahwa sistem politik mempunyai peranan penting dalam pembangunan ekonomi. b. hubungan keduanya terjadi sebagai berikut : a. perubahan politik.

b. Proses terbentuknya suatu masyarakat politik kearah modernisasi dapat dipercepat dengan berbagai macam cara. jangka panjang. yaitu : a) Mengadakan kegiatan-kegiatan dan proyek-proyek yang dapat berbicara kepada imajinasi penduduk. d) Mengadakan upacara-upacara pada kesempatan tertentu. maka kita harus melihat masalah-masalah politik. global. seperti pengibaran bendera di sekolah-sekolah. Beberapa masalah yang harus kita pertimbangkan dalam menerapkan model pembangunan politik di Indonesia. seperti pembuatan bendungan untuk petani. bertahap dan bergerak kedepan/ progresif. Model populis. seperti ideologi yang berlaku untuk semua masyarakat. yaitu : a. antara lain : 1) masalah militer dalam politik 2) masalah partai politik 3) masalah hubungan suku bangsa 4) masalah golongan minoritas 5) masalah Kota dan Desa dalam politik. . Menggerakkan suatu proses pembangunan politik sendiri yang sesuai dengan jalannya perkembangan ekonomi dengan menuju kearah sistem politik yang stabil-dinamis. walaupun bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah. b) Melalui pengajaran dan media massa menekankan adanya persamaan nilai dan norma dan sejarah. Secara garis besarnya pembangunan politik masa orde baru dapat dilihat atas dua peranan pokok. rumit.e. c) Pembentukan suatu tentara nasional dengan partisipasi semua golongan penduduk dan yang merupakan lambing dari negara nasional yang merdeka. sistematis. dan 6) masalah hubungan dengan luar negeri APAKAH MODERNISASI ITU ? Modernisasi merupakan suatu bentuk perubahan sosial kearah kemajuan suatu masyarakat dan bangsa dengan cirri-ciri pokoknya adalah bahwa modernisasi adalah suatu proses revolusioner. Pembangunan Politik Indonesia Pembangunan politik merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Menciptakan suatu kestabilan politik yang dapat merangsang proses pembangunan ekonomi dan bidang-bidang lainnya. menekankan kepada partisipasi politik yang tinggi dan adanya pemerataan ekonomi.

Adanya peristiwa penting tertentu yang mendorong individuindividu untuk menanggapinya secara kolektif.BAB 10 PERILAKU KOLEKTIF DAN GERAKAN SOSIAL APAKAH PENGERTIAN PERILAKU KOLEKTIF ITU ? Perilaku kolektif adalah cara berpikir. Struktur masyarakat harus sedemikian rupa sehingga bentuk perilaku kolektif mungkin terjadi. gaya. 3. histeria massa. 2. Faktor-faktor Pendorong. . Termasuk perilaku kolektif adalah rumor. publik. 1. dan mode. disusun kelompok untuk untuk melancarkan aksi. opini publik. Structural Conduciveness. Setelah faktor tersebut. Keyakinan umum. 5. Apabila keadaan genting sedang melenda suatu masyarakaat. berasa dan bertindak yang berkembang di kalangan sebagian besar warga masyarakat dan yang relative baru. Operation of Social control. APA SAJAKAH FAKTOR DETERMINAN PERILAKU KOLEKTIF ? Banyak faktor yang menjadi determinan dalam perilaku kolektif. Aksi Mobilisasi. dan kerumunan massa. Sebelum memperoleh pemecahan atas suatu masalah. 4. harus diusahakan dulu consensus tentang adanya masalah itu sendiri. Berhasil tidaknya dukungan kolektif para individu sangat tergantung pada keberhasilan atau kegagalan mekanisme control sosial di lapangan. Kelompok yang berperilaku kolektif merupakan kolektifitas yang tidak terstruktur dan bersifat temporer tanpa ada pembagian peranan dan hirarki kekuasaan secara formal. kepanikan. 6. kegemaran. tekanan struktural.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->