P. 1
an Janin Dari Minggu Ke Minggu

an Janin Dari Minggu Ke Minggu

|Views: 74|Likes:
Published by chotheson

More info:

Published by: chotheson on Apr 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2012

pdf

text

original

PERKEMBANGAN JANIN DARI MINGGU KE MINGGU

Minggu ke-1 : Minggu ini sebenarnya masih periode menstruasi, bahkan pembuahan pun belum terjadi. Sebab tanggal perkiraan kelahiran si kecil dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda Proses pembentukan antara sperma dan telur yang memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim. Saat ini janin sudah memiliki segala bekal genetik, sebuah kombinasi unik berupa 46 jenis kromosom manusia. Selama masa ini, yang dibutuhkan hanyalah nutrisi (melalui ibu) dan oksigen.

Sel2 telur yang berada didalam rahim, berbentuk seperti lingkaran sinar yg mengelilingi matahariSel ini akan bertemu dengan sel2 sperma dan memulai proses pembuahan

5 juta sel sperma sekaligus berenang menuju tujuan akhir mereka yaitu menuju sel telur yang bersembunyi pada saluran sel telur. Walaupun pasukan sel sperma ini sangat banyak, tetapi pada akhirnya hanya 1 sel saja yang bisa menembus indung telur.

Pada saat ini kepala sel sperma telah hampir masuk. Kita dapat melihat bagian tengah dan belakang sel sperma yang tidak henti-hentinya berusaha secara tekun menerobos dinding indung telur

Minggu ke-2 : Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua. Sel telur yang telah dibuahi membelah dua 30 jam setelah dibuahi. Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula. Sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira dua kali sehari sehingga pada hari yang ke-12 jumlahnya

Embrio memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin .1-0. Sel telur yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut blastosit.HCG). Ukurannya sangat kecil. sehingga apabila Anda melakukan test kehamilan.2 mm. berdiameter 0. . Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. hasilnya positif.telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut pada endometrium Minggu 3: Sampai usia kehamilan 3 minggu. bayi berbentuk embrio. Minggu ke-4 : Kini.

Saat ini telah terjadi pembentukan otak dan tulang belakang serta jantung dan aorta (urat besar yang membawa darah ke jantung). hati. Minggu ke-5 : Terbentuk 3 lapisan yaitu ectoderm.Janin mulai membentuk struktur manusia. Lapisan Mesoderm berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung. mesoderm dan endoderm. Lapisan Endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk usus. buah pinggang. Minggu ke-6 : . Ectoderm adalah lapisan yang paling atas yang akan membentuk system saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak. pankreas dan pundi kencing. tulang dan organ reproduktif. kulit serta rambut. tulang belakang.

8 gram. Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri. pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki pun mulai tampak Minggu ke-7 : Akhir minggu ketujuh. jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah menutup. kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil. Meski Anda belum bisa mendengar.Ukuran embrio rata-rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai dibentuk. panjangnya sekitar 5-13 mm dan beratnya 0. begitu pula dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru .

mulai bercabang.Minggu ke 8 Panjang kira-kira 14-20 mm. mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada dibawah membran kulit yang tipis. Semua ini terjadi hanya dalam 6 minggu setelah pembuahan. ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang. begitu pula telinga. bayi sudah mulai terbentuk diantaranya pembentukan lubang hidung. Lengan semakin membesar dan ia memiliki siku. Brochi. bibir. Anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun belum sempurna Minggu ke-9 : . saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan. Jika Anda bisa melihat . Banyak perubahan yang terjadi pada bayi Anda.

kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak. Minggu ke-10 : Semua organ penting yang telah terbentuk mulai bekerjasama. Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat.Telinga bagian luar mulai terbentuk. hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit. Dengan Doppler. Anda bisa mendengar detak jantungnya. Minggu ini. Minggu ke-11 : . Ia mulai bergerak walaupun Anda tak merasakannya. Ia mulai tampak seperti manusia kecil dengan panjang 32-43 mm dan berat 7 gram. panjangnya sekitar 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.

termasuk gerakan menggeliat.Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6.5 cm. . kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Akibat meningkatnya volume darah ibu. Jari-jari tangan dan kaki yang mungil terpisah penuh. memanjang. Sesekali di usia ini janin sudah menguap. atau malah jumpalitan yang kerap terasa menyakitkan sekaligus memberi sensasi kebahagiaan tersendiri Minggu ke-12 : Bentuk wajah bayi lengkap. meluruskan tubuh dan menundukkan kepala. Usus bayi telah berada di dalam rongga perut. ada dagu dan hidung kecil. Gerakan demi gerakan kaki dan tangan. Bahkan. janin kini sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar. sudah bisa dirasakan ibu. bergelung. Panjangnya sekitar 63 mm dan beratnya 14 gram. Baik rambut. detak jantung janin bisa jadi meningkat.

Badannya juga semakin membesar untuk mengejar pembesaran kepala.Mulai proses penyempurnaan seluruh organ tubuh. Janin mencapai panjang 76 mm dan beratnya 19 gram. Kepala bayi membesar dengan lebih cepat daripada yang lain. Minggu ke-13 : Pada akhir trimester pertama. Kelopak mata bayi merapat untuk melindungi mata yang sedang berkembang. Jari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata. Bayi membesar beberapa millimeter setiap hari. nutrisi dan pembuangan sampah bayi. plasenta berkembang untuk menyediakan oksigen . .

ovarium mulai menghasilkan jutaan sel telur pada minggu ini. beratnya 49 gram dan panjang 113 mm . rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulit mulai tumbuh pada minggu ini. panjangnya 80-110 mm dan beratnya 25 gram. Kulit bayi masih sangat tipis sehingga pembuluh darahnya kelihatan. Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul.Minggu ke-14 : Tiga bulan setelah pembuahan. Lehernya semakin panjang dan kuat. Lanugo. Akhir minggu ini. Detak jantung bayi mulai menguat tetapi kulit bayi belum tebal karena belum ada lapisan lemak Minggu ke-15 : Tulang dan sumsum tulang di dalam sistem kerangka terus berkembang. Jika bayi Anda perempuan.

Kelopak matanya masih tertutup Minggu ke-16 : Bayi telah terbentuk sepenuhnya dan membutuhkan nutrisi melalui plasenta.Bayi sudah mampu menggenggam tangannya dan mengisap ibu jari. . Dalam proses pembentukan ini system peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Bayi telah mempunyai tulang yang kuat dan mulai bisa mendengar suara.

bulu mata bayi mulai tumbuh dan garis kulit pada ujung jari mulai terbentuk. Semakin banyak kalsium yang disimpan dalam tulang bayi seiring dengan perkembangan kerangka. Tahukah Anda ? Saat dilahirkan. Rambut. bayi masih sangat kecil. untuk menjada suhu tubuh bayi setelah lahir. Lapisan lemak cokelat mulai berkembang. Sidik jari sudah mulai terbentuk .Janin mulai bergerak ! Tetapi tak perlu kuatir jika Anda tak merasakannya. berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badannya. Bayi Anda berukuran 116 mm dan beratnya 80 gram Minggu ke-17 : Dengan panjang 12 cm dan berat 100 gram. kening.

Hormon Estrogen dan Progesteron semakin meningkat. Ia akan mengetahui adanya cahaya jika Anda menempelkan senter yang menyala di perut.Minggu ke-18 : Mulailah bersenandung sebab janin sudah bisa mendengar pada minggu ini. Mata bayi pun berkembang. Panjangnya sudah 14 cm dan beratnya 140 gram. Minggu ke-19 : . Bayi sudah bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim ibu. Ia pun bisa terkejut bila mendengar suara keras.

Pigmen kulit mulai terlihat . kuku tumbuh pada minggu ini. Kini. Dibawah lapisan vernix. Minggu ke-20 : Setengah perjalanan telah dilalui. Beratnya 226 gram dengan panjang hampir 16 cm. beratnya mencapai 260 gram dan panjangnya 14-16 cm. kulit bayi mulai membuat lapisan dermis.Tubuh bayi diselimuti vernix caseosa. semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. epidermis dan subcutaneous. Otak bayi telah mencapai jutaan saraf motorik karenanya ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol. Proses penyempurnaan paru-paru dan system pernafasan.

Gerakan bayi semakin pelan karena beratnya sudah 340 gram dan panjangnya 20 cm Minggu ke-22 : Indera yang akan digunakan bayi untuk belajar berkembang setiap hari. Perbandingan kepala dan tubuh semakin proporsional . wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan. Setiap minggu.Minggu ke-21 : Usus bayi telah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan manuju usus besar.

Ia memiliki kebiasaaan "berolahraga". kulitnya masih kendur sehingga tampak keriput.Minggu ke-23 : Meski lemak semakin bertumpuk di dalam tubuh bayi. Untuk persiapan hidup di luar rahim. Beratnya hampir 450 gram Tangan dan kaki bayi telah terbentuk dengan sempurna. paru-paru bayi mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara tetap mengembang . Ini karena produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak. menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki. Minggu ke-24 : Paru-paru mulai mengambil oksigen meski bayi masih menerima oksigen dari plasenta. lengan dan kaki secara teratur. jari juga terbentuk sempurna.

Garis disekitar mulut bayi sudah mulai membentuk dan fungsi menelan sudah semakin membaik. Tulang bayi semakin mengeras dan bayi menjadi bayi yang semakin kuat.Kulit bayi mulai menebal Minggu ke-25 : Bayi cegukan. Jika air ketuban yang tertelan terlalu banyak. Indera penciuman bayi sudah semakin membaik karena di minggu ini bagian hidung bayi (nostrils) sudah mulai berfungsi. Ia menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Berat bayi sudah mencapai 650-670 gram dengan tinggi badan 34-37 cm. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. ia akan cegukan. apakah Anda merasakannya? Ini tandanya ia sedang latihan bernafas. .

sedangkan tingginya 35-38 cm. Berat badan bayi sudah mencapai 750-780gram. bunda dapat memulai memperdengarkan lagu yang ringan dan mencoba untuk memberi cahaya lebih disekitar perut. . Aktifitas otaknya yang berkaitan dengan pendengarannya dan pengelihatannya sudah berfungsi. mungkin bunda akan merasakan anggukan kepala si kecil.Minggu ke-26 : Bayi sudah bisa mengedipkan matanya selain itu retina matanya telah mulai terbentuk.

Minggu ke-27 : Minggu pertama trimester ketiga. hati dan sistem kekebalan tubuh masih harus dimatangkan. paru-paru. memiliki peluang 85% untuk bertahan. Namun jika ia dilahirkan. .

namun matanya sudah mulai bisa berkedip bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Otak bayi semakin berkembang dan meluas. si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup. Lapisan lemak pun semakin berkembang dan rambutnya terus tumbuh Lemak dalam badan mulai bertambah. . Bayi juga sudah pandai mengisap ibu jari dan menelan air ketuban yang mengelilinginya. Minggu ke-28 : Minggu ini beratnya 1100 gram dan panjangnya 25 cm. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna.Indra perasa mulai terbentuk. Berat umum bayi seusia si kecil 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm. namun jika saat ini ia terlahir ke dunia. Walaupun gerakan bayi sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah.

Selain itu otak bayi sudah bisa mengendalikan nafas dan mengatur suhu badan dari bayi. Minggu ke-30 : .Minggu ke-29 : Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen. Postur dari bayi sudah semakin sempurna sebagai seorang manusia. bayi sudah bisa mengidentifikasi perubahan suara. rasa dan bau. dengan tinggi badan 37-39 cm. Hormon ini akan menyetimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum (air susu yang pertama kali keluar saat menyusui). cahaya. Sensitifitas dari bayi semakin jelas. berat badannya 1100-1200 gram.

Berat badan bayi 1510-1550 gram. dengan tinggi 39-40 cm.cairan ketuban (amniotic fluid) di rahim bunda semakin berkurang. hanya berat badan bayilah yang akan bertambah. zat besi. berkembang dan mulai memadat dengan zat-zat penting seperti kalsium. Berkebalikan dengan . Saat ini waktu yang terbaik bagi bunda untuk menyenteri perut dan menggerak-gerakan senter tersebut maka mata bayi sudah bisa mengikuti ke arah mana senter tersebut bersinar. gerakannya semakin terasa Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya.Lemak dan berat badan bayi terus bertambah sehingga bobot bayi sekarang sekitar 1400 gram dan panjangnya 27 cm. Aliran darah di plasenta memungkinkan bayi menghasilkan air seni. Kini si kecil pun sudah mulai memproduksi air mata. Karena ia semakin besar. Minggu ke-31 : Plasenta masih memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. fosfor. Selain itu lapisan lemak akan semakin bertambah dibawah jaringan kulitnya. Ia berkemih hampir sebanyak 500 ml sehari di dalam air ketuban Perkembangan fisik bayi sudah mulai melambat pada fase ini. Tulang pada tubuh bayi sudah mulai mengeras.

Bayi sudah mulai bisa bermimpi. kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim sudah lebih baik apabila di dilahirkan pada minggu ini. Minggu ke-33 : Bayi telah memiliki bentuk wajah yang menyerupai ayah dan ibunya. bayi akan bergerak. Kuku dari jari mungil tangan dan kaki si kecil sudah lengkap dan sempurna. bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. pada fase ini perkembangan otaknyalah yang berkembang dengan sangat pesat dengan menghasilkan bermilyar sel. Otak bayi semakin pesat berkembang. Pada saat ini juga otak bayi sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain. begitu pula dengan bulu mata. Minggu ke-32 : Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna. . Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi belum benar-benar bersatu. kelopak matanya juga telah terbuka dan system pendengaran telah terbentuk dengan sempurna. Kulit bayi semakin merah. Berat badan bayi 1550-1560 gram dengan tinggi 41-43 cm. Bayi sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam . Dengan berat 1800 gram dan panjang 29 cm. Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai rontok tetapi sebagian masih ada di bahu dan punggung saat dilahirkan. Apabila diperdengarkan musik. alis dan rambut di kepala bayi yang semakin jelas.perkembangan fisiknya.

dengan tinggi badan sekitar 45-46 cm.walaupun nafasnya masih di dalam air. Minggu ke-34 : bayi berada di pintu rahim. Tubuh bunda sedang mengirimkan antibodi melalui darah bunda ke dalam darah bayi yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuhnya dan proses ini akan tetap terus berlangsung bahkan lebih rinci pada saat bunda mulai menyusui. Apabila bayinya laki-laki maka testis bayi sudah mulai turun dari perut menuju skrotum. Bayi sudah dapat membuka dan menutup mata apabila mengantuk dan tidur. . bayi juga sudah mulai mengedipkan matanya. Berat Badan bayi 20002010 gram. Berat badan bayi 1800-1900 gram. dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.

dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm. Apabila bayi bunda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna. lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. . Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya. Berat badan bayi 2300-2350 gram. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bunda.Minggu ke-35 : Pendengaran bayi sudah berfungsi secara sempurna.

Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran.Minggu ke-36 : Kulit bayi sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Saat ini paru-paru bayi sudah bekerja baik bahkan sudah siap bertemu dengan .

Bayi sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim.mama dan papa. Kuku terbentuk dengan sempurna. Berat badan bayi 2400-2450 gram. selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih . Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian. Bentuk bayi semakin membulat dan kulitnya menjadi merah jambu. dengan tinggi badan 47-48 cm Minggu ke-37 : Kepala bayi turun ke ruang pelvik. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5cm.

Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram.dilakukan di dalam air. . dengan tinggi 48-49 cm Minggu ke-38 hingga minggu ke-40 : Proses pembentukan telah berakhir dan bayi siap dilahirkan.

.

Sel paling luar disebut ektoderm. Karena itulah. MINGGU KE-1 Merupakan perkembangan awal sejak ovulasi sampai implantasi. Sambil terus membelah sesuai pola deret ukur. Sementara hCG (human Chorionic Gonadotropin yang sering disebut hormon kehamilan) baru dapat dideteksi dalam darah ibu pada hari ke-10 atau 11 setelah pembuahan. Mula-mula menjadi 2 sel.2 mm. Sekitar 30 jam setelah terbentuk. sifat. kendati sebetulnya sudah dalam keadaan . yang tengah mesoderm. Judi Januadi Endjun.1-0. sebelum memasuki rongga rahim dalam bentuk embrio. bergerak menggelinding dari tuba falopii menuju rahim. Hanya sperma terbaik yang dapat membuahi sel telur. memadukan semua gen.PERTUMBUHAN JANIN DI TRIMESTER PERTAMA Maret 14. Dari hari ke hari. morula memantapkan implantasinya pada lapisan endometrium (desidua) di dalam dinding rahim. Sp. Sonologist. Sekitar 80 jam sejak ovulasi. MINGGU KE-2 Di minggu ini. contohnya. Selanjutnya. Pembagian tahapan usia kehamilan menjadi 3 trimester. Di kurun waktu inilah dimulai keajaiban kuasa Sang Khalik: sebuah sel telur yang telah dibuahi berubah menjadi organisme yang secara anatomik memiliki wujud manusia. dan lapisan terdalam disebut endoderm. jelas dr. tinggal 300-500 yang mencapai tempat pembuahan. zigot yang terdiri dari 12-16 sel dan berbentuk mirip buah anggur yang disebut morula. hasil pembuahan ini melanjutkan perjalanannya menuju isthmus tuba (bagian saluran telur tersempit yang memanjang dan menciut antara pangkal saluran telur dan bagian pojok rahim/kornu uteri). yakni bagian terluas pada saluran telur yang terletak dekat dengan rahim. Sambil terus membelah. embrio diperkirakan berukuran 0. merupakan waktu pembentukan sekaligus perkembangan pesat dari semua sistem dan organ tubuh bayi. Ketiga kelompok sel inilah yang membentuk seluruh tubuh embrio beserta organ pelengkapnya. dan temperamen dari ayah-ibu pada bayi mereka. 2007 oleh prf0706 Meski masih hidup secara sel. zigot kemudian membelah diri. selanjutnya membelah diri secara deret ukur tanpa henti dengan selang waktu antara 12 dan 15 jam. Spermatozoa bergerak dengan cepat dari vagina ke rahim dan selanjutnya masuk ke saluran telur akibat kontraksi otot-otot rahim dan saluran telur. hasil konsepsi (pembuahan) ini berada di ampulla tuba fallopii. Sayangnya. pada dasarnya bertujuan membantu mengelompokkan waktu perkembangan. kurun waktu ini pun amat rawan terhadap kemungkinan terjadi kecacatan fatal. sel-sel embrio menyusun diri membentuk tiga lapisan sel. meski nantinya hanya 1 yang dibutuhkan untuk pembuahan. Trimester pertama. semua cikal bakal organ penting janin terbentuk di trimester ini. Sintesa inti sel telur dan inti sel sperma inilah yang memungkinkan kromosom-kromosom dari masing-masing inti sel melebur. meski sebelumnya sudah dapat dideteksi lewat media kultur. Dari sekitar 200-300 juta spermatozoa yang dipancarkan ke saluran kelamin wanita. Dibantu hormon yang dihasilkan oleh rahim.OG. ciri fisik. sel-sel morula terus membelah dan berkembang jadi embrio. Sehingga mudah untuk mempelajari proses fisiologis pembentukan janin.

untuk memastikan kehamilan. pada minggu ini sudah terdapat materi genetik. bila tes urin dilakukan sebelum hari ke-10 sejak terlambat haid. ukurannya meningkat jadi sekitar 1. Di samping itu.4 mm. MINGGU KE-4 Dengan ukuran sekitar 2 hingga 3.5-2. jantung mulai berdenyut dan sistem peredaran darah sudah melaksanakan fungsinya meski masih dalam taraf yang sangat sederhana. Beberapa jenis obat antimual dan obat tidur. termasuk warna rambut. Jadi. bisa saja hasilnya negatif. Demikian juga streptomisin dalam pengobatan TBC yang bisa menimbulkan gangguan pada telinga. embrio diperkirakan berukuran 0.5 mm. Secara keseluruhan. meski rongga mata baru akan tampak jelas di minggu ke-6. Pembentukan mata pun mulai terjadi. Fungsinya bagi janin sangat banyak. yakni pada hari ke-17 sampai ke-19. Bahkan. Di minggu ini. saat tunas tangan memipih. Yang mengandung DES (dietil bestrol).5 mm. Sementara cikal-bakal telinga sudah terlihat meski masih berupa gelembung. Dari menyediakan hormonhormon yang diperlukan untuk tumbuh kembang dan proses pembedaan sesuai jenis kelamin janin. mesensefalon. pemeriksaan serupa harus diulang beberapa hari kemudian. ternyata berpeluang menimbulkan kelainan pada alat kelamin bawah. hingga bayi yang dilahirkan akan mengalami kelainan darah dan kelainan kulit yang dikenal sebagai grey syndrome. di antaranya thalidomide (semacam obat penenang) yang dikonsumsi di awal-awal kehamilan. MINGGU KE-3 Pada hari ke-15 sampai ke-17. Atau kloramfenikol yang bisa membuat sumsum tulang janin rusak. Cikal-bakal otak sudah bisa dibedakan menjadi tiga bagian utama (prosensefalon.5 mm. sampai mensuplai nutrisi dan oksigen. Pembentukan telinga makin sempurna dengan terbentuknya duktus endolimfatikus.0-1. Demikian pula sistem pencernaan makin sempurna dengan terjadi pembedaan yang kian nyata antara . juga bisa berdampak buruk. Semisal berupa tonjolan daging lantaran tak mencapai panjang dan bentuk anggota tubuh yang semestinya. Mulai tak terbentuknya lubang vagina sampai kemungkinan si anak terkena kanker vagina kelak saat ia besar. Malnutrisi pada ibu hamil akan merusak perkembangan otak janin. Plasenta atau yang biasa disebut ari-ari juga terbentuk pada minggu ini. Selang beberapa hari kemudian. dan intelegensi si calon bayi. Pada minggu ini pula saraf-saraf spinal yang kelak menjadi cikal-bakal tulang belakang sudah mengalami penebalan. ia juga berfungsi sebagai alat pernapasan dan pembuangan sisa-sisa metabolisme janin. Di kedua sisi tubuh embrio tumbuh suatu tonjolan kecil berupa sekelompok sel yang merupakan cikal-bakal tangan. yakni saluran untuk menyalurkan cairan yang terdapat dalam selaput labirin telinga dalam. pada kedua sisi tubuh sebelah bawah muncul tonjolan serupa yang merupakan cikal-bakal kaki. MINGGU KE-5 Di minggu ini embrio diperkirakan berukuran antara 5-7 mm. cikal-bakal sistem pembuluh darah dan sistem saraf mulai terbentuk. terbukti menyebabkan kecacatan pada tangan dan kaki. ukuran embrio sudah mencapai 1. Jamu-jamuan dan dan obat-obat penyubur yang tak terkontrol.hamil. bentuk mata. di hari-hari terakhir saat cikal-bakal jantung janin mulai terbentuk. Hanya dalam hitungan hari. misal. dan rombensefalon) yang kelak akan menjalankan fungsi masingmasing.

sementara jari-jari tangan pun sudah mengarah terpisah satu sama lain. MINGGU KE-6 Saat ini embrio diperkirakan berukuran sekitar 7-9 mm. Tubuh yang ringkih ini pun mulai bisa bergerak secara tak teratur. Di tengah-tengah wajah muncul tonjolan hidung. penciuman. pembuluh-pembuluh nadi di bagian kepala kian jelas terbagi-bagi menurut tugas masing-masing. dan lutut mulai kelihatan. MINGGU KE-7 Di minggu ini embrio diperkirakan berukuran sekitar 11-17 mm. Di minggu ini pula proses penulangan tubuh dimulai. kandung kemih. dan saluran usus makin berkembang. Secara keseluruhan makin menyerupai bayi dengan taksiran berat sekitar 5 gram. yang jika dijumlahkan rata-rata sebanyak 60 kali gerakan dalam sejam. pembuluh-pembuluh nadi. sementara tubuhnya yang menyerupai bentuk kubus mengalami pemanjangan meski masih membungkuk seperti udang. bahkan otot-otot punggung. Ujung hidung dan tonjolan telinga tampak jelas membentuk cikal-bakal daun telinga yang sesungguhnya. Tunas tangan yang lebih cepat tumbuh ketimbang tunas kaki inilah yang agaknya bisa menjawab pertanyaan mengapa bayi kelak lebih dulu belajar memegang benda-benda di sekitarnya ketimbang belajar berjalan. Kepalanya membulat dan wajah polos kekanak-kanakan mulai tampak nyata dengan tertariknya bagian antara dahi dan pangkal hidung ke arah dalam. Kekurangan asam folat atau anemia akut bisa mengakibatkan janin mengalami fetal neural tube defect (gangguan tabung saraf) dengan tak terbentuknya sebagian tulang belakang janin sampai kepala dan otak janin. Meski masih lemah. begitu juga kelopak mata serta daun telinga luar. panggul.cikal-bakal usus besar dan usus buntu. Sedangkan batas-batas antara cikal-bakal lengkung ruas tulang belakang dan ruas-ruas tulang iga baru tampak sebagai alur-alur memanjang. jari-jemari. Ruas-ruas tulang belakang sudah terbentuk meski masih terlihat samar. meski belum sempurna. Semua organ tubuh juga mulai bekerja. Bagian ujung yang semula terlihat seperti ekor kecebong menghilang akibat nekrosis atau kematian jaringan secara fisiologis. Begitu juga persendian pada bahu. meski telapak kakinya masih rata. Semisal otak yang mulai mengirim sinyal/perintah ke organ-organ tubuh atau hati yang mulai memproduksi sel-sel darah. Tunas-tunas lengan sudah menyiku. Sedangkan pemisahan jemari kakinya samar terlihat. Kendati kelopak mata masih terlihat samar. Begitu juga struktur mata sudah terbentuk meski masih berjauhan letaknya. MINGGU KE-8 Pada akhir masa embrional ini. ukuran embrio mencapai kisaran 27-31 mm. Di minggu ini rongga mulut sudah tampak. Bahkan cikal-bakal ginjal dan hati pun sudah terbentuk. permulaan dari rangka tubuh secara keseluruhan sudah rampung dan lengkap terbentuk dalam minggu ini. Sistem saraf pusat. Langit-langit mulut mulai terbentuk. Pembesaran kepala relatif stabil. . Begitu juga struktur muka secara keseluruhan mulai bisa “terbaca”. hingga kian memperjelas cikal-bakal kemancungan hidung si janin. Organ tubuh lain yang juga mulai berkembang di usia kehamilan ini adalah pembungkus saraf.

tak lagi tergantung pada gerakan tubuh. Dengan mulai berfungsinya sistem saraf. penyakit maupun zat berbahaya lain yang menyerang sel-sel embrio. Caranya dengan mengambil sampel sel-sel plasenta yang bisa dilakukan secara transabdominal melalui perut atau leher rahim/transervikal. aktivitas menelan dan menggerakkan tangannya secara bebas baru dimulai minggu ini. meluruskan tubuh dan menundukkan kepala. rata-rata sebanyak 25 kali dalam satu jam. janin sudah mampu melakukan gerak refleks. MINGGU KE-11 Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6. di usia ini sudah bisa jelas dipastikan. . Aktivitas menelan janin. Bahkan. Sesekali di usia ini janin sudah menguap. bergelung. di minggu ini pun bisa diagnosa penyakit keturunan semisal thalassemia dan sindroma Down. Sistem otot dan saraf sudah mencapai tingkat kematangan. Bila diinginkan. Dalam arti. Selain telah mampu pula mengirim dan menerima pesan dari otak. Sementara perempuan masih sesekali meragukan. MINGGU KE-10 Pada beberapa janin. kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh.MINGGU KE-9 Bila jenis kelaminnya laki-laki. Bahkan kaki sudah mampu melakukan gerakan menendang. Jenis kelamin perempuan bisa diidentifikasikan secara jelas di minggu ini. sudah bisa dirasakan ibu. Di usia ini umumnya ibu bisa mendengar denyut jantung bayinya. Di minggu ini sistem rangka tubuh memiliki pusat pembentukan tulang/osifikasi pada sebagian besar tulang. termasuk gerakan menggeliat. dengan memakai alat khusus yang disebut fetal dophtone. Panjangnya menjadi sekitar 10 cm dengan berat 20 gram. Sistem pencernaan mampu menghasilkan kontraksi untuk mendorong makanan ke seluruh usus dan mampu menyerap glukosa secara aktif. Sebentuk kuku pada setiap jari tangan dan kakinya muncul di minggu ini. Atau akibat pengaruh virus. yang bisa dilakukan lewat pemeriksaan Chorion Villus (CVS) guna memastikan ada-tidak kerusakan pada kromosom. atau malah jumpalitan yang kerap terasa menyakitkan sekaligus memberi sensasi kebahagiaan tersendiri. misal. memanjang. MINGGU KE-12 Struktur yang telah terbentuk akan terus bertumbuh dan berkembang kian sempurna.5 cm. Dalam minggu ini pula pembentukan kulit dan fungsinya berkembang menuju penyempurnaan. bakteri. Gerakan demi gerakan kaki dan tangan. janin kini sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar. Kelainan kromosom dapat terjadi karena ada kelainan kromosom pada orang tua. Baik rambut. Tangan janin pun mulai bergerak bebas.

zat gizi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan janin secara menyeluruh. Selain yodium. susu lebih dikenal sebagai sumber kalsium saja. vitamin D. kontraksi otot. Bahkan. z at gizi yang punya andil dalam penghantaran rangsang di saraf otak. susu berperan penting pada fungsi saraf. Padahal.Mitos Seputar Mencetak Bayi Cerdas Dari asupan gizi yang baik sampai memperdengarkan musik klasik dilakukan para ibu hamil untuk mencerdaskan bayinya. potasium. banyak-banyaklah makan ikan Fakta: Ikan adalah salah satu sumber yodium. Bukan sekadar memberi seabrek latihan sejak bayi atau memilihkan sekolah unggulan belaka. Nah. choline memang cukup berpengaruh terhadap perkembangan dan pusat memori pada otak janin Anda. susu juga kaya protein. Terbayang kan kalau Anda sampai kekurangan yodium. bisa jadi kelak ia tumbuh lebih kerdil ketimbang teman-temannya. anak-anak yang ibunya kekurangan yodium ketika hamil IQnya 4 poin lebih rendah dibanding mereka yang ibunya tidak pernah kekurangan yodium. . Ternyata. kekurangan zat gizi ini bisa berpengaruh terhadap kerja kelenjar tiroid Anda alias hipotiroidisme . Biar si kecil cerdas. Nah. janin yang masih sangat muda (pada trimester ke-1) belum bisa mendapat yodium dari kelenjar tiroidnya sendiri. ikan juga mengandung asam lemak. Bahkan. Sementara itu. dan pembekuan darah. Jadi. 1 dari 100 ibu hamil berisiko mengalami kekurangan yodium. ia akan mengambil zat gizi ini dari tubuh Anda melalui plasenta. seperti yang dibuktikan pada sebuah penelitian di Jerman terhadap 62 anak usia 7– 9 tahun. Mana yang benar-benar terbukti tokcer? Persaingan hidup yang kian tajam membuat para orang tua berlomba-lomba mempersiapkan anaknya. Padahal. serta niasin. Sejak dalam kandungan. fosfor. 80% dari yodium tersedia dalam kelenjar tiroid ibu. Penelitian yang dimuat di Journal of The American College of Nutririon menunjukkan. Akibatnya? Yang jelas. ibu hamil yang mengonsumsi choline dalam jumlah cukup akan melahirkan bayi dengan kemampuan memori yang oke sepanjang hidupnya. vitamin A. mereka sudah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kecerdasan janin. Apa jalan ke luarnya? Setiap kali butuh. pertumbuhan janin akan terhambat. yakni DHA (asam dokosaheksanoat) yang mirip asam lemak omega–3 (zat yang dapat melindungi Anda terhadap serangan jantung). 2. vitamin B12. Masalahnya. Minum susu bisa membuat bayi jadi cerdas Fakta: Selama ini. susu mengandung pula choline. Bukan cuma itu lho. Apa sih yang banyak dilakukan ibu hamil agar si kecil cerdas? Benarkah hal tersebut hanya mitos semata? 1. vitamin D di dalamnya bisa membantu penyerapan kalsium. Dan ternyata. Selain itu.

5. janin pun pintar Fakta: Sepintas. Sepanjang hidupnya. Berlin Timur. Para peneliti memperdengarkan bunyibunyian pada janin. Penelitian yang dilakukan oleh James F. Meski begitu. cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi dan lebih maju di sekolah. janin yang sudah memasuki trimester ke-3. tetapi juga bisa “belajar”. Namun.5 tahun. bayi. Musik klasik bisa meningkatkan kecerdasan bayi Fakta: Banyak orang menduga. serta kesulitan belajar. pemain cello yang lahir di sebuah kota kecil dekat Barcelona. lalu memonitor dengan USG (ultrasonografi) untuk melihat reaksinya. Jika Anda suka bernyanyi dan memainkan musik. anak-anak yang ibunya rajin berolahraga memiliki skor inteligensia yang lebih tinggi dalam tes inteligensia secara umum maupun dalam keterampilan berbahasa. bahwa ibunya (juga pemain cello) sering memainkan lagu-lagu itu ketika hamil tua.janin yang tidak mendapat DHA yang mencukupi dikhawatirkan akan menderita gangguan penglihatan dan perilaku abnormal begitu lahir. Bisa jadi. MD dari Case Western University di Cleveland. Clapp. Tapi. janin bereaksi lebih cepat setiap kali mendengar bunyi-bunyian. Perkembangan janin pun terpacu pesat. 3. ia juga akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi. bukan hanya bisa mendengar suara. dengan mudah ia memainkan lagu-lagu. perkembangan otak janin sangat dipengaruhi oleh kejadian di luar rahim. membandingkan anak-anak dari ibu hamil yang berolahraga dengan ibu hamil yang tidak pernah berolahraga. pengajar di Vanderbilt University. meski belum pernah membaca partiturnya. Ibu aktif berolahraga. Sering mengajak si kecil bicara = bayi cerdas Fakta: Rangsangan untuk memperdengarkan bunyi-bunyian bagi janin bukannya tanpa dasar. Penelitian di Belanda membuktikan pula. Barulah tahu dia kemudian. penelitian Frances P. Jerman. dan membaca. maupun balita yang dibesarkan dalam lingkungan yang membiasakannya untuk berbicara dengan baik. kelak ia akan “ingat” musik tersebut. Spanyol. Amerika. aliran darah yang lancar selama ia berolahraga menghantar aliran oksigen yang lancar pula bagi si kecil. Pada usia 4. Makanya. Glascoe. Ternyata. 4.D . Sebagai catatan. zat ini penting juga perlu disalurkan ke janin. penelitian menunjukkan. mendengar. Ph. Bahkan. ini tetap tidak bisa membuktikan kalau “belajar lebih dini” ini akan memberikan efek pada kemampuan inteligensinya ketika dewasa. setelah usia 5 tahun. gangguan sistem kekebalan. sekitar 70% dari seluruh pertumbuhan sel terjadi pada akhir trimester ke-3. boleh juga disimak. benarkah musik menjadikannya bayi yang cerdas? . Penelitian secara berkesinambungan ini menunjukkan. Inilah yang diungkapkan oleh Pablo Casals. janin sudah bisa mendengar pada usia 6 bulan. “Janin. hubungan antara kedua hal ini agak mengada-ada.” katanya.

Ia juga gampang tidur nyenyak. sampai sekarang. Asisten Profesor pada Bagian Saraf di The Chicago Medical School. Kok begitu? “Sekitar 60–80% dari kecerdasan seseorang diturunkan secara genetik. sel saraf di otak akan tumbuh pesat ketika bayi tidur. Amerika. belum ada bukti bahwa musik secara langsung akan merangsang otak janin sehingga kelak bisa punya IQ tertentu.” jelasnya. . Kepala Bagian Psikiatri dari Fakultas Kedokteran Universitas Temple. Dan. adalah menjaga kesehatan seoptimal mungkin. Perkembangan otak pun jadi maksimal. Ph. Kalau ia tenang. * Menghindari merokok. janin yang terbiasa mendengar musik klasik yang tenang memang cenderung jadi anak yang tenang.D. menenggak minuman keras. Jaga kesehatan selama hamil bisa meningkatkan kecerdasan bayi Fakta: “Hal penting yang dapat dilakukan para ibu agar bayinya sehat. dan minum obat-obatan yang tidak perlu bisa meminimalkan gangguan pada perkembangan saraf. Bagaimanapun. Makanya. Amerika. termasuk juga tinggi rendahnya IQ.” kata David Baron. * Memperhatikan pertambahan berat badan selama hamil (untuk jelasnya. tidur pun cukup. pertambahan berat badan selama hamil ada pengaruhnya terhadap janin. termasuk otak dan psikisnya sehat.“Inteligensia merupakan hal yang kompleks. tidur lelap ini ada hubungannya dengan perkembangan otak! Asal tahu saja. Bagaimana caranya? * Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang secara lengkap akan membantu perkembangan saraf otak. Tapi. silakan lihat artikel Kehamilan Prima “Berat Badan Ibu vs Pertumbuhan Janin”).” kata Lisa Elliot.

minyak ikan. Cikal bakal otak mulai terbentuk sejak kehamilan baru berusia 3 minggu. ?unas?otak mulai tumbuh berupa dua buah tonjolan yang tumbuh pada bagian kepala. perkembangan atak dan mata janin sudah dimulai. minyak canola. Zat Gizi Apa yang Diperlukan Bagi Perkembangan Otak dan Mata Janin ? Trimester pertama kehamilan merupakan masa kritis bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. seperti bayam. sereal dan lain ?lain. yakni EPA (asam eikosapentaenoat)dan DHA (asam dokosahesaenoat). brokoli. asparagus. Sekitar bulan kedua kehamilan. Ini akan mendukung perkembangan IQ bayi dimasa mendatang. brokoli. kedelai.Info & Tips Stimulasi Kecerdasan Anak Anda Sejak Dalam Kandungan Posted on Apr 08. asam lemak ini dapat diubah menjadi senyawa turunannya. Pengetahuan tentang kapan kedua organ itu mulai terbentuk akan membantu kita untuk dapat memberikan stimulasi yang cukup sejak sedini mungkin. jeruk. bahwa suplementasi yang cukup selama kehamilan dan menyususi bermanfaat untuk perkembangan otak janin dan bayi. Awal Pembentukan Otak dan Mata Otak dan mata adalah dua organ penting yang sangat berperan bagi tumbuh kembang si kecil. 2008 16:26:13 Anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. pada bagian kepala embrio mulai terlihat dua bintik kehitaman yang merupakan cikal bakal mata anak. Untuk tumbuh kembang otak yang optimal. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ?zat gizi penting seperti : ?Asam Folat Asam folat adalah salah satu vitamin dalam kelompok vitamin B yang berperan penting dalam proses perkembangan janin. Pada saat yang hampir bersamaan. Perkembangan kritis otak dan mata anak dimulai sejak usia kehamilan trimester pertama. dan minyak kedelai. Di dalam tubuh. seperti. bayam. otak dan indera penglihatan. ?Omega 3 Jenis yang paling banyak dikenal adalah asam linolenat. Omega 3 ini banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau. Asam lemak omega 3 berperan besar pada perkembangan sel saraf. berilah sang buah hati anda nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk perkembangan otaknya sedini mungkin. sehingga memasuki pertengahan bula kedua. kususnya otak dan matanya. yang nantinya akan menjadi dua belahan otak besar (cerebrum). Otak memegang peranan yang sangat penting bagi kecerdasan si kecil. Kedua tonjolan tersebut merupakan kumpulan sel yang berasal dari lapisan ektoderm. Penelitian yang dilakukan oleh Helland IB et al (2003) menemukan. . pisang. Asam folat banyak terdapat dalam makanan sehari ?hari. khususnya perkembangan sistem saraf dan sel darah.

kuku dan semua bahan pengatur tubuh. seperti daging. ikan. rambut. kulit. Beberapa stimulasi yang bisa anda lakukan selama kehamilan : ?Mengajak bicara Pada usia sekitar 26 minggu. Asam lemak ini berperan dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam darah. Sumber protein terbaik bisa didapat dalam bahan makanan. seperti minyak kedelai dan minyak bunga matahari. minyak kelapa sawit. karena dapat memfasilitasi dan menginduksi perkembangan sel ?sel otak. Senyawa ini banyak terdapat di dalam bahan makanan nabati dan aneka produk olahannya. banyak ?banyaklah mengajak janin bicara. dan unggas. Stimulasi ini selain penting untuk perkembangan kemampuan otaknya.?Omega 6 Asam lemak ini merupakan prekursor(bahan) pembentukan asam lemak arakidonat (ARA). Asam lemak omega 6 bersama dengan DHA terbukti ikut membantu proses perkembangan otak bayi. Hal ini dikarenakan adanya interaksi antara perkembangan sistem saraf dan lingkungan. Sejak masih dalam kandungan pun. ?Protein Protein penting untuk ibu dann bayinya. minyak kemiri dan daging. . Dari beberapa penelitian terbukti bahwa bayi yang sejak dalam kandungan diputarkan musik klasik. minyak zaitun. karena berfungsi sebagai pemebentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada. ?Rangsangan musik Musik klasik dapat memberi pengaruh positif pada proses perkembangan janin. juga dapat mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Omega 9 juga membantu pembentukan selaput myelin otak. Lapisan myelin dan neurotransmitter berperan penting dalam penghantaran impuls saraf. ketika lahir ia lebih cepat merespons atau bereaksi terhadap musik yang biasa diputarkannya untuknya. Jenis yang paling dikenal adalah asam linoleat. janin sudah dapat diajak berkomunikasi. otot. Tambahan protein selama kehamilan diperlukan untuk pembentukan jaringan otak. Janin Pun Perlu Distimulasi Stimulasi (perangsangan yang datang dari lingkungan di luar janin) penting bagi perkembangan otak. Bahan makanan sumber asam lemak ini adalah kacang ?kacangan. Maka. janin sudah bisa menerima stimulasi sederhana untuk mendukung kecerdasannya. ?Omega 9 Asam lemak tak jenuh tunggal dan jenis yang banyak dikenal adalah asam lemak omega 9.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->